5 Tips Membangun Strategi Influencer Marketing 2022

5 Tips Membangun Strategi Influencer Marketing 2022

Influencer marketing sekarang menjadi salah satu metode pemasaran online yang paling banyak digunakan. Dengan berkembangnya media sosial dan penggunanya yang terus bertambah setiap hari, tidak mengherankan teknik pemasaran satu ini banyak digunakan oleh bisnis dari berbagai segmen. 

Namun, masih ada orang yang tidak benar-benar memahami apa itu influencer marketing. Memang, beberapa orang menemukan frasa tersebut untuk pertama kalinya dan langsung merenungkan, “Apa itu influencer marketing?”

Dalam artikel ini, Anda akan memahami influencer marketing mulai dari pengertian, hingga tips-tipsnya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Apa Itu Influencer Marketing?

Influencer marketing melibatkan brand yang berkolaborasi dengan influencer online untuk memasarkan salah satu produk atau layanannya. Beberapa kolaborasi influencer marketing kurang nyata dari itu – merek hanya bekerja dengan influencer untuk meningkatkan pengenalan merek. 

Contoh awal influencer marketing melibatkan selebriti YouTube PewDiePie. Dia bekerja sama dengan pembuat film horor yang berlatar belakang Paris, membuat serangkaian video di mana dia menjalani tantangan di lokasi angker tersebut. 

Itu adalah konten yang sempurna untuk 111 juta subscriber PewDiePie dan menerima hampir dua kali lipat penayangan trailer film tersebut. Angka ini tentunya sangat menguntungkan bagi semua orang, baik untuk rumah produksi film ataupun influencer itu sendiri. 

Inti dari kegiatan influencer marketing adalah sang influencer tersebut. Apa yang membedakan mereka dengan selebriti? Padahal di masa lalu kita memiliki banyak iklan yang dibintangi artis ternama. Yang membuat influencer unik adalah mereka bisa berasal dari kalangan biasa, mereka memiliki pengaruh karena jumlah followersnya di media sosial. 

Karena itulah, calon pelanggan biasanya merasa bahwa mereka lebih relatable dan bisa dipercaya. Berbeda dengan selebriti yang memang terlihat merekomendasikan produk dalam iklan, melihat rekomendasi dari seorang influencer membuat audiens merasa mereka sedang menyimak review dari seorang teman. 

Untuk mendapatkan influencer yang sesuai dengan produk, Anda tentunya harus sering berselancar di media sosial. Saat ini, menjadi seorang influencer adalah peluang profesi yang menjanjikan. Setiap orang populer di media sosial memiliki niche masing-masing. Ada yang terkenal karena sering membagikan video make up, fashion, makanan, olahraga, dan lain-lain. Anda hanya perlu menemukan mana yang paling cocok dengan brand dan target market yang ingin Anda tuju. 

Bagaimana Cara Membuat Strategi Influencer Marketing?

Seperti taktik pemasaran lainnya, influencer marketing membutuhkan penargetan dan perencanaan yang matang. Anda tidak akan menemukan kesuksesan dalam metode pemasaran ini hanya dengan mengirimkan barang gratis kepada semua orang yang memiliki banyak followers atau kepada teman dan kenalan Anda yang sudah ada.

  1. Menemukan Influencer yang Tepat

Sama seperti strategi apa pun, riset adalah langkah pertama. Pilih platform yang ingin Anda fokuskan terlebih dahulu. Anda dapat memperluas ke platform lain nanti, tetapi jika Anda baru memulai, tetaplah dengan satu platform. Idealnya, merek Anda harus sudah hadir di platform ini dan memiliki engagement rate yang bagus. 

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, melakukan riset dapat membantu Anda mengidentifikasi di mana media sosial yang paling banyak digunakan oleh target konsumen Anda. 

Industri tempat Anda berada juga penting ketika Anda berencana untuk menerapkan strategi pemasaran influencer. Misalnya, erek-merek kecantikan dan fashion bersinar di Instagram dan YouTube. Industri video game mendominasi di Twitch.

Selama fase penelitian Anda, lihat jenis influencer yang Anda minati. Apakah Anda mencari selebriti dengan pengikut yang sangat banyak? Atau mikroinfluencer dengan kurang dari 2000 pengikut? Mungkin seseorang dengan kisaran 5-10 ribu pengikut lebih Anda sukai. Apa pun yang Anda putuskan untuk fokus akan menentukan anggaran Anda.

  1. Menyusun Anggaran

Setelah menemukan influencer yang tepat, Anda tentunya harus berdiskusi tentang rate yang harus Anda bayar kepada si influencer. Selanjutnya, Anda perlu menyusun anggaran untuk campaign Anda. 

Pastikan juga untuk memperhitungkan waktu untuk merencanakan, melaksanakan, dan meninjau program influencer Anda. Menjalankan kampanye pemasaran influencer yang sukses bukanlah jenis strategi yang ditetapkan dan dijalankan. Ini akan melibatkan pemantauan dan tindak lanjut yang cermat.

