Di tengah kemudahan zaman saat ini , ada banyak pembukaan dan tawaran beasiswa bagi siswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan mereka namun kesulitan dalam biaya. Tidak hanya beasiswa lokal yang selalu dibuka setiap tahunnya, siswa juga dapat mencoba melamar untuk beasiswa internasional. Simak tips lolos beasiswa berikut ini agar Anda bisa lebih mempersiapkan diri.

Salah satu program beasiswa yang selalu konsisten di Indonesia adalah Program Beasiswa IDCloudHost. Program yang dibuka sejak 2015 lalu terus memberikan berbagai dukungan bagi masyarakat dalam upaya digitalisasi dan bantuan pembelajaran bagi siswa dengan pemberian beasiswa setiap tahun.

Tapi dengan banyaknya siswa dan pelamar yang berminat, maka siswa juga harus meningkatkan diri mereka dengan lebih teliti dalam mempersiapkan berkas dan dokumen yang menjadi syarat penting serta mempersiapkan diri mereka untuk melakukan tes tertulis dan interview nantinya. Ingin tahu lebih lanjut mengenai beasiswa dari IDCloudHost ini? Mari simak tips dan trik apa saja yang sekiranya bisa membantu siswa dalam mendapatkan beasiswa impiannya.

Tips dan Trik Mempersiapkan Diri Untuk Melamar Beasiswa

Pertama, untuk tips lolos beasiswa tentu saja siswa harus membaca semua persyaratan yang diminta seperti berkas dan dokumen. Tetapi sebelum mengirimkan berkas lamaran ke instansi yang mengadakan program beasiswa, ada baiknya siswa juga memperhatikan banyak hal yang tidak dilakukan dan yang harus dilakukan.

Jadi agar pengajuan lamaran Anda tidak terbuang percuma, Anda juga bisa mempersiapkan lebih awal untuk mengajukannya. Beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk mengajukan beasiswa.

  • Melamar/Apply secepatnya

    Semakin cepat Anda mengajukan berkas beasiswa, semakin awal penyelenggara mengenali dan mempelajari berkas Anda. Dengan dana beasiswa yang terbatas, tentu diperlukan seleksi ketat untuk memilih kandidat yang sesuai.

  • Memperhatikan Topik Bahasan Esai

    Anda bisa mulai dengan memahami tema esai yang diberikan, mulailah untuk menjabarkan setiap kata kunci dari tema tersebut agar lebih memahami apa arti tema yang ada. Semakin lama dan matang persiapan esai Anda, tentu semakin bagus hasilnya karena Anda telah membuatnya dengan matang.

  • Manajemen Waktu yang Baik

    Saat Anda ingin melamar banyak beasiswa, memanajemen waktu sangat perlu Anda perhatikan. Apalagi jika Anda berstatus pelajar atau mahasiswa yang juga disibukkan dengan rutinitas sekolah dan tugas. Jangan sampai memiliki alternatif menjadikan lamaran beasiswa lain persiapannya tidak matang.

  • Mendaftar Sesuai Minat dan Bakat

    Perhatikan beasiswa dengan minat dan bakat Anda, sebab mendaftar di tempat yang salah tentu mendapatkan hasil yang tidak memuaskan dan keluar dari kemampuan serta potensi Anda.

  • Terus Berusaha Melamar/Apply

    Berusaha keras dan sukses akan datang pada Anda dan hal yang paling penting dari semuanya adalah mengirimkan lamaran beasiswa. Ketidakpercayaan diri ini yang membuat Anda justru ragu untuk mulai mengajukannya, jadi percaya dirilah dan apply segera begitu Anda mendapatkan informasi pembukaan beasiswa yang Anda inginkan.

