Mengenal Mailer-Daemon yang Sering Menggangu Email Anda

Mengenal Mailer-Daemon yang Sering Menggangu Email Anda

Saat ini email seringkali digunakan untuk mengirimkan file, dokumen, gambar atau yang lainnya. Kemudahan yang ditawarkannya membuat pengguna merasa sangat terbantu. Namun, tidak sedikit kasus gagal dalam mengirim email yang bisa saja disebabkan oleh limid batas email pengguna. Ada juga kasus dimana ketika Anda mengirim email maka balasan aneh yang diterima seperti seperti “Undeliverable Mail” atau “Mailer Daemon.” Jika Anda pernah mengalami hal tersebut kira-kira apa penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasan lengkap mengenai mailer-daemon dibawah ini.

Apa Itu Mailer-Daemon?

Mailer-Daemon adalah sebuah program yang dipasang pada server layanan email yang bertanggung jawab untuk mengelola email dan mengirimkannya melalui internet. Secara singkat, Mailer-Daemon ini merupakan program yang secara otomatis berfungsi untuk mengirimkan pesan pemberitahauan kepada pengirim email saat sebuah email tidak bisa dikirimkan.

Nah sebaliknya, apabila saat mengirim sebuah email dalam keadaan normal dan baik-baik saja, maka anda tidak akan mendapatkan pesan apapun dari Mailer-Daemon. Tetapi jika ada kesalahan saat mengirim email maka Mailer-Daemon akan menunjukkan pesan error serta memberi deskripsi letak kesalahan melalui email yang dikirim kepada anda.

Penyebab Email Gagal Terkirim

Pada dasarnya Mailer-Daemon bukanlah disebabkan oleh kesalahan pada email server anda. Kesalahan yang paling umum terjadi adalah kesalahan penulisan. Email yang gagal terkirim itu biasanya di sebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

  1. Email tidak valid, hal ini biasanya disebabkan penulisan yang salah sehingga email tersebut tidak ada penerimanya. Maka penting untuk memastikan bahwa email yang Anda tuju valid ya.
  2. Mailbox penuh, bisa saja inbox di email masuk hingga ribuan email. Sehingga kemungkinan kotak masuk email penuh. Inilah yang menyebabkan email yang Anda kirim tidak bisa masuk. Untuk itu, kosongkan terlebih dahulu
  3. Rejected by system, artinya adalah si penerima email yang sudah mengatur kapan saja waktu untuk dia menerima atau menolak email. Maka, tidak heran jika email Anda gagal terkirim bisa saja itu sudah diatur oleh si penerima. Hal ini bisa diatasi dengan Anda menghubungi penerima bersangkutan lewat media sosial atau perangkat resmi lainnya untuk menerima email Anda.
  4. Account disable, kemudian akun email sudah tidak aktif juga menjadi penyebab email gagal terkirim. Biasanya email yang tidak aktif selama 6 bulan secara otomatis akan dinonaktifkan oleh mail server. Maka dari itulah email yang Anda kirimkan menjadi gagal karena akun tidak terdeteksi.
  5. Server down, penyebab selanjutnya adalah server sedang down sehingga email yang Anda kirimkan gagal. Lebih tepatnya server penerima sedang dalam perbaikan atau tidak dapat ditemukan. Jika ini bersifat sementara Anda bisa mencoba mengirim emailnya kembali.

Mengapa Mailer-Daemon Bisa Muncul?

Ini beberapa alasan umum mengapa Mailer-Daemon bisa muncul yakni

  1. Alamat Email Tidak Valid: Alamat email penerima tidak valid atau tidak aktif, sehingga email tidak dapat diantarkan.
  2. Kotak Surat Penuh: Kotak surat penerima telah mencapai kapasitas maksimal, sehingga email tidak dapat diterima.
  3. Server Tujuan Tidak Tersedia: Server email penerima mengalami masalah atau tidak dapat diakses, sehingga email tidak dapat dikirim.
  4. Pesan Terlalu Besar: Email terlalu besar untuk dikirimkan ke penerima, melebihi batasan yang diizinkan oleh penyedia email.

