Perbedaan SAN dan NAS

Perbedaan SAN dan NAS

Teknologi SAN dan NAS adalah teknologi media penyimpanan yang berhubungan ke jaringan, dan merepresentasikan teknologi penyimpanan dan jaringan. Sebuah SAN adalah jaringan dedicated untuk peralatan penyimpana dan host, yang terpisah dari LAN/WAN di perusahaan. SAN di rancang untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpanan, dan memisahkan trafik backup yang bandwidth intensif dari trafik normal LAN/WAN. Keuntungan lain SAN termasuk menaikan konektifitas antara server dan peralatan penyimpanan, maupun managemen data yang terpusat. NAS adalah file server yang dikhususkan, tersambung ke jaringan.

NAS menggunakan protokol LAN seperti ethernet dan TCP/IP, yang memungkinkan NAS untuk lepas dari limitasi yang ada di teknologi SCSI. Beberapa produk NAS, seperti Network Appliance Filer dan Auspex server adalah peralatan penyimpanan, dan tersambung langsung ke jaringan messaging atau jaringan publik. NAS produk cendrung di optimasikan untuk penggunaan file server saja. Masing – masing pendekatan menyerupai kelebihan tersendiri, konsensu umum menunjukan bahwa SAN merepresentasikan hubungan media penyimpan masa depan. Peralatan NAS tentu akan terus menjalankan fungsi spesifik mereka, tetapi indikasi trend menunjukan bahwa organisasi data-centric akan melakukan migrasi ke arah model SAN.

Bagaimana cara memanage SAN saat ini ada dua metoda dasar dalam peringatan dasar SAN :

  • SNMP (Simple Network Management Protocol) : SNMT berbasis TCP/IP dan managemen peringatan dasar, yang memungkinkan sebuah node di jaringan memperingatkan kegagalan dari komponen sistem. Akan tetapi SNMP sulit untuk memberikan sebuah managemen yang bersifat proaktif maupun keamanan (security).
  • Proprietary Management Protocol : Beberapa perusahaan menyediakan perangkat lunak managemen SAN. Biasanya perangkat ini dijalankan di terminal yang terpisah (biasanya mesin NT) yang terhubung ke SAN. Dengan menyambungkan terminal managemen ini akan membuka beberapa kemampuan lain dari SAN, seperti zoning (security), mapping, masking, maupun fungsi backup and restore functions, dan managemen kegagalan. SAN Manager, sebuah SAN Manager adalah perangkat lunak prorietary Storage Area Network managemen yang memungkinkan managemen terpusat dari host Fibre Channel dan peralatan penyimpanan.Sebuah SAN manager akan memungkinkan sistem untuk menggunakan secara bersama kumpulan media penyimpanan. Sebuah SAN manager akan memungkinkan sistem untuk mengunakan secara bersama kumpulan media penyimpanan di SAN, sambil memungkinkan SAN administrator untuk mengambil manfaat penuh dari aset media penyimpanan yang ada, dan pada akhirnya menekan biaya dalam menjalankan sistem yang ada dengan lebih efisien.
solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update