Pengertian Copywriting : Cara Kerja dan Skill Copywriter yang Harus Dikuasai

Pengertian Copywriting : Cara Kerja dan Skill Copywriter yang Harus Dikuasai

Copywriting adalah suatu bidang pekerjaan yang terkait dengan konten iklan dan pemasaran apa pun yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan konversi bisnis Anda. Mengiklankan produk dan layanan Anda tidak selalu memberikan hasil yang Anda butuhkan. Sebagian besar alasannya karena kata-kata di situs web Anda, di email pemasaran Anda, atau di platform media sosial Anda ditulis dengan buruk atau tidak efektif untuk membuat orang mengambil langkah terakhir dalam melakukan pembelian.

Padahal susunan kata yang baik dan tepat guna adalah faktor besar untuk sukses dalam industri apa pun. Baik Anda menjual produk atau menawarkan layanan jasa, cara konten tertulis yang dirumuskan lebih penting daripada yang Anda pikirkan. Disinilah copywriting sanga berperan dalam membantu Anda mencari padanan kata bahkan menemukan tagline yang sesuai untuk brand atau memasarkan produk Anda.

Adanya copywriting adalah bantuan dalam merangkai kata yang bagus untuk menulis iklan dan promosi dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan konversi. Dalam panduan praktis ini, Anda akan memahami apa sebenarnya copywriting itu, cara kerja serta skill yang harus dikuasai seorang copywriter yang sukses.

 

Pengertian Apa Itu Copywriting

 

Copywriting adalah salah satu elemen terpenting dari periklanan dan pemasaran. Ini adalah proses menulis kata-kata persuasif yang juga dikenal sebagai salinan yang menginspirasi atau memotivasi orang untuk mengambil tindakan tertentu. Contoh mudah, Anda membuka majalah dan ada iklan satu halaman penuh yang menjual parfum, kata-kata di halaman itu adalah hasil copywriting. Ketika Anda pergi ke situs web yang meminta Anda untuk membeli sesuatu, kata-kata di halaman itu adalah hasil dari copywriting.

Anda dapat menemukan salinannya di media cetak, online, dan bahkan dibaca di televisi atau radio. Copywriting hampir ada di mana-mana saja bahkan sejak dulu ketika pemasaran masih dilakukan secara konvensional seperti pada media cetak. Lalu siapa di balik copywriting? Di balik setiap salinan ada seorang copywriter. Copywriter adalah individu yang dilatih untuk menyusun kata-kata dengan cara yang akan terhubung dengan audiens target dan menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu. Sebagian besar bisnis menyewa copywriter penuh waktu atau berdasarkan kontrak untuk membantu mereka berkomunikasi dengan dunia dan menumbuhkan peluang bisnis Anda.

 

Cara Kerja Copywriting

Perlu diketahui, copywriting jauh berbeda dari penulisan biasa, seperti menulis artikel, posting blog, atau konten lainnya. Copywriting yang efektif berfungsi untuk mendorong tanggapan dan meningkatkan pembelian. Seringnya penulisan copywriting terbatas tetapi juga harus dapat meninggalkan kesan, persuasif, dan mampu menarik perhatian siapa saja yang membacanya. Berikut ini beberapa komponen cara kerja copywriting yang efektif :

  • Menjangkau audiens tertentu atau sudah tertarget
  • Menawarkan manfaat, janji atau kelebihan tertentu
  • Memberikan bukti kuat
  • Memandu audiens ke ajakan bertindak

 

Baca Juga  :     Profesi Content Writer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Skill Copywriter yang Harus Dikuasai

Tidak seperti penulis fiksi atau jurnalis, copywriter biasanya menulis dengan agenda yakni agenda klien dan kebutuhan pelanggan mereka. Mungkin untuk mempromosikan produk, tetapi mungkin juga untuk mendidik audiens atau menunjukkan keahlian tertentu. Konten tertulis digunakan dalam berbagai cara oleh perusahaan, terutama dengan munculnya pemasaran masuk, yang semuanya tentang berbicara dengan dan tentang pelanggan, daripada mendorong produk atau layanan.

Ini berarti copywriter harus fleksibel, cepat belajar dan memiliki sedikit ego yang mana umumnya copywriter bekerja di balik layar. Seorang copywriter juga harus melakukan pengeditan yang tidak hanya membuat departemen pemasaran klien senang, tetapi juga hukum, penjualan, dan lain-lain. Berikut ini beberapa skill dasar yang harus dikuasai seorang copywriter.

