VPS Linux dan VPS Windows, Apa Bedanya?

VPS Linux dan VPS Windows, Apa Bedanya?

Bisnis online yang berbeda membutuhkan layanan web hosting yang berbeda pula. Faktanya, banyak perusahaan lebih memilih hosting VPS untuk kebutuhan mereka karena menyediakan lingkungan web hosting yang lebih stabil dan dapat diprediksi.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memilih VPS untuk bisnis Anda, kami ingin menyebutkan dua sistem operasi yang paling populer, yaitu : Windows dan Linux. Keduanya digunakan lebih dari 60% dari semua situs web dan beberapa di antaranya dikelola melalui VPS hosting. Setelah itu pasti Anda penasaran mengenai perbedaan dari kedua VPS tersebut. Apa saja perbedaan antara VPS Linux dan Windows? Temukan jawabannya di artikel ini!

Apa Itu VPS?

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Satu server dibagi menjadi beberapa server virtual untuk menghasilkan VPS. Setiap server virtual yang dibagi, memiliki sumber daya khusus, seperti RAM dan ruang disk. VPS Linux dapat menggunakan OS apa pun mulai dari Debian, CentOS, atau OS Ubuntu karena semuanya berjalan pada Kernel Unix yang sama. Server pribadi virtual adalah pilihan tepat untuk bisnis yang berkembang pesat karena memungkinkan skalabilitas yang lebih cepat dan lebih efisien. Tidak seperti banyak solution lainnya, VPS adalah pilihan yang sangat baik.

Baca Juga: Dedicated Server vs Cloud VPS: Mana yang Lebih Baik?

VPS Linux dan VPS Windows

Perbedaan mendasar antara VPS Linux dan VPS Windows didasarkan pada teknologi yang mengelola server virtual

  • Layanan VPS Windows dikelola oleh OS Windows, tepatnya salah satu versi Windows Server. VPS Windows bergantung pada alat-alat dari Microsoft untuk manajemen situs web dan basis datanya. Hanya perusahaan besar dengan anggaran besar yang biasanya memilih VPS Windows karena biaya pengoperasian yang tinggi.
  • Sebaliknya, VPS Linux menggunakan OS Linux dan bergantung pada alat pengembangan web sumber terbuka dan platform database. Bisnis kecil dan menengah menggunakan VPS Linux karena lebih murah dan lebih mudah digunakan.

Baca Juga: 5+ Fleksibilitas Biaya Cloud VPS Bagi Bisnis Anda

Perbedaan Antara VPS Linux Dan VPS Windows

vps windows vs linux

Kami telah memilih beberapa metrik penting untuk menentukan perbedaan antara VPS Linux dan VPS Windows. Mari kita lihat perbedaannya secara lebih rinci sebagai berikut.

Performa

Sebuah OS web hosting harus memprioritaskan kecepatan dan stabilitas. Pada VPS hosting, OS harus memiliki kapasitas untuk dioptimalkan agar lebih cepat dan meningkatkan performa. Pengoptimalan dapat mencakup penyesuaian lingkungan hosting untuk memaksimalkan kinerja situs web dan penyediaan server yang lebih cepat dan lebih responsif yang digerakkan oleh server multicore.

Meskipun VPS Linux dan VPS Windows memiliki kinerja yang tak tertandingi, OS Linux biasanya menggunakan command-line interface, yang artinya menggunakan lebih sedikit RAM. Sedangkan Windows didasarkan pada graphical user interface (GUI) dan mengkonsumsi lebih banyak RAM di sebagian besar penggunaannya. Linux juga dianggap sebagai pilihan hosting web yang lebih stabil.

Biaya

Linux adalah software open-source, sehingga biayanya lebih murah daripada Windows. Karena bersifat open-source, komunitas pengguna bebas mempelajari atau mengubah perangkat lunak untuk meningkatkan kinerjanya atau memperkenalkan fungsionalitas baru. Para pengguna juga dapat mendistribusikan perangkat lunak kepada orang lain, sesuatu yang tidak dapat dilakukan pada Windows.

