Mengenal Lebih Jauh Mengenai Digital Twin

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Digital Twin

Era digitalisasi modern ini sudah merambah ke sektor bidang perindustrian. Karena mesin mesin perindustrian kini sudah terhubung dengan internet. Koneksi dalam internet dapat terhubung dengan software maupun hardware dengan perangkat fisik dengan data, kemudian data tersebut diberikan terhadap manusia. Sehingga pekerjaan di perindustrian menjadi efisien.

GE yang kini merambah bisnis digital industrial melakukan konvergensi antara mesin dengan internet dan manusia lewat sebuah platform digital yang disebut PREDIX. Bersamaan dengan ini juga hadir aplikasi unggulan untuk industrial internet yang dibangun di dalam PREDIX yang bernama Digital Twin.
Dengan digital twin software akan terlihat dinamis dalam hal fisik dan sistemnya. Sistem kerja dari digital twin ialah mengandalkan data yang disediakan sensor untuk untuk merespon sebuah perubahan, memahami keadaan, dan meningkatkan kerja.

Beberapa penjelasan Vinay B. Jammu, Technology Leader, Physical-Digital Analytics GE Global Research Center.

  1. Digital twin pada dasarnya merupakan model virtual dari asset fisik sebuah mesin. Yakni, sebuah model komputer.
  2. Digital twin merupakan sebuah model virtual yang dapat membantu manusia mengumpulkan informasi berbasis dan prediksi yang akurat guna melakukan pengambilan keputusan yang berpengaruh pada produktivitas perusahaan.
  3. Pada digital twin perpaduan antara sebuah integritas sebuah software, hardware, fisika, dan pembelajaran. Caranya dengan menghubungkan peralatan industri dengan internet kemudian mendapatkan data. Kemudian anda mengumpulkan data data tersebut dan memasukannya ke Digital twin.
  4. Digital twin dapat melihat kolerasi dalam data yang diolah dengan machine learning. Apa saja yang sesungguhnya menyebabkan permasalahan. Dalam hal ini digital twin dapat merekomendasikan beberapa tindakan yang dapat lakukan.
  5. Keakuratan Digital Twin dilakukan dengan dua acara yaitu yang pertama dengan melakukan pengumpulan dari semua data dari Digital Twin dan membangun template dari koleksi data tersebut. Dengan membuat template dari mesin mesin pada industri tersebut pelanggan dapat melihat data sehingga pelanggan dapat memanfaatkan data tersebut dengan cepat. Hal kedua yaitu dengan memprediksi. Ini berdasarkan platform cloud. Ketika anda menyimpan informasi di cloud, kemudian informasi tersebut dapat diakses pihak yang berkepentingan. Kesimpulannya keakuratan di Digital Twin yaitu dengan cara berpikir,melihat dan melakukannya.
  6. Digital Twin memiliki 4 jenis diantarannya : Komponen (parts), Mesin, Proses, dan Sistem. Anda dapat memilih jenis twin sesuai dengan kebutuhan anda sehingga dapat menentukan kisaran biaya.
  7. Digital Twin dapat banyak digemari karena efiseinsi harga dan juga dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan sebuah perusahaan.
solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update