Prediksi Social Media Marketing yang Ampuh 2022

Prediksi Social Media Marketing yang Ampuh 2022

Dunia pemasaran berkembang pesat, membuat semua pemasar mungkin hampir mustahil untuk mengikuti semua tren media sosial yang terbaru. Namun, jika Anda tetap rajin, Anda dapat tetap unggul dalam persaingan di pasar. Pada tahun 2021, terlihat seberapa cepat industri pemasaran dapat berkembang. Pada tahun lalu, pemasar merangkul transformasi digital lebih dari sebelumnya karena mereka beradaptasi dengan lanskap bisnis virtual dan hybrid yang terus berubah selama pandemi COVID-19. Kemudian, ketika negara-negara dibuka kembali dengan hati-hati dan lebih banyak konsumen meninggalkan rumah, beberapa bisnis melihat penurunan dalam keterlibatan virtual dan lalu lintas online yang baru-baru ini mereka andalkan.

Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan dan rutinitas sehari-hari masyarakat. Beberapa sangat kecanduan sehingga hal pertama yang mereka lakukan setelah bangun tidur adalah memeriksa feed media sosial mereka. Mengingat pentingnya media sosial dalam kehidupan konsumen, pemasar dan bisnis masih akan tetap berbondong-bondong mengembangkan platform media sosial dengan harapan dapat terhubung dengan target pelanggan mereka. Namun, jika ada kelebihan konten di media sosial, ada juga kekurangannya, salah satunya adalah persaingan yang sangat tinggi. Mungkin sulit bagi Anda untuk menonjol kecuali Anda memiliki strategi pemasaran media sosial yang jelas dan baik. Tetap memperbaharui strategi pada tren media sosial terbaru dapat membantu mendorong strategi tsb dan membuat Anda menonjol di antara banyak orang.

Pada tahun 2022, media sosial akan terus memainkan peran penting dalam mendorong pelanggan. Untuk memanfaatkan ini, dan memaksimalkan peluang Anda, pemimpin pemasaran perlu merencanakan strategi pemasaran media sosial mereka sesuai dengan perubahan terbaru. Artikel ini akan menguraikan beberapa prediksi utama yang akan membantu Anda membangun proses manajemen media sosial yang gesit, untuk beradaptasi dengan lanskap konsumen pada tahun 2022. Semoga tips ini akan membantu Anda meningkatkan hasil pemasaran media sosial Anda di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

 

Baca Juga :  Manfaat Social Media Marketing Dalam Menaikkan Penjualan Bisnis Online

 

Mengenal Apa Itu Social Media Marketing (SMM)

 

SMM atau Social Media Marketing adalah cara termudah untuk menjangkau audiens yang sangat besar karena ​​saat ini setengah dari populasi global yakni 3,8 miliar orang telah menggunakan media sosial. Disisi lain, jumlah ini terus bertambah sejak 2019 dimana penggunaan media sosial telah tumbuh sebesar 9,2%. Media sosial sangat berguna untuk meningkatkan brand awareness. Menurut Hootsuite, 52% dari penemuan brand online terjadi di umpan sosial publik. Dengan kata lain, mayoritas orang belajar tentang brand baru di jejaring sosial.

Pada tahun 2019, orang menghabiskan rata-rata 2 jam dan 24 menit setiap hari di jejaring sosial. Dan indikator ini juga meningkat seiring dengan waktu yang dihabiskan di media sosial meningkat sebesar 1,4%. Itu membuat media sosial menjadi cara yang bagus untuk tidak hanya menjangkau audiens Anda tetapi juga untuk berinteraksi dengan mereka untuk waktu yang lama. Setiap tahun, jejaring sosial menjadi semakin signifikan dalam hal mendongkrak penjualan. Misalnya, pada tahun 2019, 43% pengguna internet menggunakan media sosial saat meneliti produk sebelum melakukan pembelian. Meskipun hanya 12% orang yang siap mengklik tombol “beli” di Facebook atau Instagram, jejaring sosial sangat signifikan pada tahap awal perjalanan pembeli. Selain akses ke khalayak yang luas dan interaksi yang dekat dengan pelanggan, SMM memiliki keunggulan lain. Berikut adalah beberapa manfaat memasukkan media sosial ke dalam strategi pemasaran Anda.

