Strategi Digital Marketing untuk UMKM Terbaik 2024

Strategi Digital Marketing untuk UMKM Terbaik 2024

Tahukah Anda bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 73,7% dari total populasi loh. Tentu saja hal tersebut menjadi peluang dalam pengembangan digitalisasi bisnis Anda. Kementerian Keuangan Republik Indonesia juga mencatat sejumlah 74,2% responden menyatakan penjualan mereka meningkat meskipun sedang dilanda pandemi COVID-19. Ternyata keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran pengimplentasian strategi digital marketing yang tepat.

Strategi Marketing untuk UMKM 2024

Dengan demikian, berikut kami rangkum berbagai strategi digital marketing untuk UMKM yang bisa Anda gunakan. Perhatikan ulasan berikut ini ya!

Sosial media marketing

Menggunakan platform sosial media dapat menjadi pilihan yang tepat bagi suatu UMKM dalam mengenalkan maupun mengenalkan usahanya kepada publik. Saat ini telah banyak berbagai macam jenis platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Tik Tok, Twitter, Youtube, Linkedin, dan sebagainya.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat akun sosial media untuk bisnis Anda dengan tampilan yang profesional. Adapun manfaat penggunaan sosial media bagi bisnis adalah:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Menambah traffic ke website bisnis Anda
  • Meningkatkan brand loyalty
  • Meningkatkan penjualan produk
  • Mendapatkan masukan dari customer
  • Menciptakan dan memonitor komunitas suatu bisnis

Untuk menjalankan sosial media marketing yang berkelanjutan, maka diperlukan konsistensi yang sangat tinggi. Dengan metode SMART dapat menjadi media pengukuran dalam menentukan tujuan bisnis Anda melalui sosial media marketing.

  • Spesifik, Tentukan tujuan Anda dengan spesifik dan bisa menjadi jawaban dari 5W+1H bisnis Anda. Contoh: Meningkatkan followers Instagram 2 kali lipat dalam waktu 5 bulan.
  • Measurable, Setiap tujuan yang ditetapkan harus terukur sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi progress. Contoh: Suatu konten informatif grafik Instagram bisa diselesaikan dalam waktu satu pekan dengan kolaborasi berbagai team yang ada.
  • Achievable, Pastikan setiap tujuan yang Anda tetapkan bisa dicapai dengan baik. Contoh: Pembuatan konten dan peningkatan dua kali lipat followers pernah dilakukan sebelumnya sehingga sangat mungkin untuk dicapai.
  • Realistic, Pastikan tujuan yang Anda tetapkan realistis. Contoh: Peningkatan followers dua kali lipat didukung dengan budget yang besar dan banyak upaya marketing, sehingga sangat mungkin tercapai.
  • Time bound, Tentukan waktu dalam menjalankan tujuan yang telah ditetapkan. Contoh: Pembuatan konten untuk Instagram dimulai pada 23 November dan selesai 30 November.

Buatlah website bisnis 

Adanya sebuah website tidak hanya memudahkan Anda dalam memasarkan layanan atau produk secara digital, melainkan sebuah website akan membantu memperlihatkan kredibilitas dan profesionalitas bisnis Anda. Lebih lanjut, Anda juga dimungkinkan untuk memperluas jangkauan layanan, mempermudah transaksi, dan meningkatkan pendapatan.

Dalam membangun sebuah website yang berkualitas, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Fitur yang terdapat dalam website (misal fitur pembelian, fitur informasi, dan sebagainya);
  • Jenis data personal yang akan dikumpulkan seperti data internal perusahaan maupun data konsumen;
  • Tingkat keamanan website;
  • Platform hosting yang di pilih, dan;
  • Sumber daya pengolah website baik yang berasal dari internal perusahaan maupun outsourcing.

Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir karena telah banyak berbagai jenis platform yang menyediakan website instan yang membantu perkembangan bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kami telah menulis artikel panduan membuat website yang bisa Anda jadikan rujukan.

Pelajari dan Implementasikan SEO dengan Baik

Ketika Anda telah memiliki website tentunya Anda ingin website tersebut dapat dikunjungi oleh banyak konsumen. Namun, pada dasarnya kompetitor Anda juga memiliki website yang sama dengan tujuan yang sama juga. Dengan demikian, untuk berada pada peringkat pertama pada halaman mesin pencari maka Anda bisa menggunakan strategi search engine optimisation (SEO). 

Secara umum, dalam membangun SEO harus dilakukan secara terus-menerus dan konsisten sehingga dihasilkan website organik yang berkualitas. Membangun SEO dapat dilakukan melalui on page maupun off page.

