Dalam tahapan seleksi beasiswa, tak jarang Anda harus melewati tes tertulis agar bisa lolos ke tahap selanjutnya. Jika dulu para pendaftar harus datang ke lokasi tes dan mengerjakan soal secara langsung, perkembangan teknologi saat ini sudah membuat banyak penyelenggara beasiswa beralih ke tes online. Salah satunya adalah Beasiswa IDCloudHost yang sudah dibuka kembali pada tahun 2024 ini.

Untuk menghadapi tes online, tentunya dibutuhkan beberapa persiapan khusus. Mempersiapkan diri adalah hal yang penting untuk bisa lolos seleksi dan unggul dibandingkan peserta lainnya. Dalam artikel ini, simak tips dan trik lolos tes beasiswa yang sudah kami rangkum ya!

Tips dan Trik Mempersiapkan Tes Online Beasiswa

Setelah mengetahui materi tes online yang akan diuji, Anda tentu ingin mendapatkan tips bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Simak beberapa tips yang yang bisa Anda coba jika Anda sedang mempersiapkan diri untuk melamar beasiswa ke universitas impian Anda.

Mengetahui Informasi Penyedia Beasiswa

Tips lolos tes beasiswa pertama yang harus dilakukan adalah dengan persiapan, lakukan riset dan kumpulkan semua informasi yang tersedia tentang organisasi penyedia beasiswa. Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara seperti mengunjungi situs web mereka untuk informasi resmi.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa. Cobalah untuk mengumpulkan semua informasi yang berguna, seperti rincian ujian, tujuan organisasi, kriteria prestasi, dll. Berikan perhatian khusus pada rincian ujian dan tanyakan jenis pertanyaan apa yang umumnya ditanyakan dan juga jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan.

Persiapkan Diri untuk TPA

Walaupun sering dianggap mudah, Tes Potensi Akademik termasuk salah satu yang paling penting, lho. Dalam tes ini, Anda akan diminta untuk menganalisis teks itu dan memberikan jawaban yang masuk akal atas pernyataan yang diberikan. Ini hanyalah tes yang mengevaluasi kemampuan pemahaman dan interpretasi Anda.

Cara ini akan menguji kemampuan argumentasi verbal Anda yakni bagaimana Anda menilai pernyataan masalah tertentu dan memberikan argumen rasional sesuai dengan situasinya. Setelah membaca suatu pernyataan, banyak orang yang menarik kesimpulan secara langsung dan tidak menganalisis pernyataan tersebut secara komprehensif. Oleh karena itu, tes ini membantu penguji dengan mengidentifikasi bakat analitis dan kesadaran calon.

Persiapkan Diri untuk Materi Tes Sesuai Jurusan

Pentingnya persiapan diri sebelum mengikuti tes online atau tertulis beasiswa sangat diperlukan agar dapat meningkatkan peluang untuk lolos dan mendapatkan beasiswa yang diinginkan. Dalam tes online Beasiswa IDCloudHost, Anda akan diuji sesuai jurusan yang dipilih. Karena itu, mempersiapkan diri untuk mempelajari beberapa mata pelajaran adalah hal penting.

Misanya, untuk tes matematika Anda bisa mulai mempelajari matematika dasar, latihan soal-soal matematika yang tersedia secara online atau ada di buku pelajaran. Selain itu, Anda juga bisa melatih diri untuk memahami konsep dasar dan cara problem solving sehingga Anda bisa menyelesaikan soal yang lebih kompleks.

Sama halnya dengan fisika, Anda bisa banyak berlatih soal dan mempelajari konsep-konsep dasarnya. Anda juga bisa menggunakan visualisasi atau video agar lebih mudah memahami konsep fisika yang lebih rumit. Untuk tes bahasa indonesia dan bahasa inggris, Anda bisa mempelajari tata bahasa dan struktur kalimat, berlatih soal, serta membiasakan diri membaca dan memahami teks yang sering muncul saat ujian.

Periksa Perangkat dan Koneksi Internet

Sebelum mengikuti tes, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dengan mengecek perangkat dan jaringan internet Anda, dan pastikan bahwa Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan seperti pena atau pen stylus dan kertas. Jangan lupa untuk membaca instruksi tes dengan seksama dan mempersiapkan identitas diri seperti nomor pendaftaran dan dokumen jika diperlukan.

Dalam melaksanakan tes online, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Karena, jika perangkat atau koneksi internet terhambat di tengah-tengah melakukan tes tentu akan sangat merugikan bagi peserta. Dengan memastikan kondisi device dan internet sebelum tes, Anda bisa mengerjakan tes dengan nyaman dan fokus pada soal-soal yang diberikan.