  • Meningkatkan brand awareness

    54% pengguna meneliti produk melalui media sosial. Jadi, sebuah brand harus memiliki akun berkualitas tinggi di jejaring sosial yang berbeda untuk memanfaatkan minat media sosial pengguna. Dalam hal ini, calon pelanggan dapat menjangkau brand Anda di platform favorit mereka. Selain itu, pelayanan prima melalui media sosial juga penting. Orang-orang mengharapkan perusahaan membantu mereka dan jika bantuannya luar biasa, mereka dengan senang hati merekomendasikan brand Anda kepada orang lain karena 71% pengguna akan merekomendasikan perusahaan Anda jika mereka memiliki pengalaman positif dengan perusahaan di media sosial.

  • Informasi industri, pasar, dan pesaing

    Media sosial memberi Anda peluang besar untuk memantau tidak hanya kepuasan pelanggan Anda, tetapi juga tren industri terbaru dan aktivitas pesaing Anda. Dengan berita industri terbaru, Anda mendapatkan konten tambahan dimana Anda dapat menggunakannya sebagai topik untuk didiskusikan dengan pengikut Anda. Dengan memperoleh data dari pesaing, Anda mendapatkan inspirasi untuk meningkatkan produk atau pendekatan Anda terhadap SMM dan tentunya jangan pernah berhenti belajar dari orang-orang di sekitar Anda.

Baca Juga :  Tips Melakukan Social Media Marketing Untuk Bisnis Secara Efektif

  • Distribusi konten cepat & mudah

    Jika Anda mempromosikan bisnis Anda melalui pemasaran konten, Anda dapat mendistribusikan konten Anda secara lebih efektif dengan SMM. Orang-orang selalu berbagi informasi yang bermanfaat, menarik, dan menghibur dengan teman-teman mereka di jejaring sosial. Ini sering bergerak di luar satu jaringan dan anggotanya dan memfasilitasi pertumbuhan audiens target Anda. SMM adalah cara yang bagus untuk memberitahu pelanggan Anda tentang penawaran khusus. Jejaring sosial membantu menyampaikan informasi tentang penjualan atau pemberian dengan cepat dan murah, meskipun sebagian besar pengguna lebih suka menerima pesan promosi melalui email.

  • Meningkatkan traffic situs web

    Meskipun banyak platform media sosial memungkinkan brand untuk menjual produk mereka tanpa membuka situs web eksternal atau halaman arahan, media sosial masih merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan lalu lintas. Misalnya 11% dari semua lalu lintas situs web seluler berasal dari media sosial.

  • Interaksi reguler dengan audiens

    Karena setengah dari populasi dunia menggunakan jejaring sosial selama hampir tiga jam setiap hari, SMM adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiens. Dengan cara ini, brand Anda sudah berada di tempat yang disukai pelanggan Anda untuk menghabiskan waktu mereka, sehingga membantu Anda tetap dekat dan lebih dapat dipercaya. Selain itu Social Media Marketing (SMM) lebih dari saluran pemasaran lainnya yang dapat membantu Anda mendapatkan umpan balik dari pelanggan. Dengan cara apa pun yang seperti melalui ulasan, suka, komentar, dll. Jika klien Anda memiliki pengalaman buruk dengan produk Anda, mereka lebih suka memberitahu Anda tentang hal itu melalui jejaring sosial, daripada melalui email atau panggilan telepon. Ini menciptakan kesempatan untuk bereaksi dengan benar, dan mempertahankan klien khusus ini dan menarik orang lain.

 

Baca Juga :  10 Trend Social Media Marketing yang Populer Tahun 2022

 

Prediksi Social Media Marketing 2022

Prediksi Social Media Marketing 2022 yang Harus Dikuasai Pemasar/Marketer
 

Berikut adalah prediksi Social Media Marketing di tahun 2022 yang harus dikuasai oleh pemasar atau marketer untuk membangun bisnis yang lebih sukses :

  1. TikTok akan menjadi besar

    Instagram masih menjadi favorit perusahaan, namun TikTok naik peringkat. Mengingat konten video berdurasi pendek akan menjadi lebih populer, TikTok adalah platform yang ideal untuk digunakan pada tahun 2022. Selama dua tahun terakhir, TikTok juga telah meluncurkan sejumlah alat yang berguna, seperti iklan dan profil bisnis, yang ditujukan khusus untuk bisnis. Jadi, bukan lagi sekadar platform di mana para kreator muda bisa memamerkan gerakan tariannya. Secara keseluruhan, ini akan menjadi salah satu platform utama yang dapat digunakan brand untuk menjangkau milenial dan Gen Z.

