Rekomendasi Website Jual Foto Online Terbaik 2024

Rekomendasi Website Jual Foto Online Terbaik 2024

Saat ini, tidak sulit untuk mencari penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi seorang freelancer mulai dari mencari profesi sebagai penulis,jualan online hingga menjadi seorang fotografer. Nah, bagi Anda yang suka memotret atau memfoto sebuah objek Anda bisa menjual foto hasil jepretan Anda secara online lho. Simak rekomendasi website jualan foto terbaik 2024 berikut ini ya!

Tips Jual Foto Online

Ingin mulai mengupload karya ke berbagai tempat jual foto online? Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat bersaing dengan para fotografer di platform pilihan Anda!

Jual Foto yang Banyak Dicari

Sebagai fotografer, Anda harus mencari tahu apa saja foto yang ramai peminatnya. Bayangkan diri Anda adalah konsumen yang ingin membeli stok foto, kira-kira apa yang mereka butuhkan? Aturlah strategi dalam menarik konsumen agar penjualan lebih maksimal.

Sebelum mengambil foto untuk dijual, pikirkan foto apa yang diperlukan banyak orang saat ini dan untuk apa mereka akan menggunakan foto tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui mana foto yang layak jual dan tidak.

Anda harus mengetahui tren yang sedang happening di kalangan konsumen. Caranya adalah dengan aktif berselancar di internet dan menggunakan media sosial. Anda juga dapat menggunakan tools seperti Google Trends atau Answer the Public untuk membantu Anda menganalisis tren yang sedang banyak peminat saat ini.

Utamakan Originalitas dan Kualitas

Foto yang akan Anda jual tentunya harus original, hasil jepretan sendiri tanpa meniru foto milik orang lain. Hal ini penting agar Anda dapat bersaing secara sehat dan memiliki value yang unik di mata konsumen.

Namun, Anda masih boleh menjadikan foto lain sebagai referensi atau inspirasi, lho! Mungkin Anda dapat belajar dari konsepnya, cara pengambilan gambar, tata cahaya, dan lain-lain agar foto jepretan Anda semakin ciamik. Selain originalitas, kualitas foto juga sangat penting.

Walaupun menggunakan kamera smartphone, usahakan foto yang Anda jual memiliki resolusi tinggi. Semakin baik kualitas foto, maka peminatnya akan semakin banyak pula. Hal ini karena foto-foto tersebut lebih dapat pelanggan gunakan untuk banyak hal dan tidak akan pecah atau blur resolusinya untuk membuat layout atau desain.

Baca Juga: Aplikasi Cetak Foto dan Gambar Online dengan Mudah dan Gratis\

Manfaatkan Aplikasi Photo Editing

Saat ini, sudah banyak pilihan aplikasi photo editing baik yang gratis maupun berbayar. Aplikasi ini juga jauh lebih canggih dan mudah penggunaannya, bahkan beberapa di antaranya bisa Anda gunakan lewat smartphone saja. Sebagai seorang fotografer, mungkin Anda sudah familiar dengan berbagai software photo editing ini.

Menggunakan aplikasi photo editing, Anda bisa menyempurnakan berbagai elemen di foto Anda. Misalnya seperti kontras, saturasi, brightness, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan efek jika ingin memunculkan kesan tertentu pada foto.

Setiap fotografer mungkin memiliki ciri khasnya masing-masing dalam mengedit foto hasil jepretan sendiri. Namun, ingatlah untuk tidak melakukan editing pada foto secara berlebihan agar keaslian foto tetap dapat dipertahankan.

Optimasi Foto dan Deskripsi

Di tempat jual foto online, pastinya akan ada banyak fotografer yang menjual hasil jepretannya juga. Agar profil dan foto-foto Anda lebih mudah ditemukan, lakukanlah optimasi pada elemen-elemen foto yang disediakan platform tersebut.

Anda bisa menggunakan judul dan tepat yang menarik. Jangan lupa juga untuk menambahkan kategori dan tags yang tepat untuk foto Anda, agar calon konsumen lebih mudah menemukannya ketika mencari sesuatu. Tidak kalah penting, lengkapilah deskripsi foto agar muncul di hasil pencarian pada tempat jual foto online tersebut.

