Panduan Lengkap YouTube Marketing Tahun 2022 Terbaru

Panduan Lengkap YouTube Marketing Tahun 2022 Terbaru

YouTube selalu menjadi sumber konten yang menghibur, tetapi juga mempertaruhkan klaimnya sebagai alat penting bagi marketing. Faktanya, lebih dari separuh pemasar atau 55% menggunakan YouTube sebagai bagian dari strategi marketing mereka. Seperempat pengguna internet menghabiskan 10 jam atau lebih untuk menonton video, dan YouTube memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Platform ini sangat luas sehingga dapat diakses dalam 76 bahasa yang berbeda.

Tidak hanya audiens Anda di YouTube, tetapi sebagai mesin telusur terbesar kedua di internet, YouTube dapat membantu meningkatkan SEO dan keberadaan brand Anda secara keseluruhan. YouTube memungkinkan pemasar untuk menyajikan konten unik yang mudah dikonsumsi dan dibagikan oleh audiens. konten video telah membuat lonjakan pada tahun 2022 dan berubah menjadi norma baru dalam pemasaran konten.

Jadi, jika Anda ingin mendominasi industri Anda melalui pemasaran digital, tidak ada yang lebih baik dari pemasaran YouTube. Namun, jalan menuju sukses dalam pemasaran YouTube cukup menantang dan sulit saat ini. Paparan yang luar biasa seperti itu telah menjadikan Youtube alat yang efektif untuk pemasaran, dan berbagai organisasi atau perusahaan telah memanfaatkan platform video juga untuk kampanye pemasaran mereka, sehingga memunculkan banyak pesaing yang harus Anda kalahkan agar mendapat perhatian lebih dari calon pelanggan yang Anda sasar.

 

Baca Juga :  Manfaat Menerapkan Marketing Strategy 2022 Pada Bisnis

 

Mengenal Apa Itu YouTube Marketing

 

 

22,8 miliar kunjungan YouTube menjadikannya situs yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia setelah Google, hal ini mampu membawa banyak manfaat bagi brand. Platform ini bukan hanya saluran hiburan yang terkenal, tetapi juga alat pemasaran yang kuat. Perusahaan dapat mengembangkan saluran YouTube untuk periklanan. Saluran membantu mendapatkan banyak penayangan dari geografis baru, mempromosikan produk atau perusahaan, membangun basis pelanggan yang besar, dan meningkatkan volume penjualan .

YouTube adalah platform pendidikan yang terkenal. Perusahaan dapat mencapai eksposur yang lebih besar yang memperluas basis pelanggan. Dengan membuat tutorial terperinci, streaming langsung, panduan, dan pelajaran, brand dapat berperingkat lebih tinggi di Google. Menjalankan iklan adalah satu lagi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan platform berbagi video online karena membantu brand menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, jauh lebih murah daripada iklan berbayar di Facebook dan Instagram.

Platform YouTube dapat berfungsi sebagai salah satu saluran pemasaran yang paling efektif. Mengoptimalkan kata kunci dalam judul, membuat tutorial, komentar, ulasan produk, Q&A, dll memungkinkan bisnis memiliki eksposur yang lebih tinggi dan menjangkau audiens baru. Anda memang tidak dapat memprediksi siapa dan kapan akan mengakses video mereka, Namun jika konten berisi kata kunci yang diperlukan dalam judul, semua orang yang mencari informasi mungkin akan menemukan video Anda. Selain itu, menambahkan overlay ke video seperti gambar atau animasi yang muncul di bagian bawah video juga dapat memungkinkan bisnis meningkatkan kesadaran brand.

Baca Juga :  Tips Digital Marketing Terbaik 2022

Video di YouTube juga ditampilkan di hasil penelusuran Google. Mereka menyediakan Anda visibilitas dan kesempatan untuk membawa prospek. Setelah menjelajahi konten di YouTube, prospek mungkin mengunjungi situs web perusahaan untuk mengetahui lebih banyak tentang produk Anda. Video akan tetap berada di YouTube selama video tersebut mematuhi pedoman dan kebijakannya. Karena YouTube adalah perusahaan internasional, YouTube memberdayakan brand di seluruh dunia untuk menjangkau geografi baru. Platform ini membantu menarik prospek dari berbagai negara yang berbicara dalam bahasa yang sama.

Manfaat utama YouTube adalah kesempatan untuk mempromosikan perusahaan secara efektif. Sebuah bisnis dapat melakukannya dengan membuat konten untuk salurannya atau menjalankan iklan pra-putar di platform dan mendapatkan perhatian audiens. Untuk menjangkau pemirsa dengan cepat dan mendapatkan loyalitas mereka ke saluran YouTube Anda, Anda pun perlu mengembangkan strategi Anda.

