Mengenal Shadowban dan Tips Mengatasinya

Mengenal Shadowban dan Tips Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami penurunan tajam dalam jangkauan dan interaksi media sosial tanpa alasan yang jelas? Saat ini, pengguna media sosial semakin sering menghadapi fenomena misterius yang dikenal sebagai shadowban. Suatu ketika, Anda bisa terhubung dengan komunitas luas, namun kini pesan-pesan Anda terasa seakan tersapu ke dalam kegelapan digital. Apa sebenarnya yang terjadi?

Dalam lingkungan di mana berbagi informasi dan pendapat adalah kunci, shadowban muncul sebagai isu yang semakin meresahkan para pengguna. Tidak lagi sekadar tentang terlihat atau tidak, ini berkaitan dengan keterbatasan suara di dunia maya. Mari kita bahas lebih detail mengenai pengertian, cara cek shadowban di berbagai sosial media, cara mengatasi, dan tips mencegah shadowban.

Apa Itu Shadowban?

Shadowban adalah teknik moderasi web di forum online dan platform sosial di mana seorang pengguna (atau konten pengguna) diblokir tanpa mereka menyadari bahwa mereka telah diblokir. Sementara pengguna yang secara eksplisit diblokir kemungkinan besar akan membuat akun baru dan terus memposting, pengguna yang di shadowban mungkin akan menyimpulkan bahwa orang lain tidak peduli dengan pendapat mereka. Seiring waktu, pikiran ini mengatakan bahwa mereka akan kehilangan minat dan pergi.

Mengapa Akun Media Sosial Terkena Shadowban?

Anda mungkin tidak setuju dengan kebijakan platform media sosial terkait shadowban, tetapi kebijakan ini sangat berlaku. Jika Anda tidak mengikuti aturan yang ditetapkan, konten akan menjadi tersembunyi. Lalu, apa saja alasan-alasan mengapa platform media sosial menyembunyikan akun Anda? Berikut beberapa alasan paling mungkin untuk terkena shadowban:

  1. Akun dikenali dan dicap sebagai palsu
  2. Pengecek fakta melaporkan bahwa akun telah melanggar aturan dan kebijakan komunitas
  3. Menggunakan hashtag yang dilarang dalam postingan
  4. Menggunakan alat otomatisasi untuk meningkatkan jumlah pengikut akun
  5. Anda terlalu cepat dalam berinteraksi, memberi komentar, mengunggah kiriman, dan mengikuti orang

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Terkena Shadowban?

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Terkena Shadowban?

Anda dapat terkena shadowban di platform mana pun dan tidak akan mendapat pemberitahuan tentangnya kecuali pada platform Instagram. Tentu saja, Anda mungkin melihat penurunan keterlibatan akibat perubahan algoritma, strategi konten yang bermasalah, atau peningkatan kompetisi. Tetapi jika Anda mengalami masalah-masalah berikut ini. Maka kemungkinan akun telah terkena shadowban.

  1. Penurunan besar dalam keterlibatan, komentar, dan suka. Jika Anda melihat penurunan drastis dalam hal seperti suka, komentar, pengikut, dan berbagi. Maka, akun mungkin telah terkena shadowban
  2. Anda tidak dapat mengunggah kiriman atau kiriman sedang dalam tinjauan. Jika tiba-tiba tidak dapat menggunakan fitur tertentu yang saat ini tersedia bagi pengguna lain, Anda mungkin telah terkena shadowban. Periksa kembali apakah Anda dapat mengunggah kiriman seperti biasa.
  3. Nama pengguna atau nama Anda tidak muncul dalam hasil pencarian. Jika pengguna lain tidak dapat menemukan merek Anda melalui pencarian nama pengguna, maka kemungkinannya akun telah terkena shadowban. Periksa hal ini dengan mencari nama pengguna Anda dalam fitur pencarian di akun merek atau melalui akun pribadi Anda.

Di Instagram, Anda dapat memeriksa apakah Anda telah terkena shadowban langsung di aplikasi. Untuk akun pribadi atau non-bisnis. Berikut cara – cara yang dapat dilakukan untuk mengetahuinya.

