Mengenal Perbedaan cPanel dan WHM Serta Fungsinya

Mengenal Perbedaan cPanel dan WHM Serta Fungsinya

Bagi anda yang ingin membangun sebuah situs website, anda harus mempunyai sebuah hosting untuk penyimpanan data situ berupa halaman web, script PHP, dan kode CSS. Banyak sekali fitur yang ada didalam sebuah website agar bisa terintegrasi satu dan lainnya.

Jadi setiap orang dapat mengakses situs website anda dengan menggunakan jaringan internet, termasuk dalam Smartphone. Oleh karena itu, teknologi ini sangat penting untuk perkembangan sebuah aplikasi atau website. Website merupakan sebuah teknologi masa kini yang praktis, karena tidak perlu di install oleh pengguna.

Sebelum anda membeli hosting anda harus mengetahui hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda, karena banyak jenis hosting dibawah ini kami akan menjelaskan jenis – jenis hosting yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Apa Itu Hosting ?

 

WHM adalah kepanjangan dari Web Host Manager adalah sebuah halaman web yang berguna untuk mengelola layanan-layanan atau fungsi reseller, dan untuk administrators WHM juga digunakan untuk memanage semua website yang ada di server hosting.

Melalui WHM pengguna dengan level akses tertentu diizinkan menggunakan fungsi untuk memanage domain-domain yang terhosting disana, misal untuk mamanage quota bandwidth dan diskspace untuk masing-masing domain yang telah ditambahkan ke hosting, termasuk untuk manambah, menghapus dan memodifikasi domain di hosting. Saat kita menambah domain melalui WHM maka setiap domain tersebut akan memiliki account cpanel yang berbeda-beda, satu domain (yang ditambahkan ke hosting melalui WHM) satu account cpanel.

 

Beberapa Manfaat Menggunakan Web Host Master

 

WHM memungkinkan anda untuk mengakses DNS Zone dari semua domain. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat, menghapus dan menangguhkan (suspend) akun cPanel. Terlepas dari kemampuannya untuk mengkonfigurasi dan mendukung permintaan pelanggan melalui cPanel.

WHM memungkinkan anda untuk mengubah nama domain dan username klien. Dengan kontrol sepenuhnya atas backend cPanel, WHM memiliki banyak manfaat lainnya untuk Virtual Private Server dan Dedicated Server. Daftarnya sebagai berikut ini :

 

  1. Anda bisa Mengelola Sertifikat SSL dengan mudah

    Kemudahan yang akan anda dapatkan dari web host Master ini memudahkan anda untuk melakukan penginstalan dan pengelolaan terhadap sertifikat SSL. Hal ini tentu sangat berperan sebagai proses pembangunan web atau domain itu sendiri.

  2. Mendapatkan Akses Ke Semua Akun

    Dengan WHM, seseorang bisa mendapatkan akses ke semua akun di dalamnya. Selain itu juga memungkinkan seseorang mengubah kepemilikan akun jika akun dijual atau dihapus.

  3. Memudahkan memantau server kapan saja

    Klien dapat menerima newsletter, update dan upgrade kesepakatan melalui WHM dan Secara keseluruhan, WHM memangkas waktu yang dihabiskan untuk administrasi server dan fokus pada pengelolaan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga : Perbedaan Plesk dengan CPanel Yang Wajib Anda Ketahui

 

Apa itu cPanel ?

 

Cpanel merupakan Akses yang dapat menggelolal aktifitas pada Web hosting Anda. Control Panel Cpanel ini merupakan yang paling populer digunakan didunia untuk dapat melakukan manajemen pada Web Hosting Anda.
Control Panel ini dapat melakukan aktifitas seperti :

 

  • Creating databases
  • Managing website files
  • Setting up email accounts & auto responder
  • Domain Management

Beberapa Manfaat Menggunakan CPanel

 

cPanel memungkinkan anda untuk mengatur file dengan lebih mudah. Menggunakan GUI (graphic user interface) sederhana yang bertindak sebagai pengelola sistem admin saat Anda tidak ingin menggunakan website builder. Hal ini membuat cPanel user-friendly dibandingkan dengan yang lain. Berikut ini adalah kelebihan cPanel :

 

  1. cPanel merupakan alat yang bermanfaat

    untuk memudahkan anda memonitor situs webiste karena cPanel membantu anda untuk Menyediakan statistik terkait web seperti jumlah pengunjung per- bulan melalui statistik AWScPanel menyediakan webmaster dengan control penuh atas situs web mereka.

  2. Memberikan kontrol atas akun FTP

    untuk mengupload, menghapus atau memindahkan file di server Memudahkan anda untuk mengganti CMS seperti WordPress, Joomla atau Drupal karena cpanel banyak add-ons dan API yang terintegrasi dengan Softaculous yang memungkinkan pengguna mendownload maupun mengupdate CMS nya.

  3. Faktor lebih ekonomis

    alat pengelola web hosting ini juga Memastikan bahwa data Anda aman dengan beberapa pilihan backup dan restore ( pemulihan ) Anda juga dapat merancang halaman error Anda sendiri. Hal ini dapat berisi link-link yang bisa diarahkan ke hal-hal yang menguntungkan bagi pengunjung.

 

Penutup dan Kesimpulan

cPanel digunakan untuk mengatur sebuah website sedangkan WHM digunakan untuk mengatur beberapa atau banyak website dan juga untuk mengatur hosting servernya sendiri (khusus untuk Admin hosting).

Pengguna yang menghostingkan domain akan membutuhkan cPanel untuk memanage bermacam-macam aspek pada website mereka. Reseller (pengguna dengan paket hosting lebih dari satu domain) dan perusahaan web hosting akan menggunakan WHM untuk mengatur banyak domain (manambah, menghapus dan memodifikasi domain serta fungsi lainnya), tapi bukan untuk memanage pengaturan secara individu masing-masing domain.

Jadi cPanel dan WHM adalah sebuah kombinasi yang sangat bagus untuk memanage sebuah web hosting. Dengan antarmuka yang user frandly dan cukup sederhana sehingga memudahkan kita untuk mengatur sistem web hosting tanpa harus memiliki keahlian dan pengetahuan seputar antarmuka UNIX atau LINUX command line.

Setelah membaca artikel ini kita sudah mengetahui Pengertian, Penjelasan, dan Perbedaan WHM dan cPanel, semoga anda sudah mengerti dari artikel ini, apabila ada pertanyaan maupun saran anda bisa berkomentar dibawah. Nah, IDCloudHost menyediakan Hosting Murah dengan kualitas Internasional, Yuk, segera pesan di Layanan IDCloudHost.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update