Rekomendasi Aplikasi Remote PC Gratis dan Aman untuk Digunakan

Rekomendasi Aplikasi Remote PC Gratis dan Aman untuk Digunakan

Aplikasi akses jarak jauh atau remote PC memungkinkan Anda mengakses komputer rumah atau kantor dari lokasi lain. Ini juga bisa mengizinkan orang lain memiliki akses ke beberapa atau semua file Anda, seolah-olah mereka benar-benar duduk di depan PC Anda, bukan di tempat lain sepenuhnya. Beberapa aplikasi remote bahkan dibuat khusus untuk penggunaan pribadi, sementara yang lain, dengan protokol keamanan yang kompleks terperinci, lebih cocok untuk lingkungan yang lebih korporat.

Remote PC jarak jauh sendiri adalah sejenis perangkat lunak atau fitur yang memberikan izin ke lingkungan desktop sistem lokal untuk berjalan dari jarak jauh di salah satu sistem sementara itu sebenarnya di beberapa sistem lain. Sedangkan untuk kata disini mengacu pada koneksi lokal. Secara sederhana, aplikasi remote PC jarak jauh ini membantu pengguna untuk mengakses mesin pengguna lain di sistem lokalnya melalui perangkat lunak melalui jaringan yang sama untuk masalah tujuan bisnis apa pun seperti berbagi desktop, kendali jarak jauh, transfer file, dll.

Selain banyak digunakan oleh meja bantuan organisasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh klien, sehingga menghemat waktu dan mengurangi kompleksitas dan meningkatkan kepuasan pelanggan yang sesuai. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi remote PC yang bisa Anda gunakan dan unduh secara gratis sekaligus juga aman.

 

Memahami Apa Itu Aplikasi Remote PC

Perangkat lunak atau aplikasi akses jarak jauh memungkinkan satu komputer melihat atau mengontrol komputer lain, tidak hanya melalui jaringan, tetapi juga dari mana saja di dunia. Anda dapat menggunakannya untuk masuk ke komputer pelanggan Anda dan menunjukkan kepada mereka cara menjalankan program, atau menyelesaikan masalah teknis mereka. Selain Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengundang teman atau klien untuk melihat desktop Anda saat Anda menjalankan demo untuk mereka.

Anda dapat menggunakan layar sebagai papan tulis sementara, menggambar garis dan lingkaran yang membantu teman atau klien memahami apa yang Anda lakukan di komputer Anda atau mesin mereka. Aplikasi akses jarak jauh juga memungkinkan Anda mentransfer file antara dua mesin tanpa menggunakan email atau layanan berbagi file. Selain juga dapat menggunakan akses jarak jauh untuk mencetak file yang disimpan di mesin orang lain pada printer yang terhubung ke mesin Anda sendiri.

Kerabat Anda yang mengalami kesulitan teknologi dapat menggunakan perangkat lunak akses jarak jauh untuk memberi Anda akses ke mesin mereka sehingga Anda dapat memperbaiki kesalahan mereka atau menghapus malware. Jauh lebih mudah untuk memegang kemudi sendiri daripada mencoba dan berbicara dengan seseorang melalui proses pemecahan masalah PC mereka. Kolega Anda yang memahami teknologi tinggi dapat menggunakannya untuk berkolaborasi dalam proyek yang kompleks secara real-time, lengkap dengan obrolan melalui teks atau, dengan beberapa aplikasi serta suara.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi PHP Editor Terbaik untuk Developer

 

Rekomendasi Aplikasi Remote PC Gratis

 

Memilih aplikasi remote PC mungkin sedikit sulit bagi pemula. Namun intinya dari sebuah remote PC adalah untuk dapat mengakses dan mengelola satu atau lebih komputer dari perangkat lain. Akses jarak jauh dimungkinkan melalui jaringan lokal dan internet, yang berarti, dengan perangkat lunak yang tepat, siapa pun dapat mengakses perangkat apa pun, di mana pun di dunia. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan :

