Pengertian Google Firebase dan Fitur-Fitur Terbaiknya

Pengertian Google Firebase dan Fitur-Fitur Terbaiknya

Bosan menulis kode yang membosankan untuk backend Anda, atau bahkan tidak bisa menulisnya sama sekali? Cobalah Google Firebase. Google Firebase menawarkan banyak fitur yang menjadikannya sebagai alat pengembangan backend untuk web dan aplikasi seluler. Firebase mengurangi beban kerja dan waktu pengembangan dan ini adalah alat pembuatan prototipe yang sempurna. Firebase sederhana, ringan, ramah, dan diakui secara industri.

Memang, Firebase adalah alternatif yang kurang teknis dan menghemat waktu untuk menulis kode backend lengkap untuk aplikasi dinamis. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk memanfaatkan alat ini jika pada akhirnya Anda ingin menghosting dan mengelola aplikasi Anda di cloud. Karena tanpa server, Firebase menghilangkan kekhawatiran tentang teknis konfigurasi server cloud.

Sebagai layanan Google Cloud, layanan ini juga memberi Anda akses ke produk dan fitur Google lainnya, seperti Google Drive dan Spreadsheet. Misalnya, Anda dapat mengimpor data dummy dari Google Spreadsheet dan menggunakannya sementara untuk melayani aplikasi Anda.

 

Baca Juga :  Panduan Mengenal Firebase Bagi Pemula

 

Mengenal Pengertian Google Firebase

 

Firebase adalah Backend-as-a-Service (Baas). Ini memberi pengembang berbagai alat dan layanan untuk membantu mereka mengembangkan aplikasi berkualitas, menumbuhkan basis pengguna mereka, dan mendapatkan keuntungan. Itu dibangun di atas infrastruktur Google. Firebase dikategorikan sebagai program database NoSQL , yang menyimpan data dalam dokumen mirip JSON.

Dengan Firebase, cukup mudah untuk menghubungkan dan menggunakan penyedia autentikasi pihak ketiga bawaan, termasuk Google, Facebook, Twitter, dan lainnya. Dan jika Anda ingin menggunakan UI autentikasi yang dibuat sebelumnya, Anda juga memilikinya. Semua ini dapat menghemat sejumlah besar biaya pengembangan, karena Anda tidak perlu membayar setinggi pengembangan dari awal. Penetapan harga Firebase juga sama fleksibelnya. Meskipun ada layanan bayar sesuai penggunaan, Anda dapat memulai dengan paket gratis dan menggunakan fitur utama jika aplikasi Anda masih dalam kondisi prima.

Baca Juga :  Bangun Aplikasi dengan Basis Data Waktu Nyata (Google Firebase)

Firebase meningkat dari 110.000 pengembang saat pertama kali diakuisisi oleh Google pada Oktober 2014 menjadi 450.000 pengembang saat ini. Anda dapat bertaruh dengan pengumuman di I/O atau Input dan Output, jumlah itu akan meroket lebih jauh, terutama dengan fitur sentris seluler Android dan iOS yang baru. Firebase bukan hanya backend sebagai layanan lagi. Ini adalah backend pengembang yang digunakan untuk layanan Google. Tidak dapat diremehkan betapa pentingnya perubahan ini bagi Google dan Firebase. Mereka menyediakan platform yang sederhana dan terpadu dengan begitu banyak fitur Google terbaik yang dikemas.

Firebase juga merupakan pilihan yang baik jika Anda ingin menerapkan produk yang berfungsi di cloud dengan cepat. Plus, seperti yang disebutkan, Anda mungkin ingin mencobanya jika Anda membutuhkan backend tetapi tidak memiliki latar belakang pengembangan backend. Firebase juga rangkaian layanan yang idealnya diperlukan saat menulis aplikasi seluler, misalnya, menjalankan analitik, mengintegrasikan perpesanan ke dalam aplikasi, memiliki akses ke database real-time yang cepat untuk penyimpanan, mendapatkan informasi tentang pelaporan kerusakan, dll. Ini hanyalah sebuah beberapa dari begitu banyak fitur di luar sana yang ditawarkan oleh Firebase.

