Mengenal Fungsi dari IP Address

Mengenal Fungsi dari IP Address

IP Address (Internet Protocol Address) adalah nomor biner atau identitas numerik yang yang dipakai disetiap komputer agar komputer tersebut dapat saling berhubungan. Dalam internet IP Address itu sangat dibutuhkan, kenapa ? karna IP Address berperan sebagai identitas pengenal agar komputer dapat saling berhubungan dan bertukar data.

IP Address sebagai identitas pengenal supaya komputer/device tersebut mudah dikenal oleh jaringan hal ini dapat di analogikan sebagai seseorang yg menjadi tamu disebuah pesta yang memiliki keunikan tersendiri supaya orang tersebut mudah dikenali oleh tuan rumah.

Baca Juga : Mengenal Pengertian Apa itu IP Address

Fungsi dari IP Address adalah sebagai alat identifikasi host atau interface, alamat lokasi pada jaringan komputer yang bersifat unik yang digunakan tiap tiap komputer yang terhubung kedalam jaringan internet
IP Address juga bisa kita gunakan untuk melacak device yang sedang menggunakan jaringan tertentu. contoh jika dirumah anda memasang jaringan WiFi anda bisa melacak IP Address nya agar anda bisa mengetahui siapa saja yang menggunakan jaringan WiFi tersebut.

Nah bagi pengguna Internet berhati – hati lah saat menggunakannya,beberapa kasus yang terjadi di dunia maya ini seperti perlakuan atau perkataan yang tidak menyenangkan di sosial media bisa dilacak dimana orang tersebut berada dengan mengidentifikasi IP Address yang digunakan orang tersebut oleh seorang ahli di bidangnya. Dan hal ini juga sering dilakukan oleh seorang admin website agar dia bisa mengetahui berapa orang yang mengunjungi websitenya dalam satu bulan dan dari provinsi atau kota mana saja pengunjung websitenya berada.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update