Mengenal CMS: Pengertian dan Fungsinya

Mengenal CMS: Pengertian dan Fungsinya

CMS atau Content Management System adalah software yang memiliki fungsi untuk membuat, mengatur, memodifikasi konten yang ada di website. Jika Anda ingin memiliki sebuah web, namun tidak memahami pengembangan web dan awam terhadap teknologi CMS dapat menjadi solusi yang mungkin Anda butuhkan.

Dengan menggunakan platform CMS Anda tidak perlu menulis kode dari awal, mengatur tampilan bahkan mengurus keamanan, Anda bisa fokus membuat konten yang baik untuk mengembangkan website Anda sehingga dikenal banyak orang. Karena inilah, CMS banyak digunakan terutama oleh pemula karena cara membuat situs web dan blog ini menawarkan banyak kemudahan serta lebih praktis.

Bahkan, CMS mampu mengatur hal-hal seperti membuat halaman web, menyimpan gambar, membuat tampilan web yang menarik, dan masih banyak fungsi lainnya yang mungkin akan Anda butuhkan. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan CMS untuk segera meluncurkan situs web bisnis dan toko online Anda? Mari simak artikel ini hingga habis.

 

Memahami Pengertian CMS (Content Management System)

 

 

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola konten, memungkinkan banyak kontributor untuk membuat, mengedit, dan menerbitkan, CMS adalah cara yang sangat praktis dan ringkas jika Anda ingin membuat situs web tanpa bantuan tim IT profesional. Setiap konten dalam CMS biasanya disimpan dalam database dan ditampilkan dalam lapisan presentasi berdasarkan sekumpulan template seperti situs web.

Adapun CMS umumnya sangat identik dengan :

  • Pembuatan konten yang memungkinkan pengguna membuat dan memformat konten dengan mudah
  • Penyimpanan konten untuk menyimpan konten di satu tempat, dengan cara yang konsisten
  • Alur kerja yang memberikan izin untuk mengelola konten berdasarkan peran seperti penulis, editor, dan admin
  • Menerbitkan, mengatur, dan mendorong konten secara langsung

 

Baca Juga  :       Joomla : Panduan Lengkap dan Cara Menginstal Templatenya

 

Fitur dan Fungsi yang Ditawarkan CMS

Sebelumnya, jika seseorang ingin membuat situs web atau blog, maka harus ada profesional yang terlibat karena untuk dapat meluncurkan website, diperlukan bahasa pemrograman khusus.

Tidak mengherankan kalau tak semua orang bisa mempunyai situs web. Namun dengan adanya platform praktis dan instan seperti Blogger, maka pemula yang tidak harus mempunyai pengetahuan akan bahasa pemrograman yang rumit. Dengan hanya membuat akun pada satu platform pilihan Anda, maka Anda bisa memilih template, membuat konten dan meluncurkannya.

Dibawah ini beberapa fungsi dan fitur yang menjadi kelebihan banyak CMS sehingga menjadi pilihan populer :

  • Kemudahan administrasi

    Anda dapat mengatur akses terhadap fitur dan konten untuk menghindari kesalahan dimasa mendatang. Pilihlah CMS yang menyediakan keleluasaan dalam kustomisasi yang bisa dikembangkan jika ada perubahan atau kebutuhan lain.

  • Keamanan yang baik

    Ketika Anda sudah membangun relasi yang kuat dengan pengunjung, dan meningkatkan online presence Anda, tentu ada kepercayaan yang diberikan kepada Anda. Jika Anda melakukan suatu kesalahan yang berakibat fatal, Anda bisa kehilangan semua kepercayaan tersebut. Salah satunya mengenai data pengunjung atau pembeli Anda.
    Anda tidak ingin ada masalah keamanan dan kebocoran data yang menyebabkan penurunan reputasi, karenanya beberapa CMS telah meningkatkan keamanan dengan mengintegrasikan mekanisme otentikasi yang kuat untuk menghindari akses yang tidak diotorisasi terhadap informasi sensitif. Agar keamanan website Anda maksimal, pastikan CMS telah terintegrasi dengan penyedia jasa keamanan atau sistem otentikasi pihak ketiga.

  • Skalabilitas yang mendukung

    Terdapat fitur headless CMS yang bisa membantu Anda mempublikasikan satu konten ke banyak channel, perangkat dan interface. Headless CMS memisahkan antara konten dan presentasi, konten dibuat sekali untuk kemudian di render ke berbagai perangkat atau channel. Bahkan ada beberapa CMS yang mengijinkan Anda untuk membuat satu konten dan mengirimnya kemanapun.
    Tidak jarang juga, CMS lainnya memudahkan Anda menambahkan channel baru dan memasukkan konten Anda ke channel tersebut. Apabila Anda ingin menjangkau banyak kostumer di berbagai channel digital, memprioritaskan fitur ini adalah hal yang tepat.

