Mengenal Kubernetes vs Docker

Mengenal Kubernetes vs Docker

Adapun tools yang banyak digunakan dalam ekosistem kontainer cloud-native modern adalah Docker dan Kubernetes. Kedua platform terbuka ini telah memungkinkan revolusi containers berkembang pesat dengan adanya berbagai manfaat dan keterbukaan dalam komunitas. Docker adalah seperangkat alat pengembangan perangkat lunak untuk membuat, berbagi, dan menjalankan kontainer individual. Adapun kubernetes adalah sistem untuk mengoperasikan aplikasi yang di kontainerisasi dalam skala besar.

Pada dasarnya, Docker dan Kubernetes sebagian besar merupakan teknologi yang saling melengkapi atau bahkan digunakan secara bersama. Namun, Docker juga menyediakan sistem untuk mengoperasikan aplikasi ter kontainerisasi dalam skala besar, yang disebut Docker Swarm. Lebih lanjut, Kubernetes vs Docker juga memiliki tujuan yang berbeda. Dengan demikian, untuk selengkapnya mengenai perbedaan Docker dan Kubernetes, maka Anda perlu menyimak artikel ini dengan seksama, ya!

Apa Itu Kubernetes

Kubernetes (disebut juga sebagai K8s) adalah platform sumber terbuka yang populer yang mengatur sistem runtime kontainer di seluruh cluster sumber daya jaringan. Lebih lanjut, Kubernetes dapat digunakan dengan atau tanpa Docker.

Kubernetes sangat berguna bagi tim DevOps karena menawarkan layanan discovery, penyeimbangan beban di dalam cluster, peluncuran dan pengembalian otomatis, pemulihan mandiri kontainer yang gagal, dan manajemen konfigurasi. Selain itu, Kubernetes merupakan alat penting untuk membangun pipeline CI/CD DevOps yang kuat.

Namun, Kubernetes bukanlah platform sebagai layanan (PaaS) yang lengkap dan ada banyak pertimbangan yang perlu diingat saat membangun dan mengelola cluster Kubernetes. Kerumitan yang muncul dalam mengelola Kubernetes merupakan faktor besar mengapa banyak pelanggan memilih untuk menggunakan layanan Managed Kubernetes dari vendor cloud. Hal yang juga penting Anda ketahui adalah mengenai komponen kubernetes, adapun untuk selengkapnya maka Anda bisa mengakses konten artikel berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Komponen-Komponen Kubernetes

Apa Itu Docker

Docker adalah platform kontainerisasi komersial dan runtime yang membantu developers membangun, menggunakan, dan menjalankan container. Docker menggunakan arsitektur client-server dengan perintah sederhana dan otomatisasi melalui API tunggal.

Docker juga menyediakan toolkit yang biasa digunakan untuk memaketkan aplikasi ke dalam citra container yang tidak dapat diubah dengan menulis Dockerfile dan kemudian menjalankan perintah yang sesuai untuk membangun citra menggunakan server Docker. Pengembang dapat membuat container tanpa Docker, tetapi platform Docker membuatnya lebih mudah untuk melakukannya. Citra container ini kemudian dapat digunakan dan dijalankan pada platform apa pun yang mendukung container, seperti Kubernetes, Docker Swarm, Mesos, atau HashiCorp Nomad.

Meskipun Docker menyediakan cara yang efisien untuk mengemas dan mendistribusikan aplikasi dalam kontainer, namun menjalankan dan mengelola kontainer dalam skala besar merupakan tantangan tersendiri. Untuk mengatasi masalah ini dan banyak lagi, solusi untuk mengatur kontainer muncul dalam bentuk Kubernetes, Docker Swarm, Mesos, HashiCorp Nomad, dan lainnya.

Solusi-solusi ini memungkinkan organisasi untuk mengelola kontainer dan pengguna dalam jumlah besar, menyeimbangkan beban secara efisien, menawarkan otentikasi dan keamanan, penerapan multi-platform, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Docker : Definisi, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya

Perbandingan Kubernetes vs Docker

Simak beberapa perbandingan kubernetes vs docker yang wajib Anda ketahui. Docker dan Kubernetes merupakan teknologi cloud-native yang terbuka. Biasanya, penyedia layanan cloud mendukung komponen Docker dan Kubernetes dalam penawaran terkelola mereka. Adapun perbedaan kubernetes vs docker adalah Docker bertugas dalam pengemasan aplikasi dalam kontainer pada satu node dan Kubernetes bertugas dalam menjalankannya di sebuah cluster. Lebih lanjut, karena perbedaan tersebut maka sering kali keduanya digunakan bersama-sama.

Docker dan Kubernetes juga dapat digunakan secara independen. Misalnya perusahaan besar dapat memperoleh manfaat dari Kubernetes dan dapat mendukung pemeliharaannya, namun dalam mendukung proyek yang lebih kecil dapat memperoleh manfaatnya maka Anda bisa hanya mengadopsi Docker.

