Perkembangan Domain yang Mesti Anda Ketahui

Perkembangan Domain yang Mesti Anda Ketahui

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu alamat yang dapat diakses melalui internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Perkembangan domain dimanca negara terutama di wilayah amerika. Domain yang tercatat pertama kali adalah Syimbolic.com yakni pada 15 maret 1985. Di awal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan.

Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Sesudahnya, internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi, masing-masing UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute.

Ini disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana komputer pribadi (PC). Berikutnya, protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982, disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Sistem)

Ingin mendapatkan Domain Indonesia dengan harga yang murah? Anda bisa mencoba layanan dari IDCloudHost dengan variasi nama domain dan harga yang terjangkau.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update