Widget : Cara Kerja dan Jenis/Tipe Penggunaannya

Widget : Cara Kerja dan Jenis/Tipe Penggunaannya

Biasanya blog dan situs web yang menggunakan platform CMS pasti mengenal widget yang merupakan blok konten yang dapat Anda tambahkan ke bilah sisi WordPress, footer, dan area widget lainnya di situs web Anda. Widget bisa menjadi cara mudah untuk membantu menambahkan galeri gambar, umpan media sosial, kutipan, kalender, posting populer dan elemen dinamis lainnya ke situs atau blog yang menggunakan WordPress.

Dengan bantuan widget akan membantu para pemilik situs web dan blog untuk memaksimalkan website yang mereka punya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Bantuan widget akan sangat terasa jika Anda adalah seorang penulis konten yang ingin membangun personal branding di website. Mengingat sosial media merupakan bagian tak terpisahkan, maka Anda bisa menambahkan semua akun sosial media Anda ke situs web atau blog dengan mengandalkan widget.

Adapun widget sendiri sangat beragam dan yang bisa diubah suai dalam membantu Anda menyesuaikan tampilan website seperti apa yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengetahui jenis-jenis widget dan cara penggunaannya, Anda bisa menyimak artikel ini sampai habis. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara kerja widget dan jenis serta penggunaannya.

 

Cara Kerja Widget dan Menambahkannya di WordPress

 

 

Lebih umumnya widget ditemukan di platform WordPress dimana Anda dapat menemukan area widget Anda di dashboard dengan masuk ke Appearance » Widgets di dashboard admin WordPress Anda. Disini Anda bisa tambahkan widget, termasuk sidebar, header, dan footer. Perlu diketahui, area dimana Anda dapat menempatkan widget ditentukan oleh tema WordPress Anda yang mana ini nantinya akan terlihat berbeda tergantung pada tema yang Anda gunakan.

Penggunaan widget juga banyak membantu pemilik situs web dan blog karena mereka dapat menambahkan tautan dan gambar, contohnya. Jika Anda ingin juga menambahkan widget di WordPress Anda, maka Anda bisa mencoba langkah- langkah dibawah ini.

 

Melalui Halaman Widget

Cara menambahkan widget yang paling mudah adalah melalui halaman widget, berikut tahapan menambahkan widget melalui halaman widget.

  • Arahkan ke Appearance, kemudian klik Widgets lalu tekan ‘Panah’ di bagian widget bilah sisi untuk memperluas bagian widget. Kemudian, klik ikon ‘Plus’ atau ‘+’ untuk membuka menu blok widget.
  • Di sini Anda dapat mencari widget berdasarkan nama. Atau, klik tombol ‘Jelajahi semua’ untuk membuka menu semua widget yang tersedia. Untuk menambahkan widget ke sidebar Anda cukup klik pada widget dan widget itu akan otomatis ditambahkan ke sidebar Anda.
  • Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah mengklik ‘Perbarui’ dan widget sekarang akan ditampilkan di situs web Anda.

 

Baca Juga  :     Plugin WooCommerce dan Panduan Instalnya di WordPress

 

Melalui Penyesuaian Tema WordPress

Disamping cara pertama diatas, halaman widget bukan satu-satunya cara untuk menambahkan widget ke blog WordPress Anda. Anda juga dapat menambahkan widget dengan menggunakan penyesuai tema WordPress.

  • Arahkan ke Appearance » Customize lalu klik opsi menu ‘Widgets’. Setelah itu, klik ikon adblock ‘+’ untuk memunculkan menu blok widget.
  • Pilih blok widget dan secara otomatis akan ditambahkan ke sidebar Anda. Proses menambahkan widget sama seperti di atas.
  • Setelah Anda selesai membuat perubahan pada area widget Anda, klik tombol ‘Terbitkan’ untuk mendorong perubahan Anda secara langsung

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Blog di Platform Blog Besar

 

Jenis/Tipe Widget dan Penggunaanya Masing- Masing

Widget : Cara Kerja dan Jenis/Tipe Penggunaannya
 

Karena ada berbagai widget maka widget dibagi menjadi berbagai jenis-jenis tipe widget yang juga mempengaruhi kegunaannya dimana setiap jenis widget memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Berikut ini merupakan jenis-jenis widget dan kegunaannya.

 

  • Primitif Widget

    Ini adalah jenis widget yang merupakan elemen antarmuka dasar yang digunakan untuk membuat aplikasi widget. Tipe widget ini digunakan untuk menampilkan visualisasi, untuk memungkinkan pengguna membuat pilihan dalam UI, dan lain sebagainya. Adapun primitif widget IDL sendiri mencakup elemen antarmuka standar seperti tombol, kotak kombo, daftar, tabel, dan label. Masih dengan widget ini juga, Anda juga dapat menambahkan tabel, pohon, area gambar, dan lembar properti ke aplikasi widget.

