Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Google Firebase

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Google Firebase

Membuat aplikasi seperti mengirim surat. Analoginya Anda akan berusaha keras untuk mendesain amplop sebaik mungkin, namun pada akhirnya tetap selalu tulisan di dalamnya lah yang benar-benar penting. Sebaliknya, menulis kode backend, mengelola perangkat keras, dan menangani hosting tidak semudah menulis surat. Dan beberapa orang atau perusahaan banyak yang akan mencari seseorang yang mengurusnya untuk mereka.

Backend-as-a-Service (BaaS) menjadi solusi komputasi awan populer untuk penggemar teknologi dan bisnis yang tidak memiliki biaya untuk membangun sendiri atau memelihara infrastruktur backend yang ada. Disisi lain, untuk benar-benar terjun ke era digitalisasi, seluruh teknologi saling berkaitan sehingga membutuhkan banyak alat untuk membantu segala pekerjaan di bidang IT. Seperti di banyak bidang teknologi lainnya, salah satu posisi terdepan di pasar BaaS dipegang oleh produk Google Firebase.

Beberapa bisnis tidak mampu membayar biaya pengembangan atau pemeliharaan infrastruktur back-end, sehingga bisnis atau perusahaan dapat menggunakan layanan BaaS atau Backend -as -a-Service. Seperti bidang teknologi lainnya, Google memiliki kehadiran yang kuat di layanan BaaS dengan produknya yang disebut Firebase. Artikel ini akan meninjau platform Firebase dan memperkenalkan kelebihan dan kekurangannya untuk Anda.

 

Baca Juga :  Apa itu Firebase? Pengertian dan Cara Kerjanya

 

Mengenal Apa Itu Google Firebase

 

Firebase adalah platform pengembangan perangkat lunak yang diluncurkan pada tahun 2011 oleh Firebase inc, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2014. Dimulai sebagai database waktu nyata, sekarang memiliki 18 layanan dimana 4 di antaranya saat ini dalam versi beta dan Application Programming Interface (API) khusus. Seluruh platform adalah solusi Backend-as-a-Service baik untuk aplikasi seluler dan berbasis web yang mencakup layanan untuk membangun, menguji, dan mengelola aplikasi. Solusi BaaS memungkinkan Anda menghilangkan kebutuhan dalam mengelola database backend dan mendapatkan perangkat keras yang sesuai. Sebagai gantinya, Anda dapat menghubungkannya ke aplikasi Anda melalui API khusus untuk setiap layanan terpisah. Dalam kasus Firebase, ada 7 di antaranya yang mencakup semua spektrum teknologi back-end untuk suatu aplikasi. Daftar platform yang terintegrasi dengan Firebase termasuk Android , iOS , Web, dan Unity.

Selain itu, Firebase merupakan platform Google untuk pengembangan seluler dan web yang membantu pengusaha membangun, meningkatkan, dan menskalakan produk di aplikasi mereka. Platform ini menawarkan seperangkat alat yang membuat proses pengembangan produk jauh lebih mudah. Itulah mengapa sangat cocok untuk membangun Minimum Viable Product (MVP) karena mempersingkat waktu dan upaya yang dilakukan oleh pengembang untuk benar-benar membuatnya.

Layanan siap pakai meliputi machine learning kit, hosting, storage function, atau realtime database. Infrastruktur juga menawarkan beberapa produk gratis seperti analytics, crash reporting, atau cloud messaging yang selanjutnya seluruh layanan di-host di cloud. Itu sangat memudahkan pekerjaan pengembang dan membiarkan mereka fokus pada keseluruhan pengalaman yang ditawarkan produk. Platform ini menyediakan API bagi pengembang yang memungkinkan data aplikasi disinkronkan di seluruh klien dan disimpan di cloud Firebase.

 

Baca Juga :  Google Firebase : Pengertian dan Cara Kerjanya

 

Kelebihan dan Kekurangan Google Firebase

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Google Firebase
 

 

Untuk membantu Anda memutuskan apakah platform ini sepadan dengan waktu dan usaha Anda, berikut ini adalah evaluasi kinerjanya dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari Firebase.

  1. Penyimpanan

    Google Firebase menggunakan database NoSQL khusus berbasis cloud, Firestore, dan database waktu nyata, untuk menyimpan informasi. Seperti database NoSQL lainnya, mereka menyimpan informasi dalam koleksi dan dokumen. Kueri data tidak bergantung pada jumlah data yang disimpan dalam database. Sebaliknya, ini diperumit dengan jumlah hasil yang dibawa oleh kueri. Salah satu keunggulan Cloud Firestore dan database waktu nyata adalah mereka menggunakan pendengar waktu nyata untuk memperbarui data di seluruh platform. Dengan begitu, klien mendapatkan snapshot data yang disinkronkan bahkan ketika ada waktu henti jaringan. Dan ketika mereka melanjutkan online, secara otomatis memperbarui klien.