  2. Konten video akan mendominasi

    Konten video tetap menjadi salah satu bentuk konten yang paling menarik. Menurut sebuah studi Cisco, pada tahun 2022, 82% dari semua konten online akan menjadi konten video. Ini jelas menunjukkan betapa pentingnya untuk mulai memanfaatkan konten video agar tetap relevan di domain media sosial. Jika saat ini Anda tidak membuat video, sudah saatnya Anda memasukkannya ke dalam strategi konten Anda. Dalam waktu dekat, video akan mendominasi media sosial dan siapa pun yang tidak menyadarinya akan mengalami kesulitan. Apa yang penting untuk diingat untuk masa depan adalah bahwa konten bentuk panjang tidak lagi menjadi jalan yang harus ditempuh. Anda hanya perlu melihat kesuksesan di Stories, Reels, dan TikTok untuk menyadari bahwa video pendek yang menarik kini menjadi pilihan yang disukai konsumen.

  3. Audio sosial akan populer

    Sejak Clubhouse diluncurkan pada tahun 2020, itu menjadi semakin populer. Pada Juni 2021, Facebook mengikutinya dengan secara resmi meluncurkan Ruang Audio Langsung dan podcast di Amerika Serikat. Dan lebih dari 74% bisnis mengindikasikan dalam survei tren media sosial 2022 Hootsuite bahwa mereka berencana untuk berinvestasi dalam konten audio saja di tahun depan. Survei yang sama mengungkapkan bahwa menyelenggarakan streaming langsung audio sebagai pemimpin pemikiran adalah strategi paling populer. Meskipun demikian, pada tahap ini, tren tersebut belum menarik perhatian bisnis kecil, terutama mengingat itu bukan bentuk pemasaran konten yang paling terjangkau karena ini hanya membutuhkan setidaknya klip audio.

  4. Iklan berbayar menjadi kebutuhan

    Menurut survei Tren Media Sosial 2022 Hootsuite, lebih dari 40% responden menunjukkan bahwa penurunan jangkauan organik dan kebutuhan untuk membelanjakan lebih banyak untuk iklan berbayar adalah tantangan terbesar mereka. Mempertimbangkan bahwa jangkauan organik rata-rata untuk posting Facebook hanya sedikit di atas 5% menurut data Hootsuite, masuk akal mengapa iklan berbayar akan menjadi suatu keharusan.

  5. Augmented Reality (AR) akan menjadi mainstream

    Media sosial akan melihat peningkatan adopsi teknologi seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Seiring berkembangnya platform ini, pengguna akan menuntut pengalaman yang lebih baik dan lebih menarik, dan teknologi ini dapat mewujudkannya. Sementara adopsi VR di media sosial mungkin masih dalam tahap awal, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk AR. Filter augmented reality sekarang digunakan di beberapa platform utama seperti Snapchat dan Instagram. Ini diperkenalkan untuk meningkatkan konten visual yang dibagikan di media sosial dan sangat populer.
    Augmented reality meningkatkan realitas kita dengan menambahkan elemen digital ke dalamnya dan mengubah tampilan sebenarnya. Platform media sosial telah menemukan kasus penggunaan yang menarik untuk teknologi ini dan telah mulai memanfaatkannya dalam beberapa tahun terakhir. Instagram misalnya, menggunakan augmented reality untuk berbagai filter fotonya. Anda mungkin pernah melihat filter yang dapat menambahkan riasan ke wajah atau kacamata hitam atau telinga kelinci, bukan? Itu tidak lain adalah aplikasi augmented reality untuk media sosial.
    Aplikasi AR di media sosial tidak terbatas hanya pada filter foto untuk memposting postingan dan cerita yang menyenangkan. Anda juga dapat memanfaatkan augmented reality untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada pelanggan mereka. Menjadi lebih umum bagi brand untuk menggunakan AR sehingga orang dapat mencoba produk terlebih dahulu. Faktanya menurut The Drum, AR dapat meningkatkan rasio klik-tayang sebanyak 33%. Augmented reality dapat memiliki banyak aplikasi media sosial potensial untuk brand. Dan tren ini akan lebih didorong oleh upaya berkelanjutan platform media sosial untuk menambahkan lebih banyak fungsi AR. Teknologi ini pasti hanya akan tumbuh dalam beberapa tahun ke depan.

