Apa Itu Server? Fungsi, Jenis, dan Penerapannya

Apa Itu Server? Fungsi, Jenis, dan Penerapannya

Mungkin sebagian orang telah mengenal apa itu server namun banyak juga yang tidak mengetahuinya. Padahal server bagian dari internet yang digunakan setiap hari. Bisa dikatakan kalau server merupakan salah satu perangkat terpenting dalam sebuah jaringan komputer dan internet.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa ketika mereka berselancar di internet, mereka tanpa sadar menggunakan server. Dalam beberapa bentuk, server sendiri dapat berupa perangkat keras, perangkat lunak, atau mesin virtual. Sebuah server berupa perangkat keras biasanya berupa jaringan komputer yang memiliki ukuran sangat besar dengan menampung beberapa prosesor dan RAM berkapasitas besar.

Ingin tahu lebih jauh lagi apa itu server? Mari simak penjelasan berikut ini mengenai apa itu server, pengertian, fungsi serta contohnya agar Anda mengetahui betapa pentingnya server dalam kehidupan digital masyarakat modern.

Pengertian Server

Server adalah komputer berdaya tinggi yang dibuat untuk menyimpan, memproses, dan mengelola data jaringan, perangkat, dan sistem. Ini adalah sebuah mesin yang menggerakkan organisasi dengan menyediakan perangkat dan sistem jaringan dengan sumber daya yang memadai. Untuk bisnis, server menawarkan skalabilitas kritis, efisiensi, dan kemampuan kelangsungan bisnis.

Baik itu meng-hosting situs web yang padat data, menyiapkan drive bersama untuk departemen, atau mengelola ribuan kueri setiap menit, server adalah kendaraan untuk menampung dan memproses beban kerja intensif yang melampaui kemampuan komputer tradisional.

Baca Juga: Memahami 3 Manfaat Penggunaan Cloud VPS (Virtual Private Server)

Fungsi Dari Penciptaan Server

Pada dasarnya, tujuan penciptaan server adalah untuk mengelola sumber daya jaringan. Misalnya, pengguna dapat mengatur server untuk mengontrol akses ke jaringan, mengirim/menerima email, mengelola pekerjaan cetak, atau meng-host situs web. Selain itu server juga mahir dalam melakukan perhitungan yang intens.

Beberapa server berkomitmen untuk tugas tertentu, sering disebut sebagai berdedikasi. Namun, banyak server saat ini adalah server bersama yang bertanggung jawab atas email, DNS, FTP, dan bahkan beberapa situs web dalam hal server web. Dengan banyaknya tujuan dan pekerjaannya, apakah server harus selalu bekerja dan menyala setiap waktu?

Tentu saja server tidak boleh berhenti bekerja karena server biasanya digunakan untuk memberikan layanan yang selalu dibutuhkan, sebagian besar server tidak pernah dimatikan. Akibatnya, ketika server gagal, mereka dapat menyebabkan banyak masalah bagi pengguna jaringan dan perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini, server biasanya diatur agar toleran terhadap kesalahan antisipasi gangguan lainnya.

Baca Juga: Dedicated Server : Kelebihan dan Cara Memilih Layanan Terbaiknya di Indonesia

Memahami Cara Kerja Jaringan Server

Server adalah komputer yang terhubung ke jaringan workstation lain yang disebut klien dimana komputer kemudian akan klien meminta informasi dari server melalui jaringan. Adapun server itu sendiri cenderung memiliki lebih banyak penyimpanan, memori, dan kekuatan pemrosesan daripada workstation normal.

Sedangkan bagaimana sebuah server berfungsi tergantung pada jenis jaringannya. Mari selama beberapa jenis jaringan yang berbeda dan bagaimana server berinteraksi dengannya :

  • Peer- to- peer

    Dalam jaringan peer-to-peer, setiap workstation memainkan peran klien dan server. Server adalah komputer yang memberikan informasi atau layanan ke komputer lain. Jaringan bergantung satu sama lain untuk menyediakan dan berbagi informasi dan layanan. Jenis jaringan ini biasanya hanya digunakan di kantor atau rumah kecil.

  • Server klien

    Dalam jaringan klien/server ada satu server yang hanya didedikasikan untuk menyediakan layanan ke workstation klien lainnya. Anda dapat memiliki beberapa server di jaringan ini tetapi mereka tidak dapat berfungsi sebagai workstation. Jaringan klien/server adalah yang paling umum digunakan.

Baca Juga:     VPS atau Virtual Private Server : Tipe dan Manfaatnya Bagi Website Bisnis

Jenis dan Contoh Umum Server

Apa Itu Server, Pengertian, Fungsi, Jenis Serta Contoh Penerapannya
Secara singkat, sebuah server menyimpan, mengirim, dan menerima data. Jadi bisa dikatakan kalau server bertujuan untuk melayani sesuatu yang lain dan ada untuk memberikan layanan. Komputer, program perangkat lunak, atau bahkan perangkat penyimpanan dapat bertindak sebagai server, dan dapat menyediakan satu atau beberapa layanan.