Cara Mengatasi Mailer-Daemon

mailer deamon

Jika Anda mengalamani Mailer-Daemon ikuti cara mengatasinya yang sudah kami sajikan berikut ini.

1.Pindai dan Hapus Mailer-Daemon

Jika Anda sudah mendapatkan spam Mailer-Daemon ini hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memindahkan virusnya baik itu dari perangkat laptop, ponsel, desktop atau perangkat yang Anda gunakan untuk membuka email. Cara memindahkannya bisa dengan mengganti program anti virus ke program anti virus yang lebih handal atau yang lebih berkualitas dari yang digunakan sebelumnya. Kemudian hapuslah Mailer-Daemon tersebut dengan anti virus tersebut

2. Ubahlah Kata Sandi Email Anda

Kedua, yang perlu Anda lakukan adalah mengubah kata sandi email Anda. Ini berguna agar email Anda terhindar dari spam Mailer-Deamon. Anda bisa mengkombinasikan kata sandi email dengan angka,huruf besar,huruf kecil dan simbol unik.

3. Periksa Kembali Alamat Email

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah periksa kembali alamat email. Apakah sudah sesuai dengan alamat email yang Anda tuju. Anda bisa memastikannya terlebih dahulu dengan mencoba untuk memasukkan alamat email penerima dengan benar dan lengkap. Apabila ada tertera maka itu benar, namun sebaliknya jika tidak ada maka alamat salah atau kurang tepat. Salah satu caranya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi penerima untuk memastikan alamat email yang Anda gunakan.

4. Periksa Ukuran Email

Kemudian yang juga tidak kalah penting adalah pastikan ukuran email pas. Maksudnya adalah tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Selain itu, pastikan juga ukuran email Anda sesuai dengan batasan yang diizinkan oleh penyedia email. Nah, jika ukuran email terlalu besar, Anda harus mengubahnya kedalam bagian yang lebih kecil atau menggunakan layanan berbagi file sebelum mengirimnya.

3. Rutin Cek Kotak Masuk

Jika Anda sebagai penerima, Anda harus rutin melakukan cek kotak masuk. Karena kotak masuk yang jarang dilihat,kemungkinan menyimpan banyak sekali surat yang masuk sehingga menyebabkan kotak masuk menjadi penuh. Ini menyebabkan email menjadi penuh dan harus segera dibersihkan. Caranya agar tidak kembali penuh adalah dengan mengosongkan ruang penyimpanan atau surat masuk yang sekiranya tidak lagi penting atau sudah dibaca.

4. Hubungi Penerima

Terakhir, Jika Anda yakin alamat email penerima valid dan kotak suratnya tidak penuh, hubungi penerima dan minta mereka untuk memeriksa server email mereka. Ini menjadi alternatif yang bisa Anda pilih agar penerima bisa menerima email Anda.

Penutup

Jadi kesimpulannya adalah Mailer-Demon ini pemberitahuan otomatis yang mengindikasikan bahwa email yang Anda kirim tidak dapat diantarkan. Penting untuk memahami alasan munculnya pesan Mailer Demon dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mengatasi masalah pengiriman email. Dengan memeriksa kembali alamat email, mengelola ukuran email, dan berkomunikasi dengan penerima, Anda dapat memastikan bahwa email Anda dapat dikirimkan dengan sukses.

Kemudian, Anda tidak perlu khawatir dengan pengertian serta tips mencegah Mailer-Demon yang sudah kami sajikan diatas. Jika Anda posisinya sebagai pengirim email, maka Anda bisa mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan email gagal terkirim.

Jika kita membahas mengenai Mailer-Deamon pasti Anda mengetahui artikelnya dari website bukan?. Nah, tahukah Anda aktivitas website yang banyak ternyata bisa menyebabkan website Anda mengalami kenaikan traffic yang cukup tinggi. Sehingga Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, pas banget nih Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan untuk solusi segala kebutuhan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update