Ketersediaan semua layanan di satu tempat memungkinkan pengembang untuk fokus pada logika bisnis aplikasi daripada membuang waktu dalam mencari layanan pihak ketiga di pasar, memeriksa kompatibilitas & menyatukannya. Dengan Firebase, yang perlu kita lakukan adalah fokus pada fungsionalitas pengguna daripada mengkhawatirkan infrastruktur. Singkatnya Firebase adalah platform pengembangan seluler komprehensif yang ditawarkan oleh Google & didukung oleh platform Google Cloud.

 

Baca Juga :  Google Firebase : Pengertian dan Cara Kerjanya

 

Fitur-fitur Terbaik Google Firebase

Pengertian Google Firebase dan Fitur-Fitur Terbaiknya
 

Firebase memiliki beberapa fitur yang membuat platform ini penting. Fitur-fitur ini mencakup pelaporan tanpa batas, perpesanan cloud, autentikasi dan hosting, dll. Mari kita lihat fitur-fitur ini untuk memahami bagaimana fitur-fitur ini menjadikan Firebase penting:

Analitik bawaan yang luar biasa

Dasbor analitik adalah salah satu fitur terbaik dari Firebase, difasilitasi gratis dan dapat melaporkan 500 jenis acara, masing-masing dengan 25 atribut. Dasbor adalah yang terbaik untuk mengamati perilaku pengguna dan mengukur berbagai karakteristik pengguna. Pada akhirnya, ini membantu Anda memahami cara orang menggunakan aplikasi Anda sehingga Anda dapat mengoptimalkannya dengan lebih baik di masa mendatang. Fitur utamanya adalah :

  • Pelaporan tidak terbatas, dimana hal ini memungkinkan untuk pelaporan 500 peristiwa yang berbeda.
  • Segmentasi audiens, dimana firebase dapat mengidentifikasi audiens kustom di Firebase console berdasarkan data perangkat, atau properti pengguna. Setelah itu, Anda dapat menggunakan audiens yang ditentukan dengan atribut Firebase lainnya saat menargetkan fitur atau notifikasi baru.
  • Integrasi dengan layanan lain, yang berarti Anda dapat mengintegrasikan Firebase dengan layanan lain kemudian memanfaatkan aplikasi bisnis seperti Firebase Notifications, Firebase Remote Configuration, Firebase Crash Reporting, dan Google Tag Manager.

 

Pengembangan aplikasi menjadi mudah

Dengan Firebase, Anda dapat memfokuskan waktu dan perhatian untuk mengembangkan aplikasi terbaik untuk bisnis Anda. Operasi dan fungsi internalnya sangat solid. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dalam mengembangkan aplikasi berkualitas tinggi yang ingin digunakan pengguna. Berikut adalah fitur-fitur yang dapat Anda kembangkan :

  • Cloud Messaging

    Firebase memungkinkan Anda mengirim dan menerima pesan dengan cara yang lebih andal di seluruh platform.

  • Hosting

    Firebase memberikan konten web lebih cepat.

  • Konfigurasi jarak jauh

    Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan aplikasi saat bepergian.

  • Tautan dinamis

    Tautan dinamis adalah URL cerdas yang secara dinamis mengubah perilaku untuk memberikan pengalaman terbaik di berbagai platform. Tautan ini memungkinkan pengguna aplikasi untuk langsung membuka konten yang mereka minati setelah menginstal aplikasi, tidak peduli apakah mereka pelanggan baru atau pelanggan seumur hidup.

  • Pelaporan kerusakan

    Hal ini membuat aplikasi Anda tetap stabil.

  • Basis data waktu nyata

    Hal ini dapat menyimpan dan menyinkronkan data aplikasi secara real-time.

  • Penyimpanan

    Anda dapat dengan mudah menyimpan file dalam database.

