Mengenal Worm: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya

Mengenal Worm: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya

Jika sering berselancar di internet, Anda mungkin pernah mendengar istilah worm dan malware. Namun, apa sebenarnya makna dari istilah itu? Worm adalah malware yang dapat merusak komputer, biasanya disebut juga sebagai cacing komputer. 

Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh John Brunner di tahun 1975. Brunner menyebutkan ‘computer worm’ dalam novel science fictionnya yang berjudul The Shockware Rider. Dalam novel tersebut, sang protagonis bernama Nick Haflinger menciptakan cacing komputer ini  untuk menguak rahasia-rahasia pemerintah. 

Worm yang dibuat oleh Haflinger dapat menyusup ke dalam akses komputer dan jaringan. Selain  itu, cacing komputer ini juga dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dalam jaringan. Bagaimana karakteristik dan jenis malware yang satu ini sebenarnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Cara Menghapus Virus/Malware dan Menjaga Keamanan Data di Komputer

Apa Itu Worm?

Unsecured Unavailable Spyware Crash Denied Concept

Di  dunia nyata, Worm memiliki cara kerja yang mirip dengan apa yang ada dalam novel karangan John Brunner. Jenis malware yang satu ini dapat menggandakan diri sendiri dan menyebar dalam sebuah jaringan. Karena itu, cacing komputer menghasilkan replika yang bentuknya sama persis dengan yang asli dan akan menjangkiti komputer satu ke komputer lainnya. 

Penyebaran ini dapat terjadi baik lewat LAN, WAN, maupun internet. Worm yang masuk ke dalam komputer Anda akan menyebabkan dampak buruk, mulai dari ketidaknyamanan saat menggunakan device, hingga merusak hardware. 

Jenis malware yang satu ini dapat menghabiskan disk space Anda sehingga kinerja komputer menurun. Malware yang satu ini juga bisa menghapus file sendiri dan menginstal berbagai software berbahaya yang akan memperparah kerusakan komputer Anda. 

Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan celah-celah keamanan pada komputer maupun jaringan. Misalnya, dengan memanfaatkan kesalahan konfigurasi pada WiFi, atau adanya loopholes pada OS, dan aplikasi yang memiliki sudah lama tidak update sehingga keamannya lemah. 

Untuk menggandakan diri, cacing komputer menggunakan sumber daya jaringan. Proses ini tentunya membutuhkan kinerja ekstra dari komputer dan akan memakan sangat banyak memori. Karena itulah, komputer yang terjangkit biasanya memiliki kinerja lambat dan sangat panas walau hanya untuk membuka program biasa. 

Jenis-jenis Worm

jenis worm adalah
Angry hacker woman because of access denied while trying to attack government firewall. Programmer writing a dangerous malware for cyber attacks using performance laptop during midnight.

Selain cara kerja dan dampaknya yang berbahaya untuk komputer maupun jaringan, Anda juga sebaiknya mengetahui jenis-jenis worm berdasarkan pendistribusiannya. Berikut adalah jens-jenis yang harus Anda hindari.

  1. Internet Worm

Internet worm adalah yang paling cepat dan mandiri dalam penyebarannya. Komputer yang sudah terjangkit worm ini akan berpotensi menjangkiti komputer lain yang berada di jaringan internet sama dengannya. 

  1. Email Worm

Email worm adalah cacing komputer yang menyebar melalui email sebagai medianya. Biasanya, email tersebut dibuat dengan subjek yang bombastis dan menarik perhatian pengguna untuk membukanya. 

Worm akan terletak pada file yang terlampir dalam email. File berbahaya ini memiliki ekstensi yang agak janggal, misalnya .avi.exe atau .mp3.exe. Jika pengguna lengah, kita akan mengiranya sebagai file video biasa, padahal itu adalah aplikasi berisi worm. 

  1. Instant Messaging Worm

Instant messaging worm adalah worm yang menyebar lewat aplikasi instant messaging (chat). Biasanya, malware yang satu ini terselip dalam pesan yang dikirimkan seseorang. Pesan tersebut berisi link yang akan mengarahkan Anda untuk membuka link mencurigakan. Pesan tersebut bisa saja berisi informasi yang menarik, atau undian yang menggiurkan. Jika Anda merasa link atau pengirimnya mencurigakan, sebaiknya jangan dibuka karena URL tersebut bisa saja berisi worm. 

