Pentingnya Hosting untuk Kemajuan Bisnis Online Anda

Pentingnya Hosting untuk Kemajuan Bisnis Online Anda

Saat Anda membuat website, layanan hosting menempatkan semua filenya di server. Host website menyediakan sebuah ruang yang memungkinkan Anda untuk menyimpan situs website Anda di internet. Pada awalnya, Anda bisa mendapatkan hosting gratis dengan berbagi ruang jaringan di server, tapi jika bisnis Anda berkembang pesat, kebutuhan Anda meningkat dalam hal ruang penyimpanan di internet, Anda kemudian dapat memilih ruang terpisah di server untuk website Anda.

Penyedia hosting web menangani ruang penyimpanan ini untuk Anda, memastikan website Anda bisa diakses di internet. Saat pengguna browser mengetik nama domain Anda, komputer yang digunakan akan terhubung ke server tempat situs website Anda. Kemudian server tersebut mengirimkan file yang siap untuk ditampilkan, kepada pengguna di browser pengguna tersebut.

Di samping dari kegunaan utama tersebut, terdapat kelebihan hosting lainnya. Anda juga akan mengetahui dua jenis hosting apa saja yang bisa Anda gunakan untuk website Anda, terlebih jika Anda memiliki bisnis online. Pada artikel kali ini akan disajikan informasi seputar pentingnya hosting untuk bisnis Anda dan bagaimana cara memilih layanan penyedia hosting yang baik untuk bisnis Anda.

 

Pentingnya Hosting untuk Kemajuan Bisnis Online Anda

 

Ada dua jenis hosting website, yaitu layanan gratis dan layanan berbayar premium. Layanan gratis ini gratis untuk pengguna dan memiliki iklan. Sementara layanan berbayar atau premium jauh lebih baik dan aman dalam jangka panjang dan memberikan fleksibilitas yang jauh lebih besar dalam hal penyimpanan untuk menangani trafik online yang meningkat. Sangat disarankan untuk Anda pelaku usaha untuk memilih layanan berbayar. Berikut alasan pentingnya hosting untuk kemajuan bisnis online Anda yang akan menjadi Anda.

  • Keamanan

    Banyak layanan web hosting menawarkan situs web ke server yang sama karena kekurangan resource. Selain itu, seperti yang dinyatakan di atas, lingkungan hosting bersama membuat Anda berisiko diretas. Namun jika Anda memilih layanan penyedia hosting yang terpercaya, resiko peretasan tidak akan terjadi. Salah satu layanan hosting terbaik seperti idcloudhost.com, bisa membuat website Anda lebih aman dari hacker.

  • Keandalan dan Kecepatan

    Host web yang buruk akan memperlambat kecepatan memuat situs Anda. Anda harus memilih layanan hosting yang bisa diandalkan, Anda harus memastikan bahwa nantinya website Anda bisa diakses dengan cepat oleh pelanggan Anda. Kecepatan website merupakan hal yang harus diperhatikan, mulai dari pengembangan dan hosting. Kecepatan sangat mempengaruhi SEO, dan beberapa elemen yang berkontribusi untuk peningkatan SEO seperti ukuran halaman dan pengoptimalan gambar.

  • Menyesuaikan Kebutuhan

    Hosting situs web adalah lingkungan jaringan tempat data dan file situs web disimpan sehingga dapat ditemukan di internet. Artinya, ketika Anda membuat file yang tersedia di server, itu diizinkan untuk ditemukan oleh pengunjung dari pendaftaran domain yang telah Anda lakukan. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan hosting Anda berdasarkan 3 jenis-jenis hosting berikut.

    1) Hosting Bersama (Shared Hosting)

    Direkomendasikan untuk beberapa situs, layanan yang lebih terjangkau dengan beragam sumber daya yang tersedia.

    2) Hosting Gratis

    Hosting ini disediakan oleh beberapa organisasi yang menawarkan layanan gratis, yang digunakan untuk situs non komersial atau bisnis yang masih baru.

    3) VPS (Virtual Private Server)

    Ini adalah hosting yang paling direkomendasikan untuk proyek yang lebih besar. Kecepatan untuk e-commerce dan blog. VPS menghasilkan kecepatan lebih tinggi untuk situs web Anda, mengoptimalkan kinerjanya, menghemat waktu, dan mengurangi pengeluaran sehingga dapat meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu WordPress Hosting, Fitur- Fitur dan Keunggulan Terbaiknya

 

Bagaimana Cara Memilih Penyedia Layanan Hosting

Ada banyak penyedia layanan hosting untuk Anda, tapi bagaimana cara memilih penyedia layanan hosting yang baik? Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih penyedia layanan hosting.

  • Perhatikan Waktu Henti

    Waktu henti mirip seperti periode waktu ketika situs web Anda tidak online atau tidak aktif. Waktu henti dapat dijadwalkan atau tidak terjadwal dan bisa dikarenakan oleh sejumlah alasan. Misalnya, ketika web Anda down, pengunjung situs web Anda tidak akan dapat mengaksesnya, setiap menit situs web Anda down bisa berarti potensi kehilangan pelanggan. Itu sebabnya memilih penyedia layanan hosting yang andal dengan waktu henti yang sangat minim merupakan hal penting.

  • Alamat Email yang Tersedia

    Memiliki alamat email yang terkait dengan nama domain Anda terlihat lebih profesional dan lebih berharga daripada email pribadi seperti Gmail atau alamat email lainnya. Anda harus memilih layanan hosting web yang menyediakan email sesuai dengan nama domain. Jangan sampai Anda hanya mendapat layanan domain dan hostingnya saja tanpa ada akun untuk email yang bisa digunakan.

  • Layanan Customer Service 24 Jam

    Perusahaan hosting yang baik akan menawarkan dukungan setidaknya selama jam kerja normal jika tidak 24 jam sehari. Penting juga untuk melihat bagaimana dukungan ini diberikan, apakah hanya melalui email atau dapatkah Anda benar-benar menelepon customer service tersebut untuk langsung mendapat penanganan.

 

Baca Juga  :    Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Website untuk membangun bisnis online merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap entrepreneur. Bagi Anda seorang entrepreneur pemula, Anda disarankan untuk benar-benar cermat ketika membuat website dan melakukan hosting untuk website Anda. Ini sangat penting karena jika Anda memiliki masalah dengan situs web Anda, Anda harus segera mengatasinya dengan langsung menghubungi penyedia layanan hosting.

Anda harus memilih penyedia layanan hosting yang dapat dihubungi 24 Jam, serta temukan penyedia host web yang memiliki reputasi baik. Lihat ulasan di situs terpercaya, perhatikan siapa klien mereka dan sudah berapa lama mereka berbisnis juga penting. Seperti idcloudhost.com yang sudah lama menjadi penyedia layanan hosting terpercaya dan terjangkau. Dapatkan Diskon 20% khusus akhir tahun untuk hosting website Anda. Klik di sini untuk mendapatkannya sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update