Baca Juga: Beasiswa Kuliah S1 Fully Funded

Maksimalkan Batas Waktu yang Diberikan

Setiap siswa yang telah lulus tes beasiswa akan memberi tahu Anda bahwa bagian tersulit bukanlah tes itu sendiri, melainkan batasan waktu. Ini karena batasan waktu membuat prosesnya menegangkan, terutama ketika kelulusan Anda bergantung pada skor tes. Meskipun demikian, waktu yang dialokasikan sudah cukup dan jika dikelola dengan baik, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan semua tugas dalam waktu tertentu.

Selama mengikuti tes, fokus dan jangan ragu untuk mengambil waktu tambahan jika diperlukan. Pastikan untuk membaca soal dengan teliti dan menjawab dengan jawaban yang paling tepat. Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat dalam menjawab soal, pastikan untuk mengatur waktu dengan baik. Kerjakan soal yang lebih mudah dulu, baru kemudian beralih ke soal yang lebih sulit. Ini akan menghemat waktu dan membuat pengerjaan tes lebih efektif.

Terus Berlatih

Kerja keras akan membuahkan hasil dan tidak ada selain berlatih yang dapat mewujudkannya untuk Anda. Buat rencana persiapan dan bagilah menjadi beberapa bagian dan tetapkan tujuan spesifik untuk setiap bagian. Pastikan Anda mempertimbangkan semua sub-aspek dari pertanyaan sebelum menjawabnya. Setelah Anda selesai menjawab pertanyaan, analisislah secara kritis yang akan membantu Anda menemukan kekuatan dan kelemahan Anda.

Beristirahat dan Mengatur Waktu Belajar

Dalam mempersiapkan diri, tak jarang kita jadi belajar terlalu keras agar dapat menyerap semua materi yang akan diuji. Namun, hal ini akan membuat Anda kelelahan dan bisa jadi tak fokus saat mengerjakan tes online nantinya. Karena itu, mulailah belajar dari jauh-jauh hari agar bisa mempelajari semua materi tanpa merasa kelelahan.

Buatlah jadwal belajar yang rutin dan ikuti jadwal tersebut dengan disiplin. Jangan lupa beristirahat yang cukup dan menjaga kesehatan agar tubuh berada dalam kondisi fit ketika tes nanti, ya!

Baca Juga: Tips Lolos Beasiswa Kuliah di Kampus Impian Anda!

Tips dan Trik Agar Diterima Beasiswa

Sebelum mengirimkan berkas lamaran Anda ke instansi yang mengadakan program beasiswa, ada baiknya memperhatikan banyak hal yang tidak dilakukan dan yang harus dilakukan. Agar pengajuan lamaran Anda tidak terbuang percuma, Anda juga bisa mempersiapkan lebih awal untuk mengajukannya. Beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk mengajukan beasiswa.

Apply Secepatnya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah semakin cepat mengajukan berkas beasiswa, semakin awal penyelenggara mengenali dan mempelajari berkas Anda. Dengan dana beasiswa yang terbatas, tentu diperlukan seleksi ketat untuk memilih kandidat yang sesuai.

Pastikan Semua Persyaratan Lengkap

Saat Anda ingin melamar banyak beasiswa, ketelitian sangat penting untuk dimiliki. Terutama karena banyak beasiswa mengharuskan Anda untuk menyiapkan dokumen tertentu sebagai syarat pendaftaran. Persiapkan dokumen ini jauh-jauh hari dan periksa kembali kelengkapannya sebelum mendaftar.

Mendaftar Sesuai Minat dan Bakat

Perhatikan beasiswa dengan minat dan bakat Anda, sebab mendaftar di tempat yang salah tentu mendapatkan hasil yang tidak memuaskan dan keluar dari kemampuan serta potensi Anda.

Terus Berusaha Melamar

Berusaha keras dan sukses akan datang pada Anda dan hal yang paling penting dari semuanya adalah mengirimkan lamaran beasiswa. Ketidakpercayaan diri ini yang membuat Anda justru ragu untuk mulai mengajukannya, jadi percaya dirilah dan apply segera.

Baca Juga: Beasiswa Kuliah S1 Fully Funded

Beasiswa Gratis IDCloudHost 2024

Program beasiswa IDCloudHost merupakan program resmi dan sudah berkolaborasi dengan Seleksi Masuk Bersama (SMB) Telkom University. Beasiswa yang sudah bergerak sejak 2015 ini memiliki ribuan pendaftar setiap tahunnya. Beasiswa ini dapat diikuti oleh siswa kelas 12 hingga lulusan SMA yang lulus 5 tahun sebelumnya. Penerima beasiswa dapat berkuliah gratis di Telkom University mulai dari semester pertama hingga lulus, dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh IDCloudHost.

Beasiswa dari IDCloudHost tidak mewajibkan serta mengikat pesertanya untuk bekerja di IDCloudHost, Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan di IDCloudHost jika menginginkannya selama tidak mengganggu aktifitas perkuliahan. Jika Anda berminat untuk mengikuti pendaftaran beasiswa IDCloudHost di tahun 2021, Anda bisa mendaftarkan diri di Beasiswa IDCloudHost 2024 ya!