 

  • Chrome Remote Desktop

    sebagai salah satu penawaran yang basic untuk koneksi desktop jarak jauh gratis, tetapi aplikasi ini dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cukup nyaman. Satu-satunya persyaratan adalah bahwa kedua komputer yaitu, milik Anda (klien) dan komputer yang Anda masuki dari jarak jauh (host) harus mempunyai Chrome.
    Opsi ini berfungsi melalui ekstensi yang Anda pasang. Anda akan memberi diri Anda akses ke host dengan membuat PIN unik dan Anda dapat mengontrol host dengan masuk ke Chrome di sisi klien. Sebagai nilai tambah, Anda dapat mengakses host meskipun Chrome tidak berjalan atau jika mereka tidak masuk ke akunnya dengan fungsinya agak terbatas. Tidak ada opsi obrolan yang tersedia jika Anda perlu berkomunikasi dengan cepat dengan seseorang di sisi lain dan platform tidak mendukung berbagi file saat ini, sehingga pilihan ini lebih tepat untuk pemula.

  • Microsoft Remote Desktop

    Masih dengan aplikasi basic, Microsoft Remote Desktop mirip dengan Chrome yang menawarkan fitur-fitur dasar yang nyaman jika Anda adalah jenis pengguna tertentu. Tetapi juga dilengkapi dengan serentetan batasan yang mungkin tidak menjadikannya pilihan terbaik untuk semua orang. Dengan platform yang disediakan Microsoft secara gratis Anda dapat mengakses PC Windows dari jarak jauh dari komputer Windows, ponsel, perangkat, dan Mac lainnya.
    Namun, Anda harus ingat bahwa Anda tidak dapat mengakses Mac dari PC Windows. Dengan Microsoft Remote Desktop, Anda akan dapat bekerja dengan versi Windows apa pun yang dimulai dengan Windows 7 asalkan mereka menjalankan Enterprise, Ultimate, atau Professional. Tidak memerlukan otorisasi untuk terhubung ke PC Anda sendiri, menjadikan ini sebagai nilai tambah, tetapi juga tidak mendukung berbagi file atau menawarkan banyak pilihan dalam hal bantuan IT.

  • Mikogo

    Apakah Anda mencari alat desktop jarak jauh yang memungkinkan Anda berbagi desktop dengan sejumlah peserta dengan kualitas lebih tinggi? Jika ya, Mikogo adalah pilihan terbaik untuk Anda. Peralihan presenter, remote control, papan tulis, berbagi file, dan perekaman sesi adalah beberapa fitur luar biasa yang ditawarkan Mikogo kepada pengguna mereka. Maka jika Anda mencari alat berbagi layar yang komprehensif, Mikogo layak untuk dicoba.

  • Splashtop

    Dengan lebih dari 15 juta pengguna di seluruh dunia, Splashtop adalah salah satu alat desktop jarak jauh terbaik di jajaran rekomendasi ini. Apa yang membuat alat jarak jauh ini berbeda dari yang lain adalah kecepatan penyegaran layar dan kemampuan streaming audio / video yang luar biasa. Jika Anda terkait dengan industri pendidikan, ada versi khusus yang dapat menghidupkan ruang kelas Anda dan ada opsi terpisah lainnya untuk penggunaan pribadi, bisnis, dan perusahaan.

  • pcAnywhere

    Produk dari merek keamanan internet terkenal Symantec, pcAnywhere memungkinkan Anda menggunakan komputer untuk mengakses dan mengontrol PC lain dari jarak jauh. Disini Anda memungkinkan Anda mengambil dokumen, melihat data yang diarsipkan dan bahkan memecahkan masalah yang berbeda dari jarak jauh melalui koneksi satu-ke-satu yang aman. pcAnywhere sangat mudah digunakan dan mendukung berbagai sistem operasi dan platform termasuk Windows, Linux, Mac dan MS Pocket PC.