Konsisten 

Aspek terpenting dalam menekuni bidang ini adalah konsistensi. Sebagai fotografer, Anda harus mengupload karya secara rutin agar stock foto semakin banyak, dan bisa menjangkau calon konsumen semakin luas pula. Selain itu, Anda juga akan semakin dikenal karena portofolio yang lengkap dan berkualitas.

Walaupun mampu menghasilkan foto yang bagus, jika hanya mengupload sesekali saja maka kemungkinan foto tersebut untuk laku juga lebih kecil. Selain itu, meningkatkan jam terbang akan mampu mendorong Anda untuk terus meningkatkan kualitas karya. Hal ini akan menjadikan Anda fotografer yang kredibel dan dipercaya banyak konsumen.

7+ Website Jualan Foto Terbaik 2024

website jual foto online terbaik

Ini dia website jualan foto terbaik 2024 yang bisa menjadi referensi untuk Anda menghasilkan cuan tambahan.

1. Shutterstock

Pertama adalah website bernama Shutterstock. Website yang satu ini dikenal sebagai platform untuk menjual foto online dengan jutaan pembeli dan kontributor yang tersebar di seluruh dunia. Buat Anda yang ingin memasarkan hasil karya Anda seperti footage video,stock image hingga model 3D bebas yang bisa diunduh secara gratis.

Adapun kelebihan dari website ini adalah memiliki peluang usaha yang beragam dengan klien yang luas. Namun kekurangannya adalah perlu persetujuan dari kontributor untuk bergabung ke komunitas platform ini. 

Sehingga jika Anda ingin menambah penghasilan dari menjual hasil karya Anda, nantinya Anda akan diberikan royalti yang berkisar antara 15%-40% tergantung dengan tingkat penghasilan yang nanti Anda miliki.

2.Getty Image

Kedua adalah getty image, ini adalah platform dengan stock library yang besar. Hal ini dikarenakan banyak foto-foto dengan kualitas tinggi yang dimuat dalam platform tersebut. Getty image juga terkenal populer di kalangan publisher dan juga brand. 

Bagi Anda yang tertarik untuk menjual foto online disini yang harus Anda lakukan adalah Anda terlebih dahulu harus mendownload aplikasi ini, kemudian Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir. Setelah itu, Anda diminta untuk mengirimkan 3 sampai 6 foto sampel untuk direview oleh editor. 

Jika foto yang Anda kirim memenuhi kriteria untuk dijual pada getty image Anda dapat menjadi anggota website tersebut. Namun yang harus diingat adalah semua foto yang Anda jual nantinya menjadi milik eksklusif dari Getty Images.

3.Adobe Stock

Selanjutnya adalah adobe stock. Website yang satu ini juga tidak kalah populer dengan website lainnya. Perbedaan Adobe stock dengan website lain adalah website ini sangat ketat dalam prosedur pengiriman foto yang 

Jika Anda tertarik ingin menjadi kontributor di website ini yang harus Anda lakukan adalah membuat ID Adobe terlebih dahulu. Selanjutnya adalah Anda bisa mengakses portal kontributor, kemudian ada petunjuk berupa langkah-langkah untuk mengaktifkan akun Adobe Anda.

Kelebihan dari Adobe stock adalah dapat di akses ke komunitas kreatif dan Anda yang menjadi kontributor akan diberikan royalti yang kompetitif. Selain itu, kekurangan yang dimilikinya adalah insentif kepada kontributor baru bisa diberikan jika keuntungan yang didapatkan lebih dari $25.

Baca Juga: 7+ Website Edit Foto Online Gratis dan Terbaik 2022

4. Dreamstime

Dreamstime adalah website yang bisa Anda gunakan untuk menjual foto secara online. Platform yang satu ini memiliki 38 juta pengguna. Dreamstime menerima hasil karya Anda berupa gambar,desain,foto,ilustrasi,ikon,video dan lainnya. Selain itu yang membuatnya unggul adalah Dreamstime seringkali mengadakan program insentif dan royalti yang diberikan juga kompetitif.

Ada beberapa syarat jika Anda ingin bergabung menjadi kontributor di Dreamstime yakni Anda bersedia menjalani komitmen selama 6 bulan penuh untuk terus mempublikasi karya milik Anda, kemudian selama 6 bulan tersebut Anda juga harus siap tidak menerima royalti karena karya foto yang diunggah masuk ke dalam kategori portofolio.