Baca Juga:Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Seleksi Beasiswa IDCloudHost

Tips dan Trik Lolos Tes Tertulis Beasiswa

Untuk kenyamanan dan tetap mematuhi prokes keamanan, proses tes tertulis Program Beasiswa IDCloudHost 2023 akan diadakan secara online. Keuntungan dari tes tertulis online ini adalah siswa di seluruh Indonesia dapat berpartisipasi dari mana saja mereka berasal. Berikut beberapa tips lolos beasiswa yang yang bisa Anda coba jika Anda sedang mempersiapkan diri untuk melamar beasiswa.

  • Mencari Informasi Tentang Penyedia Beasiswa

    Sebelum siswa memulai persiapan, lakukan riset dan kumpulkan semua informasi yang tersedia tentang organisasi penyedia beasiswa. Siswa dapat melakukannya dengan berbagai cara seperti mengunjungi situs web mereka untuk informasi resmi atau juga bisa menghubungi mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa.
    Cobalah untuk mengumpulkan semua informasi yang berguna, seperti rincian ujian, tujuan organisasi, kriteria prestasi, dll. Berikan perhatian khusus pada rincian ujian dan tanyakan jenis pertanyaan apa yang umumnya ditanyakan dan juga jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan.

  • Mempersiapkan Diri untuk Penalaran Verbal

    Dalam tes ini, satu bagian dan beberapa pernyataan diberikan kepada Anda. Anda akan diminta untuk menganalisis teks itu dan memberikan jawaban yang masuk akal atas pernyataan yang diberikan. Ini hanyalah tes yang mengevaluasi kemampuan pemahaman dan interpretasi Anda.
    Cara ini akan menguji kemampuan argumentasi verbal Anda yakni bagaimana Anda menilai pernyataan masalah tertentu dan memberikan argumen rasional sesuai dengan situasinya. Oleh karena itu, tes ini membantu penguji dengan mengidentifikasi bakat analitis dan kesadaran sang pelamar.

  • Mempersiapkan Diri untuk Pertanyaan Kuantitatif

    Soal tes dari banyak program beasiswa adalah tes dengan pertanyaan yang menuntut kecerdasan maju dari para siswa. Tes ini akan menguji bagaimana calon memanfaatkan kemampuan matematisnya untuk memecahkan masalah yang kompleks. Poin kunci dalam tes ini adalah untuk memahami inti dari pertanyaan tersebut.
    Setelah Anda selesai dengan memahami pertanyaan sepenuhnya, Anda dapat menerapkan metode yang relevan untuk menyelesaikan pertanyaan tersebut. Tes ini istimewa karena sebagian besar organisasi penyedia beasiswa mencari siswa yang memiliki keterampilan penalaran kuantitatif.

  • Pelajari Tes Persoalan Ujian Sebelumnya

    Mulailah meninjau makalah dan apa saja persolana yang menjadi topik tes di tahun sebelumnya. Pelajari makalah sebelumnya dapat membuat prosesnya relatif mudah bagi Anda sehingga Anda akan melihat struktural ujian beasiswa biasanya.
    Sebaliknya, Anda harus mengikuti rencana yang tertata yakni menelusuri kertas dan temukan pertanyaan berulang dan cari jawaban yang relevan untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya jika diperlukan.

  • Pahami Batasan Waktu Tes

    Setiap siswa yang telah lulus tes beasiswa setuju bahwa bagian tersulit bukanlah tes itu sendiri, melainkan batasan waktu. Ini karena batasan waktu membuat prosesnya menegangkan, terutama ketika Anda bergantung pada skor tes. Meskipun demikian, waktu yang dialokasikan sudah cukup dan jika dikelola dengan baik, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan semua tugas dalam waktu tertentu.

  • Rajin berlatih

    Kerja keras akan membuahkan hasil dan tidak ada selain berlatih yang dapat mewujudkannya untuk Anda. Buat rencana persiapan dan bagilah menjadi beberapa bagian dan tetapkan tujuan spesifik untuk setiap bagian. Pastikan Anda mempertimbangkan semua sub-aspek dari pertanyaan sebelum menjawabnya. Setelah Anda selesai menjawab pertanyaan, analisislah secara kritis yang akan membantu Anda menemukan kekuatan dan kelemahan Anda.