  • TightVNC

    Virtual Network Computing (VNC), adalah sistem berbagi desktop grafis yang menggunakan protokol buffer frame jarak jauh untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh. TightVNC menggunakan sistem ini untuk menyediakan layanan pemantauan desktop jarak jauh berkaliber tinggi. Dukungannya yang cukup untuk beberapa sistem operasi membuat alat desktop jarak jauh ini cukup populer di kalangan pengguna bisnis dan manajer IT. Jika Anda mencari paket perangkat lunak kendali jarak jauh gratis, ini adalah salah satu opsi terbaik.

  • TeamViewer

    Selanjutnya adalah aplikasi yang tersedia dalam versi premium dan gratis, TeamViewer adalah alat kolaborasi online yang cukup mengesankan yang digunakan untuk pertemuan virtual dan berbagi presentasi. Menghadirkan fitur seperti akses penuh waktu ke komputer dan server jarak jauh, ditambah rapat online dengan dukungan hingga 25 peserta, dan banyak fitur berguna lainnya. Selain itu, penyajiannya sangat mudah dan ramah pengguna. Jika Anda seorang pebisnis yang berencana untuk mengadakan rapat online atau sesi pelatihan, TeamViewer bisa menjadi pilihan yang baik.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi Burning CD Terbaik dan Gratis untuk Laptop

 

Manfaat Manajer Remote PC untuk Desktop

Rekomendasi Aplikasi Remote PC Gratis dan Aman untuk Digunakan
 

Ada banyak Perangkat Lunak Akses Jarak Jauh yang tersedia di pasar di antaranya adalah beberapa rekomendasi aplikasi diatas. Semua aplikasi tersebut datang dengan kekurangan dan kelebihannya masing- masing. Tetapi secara garis besar, manfaat manajer remote PC untuk desktop adalah karena :

  • Manfaat bekerja jarak jauh adalah dengan memvirtualisasikan konsep dan dengan demikian meningkatkan produktivitas karyawan.
  • Remote Desktop Connection Software memberikan keamanan data dan informasi yang baik karena Anda memiliki tim yang menjaga server dari pelanggaran keamanan.
  • Penghematan biaya meningkat karena perusahaan tidak perlu berinvestasi pada server atau karyawan baru.
  • Akses mudah ke data di seluruh dunia hanya dalam beberapa menit sehingga meningkatkan produktivitas.
  • Pengelolaan aksesibilitas ke tim menjadi jauh lebih mudah.

 

Baca Juga  :     Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Laptop Windows yang Gratis

 

Kesimpulan dan Penutup

Menggunakan perangkat lunak akses jarak jauh itu sederhana. Biasanya diperlukan waktu tidak lebih dari beberapa menit untuk disiapkan, dan Anda biasanya harus menginstal perangkat lunak di komputer atau perangkat lain yang ingin Anda gunakan untuk mengakses komputer jarak jauh. Banyak program juga perlu diinstal pada PC jarak jauh, sementara yang lain terhubung melalui tautan web atau kode akses. Beberapa versi Windows dilengkapi dengan perangkat lunak desktop jarak jauh internal, tetapi alat pihak ketiga sering kali bekerja jauh lebih baik dan dilengkapi dengan lebih banyak fitur secara signifikan.

Tentunya ini bisa menjadi sangat penting jika Anda berencana menggunakan perangkat lunak tersebut secara teratur. Ada beberapa kegunaan populer lainnya untuk perangkat lunak desktop jarak jauh terbaik. Misalnya, Anda dapat menangani tugas rumit dari laptop dengan menyambungkan dari jarak jauh ke komputer yang lebih canggih. Selain itu, staf dukungan IT secara teratur menggunakan program akses jarak jauh untuk mengontrol komputer klien dan menangani masalah apa pun.

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update