  • Widget Gabungan

    Dibangun dari primitif widget, widget gabungan ini merupakan elemen antarmuka yang lebih kompleks/ Widget gabungan memungkinkan pengembangan kode widget yang dapat digunakan kembali, seperti subrutin GUI. Semua widget gabungan yang disertakan bersama IDL memiliki nama file yang dimulai dengan CW_ agar lebih membuatnya mudah diidentifikasi.

  • Widget Majemuk

    Ditulis dalam bahasa IDL, widget majemuk adalah sub-pohon widget lengkap, mandiri, dan dapat digunakan kembali yang berperilaku sebagian besar seperti widget primitif. Widget majemuk adalah sub-pohon widget lengkap, mandiri, dan dapat digunakan kembali yang berperilaku sebagian besar seperti widget primitif, tetapi yang ditulis dalam bahasa IDL. Jenis widget juga adalah gabungan mendukung pengembangan kode widget yang dapat digunakan kembali, seperti subrutin GUI.

  • Widget Menu Navigasi

    Widget Menu Navigasi memungkinkan Anda membuat menu navigasi khusus serta menu navigasi utama di situs Anda, lalu menambahkannya ke area widget. Anda bahkan dapat menambahkan menu navigasi utama ke area widget, meskipun ini hanya akan berfungsi jika Anda memiliki menu navigasi kecil saja.

  • Recent Posts Widget

    Paling umum digunakan di blog, jenis widget ini memungkinkan Anda menampilkan daftar posting terbaru Anda di sidebar atau footer setiap halaman di situs Anda, meningkatkan kemungkinan orang akan menelusuri situs dan membaca sejumlah posting. Widget Recent Posts sudah diinstal sebelumnya dengan WordPress sehingga akan memungkinkan Anda mengatur berapa banyak posting yang ingin Anda tampilkan dan judul apa yang ingin Anda berikan pada widget nantinya.

  • Widget Call to Action

    Call to Action (CTA) sangat penting bagi situs web yang berbasis bisnis sehingga widget ini akan sangat diperlukan untuk ditambahkan dalam laman web. Widget dapat mempermudah pemasaran dengan menambahkan dan meletakkan berupa tombol sederhana berupa ajakan yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan format teks, HTML hingga bahkan widget gambar yang semuanya sudah diinstal sebelumnya dengan WordPress.

  • Widget Media

    Media adalah bagian terpenting dari sebuah situs web dan blog, maka widget ini untuk tujuan media yang merupakan widget yang berisi foto, video, atau hal lain yang menyangkut media. Menambahkan media ke sidebar atau footer pada website akan menghidupkan situs Anda dan memberi pengguna sesuatu untuk dilihat atau berinteraksi. Anda dapat menggunakan widget Gambar bawaan untuk menampilkan gambar apa pun di sisi halaman Anda atau footer Anda dan itu memungkinkan Anda mengubah gambar itu menjadi tautan juga. Jika Anda ingin menambahkan link video dari YouTube akun Anda, tidak ada salahnya menggunakan widget jenis ini.

  • Widget Recent Comments

    Komentar sangat penting bagi situs web dan blog sehingga Anda juga bisa menggunakan widget ini untuk menampilkan komentar terbaru pengunjung Anda agar lebih relevan. Selain itu, widget ini juga dapat menavigasi komentar uang masuk untuk dapat bergabung dalam diskusi yang Anda siapkan. Jika Anda ingin menambahkan fungsionalitas ekstra, Anda dapat menginstal plugin komentar pihak ketiga seperti widget WP Social Comments yang memungkinkan orang berkomentar menggunakan akun Facebook sehingga akan sangat bagus untuk keterlibatan media sosial.

 

Baca Juga  :      Plugin untuk Pop Up Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Kelebihan dari pengguna CMS WordPress adalah widget yang bisa digunakan untuk menambahkan gambar, video, atau mencantumkan media sosial. Dengan bantuan widget maka Anda bisa mendesain dan merancang situs web dan blog Anda menjadi lebih menarik sesuai dengan kebutuhan juga keperluan Anda. Belum lagi, dengan banyaknya jenis dan tujuan penggunaan widget, maka ini tentunya akan lebih mempermudah Anda.

Bahkan semua widget bisa Anda tambahkan di CMS yang sedang Anda gunakan. Dengan tersedianya widget yang terdapat di platform CMS meringkas banyak pekerjaan Anda karena tinggal menambah dan mengaturnya saja dengan mudah tanpa harus melakukan coding sehingga ini akan menambah tampilan website Anda menjadi lebih menarik.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update