Mengenal Proxy Server, Manfaat dan Keterbatasannya

Mengenal Proxy Server, Manfaat dan Keterbatasannya

Mengakses internet merupakan hal yang telah dilakukan oleh jutaan orang di dunia setiap harinya tanpa henti dan batasan. Ini dikarenakan internet telah menjadi alat yang membantu dan mempermudah banyak sektor kehidupan baik itu dalam mencari dan menemukan informasi, berkomunikasi tanpa lagi terhalang jarak hingga juga dalam melakukan transaksi jual beli. Semua hal ini serba mudah semudah Anda menggunakan perangkat smartphone Anda dan melakukan pembeli di e-commerce, contohnya.

Tapi tanpa Anda sadari, internet sebenarnya juga merupakan tempat yang berbahaya dengan kemungkinan kejahatan yang sangat tinggi yang bisa mengancam penggunanya dari mana dan kapan saja. Mulai dari menguras dan menambanga data dan informas pengguna biasa hingga juga mencuri berbagai file sensitif maupun penting dari perusahaan- perusahaan, membuat penggunanya harus jeli dan mencari cara perlindungan bagi diri mereka.

Salah satu perlindungan keamanan yang bisa Anda coba adalah proxy server yang biasanya mudah ditemukan ketika Anda Anda mengakses internet dengan menggunakan jaringan publik, maka kemungkinan besar Anda dapat menggunakan proxy server. Perlindungan proxy server menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi, tergantung pada kasus penggunaan Anda, kebutuhan Anda, atau kebijakan perusahaan Anda dalam menggunakan internet. Mari simak penjelasan berikut ini kelebihan dan kekurangan dari penggunaan proxy server berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Proxy Server dan Cara Kerjanya

 

Apabila dijelaskan dan digambarkan secara sederhana, proxy server merupakan jembatan antara Anda dan seluruh internet. Seperti saat Anda menggunakan browser untuk menjelajahi internet, Anda akan terhubung langsung ke situs web yang ingin Anda kunjungi. Hal ini dapat terjadi karena proxy server telah berkomunikasi dengan situs web atas nama Anda. Maka bisa dikatakan kalau proxy server adalah server perantara yang bertindak sebagai gerbang yang akan memisahkan Anda dari situs web yang telah Anda jelajahi, dengan memberi Anda keamanan dan privasi.

Saat Anda menggunakan proxy server, browser Anda akan tidak terhubung langsung ke situs web yang ingin Anda kunjungi. Hal ini karena setiap permintaan yang datang dari browser terlebih dahulu akan melewati proxy, dan kemudian proxy yang nantinya akan meneruskannya ke alamat tujuan. Setelah itu, respon dari situs web juga akan kembali melalui proxy kembali dan kemudian proxy akan meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda.

Proxy server juga melakukan lebih dari sekedar meneruskan permintaan web, semuanya dilakukan atas nama keamanan data dan kinerja dari sebuah jaringan. Selain itu, proxy server juga bertindak dalam hal lain, mulai dari firewall dan filter web, hingga menyediakan koneksi jaringan bersama, bahkan juga menyimpan data untuk mempercepat permintaan umum. Disamping juga bertindak agar Anda dan jaringan internal dapat terlindungi dari hal – hal buruk yang mengancam di dunia maya yang tak terbatas.

 

Baca Juga  :    Proxy Server : Tipe/Jenis dan Perbedaanya dengan VPN

 

Manfaat Menggunakan Perlindungan Proxy Server

Menjamin keamanan adalah satu hal yang bisa dilakukan proxy server di samping juga untuk mengontrolnya. Dukungan penggunaan proxy server akan membantu pengguna merasa aman disaat mereka sedang mengakses internet terlebih lagi jika mereka berada di jaringan umum yang tentu saja memiliki banyak pengguna lainnya. Berikut ini beberapa manfaat jika Anda menggunakan proxy server :

  • Mengontrol penggunaan internet untuk kalangan tertentu

    Baik itu perusahaan atau orang tua yang risau akan bahaya internet, dapat menyiapkan server proxy untuk mengontrol dan memantau bagaimana karyawan atau anak-anak mereka dalam menggunakan internet. Anda dapat mengkonfigurasi server proxy untuk menolak akses ke situs tertentu yang berpotensi mendatangkan resiko atau pengaruh buruk di jaringan internet Anda. Selain itu, proxy juga dapat memantau dan mencatat semua permintaan web, jadi meskipun Anda mungkin tidak memblokir situs tertentu, Ada dapat mengetahui berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk cyberloafing.

