Side Hustle, Solusi Menambah Penghasilan untuk Karyawan

Side Hustle, Solusi Menambah Penghasilan untuk Karyawan

Side Hustle sendiri merupakan sebuah istilah yang kini sedang sangat populer dan sangat perlu anda lakukan. Bagi anda yang ingin mencari penghasilan tambahan sekaligus menekuni minat anda, maka ini merupakan langkah yang tepat untuk menjadi Side Hustler.

Memiliki penghasilan yang stabil dan aman tentunya telah menjadi keinginan bagi setiap orang. Namun, ada kalanya anda secara tiba tiba mengalami pengeluaran yang cukup banyak ataupun hanya ingin mengembangkan skill dan minat yang anda miliki. Dengan itu, sekarang ada sebuah solusi yang dapat anda lakukan dengan menjadi seorang Side Hustler.

Sebelum anda mampu untuk memulai menekuni profesi ini sendiri, mari pahami terlebih dahulu apa itu Side Hustle. Hal ini juga cukup berbeda dari memiliki Side Job atau pekerjaan sampingan. Sudah siap meningkatkan pendapatan anda? ayo simak pembahasan di bawah ini!

Apa itu Side Hustle?

Side Hustle sendiri adalah sebuah pekerjaan tambahan yang dijalankan sesuai dengan minat atau kemampuan disamping dari pekerjaan utama yang anda miliki. Pekerjaan tambahan ini terkadang masih relevan dengan bidang keahlian pada profesi anda. Dengan melakukan Side Hustle, anda tidak perlu khawatir hal tersebut akan mengganggu jam atau jadwal kerja pada profesi utama anda.

Hal ini sangat berbeda ketika anda menjalankan side job atau pekerjaan sampingan yang bersifat lebih terikat pada suatu target atau capaian tertentu dan memiliki jam kerja yang bersifat cukup ketat layaknya pada profesi utama. Side job juga terkadang hanya fokus dalam mencari penghasilan tambahan diluar pekerjaan utama tanpa harus mengikuti minat anda.

Kelebihan Side Hustle

Side Hustle memiliki beberapa kelebihan dibandingkan melakukan side job terutama pada waktu dan beban kerja yang lebih fleksibel untuk diterapkan. Ditambah lagi, Anda mampu untuk mengasah passion jauh lebih dalam lagi sesuai dengan keinginan dan kapabilitas yang dimiliki. Berikut beberapa poin-poin yang membedakan Side Hustle dan Side Job.

  • Flexibilitas Waktu

Side Hustle memiliki keunggulan dalam memanajemen waktu kerja yang diinginkan. Anda tidak terikat dengan kontrak atau perjanjian jam kerja pada suatu instansi atau perusahaan. Anda lebih leluasa mengatur jam kerja yang inginkan pada waktu senggang dan tetap mampu mendapatkan penghasilan tergantung pada kemampuan anda.

Berbeda dengan pekerjaan sampingan yang dimana anda akan tetap dibayar sesuai dengan kontrak yang telah disepakati meskipun anda memiliki waktu atau jam kerja yang cukup lama.

Jika anda merasa bahwa jam kerja pada pekerjaan utama anda cukup padat maka anda mampu untuk mengurangi waktu untuk melakukan Side Hustle dan gunakan waktu senggang yang ada untuk beristirahat dengan cukup.

  • Beban Kerja Yang Didapat

Berbeda seperti pada pekerjaan sampingan, anda akan jauh lebih memiliki sedikit tekanan dan kewajiban dalam menyelesaikan proyek yang anda miliki. Anda leluasa untuk mengatur sedikit banyaknya beban kerja yang anda terima tanpa potongan atau kehilangan terhadap penghasilan anda.

Anda juga mampu memilih beban kerja sesuai dengan kapabilitas anda dan tetap mampu mendapatkan penghasilan yang cukup baik tanpa perlu menambah beban kerja agar mampu mendapatkan bonus.

  • Waktu Untuk Mengembangkan Minat

Pekerjaan Utama ataupun pekerjaan sampingan kebanyakan hanya berfokus kepada keahlian tertentu yang anda miliki. Anda juga memiliki waktu yang sangat terbatas untuk melakukan hal yang disukai atau mungkin sama sekali tidak memiliki waktu untuk mengembangkannya.

Melalui Side Hustle, Anda benar-benar dapat sekaligus melakukan hal yang berada dalam passion anda dan juga menambah penghasilan. Hal ini juga mampu mengembangkan skill atau kemampuan kedua yang anda gemari selain pada kemampuan lainnya pada profesi utama.

Diatas merupakan beberapa perbedaan mencolok yang terdapat antara bagaimana sistem kerja dari SIde Hustle dan Side Job. Tentunya, dengan melakukan hal tersebut terdapat banyak juga manfaat yang bisa anda dapatkan sekedar dari penghasilan tambahan. Ayo, mari lihat beberapa keuntungannya yang ada di bawah ini!

Manfaat Melakukan Side Hustle

Manfaat Melakukan Side Hustle

Setelah mengetahui apa itu side hustle, Anda pasti ingin mengetahui apa manfaat memiliki pekerjaan sampingan seperti ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Meningkatkan Stabilitas Pendapatan

Melakukan Side Hustle tidak hanya semata-mata menambah penghasilan atau mampu menambal dari pengeluaran anda. Jika seandainya anda melakukan resign pada pekerjaan utama anda, Anda tentunya tidak perlu panik dan khawatir. Anda masih memiliki sumber penghasilan yang lainnya.

