Mengenal Perbedaan Profesi UI Designer dan UX Designer

Mengenal Perbedaan Profesi UI Designer dan UX Designer

Jika anda mempunyai teman yang suka membuat iklan dengan warna dan design yang menarik, maka anda sudah tidak asing lagi dengan profesi UI Designer dan UX Designer? Profesi tersebut sekarang banyak dicari oleh orang-orang. Profesi ini sangat banyak dicari dan diminati. Selain itu, banyak perusahaan teknologi yang mencari profesi tersebut.

Menjadi seorang UI Designer dan UX Designer tidak mudah, karena harus mengetahui dan mencocokan tampilan yang ada di aplikasi dengan produk tersebut. Kedua profesi tersebut saling melengkapi satu sama lain. Meskipun profesi ini tergolong sulit, tetapi gaji yang ditawarkan cukup menjanjikan.

Orang awam mungkin belum pernah mendengar istilah UI Designer dan UX Designer tersebut. Tenang saja kawan, Kami akan ulas lebih mendetail tentang profesi tersebut. Terus apa sih kerjanya?

Baca Juga : Mengenal Apa itu User Experience (UX) dan Prospek Kerjanya?

Apa Itu UI Designer dan UX Designer? 

UI atau User Interface Designer adalah suatu profesi yang menggunakan komunikasi dari pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, mulai dari aplikasi website, mobile ataupun software. Seorang UI Designer akan membuat desain yang memudahkan pengguna programnya. Adapun mekanisme seorang UI Designer mencakup beberapa hal, seperti tampilan fisik, warna, animasi, pola.

Terus apa sih UX Designer itu? User Experience Design atau UX Designer yaitu profesi dimana meningkatkan sebuah kepuasan pengguna aplikasi/ pengunjung website untuk tetap meningkatkan kegunaan/kesenangan dalam berinteraksi pengguna dan produk tersebut.

Setelah mengetahui definisi UI Designer dan UX Designer tersebut, saatnya apa sih perbedaan dari kedua profesi itu. Walaupun keduanya saling berkaitan, pasti ada perbedaan yang terselubung diantara keduanya. Jangan salah lo kalau UI Designer dan UX Designer tidak berbeda meski ada yang mengatakan kalau keduanya sama.

 

Perbedaan UI Designer dan UX Designer

 

Buat Anda yang masih duduk dibangku perkuliahan, bisa juga loh apabila memang berniat belajar UX Designer. Adapun beberapa cara belajar UX Designer yang bisa dilakukan saat kuliah yaitu:

  1. Lebih baik mempelajari tentang UX Designer dari buku bukan dari internet. Karena Kita bisa memahami secara detail dan mendalam.
  2. Bisa mengikuti online Course UX Designer. Bila Anda susah memahaminya dari buku, bisa mencari alternative lain seperti menonton video online Course.
    Ikut serta gabung dengan komunitas UX Designer. Dengan mengikuti komunitas UX Anda bisa memahami betul dan seluk beluk tentang UX Designer tersebut.
  3. Mengikuti kompetisi atau perlombaan tentang UX. Dengan mengikuti kompetisi tersebut, bakat Anda tentang UX Designer dapat terasah. Jangan takut untuk mencoba. Menang atau kalah tidak masalah.
  4. Magang di posisi UX Designer. Dengan magang, Anda bisa mengaplikasikan pengetahuan Anda tentang UX Designer dengan bimbingan yang ahli dalam UX Designer. Selain itu, bila melakukan kesalahan bisa langsung ditegur dan diberikan arahan yang benar.

Kesimpulan dan Penutup

UI Designer adalah suatu profesi yang menggunakan komunikasi dari pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, mulai dari aplikasi website, mobile ataupun software.

UX Designer yaitu profesi dimana meningkatkan sebuah kepuasan pengguna aplikasi/ pengunjung website untuk tetap meningkatkan kegunaan/kesenangan dalam berinteraksi pengguna dan produk tersebut.

Perbedaan UI Designer dan UX Designer adalah UI Designer merupakan desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan tampilan. Menciptakan ikatan emosional melalui desain. Sedangkan UX Designer mengatasi masalah-masalah antara pengguna dan produk.

Fungsi UI Designer membuat desain website/aplikasi menjadi lebih indah dan menarik. Sedangkan UX Designer meningkatkan kepuasan pengguna website atau aplikasi dan kegunaan yang diberikan pengguna website dan aplikasi.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update