YouTube Dashboard: Pengertian, Metrik dan Manfaatnya

YouTube Dashboard: Pengertian, Metrik dan Manfaatnya

Pekerjaan sebagai YouTuber menjadi salah satu hal yang banyak dicoba oleh banyak orang belakangan ini. Dengan menjadi seorang YouTuber, maka Anda akan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense atau iklan yang terpasang pada video Anda. Akan tetapi, untuk mendapatkan akses memasang iklan pun memiliki syarat dan ketentuannya sendiri.

Untuk mendapatkan pemasangan iklan, tentunya Anda perlu memantau performa channel Youtube yang Anda miliki. Pemantauan performa ini dapat Anda lihat melalui YouTube Dashboard. YouTube Dashboard adalah fitur yang akan membantu Anda untuk mendapatkan ringkasan terbaru dari aktivitas channel.

Sederhananya YouTube Dashboard akan menampilkan analisis untuk memeriksa performa channel berupa informasi jumlah subscriber, informasi pelanggaran, bahkan ketentuan monetisasi. Dalam hal ini akan disajikan informasi lebih dalam terkait YouTube Dashboard untuk membantu mengelola channel Anda.

Pengertian YouTube Dashboard

YouTube dashboard adalah keseluruhan informasi yang menampilkan performa channel YouTube. YouTube dashboard dapat pula menunjukkan asal penonton yang melihat video Anda dan video yang paling menarik bagi penonton. Anda dapat melakukan analisis channel di 28 hari ataupun 48 jam terakhir. Dapat pula melihat komentar terbaru, hingga subscriber terbaru.

YouTube dashboard adalah pusat informasi performa channel YouTube. Anda bisa bayangkan dashboard mobil yang Anda miliki, YouTube dashboard pun akan menampilkan metrik yang membantu Anda memahami keseluruhan tentang aktivitas YouTube. YouTube dashboard ini pula yang akan membantu Anda mengevaluasi channel Youtube nantinya.

Penggunaan fitur pada YouTube dashboard ini akan menunjukkan pula bahwa Anda profesional dalam pengelolaan channel. Hasil analisis akan membantu Anda melihat kinerja dan pencapaian marketing Anda. Tanpa fitur YouTube dashboard maka Anda akan kesulitan dalam memantau channel Anda.

Baca juga: Cara Memulai dan Membangun YouTube Dari Awal – IDCloudHost

Metrik yang Dianalisis pada YouTube Dashboard

Metrik berkaitan dengan pengukuran, dalam hal ini metrik berupa tampilan beberapa tools yang akan membantu pengukuran analisis channel YouTube Anda. Tools canggih yang disediakan oleh YouTube dashboard tentunya terdiri dari beberapa macam.

Penggunaan tools ini lah yang sering dinilai sebagai hasil analisis akurat dan efisien untuk mengembangkan konten video yang akan Anda buat kedepannya. Setelah melakukan analisis, Anda dapat melakukan evaluasi konten agar lebih baik kedepannya. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tools yang ada pada YouTube dashboard:

Views (Tayangan)

Pada bagian metrik ini akan menampilkan berapa kali video Anda ditonton. Metrik ini menunjukkan seberapa terkenalnya video Anda. Semakin tinggi jumlah tayangan, maka semakin banyak pula orang yang telah menonton video yang Anda buat.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan views diantaranya dengan membuat judul atau thumbnail yang menarik, pakai kata kunci yang relevan, melakukan promosi pada media sosial Anda, dan Anda dapat pula berkolaborasi dengan channel YouTube lainnya.

Subscriber (Pelanggan)

Pada bagian ini akan menampilkan seberapa banyak orang yang berlangganan channel Anda. Subscribe biasanya adalah mereka yang paling tertarik dengan konten video Anda. Mereka pula lah yang berpeluang besar untuk menonton video Anda, menyukainya, bahkan berkomentar secara sukarela.

Anda dapat membuat konten yang berkualitas tinggi secara konsisten, ajak para penonton untuk berlangganan channel, sediakan konten eksklusif khusus hanya untuk pelanggan, dan berinteraksilah dengan para subscriber di komentar atau media sosial lainnya.

