10 Tools Social Media Analytics Terbaik

10 Tools Social Media Analytics Terbaik

Saat ini media sosial bukan hanya menjadi platform tempat penggunanya berinteraksi secara virtual dengan pengguna yang lain, tetapi juga bisa digunakan sebagai tempat untuk memasarkan produk, jasa, atau bisnis dan karir pribadi seperti influencer.

Tentunya bila Anda menggunakan media sosial untuk keperluan tersebut, Anda harus bisa memanfaatkan media sosial dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Agar bisa memanfaatkan media sosial dengan baik, Anda perlu melakukan social media analytics atau analisis media sosial. Analisis media sosial adalah proses mencari dan mengumpulkan data dari media sosial.

Dalam proses tersebut, Anda perlu menggunakan tools social media analytics yang bisa digunakan untuk membantu memudahkan Anda untuk menilai berapa besar performa dan efektivitas akun.

Apa Itu Tools Social Media Analytics?

Tools social media analytics berfungsi sebagai alat bantu untuk mengumpulkan data-data yang didapatkan dari media sosial dan memudahkan proses analisis media sosial. Secara umum, data-data yang dikumpulkan oleh tools tersebut terdiri dari performa media sosial, performa kompetitor, performa iklan yang Anda gunakan, dan data terkait audiens dan influencer lain.

10 Tools Social Media Analytics Terbaik

10 Tools Social Media Analytics Terbaik

Ada banyak tools social media analytics yang bisa Anda gunakan, simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui apa saja toolsnya!

  • Google Analytics

Google analytics adalah platform gratis yang mengumpulkan data dari situs web dan aplikasi yang digunakan agar bisa dianalisa kinerja websitenya berdasarkan data-data statistik yang dikumpulkan. Meskipun pada dasarnya untuk website, google analytics juga bisa digunakan untuk social media analytics. Beberapa fitur yang terdapat di google analytics seperti laporan real-time, audiens, saluran dan perilaku pengunjung.

Google analytics bisa digunakan dengan gratis tetapi terbatas pada situs tertentu saja. Sedangkan untuk menggunakannya tanpa batas, Anda bisa membayar 12,500 USD/bulan atau 150.000 USD/tahun.

  • Sprout Social

Tools ini umumnya digunakan oleh perusahaan karena menyediakan beberapa fitur tingkat profesional. Salah satu keunggulan sprout social dibandingkan dengan tools lain adalah kemampuannya untuk menganalisa suatu topik, keyword hingga hashtag secara kontekstual dan kualitatif. 

Berbeda dengan google analytics yang bisa melakukan percobaan gratis selama 30 hari tanpa membayar. Setelah 30 hari, jika ingin terus menggunakan sprout social Anda harus membayar mulai dari $249/bulan untuk paket standar, $399/bulan untuk paket profesional, $499/bulan untuk paket advanced, dan ada juga paket khusus enterprise. 

  • Keyhole

Keyhole adalah salah satu tools yang bisa digunakan untuk membantu Anda melakukan social media analytics. Salah satu keunggulan keyhole adalah dashboard yang easy to use dan fitur dedicated Influencers metrics yang bisa digunakan untuk menganalisa tagar dan memfilter influencer lain berdasarkan lokasi geografis dan keyword di bio mereka.

Sama seperti sprout social, Anda harus membayar lebih dulu sebelum menggunakan tools ini. Adapun harganya tergantung pada package yang Anda pilih mulai dari $49 untuk basic, $99 untuk plus dan $199 untuk professional.

  • Hootsuite

Tools social media analytics selanjutnya adalah Hootsuite yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tools lain seperti: kostumisasi laporan dengan 200 metrik lebih yang bisa diubah ke format PowerPoint, PDF hingga Excel. Tools ini juga bisa mengukur waktu respons tim customer support di media sosial Facebook dan Twitter dan melacak brand mentions.

Tools ini juga tools berbayar yang menawarkan percobaan gratis selama 30 hari. Sedangkan untuk penawaran harganya mulai dari $99/bulan untuk profesional, $249/bulan untuk paket team, hingga $799/bulan untuk paket business dan paket khusus enterprise.

