Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping

Menyusun banyak materi yang perlu dipelajari sangat sulit, terlebih lagi Anda harus menemukan banyak pembahasan yang kompleks dan rumit. Selain materi yang perlu dipelajari, terkadang Anda juga dihadapkan oleh banyak pekerjaan yang sangat beragam. Semua pekerjaan Anda jadi lebih terhambat dan berjalan dengan lambat saat ada banyak hal yang harus diselesaikan tapi karena begitu banyak, Anda menjadi tidak fokus untuk mengerjakannya.

Faktanya, Anda bisa lebih fokus jika pekerjaan Anda tersebut lebih terorganisir. Anda bisa membuat semua tugas atau pekerjaan Anda menjadi bagian-bagian kecil, kemudian Anda menyusunnya menggunakan Mind Mapping. Mind mapping adalah suatu teknik untuk menyusun pekerjaan atau materi menjadi bagian-bagian kecil menggunakan grafik atau pemetaan yang jelas.

Anda akan lebih terbantu dengan mind mapping untuk membuat pekerjaan Anda lebih terstruktur dan dapat dibaca dengan baik. Ada banyak kelebihan dari mind mapping yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakannya. Anda akan mengetahui mind mapping dalam artikel ini. Selain itu, Anda juga akan mengetahui apa saja kekurangan Mind Mapping agar Anda bisa mempertimbangkan apakah Anda cocok untuk menggunakan metode ini atau tidak.

Kelebihan dan Fungsi Mind Mapping

 

Mind mapping mampu membuat pekerjaan Anda lebih efisien dan terstruktur. Mind mapping membantu Anda untuk memetakan semua hal rumit. Semua itu bisa Anda lakukan dengan menggunakan mind mapping, selain itu, berbagai kelebihan mind mapping yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini adalah kelebihan mind mapping yang bisa Anda peroleh ketika menggunakannya.

  • Menghubungkan Ide

    Anda bisa menghubungkan ide yang banyak dalam mind mapping, ini karena mind mapping bisa membantu Anda mengaitkan sebuah ide-ide yang kompleks menjadi sebuah grafik atau bagan yang saling berkaitan. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengerjakan sesuatu atau mengingatnya.

  • Mempelajari Konsep Baru

    Menurut peneliti, ada tiga jenis orang di dunia ini saat mempelajari sesuatu. Ketiga orang tersebut di antaranya adalah non-learner, route-learner, dan meaningful-learner. Non-learner adalah seseorang yang langsung melupakan informasi atau pembelajarannya begitu saja. Route-learner adalah orang yang telah mempelajari suatu informasi, tetapi tidak secara detail, misalnya saja, Anda pasti bisa menyebutkan provinsi yang ada di Indonesia, tapi Anda belum tentu mengetahui kota-kota apa saja yang terdapat di dalam provinsi tersebut. Kemudian, meaningful-learner adalah seseorang yang mampu mempelajari suatu hal dengan detail, mereka mampu menghubungkan keterkaitan antara pengetahuan yang satu dengan yang lainnya, misalnya, Anda mengetahui kota-kota yang terdapat di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, Anda bahkan mampu menyebutkan ciri khas dari kota-kota tersebut. Dengan mind mapping, Anda mampu mempelajari banyak konsep baru, lalu Anda bisa mengaitkan konsep tersebut terhadap konsep yang lainnya.

  • Belajar Lebih Menyenangkan

    Anda pasti setuju bahwa belajar akan lebih menyenangkan jika Anda bisa terlibat langsung di dalamnya. Misalnya saja, Anda bisa menghafal lagu hanya dalam waktu singkat. Bahkan, Anda mampu mengingat ratusan lagu di kepala Anda karena Anda bisa menikmati alunan musik dan liriknya.

    Anda terlibat langsung saat Anda menyanyikan lagu tersebut. Sama seperti belajar, saat Anda menggambar peta, Anda tidak hanya melihat nama-nama kota atau wilayah yang terdapat di dalamnya, Anda bahkan tahu apakah daerah tersebut merupakan dataran rendah atau tinggi, karena Anda bisa membedakan warnanya. Seperti itu mind mapping bekerja, Anda bisa mengartikan banyak hal dan terlibat langsung dalam pembuatan mind mapping, sehingga Anda bisa mengingat lebih cepat.

