SaaS (Software as a Service): Software Berbasis Cloud Populer

SaaS (Software as a Service): Software Berbasis Cloud Populer

Teknologi semakin maju saat ini dimana salah satunya adalah komputasi awan atau cloud computing. Sedangkan yang paling populer dari bagian cloud computing ini adalah SaaS (Software as a Service) yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak sebagai layanan.

SaaS (Software as a Service) sendiri adalah salah satu dari tiga kategori utama komputasi awan, bersama dengan Infrastructure as a service (IaaS) dan Platform as a Service (PaaS). Sejak diluncurkan pada awal 2000-an, SaaS telah menjadi model pengiriman perangkat lunak yang dominan hingga saat ini.

Bahkan sebagian besar produk SaaS ditujukan untuk pengguna bisnis, beberapa produk telah terbukti populer di kalangan konsumen individu juga. Mari simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

 

Mengapa SaaS (Software as a Service) Populer Di Antara Bisnis/Perusahaan Modern

 

Dengan adanya model SaaS, maka penggunanya akan dapat mengurangi biaya untuk infrastruktur IT menjadi lebih praktis dan efisien. Selain itu, SaaS juga dapat meminimalkan sebagian waktu yang dihabiskan untuk tugas manajemen, karena penyedia SaaS bertanggung jawab atas peningkatan dan manajemen.

Mengapa bisnis dan perusahaan saat ini lebih bergantung dan mengandalkan SaaS? Ini tidak terlepas karena tren teknologi sekarang begitu cepat sehingga membutuhkan arsitektur yang lebih cepat, lebih gesit, dan sesuai permintaan serta pembaruan perangkat lunak yang lebih cepat juga.

Adapun teknologi yang saat ini mengandalkan SaaS dalam operasional mereka adalah cloud computing, edge computing, teknologi yang menggunakan pengalaman imersif seperti Artificial Reality (AR), Virtual Reality (VR), perangkat Internet of Things-connected Internet of Things-connected teknologi kolaborasi, mobilitas, dan lainnya.

Semua teknologi ini adalah teknologi yang kompleks yang dapat dapat memakan banyak data dan membutuhkan komputasi yang intensif, serta membutuhkan infrastruktur berperforma tinggi dengan latensi rendah untuk menjalankannya. Banyak aplikasi bisnis sekarang tersedia dalam model SaaS, seperti email, manajemen penjualan, manajemen hubungan pelanggan, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia,internet dan online billing, serta aplikasi kolaborasi.

 

Baca Juga  :    Mengenal Sejarah Cloud Computing, Fungsi dan Manfaatnya

 

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan SaaS (Software as a Service)

Mengingat banyaknya kebutuhan yang kompleks dari teknologi saat ini, membuat SaaS (Software as a Service) muncul untuk memberikan bantuan dan solusi yang cepta erta dapat diandalkan. Berikut manfaat dan kelebihan lainnya :

  • Penghematan biaya

    Pengguna yang mengambil model berlangganan, biaya di muka lebih rendah. Bisnis dan perusahaan dapat menghemat biaya dengan menyewa perangkat lunak yang mereka butuhkan melalui langganan sehingga mereka tidak membayar infrastruktur untuk meng-host aplikasi ini.

  • Pembaruan perangkat lunak up to date berskala

    Karena perangkat lunak SaaS di hosting di server terpusat, perangkat lunak ini dapat ditingkatkan ke beberapa komputer secara otomatis dan, seringkali, lebih cepat daripada perangkat lunak tradisional. Pembaruan SaaS juga dapat memberi pengguna akses ke fitur-fitur terbaru.

  • Kecepatan yang andal

    Karena model SaaS tidak memerlukan perangkat keras, maka perangkat ini dapat digunakan dengan cepat. Pengguna bisa mendapatkan akses ke aplikasi jauh lebih cepat sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan.

  • Hardware yang kuat

    Ketika perangkat lunak dijalankan di server penyedia, sehingga pengguna yang menggunakan PC individu tidak perlu ditingkatkan untuk persyaratan perangkat keras. Selain itu, karena aplikasi SaaS berada di cloud, perusahaan tidak perlu membeli perangkat keras yang ekstensif seperti komputasi, jaringan, penyimpanan hanya untuk mendukung aplikasi tersebut.

  • Dukungan lengkap dari IaaS dan (PaaS)

    Dengan munculnya layanan cloud publik, perusahaan dapat mengakses penyimpanan berkekuatan industri, daya komputasi, dan infrastruktur lain untuk membangun aplikasi mereka. Model seperti IaaS dan PaaS memberikan kesempatan untuk membangun aplikasi inti untuk bisnis perusahaan tanpa memerlukan biaya modal di muka untuk membangun infrastruktur.