Jika Anda ingin melihat perbedaan antara Kubernetes vs Docker, maka selengkapnya dapat tergambarkan pada tabel di bawah ini:

1.Fitur Kubernetes

  • Kontainerisasi: Memungkinkan untuk menjalankan dan mengelola kontainer
  • Self-healing: Secara otomatis mengganti kontainer yang gagal dengan yang baru
  • Orkestrasi penyimpanan: Menyediakan kerangka kerja untuk orkestrasi penyimpanan di seluruh cluster host
  • Orkestrasi:Memungkinkan untuk mengelola dan mengotomatiskan penyebaran dan penskalaan kontainer di seluruh cluster host.
  • Penyeimbang beban: Menyediakan penyeimbangan beban internal
  • Penskalaan: Memungkinkan penskalaan wadah secara horizontal

2. Fitur Docker

  • Kontainerisasi: Memungkinkan untuk membuat dan mengelola kontainer
  • Self-healing: Tidak memiliki kemampuan penyembuhan mandiri. Bergantung pada alat pihak ketiga seperti Docker Compose atau Docker Swarm
  • Orkestrasi penyimpanan: Tidak memiliki kemampuan orkestrasi penyimpanan asli. Bergantung pada alat pihak ketiga seperti Flocker
  • Orkestrasi:Tidak memiliki fitur orkestrasi asli. Bergantung pada alat pihak ketiga seperti Docker Swarm
  • Penyeimbang beban: Tidak memiliki kemampuan penyeimbangan beban asli. Bergantung pada alat pihak ketiga seperti Docker Swarm
  • Penskalaan: Memungkinkan penskalaan wadah secara horizontal

Singkatnya, Docker dan Kubernetes adalah alat penting dalam ekosistem kontainerisasi. Docker digunakan untuk membuat dan menjalankan kontainer, sedangkan Kubernetes digunakan untuk mengelola dan mengotomatiskan penyebaran, penskalaan, dan pengoperasian kontainer di seluruh klaster host. Docker menyediakan cara yang sederhana dan efisien untuk menjalankan dan mengelola kontainer, sedangkan Kubernetes menyediakan fitur yang lebih canggih seperti penerapan kontainer otomatis, penskalaan, dan penyembuhan mandiri.

Cara Menginstall Docker pada Ubuntu Server

Kubernetes vs Docker: Mana Yang Lebih Baik 

kubernetes vs docker

Mungkin Anda bingung bagaimana menentukan spesifikasi kubernetes vs docker yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Namun, berdasarkan fungsinya masing-masing, maka Anda bisa mencocokkan sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Docker Swarm biasanya membutuhkan penyiapan dan konfigurasi yang lebih sedikit daripada Kubernetes jika Anda membangun dan menjalankan infrastruktur Anda sendiri. Docker Swarm menawarkan manfaat yang sama dengan Kubernetes, seperti menerapkan aplikasi Anda melalui berkas YAML deklaratif, secara otomatis menskalakan layanan ke kondisi yang Anda inginkan, menyeimbangkan beban di seluruh kontainer dalam cluster, dan keamanan serta kontrol akses di seluruh layanan Anda.

Jika Anda memiliki sedikit beban kerja yang berjalan, tidak keberatan mengelola infrastruktur Anda sendiri, atau tidak membutuhkan fitur spesifik yang ditawarkan Kubernetes, maka Docker Swarm mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Kubernetes lebih rumit untuk disiapkan di awal tetapi menawarkan fleksibilitas dan fitur yang lebih besar. Kubernetes juga memiliki dukungan luas dari komunitas sumber terbuka yang aktif. Kubernetes mendukung berbagai strategi penerapan di luar kotak, dapat mengelola masuknya jaringan Anda, dan menyediakan pengamatan di luar kotak ke dalam kontainer Anda. Semua vendor cloud menawarkan layanan Kubernetes terkelola yang membuatnya jauh lebih mudah untuk memulai dan memanfaatkan fitur-fitur cloud native, seperti penskalaan otomatis.

Jika Anda menjalankan banyak beban kerja dan membutuhkan interoperabilitas cloud native, dan memiliki banyak tim dalam organisasi Anda, yang menciptakan kebutuhan akan isolasi layanan yang lebih besar, maka Kubernetes kemungkinan besar merupakan platform yang harus Anda pertimbangkan.

Bagaimana Menggunakan Kubernetes dengan Docker?

Meskipun Kubernetes vs Docker bisa dibandingkan, namun keduanya mungkin untuk digunakan secara bersamaan. Saat menggunakan Kubernetes dengan Docker, Kubernetes bertindak sebagai orkestrator untuk container Docker. Oleh karena itu, Kubernetes dapat mengelola dan mengotomatisasi penyebaran, penskalaan, dan pengoperasian container Docker.

Kubernetes dapat membuat dan mengelola container Docker, menjadwalkannya untuk berjalan pada node yang sesuai dalam sebuah cluster, dan secara otomatis menskalakan jumlah container ke atas atau ke bawah berdasarkan permintaan. Kubernetes juga dapat mengelola penyimpanan dan jaringan container Docker, sehingga lebih mudah untuk membuat dan menerapkan aplikasi terkontainerisasi yang kompleks.

Dengan menggunakan Kubernetes dengan Docker, Anda dapat memanfaatkan manfaat dari kedua alat tersebut. Docker menyediakan cara yang mudah untuk membangun dan mengemas aplikasi dalam kontainer, sedangkan Kubernetes menyediakan platform yang kuat untuk mengelola dan menskalakan aplikasi tersebut. Bersama-sama, keduanya dapat memberikan solusi lengkap untuk mengelola aplikasi dalam kontainer dalam skala besar.

Penutup

Memahami kubernetes vs docker adalah hal yang penting sehingga membuat Anda bisa memahami platform yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Kubernetes adalah platform sumber terbuka yang populer yang mengatur sistem runtime kontainer di seluruh cluster sumber daya jaringan. Adapun Docker adalah platform kontainerisasi komersial dan runtime yang membantu developers membangun, menggunakan, dan menjalankan container.

Jika Anda memiliki kebutuhan jumlah yang besar, maka kubernetes dapat menjadi alternatif yang Anda gunakan. Layanan layanan Kubernetes IDCloudHost dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Layanan ini telah dipercaya lebih dari 300.000 pelanggan baik dari perusahaan besar maupun pemerintahan. Dengan demikian, tunggu apalagi jangan sia-siakan kemajuan bisnis Anda dengan layanan kubernetes.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update