  6. Pemasaran influencer akan melonjak

    Pemasaran influencer bukanlah tren baru, tetapi ini akan bertahan untuk sementara waktu. Media sosial saat ini didominasi oleh influencer yang mendapatkan bayaran selangit untuk mempromosikan brand. Adopsi tren ini dapat dilihat dari kedua perspektif. Tidak hanya ada peningkatan tajam dalam jumlah influencer di media sosial, tetapi ada juga peningkatan pengeluaran pemasaran untuk pemasaran influencer oleh bisnis.
    Berinvestasi dalam influencer jauh lebih murah daripada menjalankan kampanye iklan berbayar, namun memberikan hasil yang juga baik. Selain itu, influencer dapat membantu pemasar mencapai berbagai tujuan pemasaran dan tidak hanya menghasilkan prospek. Ini adalah dua alasan utama mengapa itu menjadi sangat populer dan terus menjadi lebih kuat. Pemasar tidak hanya berkolaborasi dengan 1-2 influencer sekarang, tetapi bekerja dengan seluruh jaringan kecil, relevan, influencer niche. Influencer semacam ini mendapatkan keterlibatan yang jauh lebih tinggi dan biaya yang jauh lebih murah. Ke depan, semakin banyak pemasar akan menggunakan strategi ini dan bekerja dengan beberapa influencer yang lebih kecil daripada satu selebriti. Namun, tantangannya adalah mengidentifikasi influencer mana yang paling cocok dengan brand Anda.

  7. Instagram dan Twitter tetap populer

    Walaupun banyak yang telah dikatakan tentang TikTok dan saluran yang lebih kecil seperti Pinterest dan Snapchat, Instagram dan Twitter tidak akan kemana-mana pada tahun 2022. Faktanya Twitter dan Instagram akan menjadi lebih penting bagi bisnis B2B secara khusus. Pada tahun 2022, 70% responden mengindikasikan bahwa mereka berencana untuk meningkatkan investasi mereka di Twitter, sementara 63% bisnis B2B berencana untuk meningkatkan pengeluaran mereka di Instagram. Dan sebagai gambaran, hanya 49% brand B2B yang berencana meningkatkan investasi mereka di Facebook.

 

Baca Juga :  Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

 

Kesimpulan dan Penutup

Saat ini, dunia di sekitar Anda terus berubah. Sebagai pemasar di media sosial, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah terus meneliti tren, perilaku konsumen online, dan data media sosial tim Anda untuk menentukan tren atau strategi mana yang harus Anda andalkan atau cara menavigasi skenario online yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini hanya beberapa prediksi tren yang akan mendominasi lanskap media sosial pada tahun 2022 dan seterusnya. Dengan memanfaatkan tren ini, Anda dapat tetap berada di depan pesaing Anda.

Perubahan terbesar yang diantisipasi adalah munculnya TikTok dan konten video berdurasi pendek. Sementara Instagram dan Twitter akan terus menjadi penting (terutama untuk bisnis B2B), 2022 mungkin hanya tahun untuk jaringan yang lebih kecil seperti Pinterest dan Snapchat. Dan perdagangan sosial adalah suatu keharusan bagi bisnis eCommerce. Pada akhirnya, penting untuk diingat bahwa media sosial adalah ruang yang dinamis dan kompetitif. Apa yang berhasil sebelumnya tidak dijamin menghasilkan hasil yang sama. Jadi, ikuti perkembangan terbaru seputar prediksi-prediksi ini dan gunakan hal ini untuk inisiatif media sosial Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update