  1. P2P Worm

P2P worm adalah singkatan dari person-to-person worm, yang menyebar lewat pertukaran file antar pengguna. Caranya bisa beragam, worm tersebut bisa menggandakan diri dan terkirim melalui email. Selain itu, bisa juga menyebar lewat aplikasi chat (instant messaging). Penyebaran P2P worm biasanya terjadi secara tak sengaja dan mengincar orang-orang yang ada di kontak Anda. 

Ciri-ciri Komputer Terserang Worm

ciri-ciri komputer terserang worm

Komputer yang terserang worm akan mengalami tanda-tanda yang dapat Anda waspadai. Berikut adalah tanda-tanda worm yang wajib Anda periksa di komputer Anda:

  1. Adanya aktivitas tidak biasa pada komputer
  2. Performa komputer menurun, sering mengalami lag dan loading lebih lambat
  3. Ada program yang berjalan secara otomatis walaupun tidak pernah Anda konfigurasi
  4. Sistem operasi sering freeze dan tidak merespon
  5. Ada banyak error pada aplikasi, sistem operasi, atau bahkan hardware
  6. Sering mendapat peringatan dari firewall
  7. Banyak email dan chat yang terkirim secara otomatis tanpa sepengetahuan Anda
  8. Banyak add-ons terinstal pada web browser tanpa Anda sadari
  9. Ada file yang terhapus atau berubah bentuk
  10. Terdapat berbagai file dan ikon asing yang muncul ada browser atau komputer 

Baca Juga: Apa Itu Adware? Pengertian, Dampak, dan Cara Mencegah

Mencegah Komputer Terjangkit Worm

mencegah worm

Setelah mengetahui jenis, cara kerja, dan ciri-ciri worm Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara mencegahnya. Berikut adalah tips mencegah komputer terjangkit bahaya yang satu ini.

Hindari Mengakses Internet dari WiFi Tidak Aman

Saat berada di ruang publik seperti bandara, kafe, taman kota, dan lain-lain tak jarang terdapat wifi unutk pengunjung. Hal ini tentu saja menggiurkan, karena Anda bisa mengakes internet dengan cepat dan gratis. Menarik sekali, bukan?

Namun, berselancar di dunia maya dengan menggunakan WiFi umum seperti ini sebenarnya tak aman untuk komputer Anda. Resiko perangkat terjangkit virus dan malware jadi meningkat. Apalagi jika WiFi tersebut tidak memiliki password dan bisa diakses semua orang, cacing komputer akan menyusup ke dalam komputer dengan mudah dan menjangkiti komputer lain dalam jaringan yang sama. 

Selalu Update Software

Memastikan software selalu di versi terbaru merupakan upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah komputer dijangkiti cacing komputer. Setiap kali software update, developer pasti memperbaharui berbagai fitur dan memperbaiki celah-celah keamanan yang ada di versi sebelumnya. 

Hal ini membuat software Anda memiliki tingkat keamanan lebih tinggi. Minimnya celah keamanan dalam aplikasi membuat cacing komputer susah masuk ke dalam komputer dan jaringan Anda. 

Jangan Buka Link atau Download File Mencurigakan

Jika seseorang mengirimi email atau chat, periksalah pengirimnya terlebih dahulu. Apakah pesan tersebut berasal dari orang atau lembaga yang Anda ketahui? Jika tidak, sebaiknya berhati-hatilah ketika membukanya. 

Untuk email atau chat yang mencurigakan, hindari membuka link atau mendownload file yang dikirim kepada Anda. Biasanya, link atau file ini berisi malware seperti cacing komputer yang dapat membahayakan perangkat. 

Gunakan Anti-virus 

Langkah pencegahan terakhir agar tidak terjangkit cacing komputer adalah dengan menggunakan anti-virus. Pastikanlah Anda selalu menggunakan anti-virus dengan versi terupdate. Aplikasi ini akan melindungi komputer Anda dari ancaman malware dan virus yang mungkin menyusup dan berpotensi merusak sistem.

Anti-virus biasanya akan memberikan warning jika melihat sesuatu yang mencurigakan dalam komputer. Kebanyakan anti-virus juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda menghapus malware dari komputer. 

Penutup 

Demikianlah penjelasan tentang worm pada komputer. Worm adalah salah satu jenis malware yang harus Anda waspadai. Walaupun terkesan sepele, tapi meningkatkan keamanan agar tidak terkena dampak buruknya sangat penting untuk Anda lakukan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda seputar keamanan komputer dan jaringan, ya. 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update