Tips Sukses Menjadi Blogger yang Wajib Anda Ikuti

Tips Sukses Menjadi Blogger yang Wajib Anda Ikuti

Apa salah satu hobi yang bisa Anda jadikan sebagai profesi? Yap, blogger adalah jawabannya. Apabila Anda suka menulis khususnya menulis artikel, menjadi blogger profesional bisa menjadi pilihan karir Anda, baik karir utama atau hanya sekedar side hustle saja.

Meskipun begitu, cara menjadi blogger sukses seperti Mas Sugeng atau Dani Rahmat tentu tidak mudah. Terlebih karena sudah semakin majunya teknologi, semakin mudah pula menjadi blogge, membuat cara menjadi blogger berpenghasilan lebih sulit karena lebih banyak saingan.

Nah pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menjadi blogger yang sukses, khususnya cara jadi blogger untuk pemula. Langsung kita bahas ke yang pertama!

Apa yang Harus Disiapkan Sebelum Mulai Blogging?

Sebelum Anda membuat blog dan menjadi seorang blogger profesional, tentu harus memperhatikan beberapa hal dasar di bawah ini, yaitu:

  • Menentukan topik dan tujuan blog

Sebelum memulai blog Anda, cara menjadi blogger untuk pemula yang pertama adalah dengan menentukan topik dan tujuan blog dibuat. Tuliskan semua ide Anda sebelum mempersempit pilihan topik.

Apakah Anda ingin membuat blog pribadi? atau Anda ingin membuat blog niche sesuai dengan minat dan ketertarikan Anda seperti travel blogger, fashion blogger atau food blogger?

Dengan memilih topik dan tujuan blog, maka Anda akan lebih mudah menentukan segmentasi atau target audience dari blog Anda nantinya. Dengan begitu, maka langkah selanjutnya juga mudah dilakukan.

  • Menentukan platform dan tema apa yang akan Anda gunakan

Dalam memilih platform dan tema blog Anda, semua harus didasarkan pada topik dan tujuan blog Anda dibuat. Cara menjadi blogger terkenal adalah dengan memilih platform yang sesuai dan mendesainnya sedemikian rupa agar audience tertarik untuk datang, mengunjungi blog Anda dan menikmati konten Anda.

Sebaiknya, Anda menggunakan platform yang menawarkan templat yang dapat disesuaikan sesuai selera Anda. Salah satu platform yang tepat bagi pemula ada WordPress yang memiliki CMS (Content Management System) yang baik. Adapula platform lain seperti Medium dan blogspot.

  • Menentukan domain dan hosting yang akan Anda digunakan

Singkatnya, domain adalah nama yang menjadi alamat website Anda, sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan seluruh file dan skrip sebuah website.

Karena perannya yang penting, baiknya Anda memilih domain dan hosting dengan teliti dan benar agar bisa menunjang performa website Anda. Beberapa jenis domain yang bisa Anda pilih adalah:

  • .id : digunakan untuk nama domain di Indonesia
  • .com atau .co.id : untuk website dengan keperluan komersial
  • .org atau or.id : untuk website dengan keperluan organisasi
  • .net : untuk website dengan keperluan internet/ network
  • .edu : untuk website dengan keperluan pendidikan
  • .info : untuk website dengan keperluan informasi
  • .name : digunakan untuk website dengan keperluan web pribadi

Jangan lupa untuk memilih hosting dengan bandwidth, uptime, dan customer support yang baik. Anda juga harus membuat nama blog yang mencerminkan ciri khas blog Anda, bisa dengan nama Anda, kesukaan Anda, dsb.

Tips Menjadi Blogger Sukses yang Wajib Anda Ikuti

Tips Menjadi Blogger Sukses yang Wajib Anda Ikuti

Setelah melakukan hal-hal dasar sebagai cara jadi blogger untuk pemula. Selanjutnya yang akan kita bahas adalah beberapa tips dan trik untuk mempertahankan blog anda dan cara menjadi blogger sukses, terkenal dan berpenghasilan. Berikut adalah beberapa tipsnya:

Meningkatkan kemampuan menulis

Tips pertama cara jadi blogger sukses adalah dengan meningkatkan kemampuan menulis Anda. Dalam blog, perlu diingat bahwa menulis adalah hidangan utamanya yang akan ‘dimakan’ oleh pengunjung blog.

