Tips Memanfaatkan Telegram untuk Berjualan Online dengan Mudah

Tips Memanfaatkan Telegram untuk Berjualan Online dengan Mudah

Dari sekian banyak aplikasi pesan yang bertebaran pada Play Store dan App Store, Telegram jadi aplikasi yang terdengar tidak asing. Sebab kata telegram sudah cukup sering didengar bahkan sejak smartphone se-populer saat ini, telegram dahulunya adalah fasilitas yang dimiliki oleh kantor pos yang berfungsi sebagai alat untuk mengirimkan pesan jarak jauh secara tertulis dengan cepat. Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, fasilitas ini mulai tergerus dan terlupakan bahkan sudah tidak lagi digunakan.

Kata telegram kembali muncul saat sebuah startup menggunakan kata telegram sebagai julukan bagi aplikasi yang mereka kembangkan, fungsinya masih sama seperti telegram di zamannya. Difungsikan sebagai alat untuk mengirimkan pesan tertulis, namun dengan fitur berbeda serta interface yang baik. Aplikasi ini ramah pada hampir semua perangkat, baik smartphone, tablet, bahkan desktop. Secara sederhana telegram bisa diartikan sebagai sebuah aplikasi pesan instan berbasis cloud yang berfokus pada kecepatan serta keamanannya, ia dirancang untuk memudahkan pengguna untuk berkirim pesan teks, video, audio, gambar hingga stiker dengan aman.

Pengaturan default dari aplikasi ini untuk semua pesan yang dikirimkan akan dienkripsi dengan standar dari internasional, bisa dibilang pesan-pesan tersebut tersebut aman dari pihak ketiga bahkan telegram sekalipun. Anda bisa mengirimkan apapun baik dalam bentuk langsung atau file zip sekalipun, asalkan orang yang Anda kirimi pesan memiliki akun dan terdaftar di telegram pada perangkatnya. Karena telegram berbasis cloud, Anda bisa mengakses telegram dari perangkat yang berbeda secara bersamaan, serta konten yang dikirimkan terbatas hingga 1,5 GB dan Anda bisa mengatur penyimpanan file tersebut di perangkat atau hanya pada cloud saja.

 

Keunggulan dari Aplikasi Telegram

 

Setiap aplikasi pastinya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, berikut keunggulan yang dimiliki aplikasi telegram yang membedakannya dengan aplikasi WhatsApp.

 

  1. Keamanan

    Dari sisi keamanan aplikasi telegram patut diacungi jempol, hingga tak jarang disebut-sebut sebagai aplikasi perpesanan yang paling aman. Aplikasi WhatsApp dan telegram sering dibandingkan terkait keamanannya, hal ini terjadi sejak WhatsApp diberitakan tidak aman untuk para penggunanya. Hingga ada yang menemukan remote eksploit WhatsApp dengan kemampuan masuk ke pesan milik pengguna, namun sampai saat ini belum ditemukan remote serupa untuk aplikasi telegram.

  2. Penyimpanan

    Sistem cloud server menjadi keuntungan yang dimiliki oleh telegram, sebab pengunduhan file pada telegram tidak tersimpan ke dalam telepon pintar milik Anda. Pesan-pesan baik teks maupun visual yang dikirim dan diterima tersimpan secara gratis pada server cloud milik telegram, pengguna juga bisa mengakses data yang tersimpan meski pada perangkat yang berbeda.

  3. Pengiriman Dokumen

    Ada dua opsi yang dimiliki telegram untuk pengiriman file dokumen, dengan kapasitas pengiriman sebesar 1,5 GB Anda bisa mengirimkan dokumen tersebut dengan format aslinya atau dengan file yang sudah dikompresi terlebih dahulu.

  4. Kapasitas Grup Besar

    Di telegram grup yang tersedia memiliki kapasitas sebanyak 5000 orang di satu grup, meski umumnya dalam satu grup hanya sekitar 200 an orang namun telegram tetap menyediakan kapasitas besar dengan jumlah paling maksimal.

  5. Secret Chat

    Fungsi fitur ini adalah menghapus chat secara otomatis dengan jangka waktu yang sudah diatur sebelumnya oleh pengguna, dengan alasan keamanan menjadi sebab utama digunakannya fitur ini.

  6. Pengguna dengan Nomor Banyak

    Telegram memberi izin kepada penggunanya untuk memiliki akun dengan beberapa nomor berbeda, ini mempermudah Anda untuk mengganti nomor telepon tanpa takut kehilangan data yang sudah ada sebelumnya karena data tersebut tetap tersimpan rapi di dalam server.

