Website Belum Tampil Meskipun Sudah Upload File ke Cpanel Hosting

Website Belum Tampil Meskipun Sudah Upload File ke Cpanel Hosting

Sering kali kita mengalami kejadian dimana saat sudah melakukan upload untuk konten website masih mengalami permasalahan dimana file tidak terbaca, atau website menampilkan folder data-data yang kita upload. Mungkin pertanyaan ini menduduki peringkat atas daftar pertanyaan yangpaling sering ditanyakan oleh pelanggan. Penyebabnya biasanya sangat simple, namun tetap perlu kita bahas agar anda dapat menganalisis letak kesalahanya.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan website tidak bisa membaca file dengan benar :

  1. File tidak terupload ke direktori publik_html
    Semua file website dan folder harus berada dibawah direktori publik_html (atau lengkapnya/home/username/publik_html). Di luar direktori tersebut file website tidak akan dapat ditampilkan. Pastikan anda telah masuk ke direktori publik_html dahulu baru mengupload file.
    Jika mengunakan FTP, pertama kali seteah software FTP anda terkoneksi dengan server web hosting, direktorinya adalah /home/username/. Anda perlu mengklik folder publik_html dahulu agar bisa masuk ke /home/username/publik_html.
  2. Tidak ada file index
    Nama file yang pertama kali akan ditampilkan sebagai halaman depan haruslah index. *(index.htm, index.html, atau index.php). Tanpa file index, halaman depan website anda tidak akan muncul.
  3. Penulisan nama index file salah
    Masih berkaitan dengan poin 2 diatas, bisa jadi anda telah memiliki file inde. Akan tetapi penamaanya salah (mengandung huruf kapital). Nama file index harus dalamhuruf kecil. Contoh nama file yang benar : index.htm / index.htm bukan Index.html / index.HTM
  4. Software yang digunkan untuk mendesain web tidak memenuhi syarat
    Meskipun tidak selalu terjadi, kadang apabila anda membuat wensite dengan Microsoft Publisher, hasil output file html dari software tersebut tidak standard. Ukuraya cendrung membengkak, atau menggunakan tag (kode) html yang tidak standard. Hal ini menyebabkan wensite anda tidak dapt tampil.
    Gunakan software yang memang diperuntukan untuk pembuatan website seperti Macromedia Dreamweaver / Adobe Dreamweaver dan Microsoft Frontpage.
  5. Terkadang beberapa framework mempunyai cara sendiri untuk setup website pada hosting, seperti pada penjelasan tutorial berikut :

 

JIka website anda masih belum tampil juga hubungi bagian teknis IDCloudHost untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update