Apa Itu XAMPP? Fungsi serta Cara Instalasinya

Apa Itu XAMPP? Fungsi serta Cara Instalasinya

XAMPP adalah server web lintas platform populer yang memungkinkan program untuk menulis dan menguji kode mereka di server web lokal. Dibuat oleh Apache Friends, para audiens dapat berkontribusi atau memodifikasi kode sumber aslinya. Jadi bisa dikatakan kalau XAMPP telah dirancang sedemikian rupa untuk menjadi cara termudah untuk menginstal dan menjalankan server pengembangan.

Ada banyak paket WAMP lain yang tersedia, tetapi XAMPP adalah salah satu yang paling lengkap yang ditawarkan. Selain Apache, MySQL, dan PHP, XAMPP menyertakan alat lain yang sangat berguna seperti alat administrasi database phpMyAdmin, server FTP FileZilla, server surat Mercury, bahasa pemrograman Perl, dan server JSP Tomcat.

Bahkan XAMPP juga dapat menginstal situs administrasi sebagai halaman beranda server. Dari mana Anda dapat melakukan segala macam tugas administratif, seperti memeriksa status dan keamanan server, meluncurkan alat seperti phpMyAdmin dan analisis Webalizer. Simak selanjutnya mengenai apa itu XAMPP dibawah ini.

 

Pengertian Apa Itu XAMPP

 

 

XAMPP adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dikembangkan oleh Apache Friends. Paket perangkat lunak XAMPP berisi distribusi Apache untuk server Apache, MariaDB, PHP, dan Perl. Dan itu pada dasarnya adalah host lokal atau server lokal. Server lokal ini berfungsi di komputer desktop atau laptop Anda sendiri.

Kegunaan XAMPP adalah untuk menguji klien atau website Anda sebelum menguploadnya ke remote web server. Perangkat lunak server XAMPP ini memberi Anda lingkungan yang sesuai untuk menguji proyek MYSQL, PHP, Apache, dan Perl di komputer lokal. Bentuk lengkap dari XAMPP adalah X singkatan dari Cross-platform, (A) Apache server, (M) MariaDB, (P) PHP, dan (P) Perl.

Cross-platform sendiri biasanya berarti dapat berjalan di komputer mana pun dengan sistem operasi apa pun. Selanjutnya MariaDB adalah server database paling terkenal dan dikembangkan oleh tim MYSQL. PHP biasanya menyediakan ruang untuk pengembangan web. PHP adalah bahasa skrip sisi server. Terakhir Perl adalah bahasa pemrograman dan digunakan untuk mengembangkan aplikasi web.

Proses instalasi XAMPP sangat sederhana dan cepat. Setelah XAMPP diinstal di komputer lokal Anda, software ini akan bertindak sebagai server lokal atau localhost. Anda dapat menguji situs web sebelum mengunggahnya ke server web jarak jauh. Perangkat lunak server XAMPP ini memberi Anda lingkungan yang cocok untuk menguji aplikasi MYSQL, PHP, Apache, dan Perl di komputer lokal.

 

Baca Juga  :    Tutorial Cara Install WordPress di Localhost / XAMPP

 

Fungsi dan Manfaat XAMPP

Server XAMPP digunakan untuk menguji halaman PHP. yang pada dasarnya berfungsi sebagai server lokal. Ini berisi database MySQL untuk mengelola atau menyimpan data di server lokal. Kelebihan dan fungsi dari XAMPP antara lain :

  • Gratis dan mudah digunakan dan mudah tersedia untuk Windows, Linux dan Mac OS.
  • Merupakan paket solusi ramah pemula untuk pengembangan web tumpukan penuh.
  • Merupakan paket perangkat lunak open source yang memberikan pengalaman instalasi yang mudah.
  • Sangat sederhana dan ringan untuk membuat pengaturan untuk pengembangan, pengujian, dan penerapan.
  • Membantu menghemat waktu dan menyediakan beberapa cara untuk mengelola perubahan konfigurasi.
  • Dapat membantu menangani banyak tugas administratif seperti memeriksa status dan keamanan.

 

Baca Juga  :      Panduan Cara Login ke Cpanel Website dan Blog

 

Cara Cepat Instalasi XAMPP di Windows

XAMPP adalah singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MariaDB (M), PHP (P), dan Perl (P). Karena XAMPP sederhana, distribusi Apache ringan, sangat mudah bagi pengembang untuk membuat server web lokal untuk tujuan pengujian dan penyebaran. Semua yang Anda butuhkan adalah menyiapkan server web yakni aplikasi server (Apache), database (MariaDB), dan bahasa skrip (PHP). XAMPP bekerja sama baiknya di Linux, Mac, dan Windows.