Baca Juga: Beasiswa Indonesia 2024, Anda Harus Coba!

Tips dan Trik Lolos Wawancara Beasiswa

Umumnya pertanyaan wawancara beasiswa biasanya merupakan pertanyaan terbuka yang akan ditanyakan oleh perwakilan pemberi beasiswa untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda. Berdasarkan jawaban Anda, pewawancara memutuskan apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa dan apakah tujuan Anda sejalan dengan tujuan mereka. Berikut ini beberapa tips lolos beasiswa yang mungkin bisa membantu Anda untuk lolos wawancara beasiswa :

  • Hadir Tepat Waktu

    Terlambat untuk wawancara hanya menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap pewawancara, dan kurangnya minat pada beasiswa yang ditawarkan. Berikan banyak waktu ekstra untuk tiba lebih awal dari waktu wawancara Anda karena ini akan terlihat profesional dan membuat Anda akan dihargai pewawancara.

  • Sopan Santun

    Wawancara dalam bentuk apa pun bisa sangat menegangkan, tetapi penting untuk terlihat tenang dan percaya diri saat berbicara dengan dewan peninjau. Duduk diam, melakukan kontak mata, dan mempertahankan postur tubuh yang baik membuat Anda tampak seperti siswa yang tenang, dan profesional. Percaya diri dengan jawaban Anda, hindari terdengar ragu-ragu dan berbicara dengan jelas dan langsung pada intinya saat menjawab pertanyaan yang diajukan kepada Anda.

  • Berpakaian Rapi

    Selanjutnya adalah berilah kesan pertama itu penting dan berpakaianlah dengan rapi untuk semua wawancara Anda. Meskipun tidak perlu berpakaian formal, pakaian semi-formal cocok untuk semua wawancara beasiswa dan dewan perguruan tinggi.

  • Pemahaman Diri

    Selain menyadari postur dan penampilan Anda, sadarilah apa yang Anda katakan. Jelaskan dan ringkas dalam jawaban Anda kepada pewawancara, dan hindari keraguan yang bertele- tele dari inti pembicaraan. Orang yang diwawancarai yang bertele-tele tidak akan membuat dewan peninjau beasiswa terkesan.

    Tetap fokus, dan pertahankan jawaban Anda relevan dan sesuai topik.
    Jika Anda kebingungan, mintalah klarifikasi, atau jujur saja dan katakan Anda tidak tahu. Pewawancara lebih suka dan narasumber jujur yang menyadari pengetahuan mereka sendiri daripada orang yang menipu. Tetap bersikap ramah, penuh perhatian, dan jawab pertanyaan dengan jelas dan ringkas.

  • Ajukan Beberapa Pertanyaan Jika Diperlukan

    Jangan takut untuk bertanya selama proses wawancara. Tanyakan tentang perusahaan yang mensponsori beasiswa, atau tanyakan tentang rincian tentang beasiswa itu sendiri. Mampu melibatkan pewawancara dengan pertanyaan Anda sendiri menunjukkan bahwa Anda siap dan nyaman, dan menyoroti minat Anda pada penghargaan dan karir perguruan tinggi Anda nantinya.

Baca Juga: Beasiswa Kuliah S1 Fully Funded

Ikuti Program Beasiswa IDCloudHost Indonesia 2024

Program beasiswa resmi yang berkolaborasi antara PT Cloud Hosting Indonesia dengan Telkom University ini merupakan program bantuan biaya studi untuk jenjang S1. Program ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA Sederajat kelas 12.

Perlu diketahui bahwa beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun, jika Anda diminta untuk membayar harap melaporkannya ke pihak IDCloudHost di kontak yang tersedia. Pendaftaran dilakukan secara online, dibuka sejak 24 Februari – 18 Juni 2024 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut boleh cek disini ya Beasiswa IDCloudHost 2024