  • Dasarnya, copywriting adalah semua tentang kreativitas, jadi Anda benar-benar harus memiliki bakat untuk bekerja.
  • Seorang copywriter yang berhasil akan memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep SEO, dan keterampilan serta pemahaman yang luar biasa tentang nuansa penulisan media sosial.
  • Sementara beberapa orang mungkin belajar di tempat kerja, jenis pekerjaan ini adalah yang terbaik untuk orang-orang yang dapat membuat cerita dengan gambar dan kata-kata dan berpikir di luar kotak. Ini adalah cerita untuk dapat menjual produk, dan slogan serta gambar hanya dengan menceritakan kisahnya saja.
  • Seorang copywriter harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan klien dan rekan kerja.
  • Perhatian terhadap detail karena kepuasan klien adalah semua tentang detail.

 

Baca Juga  :    Profesi Digital Marketing Specialist : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, Dan Tanggung Jawabnya

 

Mengenal Bidang Pekerjaan Copywriting

Pengertian Copywriting : Cara Kerja dan Skill Copywriter yang Harus Dikuasai
 

Copywriting adalah proses menulis konten yang akan membuat konsumen tertarik pada suatu produk atau layanan. Ini adalah elemen pemasaran atau periklanan yang dapat dilakukan di berbagai media, termasuk iklan, billboard, email, dan media cetak lainnya. Ada banyak jenis dan bidang pekerjaan copywriting dengan yang berikut ini yang paling umum.

  • Copywriting SEO

    SEO (search engine optimisation) copywriting adalah tentang menulis salinan yang dioptimalkan kata kunci untuk SEO. Artinya, ketika Anda melakukan copywriting SEO, Anda akan mengambil daftar kata kunci yang telah diidentifikasi perusahaan bahwa orang-orang yang mencari perusahaan tersebut. Ini termasuk dalam pencarian mereka dan Anda akan memasukkan ini ke dalam salinan yang Anda buat. Kuncinya adalah menambahkan kata kunci ini ke dalam salinan secara alami sehingga terbaca dengan baik

  • Copywriting bisnis

    Bisnis terbagi dalam dua kategori yakni Bisnis ke bisnis/Business to business (B2B), dan Bisnis ke konsumen/Business to consumer (B2C). B2B menjual ke bisnis dan B2C menjual ke konsumen. Karena target pasar untuk kedua jenis bisnis ini berbeda, cara Anda memasarkan kepada mereka juga akan berbeda secara mendasar. Dengan demikian cara copywriter membuat salinan untuk kedua kegiatan pemasaran bisnis ini juga akan berbeda. Sebuah fundamental yang copywriter, yang mengkhususkan diri dalam copywriting B2B, perlu menguasai adalah bahwa siklus penjualan di ruang B2B lebih lama daripada di ruang B2C.

  • Copywriting web

    Peran copywriting web adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan menceritakan kisah suatu produk yang datang dalam bentuk posting blog, artikel, dan konten media sosial yang panjang. Saat Anda memberi pembaca Anda sebuah tulisan yang berwawasan luas dan menarik, mereka akan didorong untuk berbagi dan berinteraksi. Contoh konten yang mendidik daripada promosi adalah video petunjuk, tutorial, kiat, dan trik, dll.

  • Copywriting PR

    Konten yang dimaksudkan untuk mewakili organisasi kepada publik dengan cara apa pun termasuk dalam copywriting PR. Siaran pers dan pernyataan adalah contohnya. Pekerjaan seorang copywriter PR adalah menggambarkan perusahaan dengan sebaik mungkin. Ini dapat dicapai dalam acara-acara positif seperti meningkatkan kesadaran akan produk atau layanan baru, dan pada acara-acara negatif lainnya seperti dalam publisitas negatif untuk mengendalikan kerusakan sebanyak yang Anda bisa.

  • Copywriting kreatif

    Iklan televisi dan radio adalah contoh copywriting kreatif. Jenis copywriting ini tidak memerlukan banyak tulisan tetapi membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk menghasilkan sebuah baris, slogan, atau naskah yang menarik bagi bagian psikologis dan emosional penonton dan pada saat yang sama sejalan dengan visi, standar, dan target klien.

 

Baca Juga  :   Profesi Social Media Specialist : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Copywriting adalah salah satu elemen terpenting dari pemasaran online yang efektif sejak dunia mengenal pemasaran. Ini adalah seni dan ilmu untuk menyampaikan kata-kata secara strategis(baik tertulis atau lisan yang membuat orang yang melihat atau membacanya mengambil beberapa bentuk tindakan. Copywriter sendiri adalah suatu bidang pekerjaan yang semakin dibutuhkan terlebih lagi dengan maraknya praktis pemasaran digital abad ini.

Untuk menjadi copywriter ahli yang mahir dan menguntungkan, Anda perlu menginvestasikan waktu dan energi untuk mempelajari seni menulis dan persuasif ini. Bahkan untuk benar-benar unggul sebagai copywriter, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam kursus copywriting yang akan memberi Anda pelatihan intensif yang Anda perlukan untuk menikmati karir yang menguntungkan.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update