  1. Ketuk profil Anda.
  2. Ketuk tiga garis di sudut kanan atas untuk menu.
  3. Ketuk Akun.
  4. Ketuk Status Akun.

7 Cara Menghindari Shadowban di Platform Media Sosial

Cara Menghindari Shadowban

Mengelola kehadiran Anda di media sosial adalah langkah penting dalam menjaga reputasi dan memastikan konten tetap terlihat oleh pengikut Anda. Selanjutnya akan diberikan panduan tentang cara menghindarinya agar Anda dapat tetap aktif dan terhubung dengan audiens tanpa ada risiko konten disembunyikan atau diblokir.

1. Patuhi panduan komunitas

Semua platform memiliki panduan komunitas untuk membantu menjaga isi konten. Biasanya, panduan ini melarang aktivitas ilegal, ujaran kebencian, konten telanjang, atau penyebaran informasi yang salah. Jika secara eksplisit melanggar salah satu hal ini, maka kemungkinan Anda akan segera diblokir atau konten Anda akan dihapus.

Tetapi jika Anda memposting konten yang berada dalam zona abu – abu atau secara eksplisit tidak melanggar aturan, tetapi tidak cocok untuk semua audiens. Dalam hal ini, Anda juga mungkin berisiko mendapatkan peringkat lebih rendah atau disembunyikan.

2. Jangan bertindak seperti bot

Menggunakan hashtag yang tidak relevan, menggunakan terlalu banyak hashtag, mengikuti sejumlah besar orang dalam waktu singkat, atau mengomentari terlalu banyak kiriman terlalu cepat: itu adalah perilaku mirip bot. Dan biasanya, platform-platform ini mencoba untuk menghilangkan aktivitas seperti itu.

Kemudian pastikan profil Anda terlihat seperti profil orang nyata dengan cara mengisi semua bidang yang relevan, memiliki gambar profil yang tepat, dan menggunakan alamat email yang sesungguhnya untuk info kontak Anda.

3. Jangan gunakan hashtag yang dilarang

Sesekali, sebuah hashtag populer mungkin akan disusupi oleh pengguna yang tidak pantas dan situs-situs tersebut mungkin menghapus hashtag dari hasil pencarian, atau membatasi kontennya. Jika Anda tetap menggunakan hashtag tersebut, maka konten pasti tidak akan muncul dalam hasil pencarian atau rekomendasi dan bahkan bisa berakibat pada blokir akun.

4. Jangan bersikap spam

Mengunggah tautan yang sama berulang kali atau berbagi konten yang sama secara berulang, dapat memicu shadowban. Platform sosial media dengan konten yang segar dan menarik, bukan spam secara otomatis akan mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Konsisten

Mengunggah secara teratur, pada waktu terbaik untuk setiap platform media sosial adalah cara terbaik untuk menciptakan keterlibatan yang autentik dengan pengikut dan memaksimalkan peluang Anda untuk ditemukan.

6. Jangan membayar suka, komentar, dan pengikut

Membayar untuk mendapatkan suka adalah strategi media sosial yang buruk. Aktivitas ini dapat menjadi hal yang buruk untuk jaringan sosial Anda. Algoritma dari suka, komentar, dan pengikut yang terjadi secara akan mengakibatkan shadowban.

7. Perlakukan orang lain dengan hormat

Hindari untuk melakukan hujatan. Jika Anda terus-menerus dilaporkan atau dilaporkan oleh pengguna lain karena perilaku Anda secara online, maka hal ini merupakan alasan bagus bagi platform manapun untuk menjauhkan konten Anda dari radar orang lain.

Penutup

Pada akhirnya, semua saran ini untuk menghindari shadowban pada dasarnya berfokus pengguna sosial media yang baik. Hal ini sederhana: buat konten otentik dan membantu yang pengguna lain akan senang untuk melihatnya, dan patuh aturan. Ini bukan hanya saran yang baik untuk menghindari dugaan shadowban: ini adalah dasar dalam membangun kehadiran media sosial yang sukses dan menarik secara online.

Jika Anda merasa telah terkena shadowban, laporkan shadowban ke platform, dan hapus aplikasi pihak ketiga yang tidak sah penggu, tinjau penggunaan hashtag Anda dan kemudian beri diri Anda jeda selama beberapa hari dan kembali dengan konten media sosial terbaik Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update