Meski internet bagian dari server, sebagian besar orang- orang saat ini menganggap server internet, atau server web, sebagai jenis yang paling umum, tetapi ada juga yang lain. Jenis server yang paling terkenal meliputi “

  • Web server

    Jika Anda sedang online melihat halaman web, mak itu berarti Anda sedang mengakses server. Melihat web melalui browser Anda memerlukan data dari server web untuk teks, gambar, video, dan komponen lain yang dapat Anda lihat di halaman web. Saat Anda mengirim atau menerima file melalui internet, mengunduh aplikasi atau program, atau bahkan menyimpan file pekerjaan Anda ke cloud, Anda berinteraksi dengan berbagai server internet.

  • Email server

    Lalu jika Anda menggunakan program berbasis web, seperti Gmail atau Yahoo, untuk mengakses akun email Anda, Anda mungkin mengandalkan server web untuk menangani pengiriman pesan Anda. Bagi konsumen yang lebih suka menggunakan program berbasis komputer, seperti Outlook, Anda mengakses server email tertentu yang mendukung proses pengiriman dan penerimaan. Jika Anda melihat referensi ke IMAP, POP, atau SMTP saat menggunakan email, berarti Anda tersambung ke server email pihak ketiga.

  • Server Database

    Server database adalah sistem komputer yang menyediakan layanan untuk mengakses dan mengambil data dalam database. Jenis server ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan dan mengolah data dan informasi mereka.
    Akses ke database server dapat dilakukan melalui user interface (front end) atau melalui remote shell yang langsung mengakses database server (back end). Untuk dapat mengakses database server, pengguna perlu menggunakan bahasa query yang sesuai dengan database.

  • Server Aplikasi

    Server aplikasi adalah perangkat yang menyediakan layanan atau melakukan proses layanan untuk setiap permintaan akses dari klien yang terhubung ke jaringan. Komunikasi antara klien dan server aplikasi dapat menggunakan protokol HTTP.
    Server aplikasi ini biasanya digunakan untuk menjalankan suatu prosedur, baik itu program maupun script agar aplikasi dapat berjalan.
    Sepintas, server aplikasi ini mirip dengan server web yang sama-sama menyediakan layanan untuk klien dan menggunakan protokol HTTP. Namun, ada satu hal yang membedakannya. Server web biasanya digunakan untuk membuat situs web statis, di mana konten informasi di dalamnya tidak berubah.
    Sedangkan application server biasanya digunakan untuk membuat website atau aplikasi dinamis, seperti object pooling, messaging services, transaction application, dan lain-lain. Sebagian besar server aplikasi juga memiliki server web pada bagian yang tidak terpisahkan. Sehingga server aplikasi biasanya juga mampu menjalankan fungsi web server.

  • Game server

    Mungkin server ini hanya lebih umum diketahui di kalangan gamer saja. Memuat game online mengharuskan Anda terhubung ke server. Setiap game umumnya memiliki server sendiri. Jika Anda pernah menunggu lama untuk memuat game, kemacetan di server mungkin menjadi masalahnya. Dari game komputer online terbesar hingga game smartphone berbasis aplikasi terkecil, semuanya menggunakan server untuk mengirim dan menerima informasi yang diperlukan para gamer untuk bermain.

  • Server proxy

    Setiap kali ada perantara pihak ketiga antara komputer seseorang dan server lain, perantara ini dikenal sebagai server proxy. Proxy memiliki peran yang berguna dalam menyaring konten, mempercepat lalu lintas internet, dan mencegah pengguna yang tidak sah mengakses jaringan. Sebagian besar koneksi internet bisnis menggunakan server proxy di komputer jaringan mereka untuk menjaga keamanan data dan untuk memastikan pekerja mereka hanya menggunakan fungsi web yang diizinkan.

  • Server untuk streaming video

    Saat Anda membuka Netflix di ponsel atau streaming film dari saluran televisi di smart TV, Anda menggunakan server video. Semua film dan acara TV tersebut disimpan sebagai data di server ini dan dikirimkan kepada Anda saat Anda memintanya.

Baca Juga  :    Definisi Colocation Server dan Fitur-Fitur Terbaiknya

Diatas adalah contoh dari banyak lagi jenis dari server yang juga harus Anda ketahui seperti :

  • Cloud server
  • Dedicated server
  • Domain name service
  • File server
  • Print server
  • Standalone server, dll.

Kesimpulan dan Penutup

Server adalah mesin bertenaga tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola operasi organisasi penting seperti database, email, aplikasi, dan file bersama. Sebagai perkembangan signifikan dalam evolusi komputer, server mewakili kemajuan dalam teknologi konsolidasi dan kapasitas unit pemrosesan pusat (CPU).

Komputer pribadi seperti laptop dan workstation menawarkan setumpuk kemampuan untuk individu dibandingkan 20 tahun yang lalu. Di kemajuan zaman seperti sekarang, server fisik, virtual, dan cloud saat ini dilengkapi dengan penyeimbangan beban tingkat lanjut, toleransi kesalahan, dan skalabilitas yang diperlukan untuk mengelola jaringan bisnis modern.

 

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update