Untuk mendukung suatu website yang berkualitas, tentunya Anda memerlukan indikator yang bisa dijadikan sebagai rujukan. Dengan demikian, berikut kami sajikan beberapa indikator yang bisa Anda pertimbangkan dalam membangun SEO.

  • Struktur URL: Memiliki struktur URL yang sederhana tentunya akan membuat mesin pencari maupun konsumen lebih mudah mengenali website Anda. Misalnya https://idcloudhost.com/customers/
  • Penggunaan SSL/TLS: Website dengan SSL/TLS akan mendeskripsikan semua transfer data yang terjadi pada website sehingga lebih meningkatkan keamanan
  • Topik Konten: Buatlah berbagai konten yang membantu permasalahan konsumen Anda dan tentunya relevan dengan produk yang ditawarkan
  • Struktur konten: Pastikan setiap konten yang Anda buat ramah SEO dan mudah dipahami oleh konsumen
  • Search intent: Pastikan Anda memasukkan kata kunci yang tepat dalam konten yang Anda buat
  • Meta Tags: Perhatikan judul artikel (title tags) dan tag HTML yang menjelaskan dengan singkat tentang konten Anda (meta description)
  • Backlinks: Pastikan Anda mendapatkan tautan link dari website yang bereputasi yang mengarah kepada website Anda
  • Kecepatan Website: Pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang tinggi karena semakin cepat loading suatu website maka semakin baik pula peringkat SEO yang dihasilkan

Optimalkan Penggunaan PSA dengan Baik

Strategi Digital Marketing untuk UMKM Terbaik 2024

Selain dengan cara organik, ketika Anda memiliki budget pemasaran yang cukup maka Anda bisa melakukan pengiklanan berbayar pada platform digital melalui strategi paid search engine (PSA). 

Pada dasarnya, PSA dapat menjadi opsi dalam upaya meningkatkan posisi perusahaan Anda pada halaman mesin pencarian dengan lebih cepat. Dengan demikian, beberapa media pengiklanan online berbayar yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut:

Search Ads

Jenis PSA ini adalah yang paling umum dilakukan oleh kalangan bisnis untuk melakukan iklan pada mesin pencari. Anda bisa menentukan kata kunci yang ingin digunakan dan konten informasi yang ingin ditampilkan. Ketika pengguna memasukkan kata kunci tersebut, maka brand atau produk Anda akan ditampilkan pada halaman pencarian google.

Search Ads bisa saja muncul di atas maupun di bawah hasil pencarian organik. Namun, untuk mengidentifikasi keberadaannya maka Anda bisa melihat simbol Ad pada bagian atas kiri di website Anda pada pencarian mesin pencari.

Jika Anda tertarik untuk melakukan pemasangan iklan search Ads, maka Anda bisa membaca artikel panduan mendaftar google Ads sebagai rujukan awal Anda dalam melakukan pemasangan iklan di google.

Display Ads

Display Ads adalah jenis periklanan yang muncul meskipun pengguna sedang berada pada halaman lain sesuai dengan internet browsingnya. Pada dasarnya, melalui display Ads google akan mengidentifikasi pengguna potensial yang mungkin memiliki ketertarikan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Meskipun demikian, potensi klik displays Ads lebih rendah dibandingkan search Ads. Namun di sisi lain, display Ads lebih murah dibandingkan search Ads dengan jangkauan pelanggan yang luas. Dengan demikian, jika Anda ingin meningkatkan brand awareness, maka display Ads dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda tertarik, maka Anda dapat membuat layanan display Ads pada Google Display Network (GDN) yang bisa dengan mudah diakses melalui Google Ads Interface. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan platform lain seperti Criteo dan Adroll.

Remarketing Ads

Remarketing Ads adalah suatu strategi digital marketing dengan mengiklankan kembali produk Anda kepada pengguna internet yang pernah berkunjung pada website bisnis Anda. Strategi dianggap menguntungkan karena menargetkan periklanan kepada orang-orang yang mungkin memiliki ketertarikan dengan produk atau layanan Anda.

Adapun target periklanan melalui remarketing Ads adalah sebagai berikut:

  • Seluruh pengguna yang sebelumnya mengakses website bisnis Anda
  • Pengguna yang pernah melakukan pembelian pada website Anda
  • Menonton kampanye periklanan video Anda di Youtube
  • Pengguna yang memasukkan produk ke dalam keranjang
  • Pengguna yang menghabiskan waktu yang cukup lama pada website Anda meskipun tidak melakukan apa-apa

Dalam melakukan remarketing Ads Anda bisa menampilkan gambar atau video pada website yang sedang dikunjungi oleh pengguna. Selain itu, Anda juga bisa membuat remarketing Ads platform media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, dan sebagainya.