  • Sebagai perlindungan privasi

    Pengguna individu, perusahaan, komunitas dan lain- lain, dapat sama-sama menggunakan server proxy untuk menjelajah internet secara lebih pribadi. Beberapa server proxy akan mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya yang terdapat dalam permintaan web. Ini berarti server tujuan tidak tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan awal, yang membantu menjaga informasi pribadi Anda dan kebiasaan menjelajah lebih pribadi dari intaian orang lain.

  • Membantu menghemat bandwidth dan meningkatkan kecepatan internet

    Siapa saja pengguna juga bisa mendapatkan kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan dengan server proxy yang baik. Server proxy dapat melakukan cache yakni menyimpan salinan situs web secara lokal situs web yang Anda pilih dan ketika Anda meminta situs tersebut kembali, server proxy akan memeriksa untuk melihat apakah mereka memiliki salinan situs terbaru, dan kemudian mengirimi Anda salinan yang disimpan. Artinya, ketika ratusan orang menekan situs yang sama secara bersamaan dari server proxy yang sama, server proxy hanya mengirim satu permintaan ke situs yang dituju itu saja. Ini tentunya menghemat bandwidth untuk perusahaan dan meningkatkan kinerja jaringan sehingga internet lebih laju.

 

Baca Juga  :    Apa itu DHCP Server: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Keterbatasan Penggunaan Proxy Server

Mengenal Proxy Server, Manfaat dan Keterbatasannya
 

Meskipun proxy server diciptakan untuk mempermudah perlindungan keamanan online para penggunanya, tetapi proxy server juga memiliki kekurangan dan keterbatasannya tersendiri yang harus dipahami pengguna proxy. Dibalik semua manfaat dari proxy server, terdapat masalah yang mungkin muncul yaitu proxy server tidak kompatibel dengan jaringan lokal Anda. Perlu diketahui, mungkin tidak selalu kompatibel dengan jaringan lokal Anda, ini karena proxy server dan Jaringan telah memiliki konfigurasinya sendiri.

Karenanya untuk ntuk mengatasi hal ini, ada dua hal yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu Anda bisa mendapatkan proxy server yang benar- benar sesuai dengan server Anda, atau Anda dapat mengkonfigurasinya agar cocok satu sama lain. Dalam hal ini, jika Anda perlu menggunakan Proxy Server di jaringan lokasi Anda, maka Anda harus memilih salah satu dari kedua opsi tersebut. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk menemukan ISP yang baik, di mana ISP ini dapat memberi Anda Proxy Server yang ramah pengguna. Untuk memastikan bahwa Anda dapat menerima semua manfaat serta keuntungan dari proxy server, maka pastikan Anda untuk membeli layanan penyedia proxy yang andal dan berkualitas tinggi yang akan untuk memberikan Anda keamanan serta ketenangan dalam menjelajahi internet.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi VPN (Virtual Private Network) Gratis dan OS yang Kompatibel Dengannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda merupakan orang yang sadar akan betapa bahayanya internet dan ancaman cyber threat serta pencurian data, maka sebaiknya gunakan bantuan perlindungan proxy server. Dengan proxy, maka lalu lintas web bergerak melalui proxy sepanjang perjalanannya ke tujuan akhirnya yang telah memfilter konten, memindai malware, menutupi asal permintaan, mengenkripsi pesan, dan banyak lagi. Ini adalah opsi perlindungan yang cukup mumpuni dan bisa diandalkan.

Proxy biasanya sering digunakan untuk keamanan informasi terhadap ancaman dan untuk optimasi sistem, seperti load balancing dan cache permintaan serupa untuk kecepatan tambahan. Disamping juga dapat berfungsi sebagai firewall, dan menangani permintaan otentikasi. Minimal, proxy akan melindungi infrastruktur internal perusahaan dari ancaman yang diketahui yang ditemukan di web eksternal sehingga Anda akan merasa aman berselancar di dunia maya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update