Mengenal Green Ocean Strategy

Mengenal Green Ocean Strategy

Apakah Anda ingin bisnis Anda terus berkembang pesat dan menjadi maju? Jika iya Anda perlu memaksimalkan beberapa strategi marketing salah satunya adalah green ocean strategy. Dari namanya, mungkin Anda sedikit kurang familiar ya. Tetapi, strategi yang satu ini digunakan untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih meningkat lho. Yuk, simak penjelasan selengkapnya tentang green ocean strategy berikut ini

Apa Itu Green Ocean Strategy?

Green ocean strategy adalah strategi yang di dalamnya terdapat 5 pilar strategi yang bisa membuat sebuah perusahaan maju dan mampu untuk berkembang maupun tumbuh. Strategi ini dikhususkan dan sangat cocok diterapkan ketika masa-masa sulit seperti pandemi atau pasca pandemi begini. Dimana di masa-masa seperti ini, mengeluarkan banyak modal tak cukup untuk membuat perusahaan maju dan berkembang. 

Di masa persaingan bisnis ini, dimana banyak sekali tantangan dan pesaing bisnis yang bermunculan, sebuah strategi bisnis pun sangat dibutuhkan. Selain blue ocean strategy, ada green ocean strategy yang bisa digunakan kala blue ocean energy tak bisa mengembangkan sebuah perusahaan lagi. Terlebih di masa pandemi kemarin, green ocean strategy bisa membantu usaha untuk maju dan menjawab semua tantangan yang ada. 

Green ocean strategy memang dikenal sebagai strategi pengembangan bisnis. Namun tak hanya bisnis saja, strategi ini juga dipakai bagi para pekerja yang hendak meniti karir hingga bisa sampai di titik yang mereka inginkan. Selain bisnis besar dan pekerja, strategi ini juga bisa dipakai oleh para pengusaha startup yang baru saja meniti bisnisnya. 

5 Pilar Green Ocean Strategy 

green ocean strategy

5 pilar strategi green ocean ini akan diakronimkan menjadi strategi ABCDE. Dimana ABCDE ini adalah singkatan dari tahap stratgi yang bisa mengembangkan kinerja bisnis maupun karyawan secara langsung maupun tidak langsung. Pilar strategi ini dapat digunakan sebagai pilar strategi mandiri maupun untuk perusahaan. 

1. Ahead

Pilar green ocean strategy yang pertama ialah ahead atau terdepan. Dengan menjadi yang terdepan, perusahaan maupun seseorang mampu tumbuh dan berkembang dengan pesat. Terdepan di sini artinya ialah bagaiamana sebuah perusahaan bisa mengimplementasikan rancangan bisnis, membuat dan mencapai peluang yang ada di atas pesaing lainnya. Sama juga bagi seorang karyawan, ahead adalah bagaimana cara seseorang bisa menjadi terdepan dengan cara memanfaatkan peluang.

Dengan ahead, karyawan maupun bisnis berarti sudah lebih depan dan lebih maju dari semua pesaing. Menjadi yang terdepan berarti bisa membawa perusahaan atau diri sendiri bergerak cepat sesuai dengan perubahan bisnis ataupun karir. Hal ini juga berarti menjadi yang paling terdepan dan tercepat dalam mengantisipasi ancaman maupun perubahan seperti contohnya ketika masa pasca pandemi ini. 

2.Beyond

Green ocean strategy yang selanjutnya ialah beyond atau melampaui. Melampaui di sini bisa bermakna melampaui harapan dan di atas rata-rata. Setelah menjadi yang terdepan, saatnya perusahaan maupun seseorang melampaui semua harapan dan batasan. Jika perusahaan mampu melampaui harapan revenu bisnis, maka tentu saja perusahaan akan untung besar. Atau jika perusahaan bisa melampaui angka penjualan ketimbang pesaing, tentu saja ini adalah hal yang sangat baik bagi sebuah perusahaan. 

Bagi seorang pekerja, melampaui harapan seperti mampu membuat project yang sukses besar atau bisa bekerja sesuai ekspektasi lainnya tentu saja bisa membawa mereka menuju puncak teratas karir mereka. Maka dengan beyond, baik perusahaan maupun bekerja dapat berkembang dan maju dengan lebih lagi. 