  • Memahami Ide-ide Kompleks

    Anda bisa memahami ide-ide yang kompleks saat Anda menggunakan mind mapping. Mind mapping sering digunakan untuk memetakan sebuah rencana yang kompleks dan melibatkan banyak bagian. Faktanya, terdapat penelitian bahwa mind mapping bisa membantu siswa untuk mengerjakan tugas lebih berkualitas, terstruktur, dan sejalan dengan apa yang mereka tulis di mind mapping.

  • Prestasi Meningkat

    Mind mapping bisa membantu Anda dalam meningkatkan prestasi. Secara langsung, mind mapping bisa membantu Anda dalam mengingat informasi, sehingga seluruh informasi tersebut mampu tertanam dalam otak Anda. Jika Anda sedang mengikuti kompetisi tertentu, Anda bisa membuat mind mapping tentang materi kompetisi tersebut. Dengan hal ini, Anda bisa menghafal lebih cepat dan memahami materi tersebut dengan baik, sehingga bisa membuat Anda memenangkan kompetisi tersebut. Prestasi Anda jauh lebih meningkat ketika Anda menggunakan mind mapping.

Baca Juga  :     Kenali Pengertian Brainstorming, Fungsi dan Tujuannya

Kekurangan Mind Mapping

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping
Setiap metode pembelajaran pasti memiliki kekurangan. Di samping kelebihan yang dimiliki oleh mind mapping, terdapat beberapa kekurangan dari mind mapping. Mind mapping mungkin membantu Anda dalam banyak hal, seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, sebagai referensi Anda, berikut ini adalah kekurangan dari mind mapping.

  • Terlalu Rumit

    Peta pikiran harus berupa sekelompok kata dan frasa pendek, bukan rangkaian kalimat yang panjang dan rumit. Idenya adalah untuk memicu otak Anda mengingat informasi dengan mencatat kata kunci. Periksa paragraf panjang Anda di depan pintu. Ide grafis: Sebuah gambar apel di atas meja dan seseorang menggambar bagian berlabel apel di atas kertas mereka.

  • Membutuhkan Banyak Ruang

    Saat Anda membuat mind mapping secara konvensional, Anda membutuhkan banyak kertas dan tinta pena. Anda akan memerlukan banyak ruang di dalam kertas Anda saat Anda mulai menggambar mind map tersebut. Hal ini berdampak pada pemborosan kertas dan tinta pulpen, selain itu, Anda harus bersiap untuk melihat kertas-kertas tersebut menjadi berantakan dan tidak rapi. Hal ini bisa Anda atasi, jika Anda menggunakan software yang ada di perangkat komputer atau ponsel Anda.

  • Pembuatannya Membutuhkan Waktu Lama

    Membuat mind map yang terstruktur memerlukan waktu yang cukup panjang, pasalnya, Anda membutuhkan pemetaan yang sangat terstruktur untuk bisa menyambungkan antar ide dan konsep yang kompleks. Anda harus memahami materi yang ingin Anda jadikan mind mapping.

    Terlebih lagi, Anda perlu menggambar grafik dan garis yang menghubungkan sub dari konsep yang kompleks tersebut. Itu sebabnya, Anda memerlukan waktu yang panjang untuk membuatnya. Butuh waktu berjam-jam untuk membuat mind map yang bagus, Anda perlu menambahkan banyak gambar supaya mind map yang Anda buat bisa terbaca dengan baik.

Baca Juga  :     Leadership : Kenali Pengertian, Sikap, Manfaat dan Cara Membangunnya

Kesimpulan dan Penutup

Mind mapping adalah sebuah cara untuk memetakan semua konsep yang rumit, kemudian dijadikan sebuah grafik yang saling berkaitan satu sama lain. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, yaitu menghubungkan ide, mempelajari konsep baru, belajar lebih menyenangkan, memahami ide-ide kompleks, dan prestasi meningkat.

Anda bisa membuat mind map sesuai dengan kebutuhan Anda, namun perlu Anda ketahui bahwa untuk membuat mind map yang baik, Anda memerlukan waktu yang panjang untuk membuatnya.

Ada beberapa kekurangan yang lain selain membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, pembuatan mind map sangat rumit, Anda perlu memahami materi sedetail mungkin agar bisa dituangkan ke dalam mind map. Anda juga memerlukan ruang yang banyak, maksud ruang adalah tempat untuk Anda menaruh banyak grafik atau bagan dalam kertas mind map.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update