Likes (Suka)

Banyaknya orang yang menyukai video Anda akan mempengaruhi analisis metrik nantinya. Semakin banyak orang yang menyukai konten video yang Anda buat maka menunjukkan pula bahwa citra positif channel Anda semakin meningkat. Anda dapat meningkatkan jumlah interaksi dengan penonton pada bagian konten dan melakukan promosi video lain yang Anda buat.

Comments (Komentar)

Jumlah komentar yang ditinggalkan pada video Anda dapat membangun interaksi antara Anda dan penonton. Anda harus menjawab komentar yang ada dengan sopan, ramah, dan sesuai dengan konteks pertanyaan. Pemberian komentar adalah metrik engagement rate yang tinggi karena umumnya mereka yang memberikan komentar adalah penonton yang benar-benar tertarik dengan video Anda.

Share (Bagikan)

Bagian metrik ini akan menunjukkan seberapa banyak video Anda dibagikan pada media sosial atau platform lainnya. Dengan arti kata lain, jika video Anda dibagikan artinya penonton merasa video Anda sangat bermanfaat sehingga mereka merekomendasikannya untuk orang lain. Metrik ini juga akan mengukur seberapa besar komitmen sejati para subscriber Anda.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru 2022 – IDCloudHost

Manfaat YouTube Dashboard

YouTube dashboard tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi para konten kreator video YouTube. YouTube dashboard adalah panel pengendali yang membuka gerbang menuju pemahaman yang lebih mendalam terkait channel Anda. Berikut akan disajikan manfaat penggunaan YouTube dashboard:

Melakukan Pemantauan Views dan Subscription

Anda dapat melihat tren kenaikan views atau jumlah tayangan Anda tiap waktunya, membandingkannya dengan tayangan sebelumnya, dan mengidentifikasikan kinerja peningkatan views kedepannya bagaimana. Selain itu, Anda juga dapat melacak pertumbuhan subscriber, melakukan analisis demografinya, dan mengetahui jenis konten yang mereka minati.

Mengetahui Kebutuhan Audiens

Dari metrik berupa demografi yang menampilkan usia, jenis kelamin, dan lokasi dari para subscriber, maka Anda dapat menyesuaikan jenis konten yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, sumber traffic juga akan menampilkan dari mana saja orang-orang menonton video Anda. Apakah berasal dari YouTube search, website lain, maupun sosial media. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan promosi channel Anda.

Menganalisis Performa Channel

Dashboard juga akan memaparkan jumlah pendapatan ketika Anda sudah berhasil memasangkan iklan, jumlah RKT atau Rasio Klik Tayang, serta berapa banyak waktu nontonnya. Setelah melihat ketiga hal tersebut, maka Anda dapat mengetahui seberapa jauh performa akun saat ini dan mengevaluasinya hingga lebih baik kedepannya.

Baca juga: Panduan Lengkap Mendaftar dan Monetize YouTube – IDCloudHost

Mengetahui Pola dan Tren

Dari banyaknya hal yang dipaparkan oleh YouTube dashboard, maka Anda secara langsung dapat mengetahui apa saja yang sebenarnya sedang menjadi tren dan mampu meningkatkan minat para audiens. Anda pun mau tidak mau harus menyesuaikan pembuatan konten video dengan tren yang ada.

Penutup

Dari penjabaran diatas dapat Anda ketahui bahwa YouTube dashboard adalah alat esensial yang harus dipahami oleh kreator YouTube. Singkatnya YouTube dashboard ini menjadi peta harta karun yang akan membantu Anda sebagai kreator untuk menemukan keuntungan. Anda dapat menggunakan data yang ada untuk melakukan pengoptimalan konten dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens.

Perjalanan meraih keuntungan yang besar di YouTube membutuhkan tenaga, dedikasi, dan strategi yang tepat. Anda harus gunakan Youtube dashboard secara konsisten dan melakukan perbandingan metrik dengan baik. Pembuatan YouTube akan membantu Anda untuk melakukan promosi bisnis. Selain YouTube, Anda perlu menyediakan website yang membahas produk/layanan yang Anda tawarkan secara jelas. Dalam pengelolaan website tersebut Anda dapat berlangganan IDCloudHost. Dapatkan performa tinggi dengan konfigurasi dan proses yang mudah, cepat, dan praktis.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update