Mengenal Strategi Instagram Marketing Terbaru Tahun  2023

Mengenal Strategi Instagram Marketing Terbaru Tahun  2023

Instagram merupakan salah satu channel social media marketing yang populer. Lebih lanjut, Instagram juga merupakan salah satu media sosial terkemuka dan hampir 31 persen audiens global berusia antara 18 dan 24 tahun. Instagram marketing pun telah berinovasi dengan berbagai fitur dan layanan yang bisa Anda manfaatkan khususnya di tahun 2023. Oleh karena itu, hal ini menjadi peluang untuk memaksimalkan pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas tanpa adanya batasan geografis.

Meskipun Instagram hadir sebagai social media marketing yang memudahkan para pemasar, namun keberhasilannya harus disertai dengan strategi khusus yang tentunya kekinian. Jika tidak, usaha Anda menghadirkan sosial media akan berakhir sia-sia tanpa adanya engagement atau ikatan yang dibangun dengan konsumen. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan strategi yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan social media Instagram marketing di tahun 2023. Untuk selengkapnya, maka simaklah artikel berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Go-To-Marketing Strategy

Kenapa Anda Harus Menerapkan Strategi Instagram Marketing? 

Penerapan strategi Instagram marketing sangat penting dalam era digital saat ini karena platform ini telah menjadi salah satu media sosial paling populer dan berpengaruh di dunia. Kenapa Anda harus menerapkan strategi Instagram marketing? Simak penjelasannya berikut ini.

Memiliki Banyak Pengguna 

Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, sehingga memberikan akses yang luas ke audiens yang beragam. Dengan menerapkan strategi yang tepat, bisnis dapat memanfaatkan potensi ini untuk membangun brand awareness, memperluas jangkauan, dan menjalin interaksi langsung dengan pelanggan potensial mereka.

Visual yang Menarik

Visualisasi yang kuat merupakan inti dari Instagram, dengan fokus pada gambar dan video berkualitas tinggi. Dengan menerapkan strategi Instagram marketing yang efektif, bisnis dapat menampilkan produk atau jasa mereka dengan cara yang menarik dan kreatif, menarik perhatian pengguna dan membangun citra merek yang kuat. Ini juga memberikan peluang untuk mengeksplorasi kreativitas dalam mengembangkan konten yang berhubungan dengan tren terbaru atau nilai-nilai merek.

Beragam Fitur Penunjang Marketing

Instagram menyediakan beragam fitur pemasaran yang dapat dioptimalkan. Misalnya, bisnis dapat menggunakan Instagram Stories untuk memberikan konten sementara yang mengundang partisipasi, seperti polling atau tanya jawab dengan pengikut.

Iklan berbayar juga merupakan opsi yang kuat, dengan berbagai format yang dapat disesuaikan dengan tujuan kampanye. Dengan menganalisis data dari fitur seperti Instagram Insights, bisnis dapat melacak kinerja kampanye mereka, memahami preferensi audiens, dan menyesuaikan strategi mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik secara berkelanjutan.

Baca Juga: Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis 2023

Strategi Instagram Marketing yang Harus Anda Coba 2023

strategi instagram marketing

Instagram merupakan sosial media dengan jangkauan luas yang dapat meningkatkan engagement dan brand awareness. Tentunya keberhasilan tersebut akan semakin cepat jika dilakukan dengan strategi yang tepat. Dengan demikian, berikut adalah strategi sosial media instagram marketing 2023 yang harus Anda pertimbangkan, yakni sebagai berikut:

Buatlah perencanaan konten yang jelas

Memposting konten secara berkala memang perlu di Instagram, namun posting posting tanpa tujuan yang jelas maka tidak akan menjadi konversi yang berarti bagi bisnis Anda. Dengan demikian, Anda dapat membuat perencanaan konten sesuai dengan tujuan postingan tersebut. Adapun tujuan tersebut dapat berupa:

  • Membangun brand awareness, yakni tujuan untuk memperluas kesadaran merek misalnya dengan memposting konten yang berkaitan dengan permasalahan konsumen dengan produk suatu perusahaan sebagai solusinya.
  • Meningkatkan keterlibatan audiens, yakni tujuan meningkatkan engagement misalnya dengan merencanakan konten meme, membalas komentar, dan sebagainya.
  • Mendorong penjualan produk, yakni tujuan untuk meningkatkan penjualan produk misalnya Anda akan menarik lebih banyak perhatian ke produk Anda dengan promo khusus dan sebagainya.

Perbaiki visual konten

Salah satu cara menarik first impression adalah dengan menonjolkan visual konten. Dengan visual tersebut selain menarik namun Anda menciptakan brand image tersendiri bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, aspek visual tersebut bisa Anda tingkatkan dengan cara-cara berikut ini:

  • Memperhatikan pengambilan foto den gan teknik fotografi yang baik. Misalnya Anda dapat mempetimbangkan angle foto yang baik, pencahayaan, atau resolusi foto tersebut. Dengan demikian, hal ini akan membantu Anda untuk menghasilkan foto yang berkualitas.
  • Mengedit konten Anda sebelum publishing di Instagram marketing. Misalnya Anda memasukkan template khusus atau mengedit resolusi foto. Saat ini ada banyak software yang bisa Anda gunakan seperti Adobe, VSCO, dan sebagainya.
  • Meskipun visual menjadi penting, namun Anda juga perlu memastikan bahwa pesan yang Anda sampaikan jelas. Dengan demikian, visual yang bagus tersebut dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan yang baik ke audience.