Jika Anda ingin mencoba menginstal XAMPP, ikuti cara cepat install XAMPP di Windows :

  • Anda bisa mencari dan mengunduh XAMPP dari www(dot)apachefriends(dot)org/
  • File XAMPP diunduh. File exe harus dieksekusi. Sekarang klik pada file yang diunduh.
  • Setelah file dieksekusi, jendela pengaturan muncul. Dalam file setup untuk memilih komponen yang diperlukan diperlukan. Misal (jika ingin menginstall WordPress di XAMPP, komponen yang dibutuhkan adalah MySQL, Apache, PHPMyAdmin).
  • Langkah selanjutnya adalah memilih folder tempat file tersebut akan berada. Disarankan untuk memilih drive C default dan kemudian klik tombol berikutnya.
  • Setelah tombol berikutnya di klik, proses instalasi telah ditampilkan.
  • Proses instalasi selesai, klik tombol finish.
  • Sekarang ikon XAMPP Anda muncul di menu mulai atau desktop. Dengan mengklik ikon XAMPP Anda dapat menjalankan perangkat lunak XAMPP.
  • Setelah perangkat lunak XAMPP terbuka, Anda harus memilih komponen yang diperlukan. Agar WordPress dapat berjalan di XAMPP, komponen yang diperlukan mungkin saya Apache dan MySQL. Anda harus mengklik tombol mulai.
  • Dengan mengklik apache atau tombol admin apa pun di panel kontrol, Anda dapat mengonfigurasi setiap pengaturan modul secara terpisah.

 

Baca Juga  :     Memahami Apa Itu Localhost dan Cara Mengintegrasikannya Ke WordPress

 

Bagian Komponen Penting dari XAMPP

Apa Itu XAMPP, Kenali Pengertian, Fungsi serta Cara Instalasinya
 

XAMPP digunakan untuk mewakili klasifikasi solusi untuk berbagai teknologi yang menyediakan platform untuk menguji aplikasi menggunakan beberapa teknologi melalui server pribadi. Setiap komponen kunci XAMPP diwakili oleh bentuk singkatan dari setiap alfabet. Ketahui apa saja bagian penting dan komponen yang membantu XAMPP.

  • Apache

    Pertama adalah Apache yang merupakan server web HTTP lintas platform, dan mentransmisikan konten secara online ke seluruh dunia. Di bawah naungan Apache Software Foundation, aplikasi server telah disediakan gratis untuk diinstal dan digunakan oleh komunitas pengembang. Server jarak jauh Apache mengirimkan file dan gambar yang diminta.

  • MariaDB Database

    XAMPP digunakan untuk memasukkan sistem manajemen database MySQL (DBMS). MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang menggunakan internet untuk memberikan layanan penyimpanan, manipulasi, pengambilan, pengelolaan, dan penghapusan data.

  • PHP

    Pada PHP, terutama digunakan untuk pengembangan web sebagai bahasa skrip backend. Pengguna dapat menggunakan PHP untuk membangun situs web dan aplikasi dinamis. Itu ditulis dalam bahasa pemrograman C. Hypertext Processor (PHP) adalah singkatan dari PHP. Dikatakan dipengaruhi oleh Personal Home Page Tools, yang menjelaskan kemudahan penggunaan dan fungsionalitasnya.

  • Perl

    Perl biasanya dikatakan sebagai bahasa pemrograman tujuan umum dimana bahasa Perl ini ditafsirkan dan sangat dinamis. Sebenarnya bahasa ini digunakan untuk pengembangan web, pengembangan GUI, administrasi sistem, dll. Perl mampu bekerja dengan HTML, XML, dan bahasa markup lainnya.

 

Baca Juga  :     Panduan Pemula Untuk Cara Install Laravel di Windows

 

Kesimpulan dan Penutup

Pada dasarnya XAMPP hanyalah host atau server lokal yang berjalan di komputer pribadi Anda, baik itu desktop atau laptop. Umumnya XAMPP lebih sering digunakan untuk menguji klien atau situs web sebelum menerbitkannya ke server web jarak jauh. Di komputer lokal, perangkat lunak server XAMPP menyediakan lingkungan yang sesuai untuk menguji proyek MYSQL, PHP, Apache, dan Perl.

Karena sebagian besar penerapan server web dunia nyata berbagi komponen yang sama dengan XAMPP, berpindah dari server uji lokal ke server langsung sangatlah mudah. Merupakan kependekan dari Cross-Platform, Apache, MySQL, PHP, dan Perl. XAMPP adalah server web lintas platform sumber terbuka dan gratis. XAMPP hanyalah host atau server lokal yang digunakan untuk menguji klien atau situs web sebelum mempublikasikannya ke server web jarak jauh.

Perangkat lunak server XAMPP pada komputer lokal menyediakan lingkungan yang sesuai untuk menguji proyek MYSQL, PHP, Apache, dan Perl. Metode ini terkadang dapat membantu Anda menghindari masalah di situs web langsung milik Anda.

 

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update