 

Baca Juga :  10 Trend Social Media Marketing yang Populer Tahun 2022

 

Panduan Lengkap YouTube Marketing Tahun 2022

Panduan Lengkap YouTube Marketing Tahun 2022 Terbaru
 

 

Berikut adalah panduan lengkap demi langkah tentang cara memasarkan bisnis Anda secara efisien di YouTube.

  1. Buat saluran bisnis

    Karena YouTube adalah bagian dari Google, Anda harus membuat akun Google terlebih dahulu untuk bergabung dengan saluran YouTube. Anda dapat menggunakan akun saat ini atau membuatnya khusus untuk mengelola bisnis Anda. Cara pertama adalah dengan membuat akun Google, kemudian gunakan itu untuk membuat akun YouTube Anda, selanjutnya masuk ke YouTube dan buat akun brand dan saluran Anda.
    Mengelola saluran YouTube Anda dengan akun brand adalah penerapan terbaik daripada mengoperasikannya bersama dengan akun Google pribadi Anda. Salah satu faktornya, akun brand memungkinkan sejumlah individu di perusahaan Anda menangani dan mengganti saluran YouTube Anda. Lebih penting lagi, ini juga memungkinkan Anda untuk meningkatkan bisnis Anda nanti dengan saluran YouTube lebih lanjut.

  2. Unggah video

    Anda dapat langsung mulai mengunggah video dengan mengklik “Baru” di bilah menu atas di YouTube. Anda juga akan memiliki akses ke visibilitas saat mengedit video atau posting melalui tab langganan di semua situs yang didukung. Tergantung di mana Anda tinggal sehubungan dengan kebijakan Youtube, Anda dapat memilih antara saluran publik dan pribadi.

  3. Tambahkan judul, deskripsi, dan tag sesuai dengan isi video

    Segera setelah Anda memiliki saluran YouTube untuk brand Anda, Anda dapat mulai mengunggah video Anda di sana. Tetapi tidak ada jaminan bahwa video Anda akan mendapatkan penayangan sebanyak yang Anda harapkan. Itulah mengapa Anda harus mengoptimalkan video dengan judul dan deskripsi untuk mempromosikan saluran YouTube Anda. Bagian judul dan deskripsi dapat dioptimalkan dengan kata kunci untuk menampilkan video Anda kepada pemirsa yang ideal.

  4. Pilih gambar profil

    Untuk mendapatkan lebih banyak pemirsa di saluran Anda, sebaiknya pilih gambar profil yang mewakili diri Anda dan perusahaan atau organisasi tempat Anda membuat konten. Misalnya, logo dengan mata sangat cocok untuk digunakan dalam video apapun yang terkait dengan inspirasi karena membuat penonton mengharapkan sesuatu yang positif saat menontonnya.

  5. Unggah video dan tambahkan ke tab baru

    Salah satu langkah pertama Anda adalah mengunggah video yang sudah ada atau membuat yang baru dari mana saja di situs web atau aplikasi YouTube. Setelah Anda mengupload video ini, disarankan untuk mempromosikannya dengan menggunakan anotasi dalam dua cara besar serta menambahkan subtitle di berbagai perangkat/platform. Jika pemirsa mengklik putar, mereka akan menemukan anotasi yang bermanfaat. Anda mungkin juga ingin menulis ulasan atau komentar singkat untuk meningkatkan pandangan Anda.

  6. Gunakan anotasi

    Setiap video yang Anda buat memudahkan pemirsa yang mengklik putar kapan saja untuk mengakses informasi yang lebih berguna, termasuk anotasi seperti kapan ini diunggah atau bagian dunia mana yang mengalami peristiwa harian ini berdasarkan tempat tinggal mereka. Ini cenderung membantu orang yang ingin mempelajari lebih lanjut atau mereka yang mencari referensi saat menjelajahi berbagai video yang mereka temukan di YouTube.

Baca Juga :  Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Tahukah Anda 70% rekomendasi video di YouTube dihasilkan oleh algoritma? Selain itu, pengguna aktif cenderung mencari konten dan saluran baru. Oleh karena itu, branding saluran Anda diperlukan. Saat memberi brand pada bisnis Anda melalui saluran YouTube, Anda harus menggunakan Logo Anda sebagai ikon saluran. Di sebelahnya buatlah video yang mudah ditemukan dengan deskripsi dan judul video yang dioptimalkan. Selain mengoptimalkan deskripsi video, jangan lupa untuk menambahkan bio informasi tentang perusahaan Anda untuk meningkatkan kepribadian brand Anda. Ini, pada akhirnya dapat menanamkan minat audiens Anda.

Panduan di dalam artikel ini merupakan beberapa hal yang wajib untuk Anda terapkan pada akun YouTube bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat menjadi petunjuk bagi Anda untuk mengembangkan pemasaran digital melalui YouTube marketing. Segala jenis pemasaran saat ini memang patut untuk dicoba karena tidak ada orang tahu bagaimana cara pemasaran yang pada akhirnya tepat dan cocok dengan brand mereka. Maka dari itu semangat dalam mencoba setiap peruntungan!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update