  7. Chat Bot

    Fitur chat otomatis ini bisa digunakan langsung pada aplikasi telegram tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga, meski WhatsApp juga memiliki fitur ini namun tidak sembarangan website memilikinya hanya untuk WhatsApp bisnis saja.

  8. Multi Profile

    Fitur ini cocok untuk Anda yang sering mengganti foto profil akun media sosial, Anda sebagai pengguna bisa mengunggah beberapa foto sekaligus untuk mengganti profil yang ada. Pengguna lainnya akan bisa melihat foto-foto tersebut dengan menggesernya.

 

Baca Juga  :    Kumpulan Aplikasi Live Chat Untuk Website Dan Toko Online

 

Tips Berjualan di Telegram

Tips Memanfaatkan Telegram untuk Berjualan Online dengan Mudah
 

Siapa sangka aplikasi satu ini bisa digunakan untuk berjualan secara online di balik banyak kemudahan yang ia tawarkan, berikut tips yang bisa Anda jadikan sandaran untuk mulai berjualan online di aplikasi telegram.

 

  • Menggunakan Grup Telegram

    Dalam telegram terdapat banyak grup yang bisa Anda gabung tanpa syarat apapun, grup-grup ini umumnya berisi berbagai macam topik. Seperti grup IT, grup kantor dan sebagainya, dengan grup yang sesuai Anda bisa menggunakannya untuk media jualan secara online. Kamu harus mencari tahu grup jual beli yang aktif di Instagram, perhatikan juga member atau anggota yang berada di dalamnya. Semakin banyak anggotanya, maka Anda bisa mempromosikan produk yang Anda miliki. Namun tidak semua grup memperbolehkan membernya secara bebas berjualan di grup tersebut, carilah grup tersebut dengan kata kunci yang tepat.

  • Channel Telegram

    Bedanya grup dengan channel adalah, channel hanya dipergunakan oleh si pemilik dan melakukan komunikasi satu arah. Orang-orang akan mensubscribe channel untuk mendapatkan info jualan yang sudah dipromosikan, tanpa bisa memberikan tanggapan apapun terhadap postingan tersebut. Anda bisa membangun channel telegram sendiri dan memiliki sebanyak-banyaknya subscriber, dan promosikan produk milik Anda di channel tersebut.
     

    Baca Juga : Cara Memindahkan / Import Chat WhatsApp ke Telegram dengan Mudah dan Cepat

  • Memanfaatkan soft selling

    Saat berhasil memasuki sebuah grup, Anda tidak boleh lupa untuk melakukan pendekatan kepada anggota grup yang berfungsi sebagai penaik ranting di konsumennya.

  • Selalu Ingat Sharing Is Caring

    Cobalah dengan aktif dan mulai mengikuti hal-hal yang diberikan oleh seseorang, dengan kesan baik seperti itu Anda tidak akan dianggap melakukan spam produk di sana. Hal ini bisa Anda jalankan agar suatu saat mereka ingin membelinya.

  • Jalin Komunikasi

    Menjalin komunikasi yang baik kepada anggota grup tentu sesuatu yang dianjurkan, Anda bisa mulai mencobanya tanpa harus terus-terusan memberikan pesan terkait penjualan.

  • Konsisten

    Menjadi kunci utama dalam menjadikan telegram sebagai media untuk bisnis online, jadi hal terakhir yang bisa kami sarankan untuk Anda.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk UMKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Aplikasi telegram kini tidak hanya berfungsi sebagai platform perpesanan instan namun juga bisa digunakan untuk menjalankan bisnis online Anda, tidak hanya digunakan pada smartphone telegram juga bisa digunakan pada desktop. Baik dengan atau tanpa aplikasi sekalipun, Anda hanya perlu melakukan login pada telegram menggunakan nomor telepon yang sudah didaftarkan. Biasanya akan muncul pesan verifikasi untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik dari akun yang sedang dituju, jika kode tersebut terverifikasi tentu Anda bisa masuk dan menggunakan aplikasi telegram tersebut.

Dengan semua kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, telegram masih tetap unggul selangkah dari aplikasi WhatsApp. Jika dilihat dari segi keamanan, telegram patut diacungi jempol. Anda tidak lagi dibuat takut dan merasa was-was hanya karena keamanan pada sebuah aplikasi, setelah menjalankan berbagai tips berjualan di telegram yang diberikan ada baiknya Anda menguatkan keinginan untuk tetap konsisten menjalankannya. Sebab tidak ada bisnis yang dimulai dengan instan, dan berkembang secara instan.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update