3.Champion

Champion atau Bahasa Indonesianya juara adalah cara yang bisa bersinergi dengan dua cara di atas sebelumnya. Mengapa bisa begitu? Jadi jika sebuah perusaan bisa menjadi yang paling terdepan dan melampauinya, maka perusahan itu bisa menjadi sebuah pelopor dari sebuah terobosan. Bentuk terobosan ini antara lain seperti inovasi baru yang bisa menghasilkan cara-cara baru atau juga kreatifitas yang bisa menghasilkan sesuatu yang antimainstream dan original.

Di dalam bisnis, menjadi seseorang yang bisa mempelopori artinya perusahaan kita bisa banyak dikenal. Sehingga brand awareness sebuah perusahaan tidak tanggung-tanggung lagi di mata masyarakat. Pun dalam industri b2b, menjadi sebuah pelopor yang terdepan dapat mendatangkan banyak mitra baru. Bagi para pekerja menjadi seseorang pelopor yang bisa mendatangkan ide dan inovasi baru tentu saja mampu membantu mereka mengembangkan karir.

4.Deliver

Deliver atau yang berarti menyalurkan hasil kerja yang nyata adalah cara yang bisa didapatkan setelah cara runtut di atas dapat dicapai. Deliver dapat membantu bisnis berkembang melalui orientasi tindakan yang nyata. Dengan tindakan ini, perbedaan dan perubahan pun dapat dibuat. Pepatah ‘The Power Of Action’ tampaknya cukup cocok untuk menggambarkan makna strategi yang ini.

Sebab dengan tindakan yang nyata, semua orang akan merasakan kontribusi dan hasil pekerjaan sebuah perusahaan atau seorang karyawan. Jika sebuah perusahaan dapat menyalurkan hasil pekerjaan mereka secara terdepan, melampauinya, dan menjuarainya, maka sudah pasti bahwa perusahaan itu sudah berkembang pesat. Hal ini berlaku juga bagi karyawan. Dengan aksi yang nyata dari hasil kerja keras mereka, maka karir yang cemerlang pun akan datang pula.

5.Excellent

Pilar green ocean strategy yang terakhir ialah menjadi unggul atau excellent. Strategi ini berarti bahwa strategi terdepan, melampaui, dan menjadi juara harus disusun dengan pandangan penuh semangat menjadi yang paling unggul. Unggul yang paling diutamakan adalah unggul dalam bidang mutu, dimana selain semangat, produk, jasa, maupun hasil kerja harus sangat diperhatikan juga. Dengan hasil sempurna dalam bidang mutu, maka keuntungan dan perkembangan perusahaan akan sangat sempurna.  

Contoh keunggulan adalah seperti layanan yang unggul dengan respon yang baik dan cepat. Contoh lebih detailnya lagi adalah seperti pada bisnis perbankan. Dimana bank dengan layanan tercepat (ahead), jauh lebih baik dari bank lainnya (boynd), mampu menjawab kebutuhan setiap nasabah dan penuh akan inovasi (champion), dan dapat menghasilkan sesuatu yang nyata (deliver), jelas akan menjadi bank yang unggul (exellent) 

Maka dengan begitulah kelima pilar green ocean strategy dapat membantu mengembangkan usaha maupun karir seseorang. Mampu menjadi terdepan, melampaui semuanya, memberikan inovasi, dan menghasilkan hasil terbaik yang nyata adalah kesimpulan dari strategi ini. Dengan penggunaan prinsip yang benar dan tepat, maka perusahaan akan berkembang pesat dan mencapai semua visi misi dan objektif dari sebuah perusahaan. 

Penutup

Itu dia beberapa pilar dari green ocean strategy yang bisa Anda pelajari dan pahami. Apalagi saat ini, digitalisasi adalah langkah awal yang bisa dioptimalkan demi mendukung kemajuan bisnis. Caranya adalah dengan membuat blog, website, ataupun layanan digital lainnya untuk menunjuang pengetahuan tentang bisnis kepada audience. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan website untuk memuat konten mengenai bisnis Anda.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic di website bisnis Anda. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, pas banget nih Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data fleksibel dengan kemudahan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update