Dengan itu Side Hustle dapat menjadi opsi pilihan kedua bagi anda terutama bagi yang sedang belum mendapatkan pekerjaan utama. Anda dapat menjadikannya sebagai pengganti pekerjaan utama yang lebih memiliki kendali penuh atas segi pendapatan dan waktu kerja yang diinginkan.

  • Mengembangkan Skill baru dan mengejar Passion

Tidak semua pekerjaan utama yang anda miliki terkadang berjalan sesuai dengan keinginan atau passion yang anda miliki. Maka dari itu dengan melakukan Side Hustle mampu memberikan anda sebuah kesempatan agar anda mampu mengasah skill dan passion anda jauh lebih dalam lagi.

Anda mampu menyelami minat atau bakat anda lebih dalam lagi dan berpotensi bekerja dengan profesi yang anda sukai selama ini. Hal tersebut akan jauh lebih baik lagi jika pada profesi utama anda cukup relevan terhadap hobi anda. Hal tersebut dapat menciptakan sebuah pengalaman dan suatu ilmu yang baru.

Misalnya anda adalah seorang penulis atau editor pada sebuah perusahaan penerbit buku dan anda memiliki minat pada bidang kepenulisan, maka anda dapat memulai side Hustle anda sebagai seorang Content Writer ataupun Copywriter.

Hal ini juga mampu membantu anda dalam memperbanyak portofolio terhadap skill-skill yang anda punyai disamping dari kemampuan dari profesi utama anda dan tidak menutup kemungkinan memperbesar kesempatan anda untuk diterima pada perusahaan yang lebih baik lagi.

  • Memperluas Relasi dan Jaringan

Melakukan Side Hustle juga berarti tidak menutup kemungkinan bahwa anda akan bertemu dengan banyak orang lainnya yang mungkin bahkan memiliki minat yang sama. Hal tersebut tentunya akan membantu anda untuk belajar lebih dalam lagi. Bahkan dari koneksi yang anda dapatkan anda mampu untuk mengembangkan Side Hustle anda menjadi sebuah wirausaha.

Cukup banyak manfaat bukan dari melakukan Side Hustle? Dengan itu berikut beberapa langkah agar anda mampu segera untuk melakukan pekerjaan tambahan ini dengan baik dan siap untuk meningkatkan penghasilan dan mengembangkan bakat yang anda miliki.

Langkah-Langkah Memulai Side Hustle

Langkah-Langkah Memulai Side Hustle

Untuk memulai side hustle Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Berikan Proyeksi yang realistis

Untuk memulai Side Hustle yang paling pertama yang harus anda lakukan adalah pahami dengan baik jam kerja dan beban kerja pada perusahaan anda. Semakin longgar waktu kerja dan semakin ringan beban kerja yang anda miliki pada pekerjaan utama maka anda boleh berani untuk membagi waktu yang cukup untuk melakukan Side Hustle.

Namun, Jika Perusahaan anda memiliki target yang cukup ketat dan memiliki beban kerja yang cukup banyak maka anda haruslah mengutamakan profesi utama anda terlebih dahulu. Selain menjaga stabilitas dari penghasilan utama, Hal ini juga berdampak pada kesehatan anda jika anda cukup memaksakan diri untuk melakukan keduanya sekaligus.

  • Pahami minat yang anda kembangkan dan sesuaikan dengan sumber daya yang anda punyai

Melakukan Side Hustle tidak perlu terburu-buru, anda harus mengetahui terlebih dahulu kemana fokus minat yang ingin anda jalani. Anda harus merasa cukup yakin bahwa anda menikmati dan anda sudah cukup ahli pada passion anda tekuni.

Hal tersebut juga harus dibarengi dengan kapabilitas sumber daya yang anda miliki untuk menjalankannya seperti waktu, kemampuan anda dalam menerima beban kerja, dan materi yang dimiliki untuk memulai Side Hustle anda.

Anda tidak perlu memulai Side Hustle dengan mengeluarkan modal yang besar dan memiliki peralatan yang cukup mahal atau lengkap. Perlu anda teliti terlebih dahulu apakah anda akan konsisten dalam menjalani pekerjaan tersebut dan menguntungkan kedepannya.

  • Ketahui keuntungan yang akan diterima 

Hal terakhir yang terpenting adalah anda harus mengetahui benefit yang akan didapatkan dengan side hustle yang akan anda jalani. Jika hal tersebut mampu meningkatkan kemampuan terhadap passion anda mampu memberikan penghasilan yang keberlanjutan maka anda bisa secara konsisten menjalaninya.

jangan mengambil resiko untuk mengorbankan dari apa yang sudah anda miliki pada profesi utama anda. Karena nilai penting dari melakukan side hustle adalah anda mendapatkan keuntungan cukup untuk mengurangi biaya hidup, mampu meningkatkan skill yang anda miliki dengan sedikit tekanan, dan anda merasa senang menjalaninya.

Penutup

Itulah beberapa manfaat dan tips bagi anda yang ingin memulai Side Hustle. Tak dipungkiri dengan melakukan pekerjaan tambahan akan sangat cukup menekan pengeluaran anda tanpa harus merasa lelah untuk menjalaninya.

Hal ini juga bagus bagi anda yang ingin memulai sebuah bisnis kecil-kecilan dan menjadi pelaku UMKM Lokal. Dengan itu untuk membantu pemasaran dan mengembangkan karya produk dan jasa anda, anda mampu menggunakan Website Instant!

Hanya mulai dengan harga 5.000 Rupiah, anda sudah mampu mengakses website siap pakai dengan ribuan template yang mampu kamu gunakan sesuai dengan tema karya anda.Ayo gunakan sekarang agar anda mampu mengembangkan brand produk anda!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update