Skill menulis dapat diasah dengan terus menerus belajar menulis secara berkala. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis, seperti:

  • Menggunakan penjelasan yang ringkas, sederhana dan mudah dipahami, bagusnya sekitar 1000-1500 kata.
  • Menggunakan kalimat dan paragraf pendek, bagusnya 1 paragraf terdiri dari 3-4 kalimat dan maksimal berjumlah 6 baris.
  • Menerapkan struktur artikel pembuka-isi-penutup dengan baik.
  • Buatlah artikel dengan 1 topik tertentu.

Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan blog

Saat pengguna mengunjungi suatu blog, artinya Ia ingin mendapatkan informasi baru atau memperdalam informasi yang dimilikinya. Maka dari itu, cara jadi blogger sukses adalah harus memiliki wawasan yang luas dengan banyak membaca dan menambah pengetahuan dari buku atau sumber lainnya.

Selain itu, hal-hal lain yang harus Anda pelari untuk mengelola blog seperti menguasai beberapa kemampuan coding yang vital seperti keamanan dan performa website, menguasai SEO dengan baik dan menguasai kemampuan editing foto atau ilustrasi agar blog Anda lebih menarik.

Membangun networking dan komunikasi yang baik

Komunikasi baik dalam dunia nyata atau dunia digital adalah hal krusial. Salah satu komunikasi yang penting dalam blog adalah komunikasi antara blogger dengan audiens, biasanya melalui kolom komentar. Usahakan untuk membalas komentar dari audiens dengan sederhana dan sopan.

Selain itu, Anda dapat membangun networking dengan cara bergabung dengan komunitas blogger, melengkapi data-data media sosial Anda di blog dan melakukan kolaborasi dengan blogger lain. Hal ini dilakukan agar upaya promosi lebih mudah dilakukan.

Konsisten dalam memposting dan mengatur waktu dengan baik

Kunci cara menjadi blogger sukses adalah dengan menjaga konsistensi mengunggah artikel secara berkala. Tentu hal ini tidak mudah dilakukan, karena itu Anda bisa mulai dengan membuat target kecil lebih dulu seperti dalam seminggu minimal mengunggah 1 artikel.

Jangan lupa untuk membuat jadwal posting dan melakukan review atau tinjauan secara berkala pada artikel Anda.

Tetap kreatif dan produktif

Cara menjadi blogger terkenal, Anda harus memiliki ide tak terbatas dan tetap produktif. Ide terkadang bisa muncul kapan saja, karena itu Anda harus siap dengan membawa catatan kecil untuk mencatat ide apa saja yang tiba-tiba muncul di kepala.

Apabila Anda merasa buntu, bisa mencari inspirasi dengan melihat bacaan atau tontontan lain baik secara fisik atau di media sosial. Tetapi ingat, jangan sampai plagiasi!

Selain itu, Anda juga harus tetap produktif, bisa dimulai dengan menulis artikel saat di pagi hari dan membuat draft konten terlebih dahulu sebelum menulis agar memudahkan Anda.

Anda juga bisa tetap produktif dengan membuat mind map konten setiap hari, minggu hingga bulan atau dengan membuat project management dimana pekerjaan dikategorikan dalam 3 kelompok: (1) draft/rencana (2) dalam proses pengerjaan (3) selesai.

Blogger Sebagai Profesi yang Menyenangkan

Nah itu dia adalah cara menjadi blogger profesional yang bisa Anda lakukan baik untuk blogger pemula atau yang sudah lama. Blog adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mengubah hobi menjadi profesi.

Untuk Anda yang suka menulis, mulai dari sekarang bisa membuat blog dengan mudah. Tak perlu khawatir, ada Cloud VPS IDCloudHost yang bisa dengan mudah Anda gunakan untuk membuat dan mengelola website.

Dengan Cloud VPS IDCloudHost, Anda bisa mengakses virtual server, storage vault serta berbagai aplikasi instan seperti WordPress, Outline, Grafana, WooCommerce dan lainnya cukup dengan Rp50.000,-/bulan saja loh!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update