Rekomendasi Platform Penjualan Marketplace Global Terbaik Dunia

Rekomendasi Platform Penjualan Marketplace Global Terbaik Dunia

Semakin banyak penjual online lebih memilih untuk menjual barang mereka di pasar atau marketplace besar baik skala nasional maupun lokal. Di samping pasar lokal, pasaran global saat ini sudah semakin mudah dan umum. Namun bagi sebagian besar bisnis yang masih ragu bergabung dalam marketplace, ini saatnya berpikir lebih besar dan diluar dari pasaran mereka biasanya.

Saat ini, jutaan pembeli di seluruh dunia berduyun-duyun ke pasar e-niaga global. Bergabung dengan marketplace ini adalah kesempatan tercepat untuk menguji dan menembus pasar internasional baru. Contoh nyata adalah Amazon dan Alibaba yang tahu betul bahwa e-commerce elah mengamati tren bahwa semakin banyak pemain memasuki marketplace. Sebagai juga salah satu meluaskan sayap bisnis dengan membuka peluang yang lebih besar.

Lalu apakah Anda ingin mulai berjualan online dengan cakupan pasaran yang lebih global? Jadikan hidup lebih mudah dengan menggunakan salah satu dari banyak pasar online besar yang tersedia karena mereka telah bekerja keras untuk menjadikan nama dan image mereka dapat diterima. Bergabung dengan marketplace besar juga akan mendorong jenis lalu lintas pelanggan yang akan memberi Anda kesempatan untuk mengambil penjualan Anda ke tingkat berikutnya.

 

Manfaat Terbesar Berjualan di Marketplace Online

 

Dengan semakin populernya pasar e-niaga dan penjualan online, saluran ini terus-menerus menemukan cara baru untuk membuat pelanggan senang yang juga merupakan berita bagus bagi penjual pihak ketiga. Ini berarti sebagian besar marketplace akan berusaha keras untuk membuatnya semudah mungkin bagi merek dan pengecer untuk memasarkan, menjual, dan memenuhi. Karena semakin mudah bagi Anda untuk menggunakan platform, semakin baik pengalaman bagi pembeli dan semakin besar kemungkinan mereka akan terus datang kembali untuk membeli lebih banyak.

berikut tiga keuntungan yang sangat menarik jika Anda bergabung dalam marketplace besar yang sudah lebih dahulu mengukuhkan namanya :

  • Waktu peluncuran yang cepat

    Jika Anda baru dalam bidan penjualan online, marketplace dapat menjadi cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan dan membangun merek Anda saat Anda berupaya mengarahkan lalu lintas ke situs web e-niaga baru. Setelah disetujui sebagai penjual pihak ketiga di pasar, Anda cukup mengunggah umpan produk dan mulai menjual.
    Ada banyak trik yang bisa Anda coba terlebih lagi jika Anda sudah memiliki toko online sendiri yang sudah mapan. Manfaatkan widget/fitur ‘tempat membeli/where to buy’ untuk mengarahkan pengunjung dari situs web mereka langsung ke halaman produk pasar, tempat konsumen dapat menambahkan item ke keranjang belanja tanpa langsung terpapar ke pesaing

  • Program yang telah ditetapkan

    Semua pasar online terbesar dan paling mapan memiliki program untuk membantu Anda dengan mudah menavigasi perairan pemasaran, penjualan, dan pemenuhan. Contohnya seperti penjual di Amazon, eBay, dan Google memiliki akses ke Amazon Advertising, eBay Promotions Manager, dan Google Shopping Actions. Masing-masing program pemasaran digital ini dilengkapi dengan alat untuk membantu Anda menampilkan produk kepada semua pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat. Pilihan serupa tersedia untuk membantu penjual memenuhi harapan konsumen untuk pengiriman cepat dan gratis. Bahkan beberapa diantaranya dapat Anda Pilih seperti untuk memiliki gudang pasar, memilih, mengemas, dan mengirimkan inventaris atas nama Anda.

  • Basis pelanggan yang sudah besar

    Seperti yang Anda duga, banyak pasar online memiliki audiens konsumen yang sangat besar yang secara teratur berbelanja di situs ini. Bayangkan saja, antara Amazon, eBay, dan Walmart saja, Anda melihat hampir 500 juta pengunjung aktif bulanan. Tapi tahukah Anda bahwa banyak dari konsumen tersebut memulai dengan marketplace ketika mereka ingin membeli produk? Mereka bahkan tidak peduli dengan Google atau situs web ritel. Faktanya 56% dari semua pencarian produk sekarang dimulai dan seringkali berakhir di Amazon.