  • Integrasi data dan aplikasi selaras

    Perusahaan yang menggunakan aplikasi mission-critical yang menjangkau banyak vendor biasanya memiliki kebutuhan aplikasi dan integrasi data yang kompleks. Mengelola semua perangkat keras untuk menjalankan aplikasi ini menambah lapisan kompleksitas proses. SaaS dapat menghilangkan beberapa kerumitan yang terkait dengan aplikasi dan integrasi data sekaligus menyediakan akses data yang lebih cepat.

  • Aksesibilitas yang baik

    Untuk mendapatkan akses ke aplikasi SaaS hanya membutuhkan browser dan koneksi web yang karenanya pengguna dapat masuk dari mana saja. Selain itu, data disimpan di cloud dan tidak terikat ke PC pengguna individu, yang membuatnya lebih mudah untuk diakses. Model SaaS memungkinkan anggota yang tersebar secara geografis untuk mengakses data dan bekerja secara kolaboratif, sekaligus mengaktifkan veris pengendalian/kontrol.

  • Dukungan pengalaman pelanggan yang hebat

    Karena pengguna dapat mengakses aplikasi dari mana saja, di perangkat apa pun, model SaaS dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. SaaS memungkinkan akses pengguna. Bahkan dalam beberapa kasus, integrasi yang lebih baik dengan aplikasi lain di cloud. Selain itu, model SaaS memberi pengguna kesempatan untuk berinteraksi dengan perusahaan penyedia dan memberikan umpan balik yang berarti tentang fitur, kualitas layanan dan banyak lagi.

 

Baca Juga  :     Mengenal Sistem Cloud ERP (Enterprise Resource Planning) dan Tips Memilihnya

 

Jenis dan Contoh Solusi yang Didukung SaaS (Software as a Service)

SaaS (Software as a Service) : Software Berbasis Cloud yang Populer
 

Saat ini ada banyak jenis aplikasi SaaS yang tersedia. Berikut adalah beberapa jenis perangkat lunak SaaS umum yang dapat bermanfaat bagi proses bisnis, perusahaan maupun pengguna individu.

  • Perangkat Lunak Customer Relationship Management (CRM)

    Disney pengguna dapat mengelola data pelanggan, lacak interaksi pelanggan, kompilasi informasi bisnis, dan otomatisasi penjualan.

  • Perangkat Lunak Pemasaran Email (email marketing)

    Email marketing masih menjadi pemasaran digital yang menjadi bagian pemasaran populer. Karenanya, optimalkan pengiriman pesan sambil mengotomatiskan email pemasaran.

  • Perangkat Lunak Enterprise Resource Planning ERP)

    Pengguna SaaS dengan software ini juga dapat mengintegrasikan berbagai fungsi ke dalam satu sistem yang lengkap untuk meningkatkan efisiensi dan memberdayakan berbagi informasi.

  • Berbagai perangkat lunak akuntansi

    Akuntansi tidak lagi dilakukan secara tradisional, pena, kertas dan buku yang tebal. Untuk dapat menjaga agar keuangan Anda tetap teratur dan terlacak dengan baik untuk memastikan bisnis Anda tumbuh sebagaimana mestinya di dunia bisnis modern seperti sekarang, maka banyak perangkat lunak khusus akuntansi juga menggunakan SaaS.

  • Perangkat Lunak yang mendukung manajemen proyek

    Rencanakan proyek, kelola jadwal, alokasikan sumber daya, dan komunikasikan tenggat waktu untuk menyelesaikan proyek sesuai anggaran dan tepat waktu dengan bantuan perangkat lunak khusus yang didukung SaaS.

 

Baca Juga  :      Kampanye Email Marketing dan Solusi Email Terbaik Dari IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan menghosting aplikasi perangkat lunak bisnis di cloud, SaaS dapat membantu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kolaborasi organisasi Anda di seluruh lokasi. Banyak bisnis telah beralih ke SaaS untuk mengurangi biaya, memungkinkan karyawan untuk menggunakan program di mana saja kapan saja, dan dengan mudah menskalakan perangkat lunak saat jumlah karyawan berfluktuasi.

Beberapa bisnis  dan perusahaan yang lebih besar juga telah memutuskan untuk tetap menggunakan perangkat lunak di tempat karena meningkatnya kebutuhan akan kepemilikan data yang lengkap dan kepemilikan total atas keamanan. Hanya saja jika bisnis Anda membutuhkan SaaS, sebaiknya hubungi pakar cloud adalah cara terbaik untuk memutuskan apakah SaaS adalah pilihan terbaik untuk bisnis Anda.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update