Video Marketing

Pernahkan Anda menonton video youtube namun Anda harus menyaksikan tampilan iklan terlebih dahulu? Dengan demikian, hal tersebut adalah contoh implementasi dari video marketing.

Video marketing dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Hal tersebut tidak terlepas dengan berbagai manfaat yang dirasakan seperti:

  • Video lebih mudah dimengerti
  • Konten yang menarik
  • Proses visual yang lebih cepat
  • Video penuh dengan kreativitas dan inovasi

Pada dasarnya, youtube menjadi tempat pengiklanan video yang paling populer karena memiliki lebih dari miliar pengguna per bulannya. Lebih lanjut, Anda juga bisa menggunakan google Ads untuk menampilkan video marketing pada youtube.

Jika tertarik untuk membuat iklan pada youtube, maka Anda dapat mengakses artikel panduan membuat iklan di youtube berikut ini.

Shopping Ads

Melalui shopping Ads maka produk Anda dimungkinkan untuk ditampilkan pada halaman pencarian sekaligus dengan gambar, harga, dan deskripsi singkat mengenai produk tersebut.

Anda dapat melakukan iklan ini pada Google CSS. Lebih lanjut, biasanya jenis pengiklanan ini sangat cocok dipakai e-commerce atau bisnis yang bergerak pada industri dagang maupun manufaktur. Jenis iklan ini juga dianggap menguntungkan karena calon konsumen dapat melihat secara langsung produk yang ditawarkan.

Paid social Ads memungkinkan Anda untuk melakukan iklan melalui sosial media. Saat ini ada banyak platform sosial media yang menawarkan periklanan paid per click (bayar per klik) seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Tik Tok,Quora, dan sebagainya.

Paid social Ads juga memungkinkan Anda melakukan remarketing Ads. Lebih lanjut, jenis pengiklanan ini sangat berguna dalam meningkatkan pengetahuan konsumen akan produk yang ditawarkan karena pengguna media sosial mencapai lebih dari 4,2 miliar secara global dan akan terus bertumbuh.

Email Marketing

Strategi Digital Marketing untuk UMKM Terbaik 2024

Email marketing adalah strategi marketing dengan mengirimkan email yang berisi komersial mengenai informasi tertentu. Melalui email marketing Anda dimungkinkan untuk melakukan aktivitas promosi dengan cara yang cukup cepat dan dengan harga yang relatif murah.

Tahukan Anda bahwa melalui email marketing dapat menjadi jalan yang mudah bagi Anda untuk meningkatkan brand awareness sekaligus penjualan produk Anda. Namun, perlu diingat dalam upaya menarik perhatian konsumen dan meminimalisir persepsi email spam oleh para pengguna, maka Anda perlu memanajemen kuantitas email yang Anda kirimkan.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan sehingga email Anda bisa terlihat menarik oleh calon konsumen, yakni sebagai berikut:

  • Pilihlah penyedia email marketing yang terbaik
  • Lakukan segmentasi pada penerima email
  • Buatlah pesan yang persuasif
  • Buatlah template yang unik
  • Kumpulkan kontak pelanggan
  • Review ulang isi email Anda

Jika Anda tertarik untuk menjadikan email marketing sebagai salah satu strategi pemasaran Anda, maka email blast atau mengirimkan email kepada banyak pengguna bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan. Dengan demikian, Anda bisa mengunjungi halaman email solution yang menawarkan email bisnis profesional yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah model bisnis dengan menggandeng afiliasi untuk menjual produk suatu perusahaan dan akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual. Untuk memudahkan pemahaman Anda mengenai affiliate marketing, maka perhatikan contoh kasus berikut ini:

Misalkan IDCloudHost memberikan kesempatan terbuka untuk berafiliasi dengan layanan cloud hostingnya dengan keuntungan 70% dari setiap penjualan. Dengan demikian, afiliasi tersebut akan mendapatkan kode referral misalnya “IDCH123” sebagai kode pemasaran. Dengan demikian, setiap pembelian yang menggunakan kode tersebut maka afiliasi akan mendapat 70% keuntungan dari setiap transaksi yang terjadi.

Penutup

Demikianlah strategi marketing untuk UMKM yang bisa Anda terapkan di tahun 2024 ini. Namun, tetap lakukan riset dan sesuaikan channel marketing yang Anda gunakan dengan kebutuhan bisnis Anda, ya. Setiap strategi dan channel memiliki biaya yang berbeda, skill yang dibutuhkan tentunya juga tak sama.

Salah satu strategi marketing yang bisa Anda lakukan adalah dengan membangun website. Ini tentunya membutuhkan layanan hosting yang handal agar website Anda bisa selalu diakses oleh calon pelanggan. Gunakan Cloud Hosting dari IDCloudHost yang cepat, handal, aman, dan terjangkau sekarang juga!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update