  • Socialbakers

Tools selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk social media analytics adalah Socialbakers yang pada tahun 2021 sudah rebranding menjadi Emplifi. Tools ini menyediakan alat analisis yang digunakan untuk melacak beberapa profil, KPI,  dan juga memberi report secara otomatis.

Socialbakers juga memiliki tool lain yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan konten, mengidentifikasi influencer yang berpotensi tinggi, memetakan persona digital, serta layanan pelanggan di media sosial. Tools ini juga merupakan tools \berbayar dimana starting price-nya dimulai dari $200/bulan.

  • Talkwalker

Talkwalker adalah tools lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan analisis media sosial. Keunggulan tools ini dibandingkan yang lain adalah Anda bisa mendapatkan laporan tentang pengikut, engagement, jangkauan, dan pangsa media sosial. Selain itu, Talkwalker juga memungkin Anda untuk melacak konten apa yang paling menarik lengkap bersama dengan penjelasan tentang segmen audiensnya.

Sebelum menggunakan Talkwalker, Anda diharuskan untuk membeli package yang sesuai kebutuhan. Ada 3 package yang bisa Anda pilih yaitu Listen, Analyze dan Research dengan range harga mulai dari $9000/tahun.

  • Sendible

Tools selanjutnya adalah Sendible. Tools ini memiliki beberapa fiitur seperti direct scheduling, kustomisasi konten, report hasil analisa dan tren dan audience engagement. Tools ini cocok digunakan untuk perorangan atau usaha kecil karena harganya yang lebih terjangkau dengan kapasitas yang lebih besar.

Anda bisa membeli tools ini dengan harga mulai dari $29 per bulan untuk paket creator, $89 per bulan untuk paket traction dan $199 per bulannya untuk paket scale. Layanan sendible sendiri dibagi berdasarkan jumlah usernya seperti paket creator untuk 1 user hingga seterusnya untuk 4 dan 7 user. Sendible juga membuka free trial selama 14 hari.

  • Iconosquare

Ada juga tools Iconosquare yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisis media sosial. Fitur yang dimiliki oleh Iconosqure hampir sama dengan tools lain diantaranya adalah competitor tracking dan benchmarking. Adapun fitur lain yang dimiliki oleh Iconosquare seperti dapat mempublikasikan konten secara otomatis dan terjadwal, membuat laporan media sosial yang bisa dibuat dengan otomatis dalam 3 menit.

  • Pixlee

Tools selanjutnya adalah Pixlee. Hampir sama seperti tools lainnya, dengan menggunakan Pixlee Anda bisa mendapatkan data/analisa pertumbuhan followers, pelacakan hashtag, dan statistik performa akun media sosial yang dipilih. Pixlee juga bisa digunakan untuk menganalisa metriks untuk mengetahui cara yang tepat untuk mendorong engagement dengan pengikut dan mengidentifikasi postingan mana yang paling menarik.

Sayangnya dibandingkan dengan tools lain, Pixlee terbilang lebih mahal dengan harga kisaran $399.00/bulannya.

  • Crowdfire

Tools terakhir adalah Crowdfire. Selain untuk social media analytics, fitur lain dari crowdfire adalah konten, publish, dan mentions. Dengan menggunakan crowdfire, Anda bisa membuat posting schedule, melihat performa akun dalam rentang waktu 90, 30, 7, hingga kemarin, dan melacak mention brand dengan harga mulai dari  $9,99/bulan, $49,9/bulan, $99,99/bulan dan free trial selama 1 hari.

Penutup

Itu tadi adalah tools-tools yang dapat mempermudah Anda saat melakukan social media analytics. Tools ini berfungsi untuk mengumpulkan data-data yang menjadi indikator penilaian performa media sosial Anda agar bisa diptimalkan. Untuk menunjang strategi marketing, Anda bisa menggunakan Cloud VPS IDCloudHost dengan harga terjangkau dan fleksibel untuk membangun website brand Anda.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update