Selanjutnya,jika Anda sudah melewati waktu 6 bulan tersebut Anda akan diberikan hak untuk menerima pembagian dari royalti. Pembagian ini berdasarkan jenis kontributor yaitu kontributor eksklusif dan kontributor non eksklusif. Adapun kekurangan dari Dreamstime adalah kontributor baru dapat menerima pembayaran setelah mengumpulkan penghasilan sekitar $100.

5. Alamy

Alamy adalah salah satu pilihan website yang bisa Anda jadikan wadah untuk menjual foto atau hasil karya desain Anda. Alamy merupakan platform yang berasal dari inggris dan menerima hasil karya kontributor mulai dari vektor,video hingga gambar panorama 360°.

Keunggulan dari Alamy adalah biaya royalti yang nantinya didapatkan oleh kontributor lebih banyak yaitu 50% jika dibandingkan dengan website lainnya. Dan ada komisi khusus untuk pelajar hingga 100%. 

Sehingga hal inilah yang membuatnya sangat populer hingga ke 173 negara dengan total 100.000 gambar update setiap harinya. Tetapi, ada kekurangan Alamy perlu pemberitahuan selama 45 hari untuk membatalkan kontrak.

6. Etsy

Berbeda dari website populer diatas, etsy masuk ke dalam website yang jarang digunakan orang untuk membeli gambar. Sehingga Anda perlu usaha yang ekstra untuk mempromosikan foto hasil karya Anda kepada orang-orang. Pastikan Anda menyesuaikan antara judul,deskripsi hingga tag gambar pada saat menjual foto ini secara online.

Jika Anda ingin  menjadi kontributor pada Etsy, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membaca buku panduan yang sudah disediakan oleh Etsy dimana disana memuat tentang tips branding,pemasaran hingga penetapan harga yang telah disesuaikan.

7. Snapped4U

Snapped4U adalah website yang cocok digunakan untuk fotografer event sehingga juga cocok dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjual foto secara online. Kelebihan dari Snapped AU adalah sebagai platform dengan niche tertentu. 

Jika Anda ingin menjadi kontributor di Snapped 4U yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran, setelah itu Anda akan diberikan halaman pribadi yang bisa digunakan untuk membuat berbagai galeri dan publikasi foto dari event yang telah Anda ikuti. Snapped4U mudah digunakan (user friendly) untuk fotografer maupun pembeli, hal ini dikarenakan pembeli tidak perlu login untuk melihat mana saja karya Anda. Mereka bisa melihatnya dari luar tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.

Ada kekurangan yang perlu untuk Anda ketahui jika ingin menjual foto online Anda disini. Sebagai kontributor yang menjual hasil karya, untuk memajang karya Anda nantinya dikenai biaya pendaftaran yang berbayar sebesar $10 (sekitar Rp 146.000).

8. 500px

500px adalah website untuk menjual foto online dengan lebih dari 16 juta dengan konten foto yang sudah berlisensi dan cocok untuk fotografer profesional dan semi profesional. Pada website ini pembeli cukup membayar sekali untuk menggunakan foto hingga berkali-kali. Akan tetapi, sebagai kontributor Anda tidak bisa menetapkan harga sendiri.

Kelebihan website ini adalah kontributor mendapatkan royalti yang kompetitif dan berkesempatan untuk dikenal dengan klien partner karena 500px sering menjalin kerjasama dengan mengadakan workshop untuk kontributornya. Kekurangan yang dimiliki 500px adalah jika Anda ingin bergabung Anda harus membeli paket membership untuk mengakses resource premium.

Penutup

Demikianlah rekomendasi website jualan foto online terbaik 2024. Anda bisa menyesuaikan mana yang cocok untuk digunakan dalam menghasilkan uang tambahan. Ada beberapa website yang memberikan royalti yang besar kepada Anda tetapi ada juga website yang memiliki aturan yakni kontributor baru akan mendapatkan royalti jika sudah mengumpulkan penghasilan sekian persen. 

Selain itu, Anda juga bisa membangun website portofolio sendiri jika ingin memasarkan karya Anda dengan lebih leluasa.Untuk membuatnya, Anda membutuhkan layanan hosting yang handal sehingga dapat menampung data-data foto yang banyak. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan layanan Cloud VPS IDCloudHost. Yuk, coba sekarang!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update