 

Baca Juga  :     Memahami dan Mengenal Marketplace Bagi Pebisnis Pemula

 

Rekomendasi Platform Penjualan Marketplace Global Terbaik Dunia

Rekomendasi Platform Penjualan Marketplace Global Terbaik Dunia
 

Menurut analisis Digital Commerce 360, pasar online teratas di dunia menjual $ 2,67 triliun pada tahun 2020. Penjualan di situs pasar, seperti yang dioperasikan oleh Alibaba, Amazon, eBay, dan lainnya, menyumbang 62% dari penjualan web global pada tahun 2020. Berikut beberapa rekomendasi platform penjualan marketplace skala global yang terbaik :

  • Amazon

    Dikenal sebagai pasar e-niaga paling terkenal di dunia, Amazon sering digunakan sebagai contoh seperti apa seharusnya toko e-commerce bagi pemain dibidang serupa lainnya. Selain memiliki basis pelanggan terbesar di Amerika Serikat, dominasi Amazon cukup jelas karena diketahui menghasilkan pendapatan sekitar $ 178 miliar pada tahun 2017. Selain popularitasnya dan daftar besar vendor/pedagang yang hadir, ini adalah pasar e-niaga teratas Di dalam dunia. Meski pelanggan banyak yang tidak merasa aman karena para penjual atau vendor di Amazon tidak mempunyai brand yang tervalidasi dan sah.

  • eBay

    eBay adalah salah satu platform e-niaga paling dikenal yang telah menarik banyak perhatian dari pelanggan dan pemilik usaha kecil di awal 2000-an yang masih dipercaya. Oleh karena itu eBay lebih ditargetkan ke pelanggan dan lebih sedikit ke penjual karena ada banyak merek yang tidak dikenal dan produk tunggal yang dijual. Banyak usaha kecil berfokus pada eBay yang ramah bagi pelanggan tetapi tidak terlalu untuk merek yang lebih besar yang ingin membuat dampak dalam bisnis yang lebih besar lagi.

  • Alibaba

    Retail serba ada raksasa asal China ini salah satu pasar B2B terbesar di dunia yang menjadi rumah bagi jutaan pelanggan dari lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Pasar global ini adalah rumah bagi hampir setiap vendor produk yang memproduksi berbagai macam barang hingga barang terunik dan teraneh sekalipun. Produk-produk tersebut dibeli dan kemudian dijual melalui berbagai saluran lain sebagai distribusi. Ada lebih dari 100 juta produk yang tersebar di 40 kategori berbeda. Alibaba tidak hanya pemimpin di Asia tetapi di sebagian besar negara, melampaui berbagai pasar e-niaga lainnya.
     
    Baca Juga   :   Mengenal Apa Itu Multi-vendor Marketplace Bagi Pebisnis Pemula

  • Rakuten

    Rakuten melayani jutaan pelanggan, dan juga menjalankan situs web e-commerce terbesar di Jepang. Kehadiran globalnya menawarkan kesempatan kepada pedagang online untuk menjual berbagai produk di lebih dari 10 kategori dan dalam skala internasional. Perlu diketahui bahwa ada biaya untuk mempertahankan akun penjual Anda sehingga vendor yang bergabung dengan marketplace ini sebaiknya tetap aktif menjual produk mereka.

  • Etsy

    Meski Etsy bukanlah marketplace serba ada yang mencakup penjualan di berbagai jenis, namun Etsy adalah pilihan tepat untuk penjual online kreatif yang memiliki barang khusus yang ingin mereka jual, seperti karya seni dan kerajinan. Platform ini menawarkan 30 juta pembeli secara global dan hampir $3 miliar dalam penjualan. Anda bahkan dapat mendaftar untuk menggunakan Etsy Pattern, yang memungkinkan Anda membuat dan menyesuaikan situs web e-niaga Anda sendiri dengan domain yang dipersonalisasi.

  • Facebook Marketplace

    Berangkat sebagai media sosial yang sensasional, Facebook melebarkan sayapnya dengan membuat marketplace mereka sendiri. Facebook Marketplace adalah opsi hebat lainnya saat Anda baru memulai dan bukan hanya karena lebih dari 800 juta orang menggunakannya setiap bulan untuk menelusuri, membeli, atau menjual barang. Tanpa biaya atau komisi daftar yang ditetapkan, Facebook Marketplace adalah pilihan yang sangat menarik bagi penjual baru dan lama. Menjual di Facebook Marketplace adalah proses yang mudah, tetapi berbeda untuk pedagang daripada untuk individu. Anda harus menyinkronkan inventaris terbaru Anda dan kemudian menunggu sekitar satu minggu hingga Facebook meninjau produk Anda dan menganggapnya cocok untuk dijual di Marketplace.

 

Baca Juga  :    Daftar Rekomendasi Software Marketplace Terbaik di Tahun 2021

 

Kesimpulan dan Penutup

Berdasarkan laporan Web Retailer, secara global, 47% dari penjualan e-niaga dilakukan melalui pasar online pada tahun 2020, berjumlah hampir dua triliun dolar. Mengingat dorongan dramatis oleh pandemi COVID-19, ini diperkirakan akan tumbuh secara dramatis selama 5 tahun ke depan, karena semakin banyak perusahaan yang mengadopsi marketplace sebagai platform terbaik untuk mempromosikan penjualan online.

Ini tentunya membuat pasaran global menjadi peluang yang cukup menjanjikan jika Anda ingin melakukan ekspansi lebih besar lagi. Begitu juga bagi para pembeli online yang juga mendapatkan dukungan kemudahan dengan kini mudahnya akses transaksi jual beli online di samping juga pengirimannya sehingga akan mempermudah kerja vendor yang tergabung di dalamnya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update