  2. Hosting

    Anda juga dapat menghosting aplikasi web dengan mudah di Firebase. Menawarkan layanan mikro, Firebase memungkinkan Anda menghosting dan menerapkan aplikasi web Anda dengan cepat dengan beberapa perintah. Saat Anda melakukannya, aplikasi Anda berada di jaringan pengiriman konten (CDN) yang didistribusikan secara global. Ini memastikan bahwa pengguna dapat membaca dan menulis ke aplikasi Anda tanpa waktu henti. Anda dapat menambahkan fitur ke aplikasi Anda melalui komitmen jarak jauh. Jadi mudah untuk memperbarui dan menskalakan aplikasi Anda secara real-time tanpa kesalahan.

  3. Otentikasi

    Salah satu fitur penghemat waktu yang ingin Anda jelajahi di Firebase adalah layanan autentikasinya. Saat menautkan aplikasi dengan Firebase, Anda mungkin tidak perlu membuat antarmuka login terpisah. Untuk menghemat waktu, Anda dapat menggunakan UI login bawaannya untuk memasukkan pengguna ke aplikasi Anda. Dan untuk fleksibilitas lebih, Anda dapat menggunakan SDK autentikasi sebagai gantinya. Ini memungkinkan Anda memasukkan pengguna menggunakan beberapa metode autentikasi lain yang tersedia.

  4. Firebase ML

    Firebase ML berguna jika Anda memiliki proyek pembelajaran mesin untuk diterapkan bersama dengan aplikasi Anda. Firebase menawarkan kemampuan pembelajaran mesin untuk model pelatihan. Dengan demikian, ini memungkinkan Anda mengintegrasikan model khusus ke dalam aplikasi Anda dan menghostingnya di cloud.

  5. Gratis untuk pemula

    Platform tidak mengenakan biaya untuk sebagian besar layanannya dan memerlukan pemilihan paket harga hanya setelah mencapai jumlah memori database tertentu. Ini bagus untuk pemula yang ingin memvalidasi apakah platformnya cukup baik untuk produk mereka dan tidak ingin membayar semua layanan di muka. Bagi mereka yang ingin memperkirakan total harga yang harus mereka bayar untuk paket yang disesuaikan, ada kalkulator harga yang memudahkan prosesnya.

Baca Juga :  Panduan Mengenal Firebase Bagi Pemula

 

Hampir tidak ada teknologi tanpa kekurangan. Jadi, meskipun ini merupakan opsi manajemen server dan backend yang cepat, Firebase mungkin menghadirkan beberapa kesalahan di sepanjang prosesnya:

  1. Biaya pemeliharaan

    Jika tidak dikelola dengan benar, biaya pemeliharaan Firebase pada layanan bayar sesuai penggunaan akan terakumulasi seiring dengan peningkatan baca dan tulis. Jadi biaya perawatan bisa melonjak di beberapa titik.

  2. Ekspor data

    Sulit untuk mengekspor data yang disimpan di Firestore ke database lain. Bahkan jika Anda akhirnya menemukan cara, seringkali membutuhkan tingkat teknis yang tinggi. Plus, itu bisa sangat mahal juga.

  3. Lambat

    Semakin besar hasil kueri, semakin berantakan dan lambat hasilnya.

  4. Berpusat pada Android

    Firebase tidak menyediakan kemampuan yang sama untuk aplikasi Android dan iOS. Ini masih lebih berpusat pada Android dan merupakan satu-satunya sistem yang mendapatkan sebagian besar layanan dan fasilitas khusus. Misalnya, Test Lab dapat dengan mudah diintegrasikan dengan studio Android dan mendukung berbagai perangkat Android untuk pengujian. Ketika datang ke iOS, itu diberikan dengan dukungan beta tertutup untuk perangkat iOS tetapi mencakup rentang pengujian yang sangat mendasar.

 

Baca Juga :  Bangun Aplikasi dengan Basis Data Waktu Nyata (Google Firebase)

 

Kesimpulan dan Penutup

Menyimpulkan kelebihan dan kekurangan dari Firebase adalah pilihan yang baik jika Anda berencana untuk membuat produk baru dari awal atau menulis ulang yang sudah ada. Platform ini membantu dalam menyimpan dan meningkatkan konten dinamis sekaligus juga mempercepat proses pengembangan, memungkinkan mendapatkan hasil yang lebih cepat. Sehingga firebase dapat menjadi platform yang sempurna untuk membangun MVP atau Minimum Viable Product Anda.

Namun, itu tidak boleh menjadi pilihan terakhir Anda untuk proyek yang lebih besar karena platform ini tetap membatasi tindakan Anda terkait migrasi dan keamanan data. Jika Anda berpikir untuk memulai proyek yang lebih besar, lebih kompleks, dan membutuhkan solusi cloud khusus, Idcloudhost dapat membantu Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update