  • Konten dengan banyak bahasa

    Beberapa dekade sebelumnya marketer memiliki tantangan tersendiri agar konten mereka tersebar luas dan dilihat oleh banyak orang. Saat ini, digital marketing berkembang dengan sangat cepat dan Anda bisa mengabaikan batasan-batasan yang ada ketika ingin menjangkau kostumer lebih jauh lagi.
    Tetapi, sebagus apapun konten atau pesan yang Anda sampaikan, jika bahasa yang Anda gunakan tidak dimengerti kostumer hal tersebut menjadi sia-sia. Terutama jika Anda ingin menjajaki pasar internasiona. Pastikan Anda memilih CMS dengan tools editing multilingual dan terjemahan Intuitif.

  • Fleksibilitas dan performa

    Karena CMS adalah investasi jangka panjang, Anda harus memastikan bahwa CMS Anda scalable. Maksud dari scalable adalah CMS bisa memberikan beraga fungsi dan fitur yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan website Anda. Terdapat CMS yang menawarkan fleksibilitas lebih dibanding CMS lain, misalnya mendukung API dengan jangkauan yang lebih luas sehingga konten Anda bisa dikirim ke berbagai channel dan perangkat.
    Secara umum, Anda bisa menggunakan CMS di server pribadi maupun di cloud. Apabila Anda memilih cloud untuk menjalankan CMS, Anda dapat dengan mudah menangani lonjakan atau masalah lain berkaitan dengan perubahan permintaan.

  • Dukungan personalisasi

    Saat ini, digital marketing perlahan melangkah menuju era personalisasI dan membangun hubungan yang relevan dengan kostumer Anda dimana artinya Anda perlu mengumpulkan data kostumer dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda berdasarkan segmentasi yang telah ditentukan.
    Agar bisa melakukan hal ini, Anda memerlukan CMS yang bisa mengumpulkan data dan memproses data secara real time. Selain itu, Anda memerlukan bantuan dalam menginterpretasikan data untuk memahami pengalaman belanja kostumer. Semua informasi tersebut akan memberikan Anda insight untuk membuat konten yang sesuai dengan situasi masing-masing pembeli.

 

Baca Juga  :     Panduan Singkat Mengenal Apa Itu Open Source

 

Rekomendasi CMS Terbaik dan Populer

Mengenal CMS (Content Management System), Pengertian dan Fungsinya
 

Mulai dari Blogger, kini ada banyak penyedia platform CMS yang populer dan terbaik di dunia. Anda bisa memilihnya menurut kebutuhan dan keinginan Anda. sedangkan rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan adalah :

  • WordPress

    WordPress menjadi salah satu pilihan CMS yang bisa Anda coba. Hingga saat ini, WordPress adalah CMS terpopuler dan paling banyak digunakan. Selain itu, CMS menjadi rumah bagi 42% website yang ada di internet. WordPress menawarkan Anda fleksibilitas, dengan WordPress Anda bisa membuat website jenis apapun seperti toko online, situs membership dan masih banyak lagi. Menjalankan WordPress juga tidak memerlukan kemampuan menulis kode atau pengetahuan tentang pengembangan web apapun, sehingga CMS ini sangat ramah bagi pemula.

  • Joomla

    Joomla merupakan salah satu CMS populer lainnya yang open source dan memberikan Anda banyak pilihan template serta ekstensi. Anda bisa menggunakan Joomla secara gratis namun Anda tetap harus menyiapkan hosting dan nama domain, Joomla mungkin menjadi CMS yang cocok bagi pengembang atau pengguna website berpengalaman. Joomla juga memberikan banyak fleksibilitas dan opsi sehingga Anda bisa membangun website yang kompleks. Walau demikian, Joomla tetap bisa digunakan pemula yang tidak ingin menulis atau mengedit kode.

  • Drupal

    Drupal juga termasuk CMS open source yang menjadi CMS dari berbagai website besar seperti The Economist dan website universitas. Drupal adalah pilihan yang bagus bagia Anda pada pengembangan, atau jika Anda bisa memiliki pengembangan untuk website Anda. Apabila Anda ingin membuat website yang sangat disesuaikan dengan keinginan atau keperluan bisnis, maka website tersebut harus bisa menangani banyak data. Memasukkan konten di Drupal mudah, dan tipe custom content nya bervariasi. Selain itu, Anda bisa menambahkan berbagai modul ke website Anda. Modul di Drupal berfungsi seperti plugin di WordPress. Modul tersebut meliputi banyak kustomisasi yang melengkapi website Anda.

 

Baca Juga  :      WordPress VS Drupal VS Joomla : Manakah yang Lebih Baik dan Lebih Tepat?

 

Kesimpulan dan Penutup

Di zaman yang serba canggih dan cepat ini, CMS menjadi pilihan yang praktis dan cepat terutama bagi mereka yang tidak mengetahui banyak hal mengenai pemrograman. Siapa saja tanpa terkecuali, dapat membuat dan meluncurkan situs web dan blog mereka sendiri.

Hanya saja, jika Anda mempunyai tujuan khusus membuat situs web seperti ingin membuat toko online atau e-commerce, maka Anda harus benar- benar memilih platform CMS yang dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. Jangan lupa untuk membeli domain dan hosting di IDCloudHost agar situs web Anda lebih sukses lagi.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update