Selain itu, Linux juga menawarkan fungsionalitas tingkat perusahaan kepada para pengguna, misalnya menurunkan biaya pengelolaan lingkungan VPS. Karena OS-nya gratis, pemilik bisnis dapat menggunakan biaya lebih murah pada pelanggan dan membangun kepercayaan melalui strategi penetapan harga yang efisien.

Di sisi lain, Windows membebankan biaya lisensi yang tinggi, yang mungkin sulit untuk dibayar oleh perusahaan rintisan berskala kecil dan menengah. Selain itu, jika Anda memilih solution dan penyedia hosting yang tidak memiliki lisensi Windows, mereka akan membebankan biaya tersebut kepada Anda. Linux adalah pemenang yang jelas dalam hal kategori biaya.

Keamanan

Mengusir penjahat cyber, melindungi data pengguna yang sensitif dan mengelola lalu lintas web secara efisien adalah masalah keamanan yang sangat penting untuk bisnis apa pun. Sebuah hosting VPS juga membutuhkan langkah-langkah keamanan yang tangguh, tergantung pada OS yang mengelola lingkungan hosting.

Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling sering diserang. Namun, Windows berdedikasi untuk menghadirkan langkah-langkah keamanan baru setiap kali memperbarui versi OS nya. Di sisi lain, Linux memiliki komunitas pengguna yang sangat besar yang terdiri dari para insinyur perangkat lunak ahli yang secara kolektif bekerja untuk mengembangkan fitur keamanan yang lebih baik dan lebih kuat untuk menjaga kinerja sistem operasi Linux.

Karena sistem Linux bahkan tidak mencakup setengah dari pengguna komputer di dunia, Linux memiliki target yang lebih kecil dan tidak terlalu rentan terhadap masalah keamanan. Dan jika ada masalah yang muncul di lingkungan Linux, komunitasnya dapat menyelesaikan masalah dengan cepat.

Fleksibilitas

Skalabilitas adalah salah satu alasan pemilik bisnis lebih memilih hosting VPS. Misalkan satu bisnis membutuhkan solution untuk menjalankan beberapa situs, sementara yang lain membutuhkan solution untuk menggunakan berbagai alat untuk mengelola operasi yang berkembang. Dalam kasus seperti itu, penyedia layanan VPS membutuhkan solution tunggal yang cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan setiap klien.

Salah satu perbedaan utama antara solution VPS Linux dan Windows adalah Linux menyediakan lebih banyak opsi untuk memilih alat dan CMS Anda. Dengan Windows, pilihan Anda akan terbatas pada perangkat lunak satu perusahaan. Anda juga harus belajar tentang berbagai teknologi berbasis Microsoft seperti ASP dan Microsoft SQL Server.

Di sisi lain, Linux mendukung beragam pilihan dan membuatnya lebih murah untuk ditambahkan pada lingkungan hosting. Jika Anda tidak ingin terikat pada seperangkat alat dan sumber daya tertentu, Windows mungkin tidak ideal untuk Anda.

Baca Juga: Istilah-Istilah VPS yang Wajib Anda Ketahui

Jadi, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan utama antara VPS Windows dan VPS Linux adalah VPS Windows dirancang untuk menjalankan Windows Server. Ini berarti bahwa VPS Windows hadir dengan berbagai fitur dan alat yang tidak tersedia pada VPS Linux. Misalnya, VPS Windows biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada VPS Linux, dan biasanya lebih dapat diandalkan daripada VPS Linux.

Namun, ada beberapa keuntungan menggunakan VPS Linux dibandingkan server VPS Windows. Misalnya, VPS Linux biasanya lebih cepat daripada VPS Windows, dan lebih mudah diatur dan dikelola daripada VPS Windows. Kami harap Anda senang membaca artikel kami dan mempelajari perbedaan antara VPS Linux dan Windows. Seperti yang bisa Anda sadari dari perbedaannya, satu solution VPS tidak lebih baik dari yang lain. VPS Linux dan VPS Windows dirancang untuk melayani orang dan organisasi yang berbeda.

Namun, Anda tidak perlu bingung lagi karena Anda bisa menggunakan Server VPS NVMe dari IDCloudHost dengan hardware server terbaru membuat performa server VPS Anda akan lebih cepat, aman, akurat dan mempunyai daya tahan yang tinggi. Buruan order sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update