Gunakan hashtag secara konsisten

Hashtag adalah label dalam sosial media dengan tanda (#) dan berguna untuk mencari informasi atau post tertentu. Menggunakan hashtag secara berkala dapat membantu Anda dalam menargetkan audience atau dan meningkatkan CTR.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan banyak hal dalam menggunakan hashtag seperti tidak adanya spasi, menggunakan kata-kata yang unik, dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk selanjutnya mengenai strategi penggunaan hashtag maka Anda bisa mengunjungi artikel berikut ini.

Manfaatkan fitur live streaming

Live streaming adalah salah satu fitur di Instagram marketing yang memungkinkan untuk melakukan siaran langsung sehingga Anda bisa berinteraksi dengan followers. Dengan fitur ini, Anda bisa meningkatkan brand awareness khususnya dengan pembuatan event siaran langsung secara berkala. Lebih lanjut, Anda juga bisa berinteraksi dengan konsumen secara langsung dan mengetahui opini para pelanggan Anda.

Melalui live streaming Anda juga bisa memberikan promosi tertentu sehingga memungkinkan peningkatan konversi penjualan. Selain itu, Anda juga bisa berkolaborasi dengan partner lainnya untuk melakukan live streaming. Misalnya Anda adalah perusahaan makanan maka Anda bisa berkolaborasi dengan food vlogger sehingga akan lebih menarik para pengguna untuk menonton.

Manfaatkan fitur reels dan snapgram

Fitur reels Instagram adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat dan menemukan video singkat yang menghibur di Instagram. Lebih lanjut, Anda bisa membuat video dengan audio, efek, dengan berbagai fitur kreatif pendukung lainnya.

Jika akun Instagram marketing Anda adalah publik maka video reels tersebut bisa menjangkau komunitas yang lebih luas. Dengan demikian, reel memberikan Anda peluang untuk meningkatkan engagement yang lebih besar.

Selain reels maka Anda juga bisa memaksimalkan fitur snapgram. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna Instagram dengan jangka waktu 24 jam. Anda bisa membuat konten snapgram setiap harinya dan memanfaatkan fitur lainnya seperti musik, poll, quiz, link, dan sebagainya.

Bangun interaksi yang komunikatif dengan followers

Interaksi adalah hal penting sehingga pengguna Anda merasakan feedback dengan akun Instagram Anda. Interaksi dapat membantu Anda membangun hubungan dengan pengikut Instagram Anda dalam waktu singkat. Lebih lanjut, interaksi tersebut dapat membangun hubungan baik dan akan secara tidak langsung akan terlibat dengan merek perusahaan Anda.

Dengan interaksi tersebut maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak suka, komentar, dan penjualan dari pengguna Instagram. Adapun beberapa interaksi yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Menanggapi pertanyaan di komentar
  • Menyukai dan menyematkan komentar di bawah postingan Anda
  • Memposting kuis menggunakan cerita Instagram Anda
  • Mengomentari postingan akun populer lainnya

Optimalkan profil instagram

Profil Instagram Anda dapat mewakili brand image suatu bisnis. Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalisasi profil Instagram marketing dengan langkah-langkah berikut ini:

Username

Pastikan nama pengguna Anda dapat dikenali dan dicari. Jika orang tidak dapat menemukan username tersebut maka mereka tidak dapat mengikuti Instagram Anda. Lebih lanjut, Anda juga harus memasukkan username yang mewakili brand Anda dan dengan cepat menggunakan nama pengguna tersebut. Jika tidak, maka nama tersebut bisa saja akan diambil oleh akun yang lainnya.

Bio

Meskipun bio dibatasi hingga 150 karakter namun bio tersebut dapat menjadi first impression bagi pengguna. Oleh karena itu, Anda bisa memasukkan tagline, slogan, dan sebagainya yang menggambarkan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tagar atau menandai profil lain.

Foto profil

Buatlah foto profil Anda semenarik mungkin dan menggambarkan bisnis Anda. Lebih lanjut, foto profil tersebut harus sesuai dengan citra bisnis Anda atau logo bisnis Anda.

Baca Juga:Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis?

Penutup

Instagram merupakan sosial media marketing yang populer digunakan khususnya di Indonesia. Sebagai pemasar, tentunya Anda harus memaksimalkan sosial media ini untuk strategi marketing. Adapun strategi yang bisa Anda lakukan seperti membuat perencanaan konten yang jelas, memperbaiki visual konten, menggunakan hashtag konten, memanfaatkan fitur live streaming, reels, snapgram, dan sebagainya.

Selain media sosial, menggunakan website sebagai salah satu channel marketing juga dapat Anda lakukan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Anda bisa menggunakan layanan cloud hosting dengan performa yang tinggi dan konfigurasi yang mudah. Lebih lanjut, layanan ini juga didukung oleh teknologi non-volatile memory express (NVME) yang cepat.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update