Tidak seperti strategi iklan yang lebih otomatis, influencer adalah manusia dan sering kali menyeimbangkan beberapa kemitraan dengan brand lain, sehingga beberapa mungkin tertinggal dalam komitmen mereka untuk memposting tepat waktu atau membuat kesalahan dalam tag yang Anda minta atau ajakan bertindak. 

Anda harus memiliki waktu untuk lebih terlibat langsung dengan hubungan ini untuk membinanya, dan menyempurnakan pendekatan Anda melalui pengalaman tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak di cakupan pasar Anda.

Jika Anda memiliki waktu dan uang, pertimbangkan untuk menyiapkan program duta besar formal. Fujifilm memanfaatkan duta besarnya dalam peluncuran produk baru dan dalam melengkapi konten mereka. 

Dengan berbagai fotografer dan videografer yang mereka miliki, perusahaan dapat mendiversifikasi feed mereka untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan peralatan mereka.

Untuk merek yang membutuhkan kumpulan influencer yang lebih luas, menyewa agensi pemasaran influencer yang akan melakukan penelitian dan koordinasi untuk Anda adalah pilihan yang bagus. 

  1. Menentukan Tujuan dan Pesan

Dua alasan paling umum untuk menggunakan influencer marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Namun, alih-alih menetapkan keduanya sebagai target Anda secara umum, akan lebih efektif untuk memulai strategi Anda dengan mengasah apa kebutuhan brand Anda. 

Mungkin Anda ingin meningkatkan basis pelanggan Anda dalam demografi yang lebih muda. Atau Anda inginmengenalkan produk baru dan membangun komunitas. Atau Anda ingin mengikuti tren dan memanfaatkan influencer untuk berbicara tentang nilai-nilai brand Anda.

Influencer memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang sangat spesifik. Alih-alih Anda mengandalkan ribuan pengikut di akun official, influencer akan membantu Anda memastikan audiens yang tepat untuk melihat konten tersebut. Nantinya, audiens ini akan tertarik pada produk atau brand Anda.

Konten influencer yang menampilkan percakapan dan narasi pribadi membantu membedakan postingan ini dari konten-konten hardselling yang mungkin Anda lakukan di akun official brand Anda.

Pesan Anda sama pentingnya dengan tujuan Anda. Meskipun Anda tidak ingin menghambat kreativitas dan keunikan influencer, Anda juga tidak ingin mereka memposting tentang sesuatu yang tidak terkait dengan kampanye Anda. Tentukan bagaimana Anda ingin menyusun kampanye dan pesan untuk disampaikan oleh influencer tersebut nantinya. 

  1. Menghubungi dan Berdiskusi dengan Influencer

Dalam marketing, segala hal biasanya diawali dengan riset. Dengan rencana yang ditetapkan di sekitar jaringan Anda, tujuan, dan jenis influencer apa yang ingin Anda targetkan, Anda haruskembali meneliti bagaimana sebenarnya menemukan influencer yang tepat untuk bekerja sama.

Perhatikan apakah influencer tersebut sudah memposting produk dari brand lain yang serupa dengan layanan yang Anda tawarkan? Apakah influencer tersebut verified? Anda juga dapat meriset reputasi dari si influencer tersebut, untuk melihat apakah ia dianggap terpercaya oleh orang-orang yang memiliki minat di niche tersebut?

Selanjutnya, tentukan bagaimana Anda akan menjangkau mereka. Untuk influencer mikro, Anda dapat menghubungi mereka secara langsung melalui pesan pribadi di platform yang sama. Untuk yang lebih mapan, klik di profil mereka dan mereka mungkin mencantumkan informasi kontak untuk pertanyaan bisnis di bio mereka. Mereka juga dapat menautkan situs web yang bertujuan untuk menampung segala kebutuhan kerjasama dengan brand.

  1. Tinjau Strategi Anda

Bahkan jika kampanye influencer marketing Anda sedang berlangsung, Anda masih harus memiliki tanggal yang telah ditentukan sebelumnya di mana Anda akan mengukur kemajuannya. Anda harus melihat bagaimana perkembangan bisnis Anda setelah menggunakan teknik marketing yang satu ini.

Sebagai orang yang menjalankan influencer marketing, Anda mesti menentukan metriks keberhasilan campaign. Dengan begitu, aktivitas marketing jadi lebih terukur. Anda juga bisa mengevaluasi mana strategi yang berhasil, dan mana yang dapat diperbaiki. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang influencer marketing, mulai dari pengertian hingga tips-tipsnya. Jika Anda ingin menjalankan influencer marketing untuk bisnis Anda, semoga tips-tips ini dapat Anda terapkan, ya! Teknik marketing lain yang dapat Anda coba adalah SEO dan SEM, yang membutuhkan website untuk menjalankannya. Jika butuh layanan VPS yang handal dan cepat, Anda bisa menggunakan Cloud VPS IDCloudHost. Coba sekarang dan dapatkan free credit Rp 25.000,-!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update