 

Pertumbuhan dan Keterlibatan Pengguna

Salah satu aspek terpenting dari pengembangan aplikasi adalah kemampuan untuk mengembangkan dan terlibat dengan pengguna dari waktu ke waktu. Firebase memiliki banyak fitur bawaan. Dengan platform yang mengarah ke aplikasi komersial, ini benar-benar menjadi pusat dari apa yang membuat Firebase begitu hebat. Berikut adalah beberapa aspek interaksi pengguna yang membuat pengembangan menjadi mudah: 

  • AdWords

    Menautkan AdWords sangat mudah, dan dengan itu, Anda dapat mengelompokkan dan menentukan basis pengguna menggunakan Firebase Analytics. Selain itu, mudah untuk meningkatkan penargetan Anda dalam kampanye iklan pemasaran. Beberapa manfaat lainnya termasuk pelacakan konversi, lintas jaringan, jaringan atribusi, dan LTV atau Menghitung Nilai Umur Pelanggan.

  • Pengindeksan Aplikasi

    Dengan pengindeksan aplikasi, Anda dapat mengerjakan aspek seperti terlibat kembali dengan aplikasi, terutama dengan menjelajahi konten dalam aplikasi dalam hasil penelusuran Google. Ini juga akan membantu dalam menentukan peringkat aplikasi Anda di hasil pencarian Google.

  • Undangan

    Ini adalah alat yang sempurna untuk referensi dan berbagi. Dapatkan bantuan dari pengguna Anda untuk mengembangkan aplikasi dengan mudah melalui email atau SMS. Hal ini memungkinkan pengguna yang ada untuk berbagi aplikasi atau konten dalam aplikasi. Jika Anda menggunakan fitur ini dalam kombinasi dengan promosi, maka Anda juga dapat berupaya memperoleh pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

  • Notifikasi

    Anda dapat mengelola kampanye informasi dengan sangat mudah, termasuk kemampuan untuk mengatur dan menjadwalkan pesan untuk melibatkan pengguna pada waktu yang tepat. Notifikasi ini sepenuhnya gratis. Ini tidak terbatas untuk iOS dan Android. Hanya ada satu dasbor yang perlu dikhawatirkan, dan jika Anda berintegrasi dengan Firebase Analytics, Anda dapat menggunakan berbagai fitur segmentasi pengguna.

 

Membantu meningkatkan  peluang penghasilan 

Tentu saja, hal tentang memiliki aplikasi atau strategi bisnis lainnya adalah Anda dapat meningkatkan penghasilan kita. Dengan fitur AdMob, Anda dapat memonetisasi aplikasi, dengan mempertimbangkan pengalaman terbaik bagi pengguna. Menampilkan iklan dengan waktu yang nyata kepada jutaan pengiklan Google, memilih format yang sesuai dengan aplikasi Anda, dan bekerja dengan lebih dari 40 jaringan iklan teratas menggunakan Mediasi AdMob, Anda dapat membuat pengembangan aplikasi sangat berharga.

 

Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Admob Untuk Monetisasi Iklan Di Aplikasi

 

Kesimpulan dan Penutup

Artikel ini menjelaskan tentang Firebase, kelebihan, kekurangan, dan pengertiannya. Kesimpulannya Firebase adalah platform pengembangan aplikasi seluler Google. Keuntungannya termasuk terlihat pada lingkungan pengembangan dari ujung ke ujung, waktu yang lebih cepat ke pasar untuk membuat aplikasi, dan infrastruktur yang dapat diskalakan. Meskipun merupakan produk yang fantastis, Firebase memiliki kelemahan. Ini adalah platform dengan sumber tertutup, memiliki penguncian vendor, dan hanya menyediakan database NoSQL.

Sementara diluar sana ada cukup banyak pesaing untuk Firebase, dan ada juga yang lebih menonjol seperti Back4app, Backendless, AWS Amplify, Kinvey, dan Parse. Semoga artikel ini akan membantu Anda untuk lebih memahami Firebase dan membuat keputusan yang tepat untuk menggunakan atau tidak layanan ini.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update