Business Plan : Komponen Pembuatannya dan Manfaatnya Dalam Menjalankan Bisnis

Business, Marketing / 1 | | 0

Sebuah bisnis tidak dapat berjalan dan sukses begitu saja, perlu adanya business plan atau rencana bisnis sebagai langkah pertamanya. Rencana bisnis sendiri adalah deskripsi tertulis tentang masa depan bisnis Anda termasuk dokumen- dokumen yang menjelaskan apa yang Anda rencanakan dan bagaimana cara atau strategi Anda melakukannya nanti. Adapun rencana ini bisa berupa apa saja termasuk ketika Anda menuliskan impian Anda yang akan menjadi rencana atau setidaknya inti dari sebuah rencana.

Sebuah business plan dapat membantu melakukan rancangan tugas jika ditulis dan dilakukan dengan detail. Bahkan business plan juga sering digunakan oleh pengusaha pencari investasi untuk menyampaikan visi mereka kepada calon investor. Juga dapat digunakan oleh perusahaan yang mencoba untuk menarik karyawan kunci, prospek bisnis baru, berurusan dengan pemasok atau hanya untuk memahami bagaimana mengelola perusahaan mereka dengan lebih baik.

Jadi apa yang termasuk dalam rencana bisnis atau business plan ini dan bagaimana Anda menyusunnya? Secara sederhana, rencana bisnis menyampaikan tujuan bisnis Anda, strategi yang akan Anda gunakan untuk mencapainya, potensi masalah yang mungkin dihadapi bisnis Anda dan cara untuk menyelesaikannya, struktur organisasi bisnis Anda termasuk judul dan tanggung jawab Tidak lupa juga rencana jumlah modal yang dibutuhkan untuk membiayai usaha Anda dan terus berjalan sampai mencapai titik yang ditargetkan.

 

Komponen Penting Perancangan dan Pembuatan Business Plan

Business Plan : Komponen Pembuatannya dan Manfaatnya Dalam Menjalankan Bisnis
 

Secara sederhana, business plan merupakan kumpulan dokumen yang merangkum tujuan operasional dan keuangan bisnis. Ini adalah peta jalan bisnis menuju sukses dengan rencana dan anggaran terperinci yang menunjukkan bagaimana tujuan bisnis akan direalisasikan. Berikut beberapa komponen penting dalam membangung business plan yang harus Anda ketahui jika Anda berencana ingin meluncurkan sebuah bisnis.

  • Rencana keuangan

    Rencana keuangan adalah faktor penentu apakah ide bisnis yang Anda usulkan kemungkinan akan berhasil atau tidaknya. Jika pembiayaan diperlukan, rencana keuangan Anda akan menentukan seberapa besar kemungkinan Anda memperoleh pendanaan awal dalam bentuk ekuitas atau pembiayaan utang dari bank, investor, pemodal ventura dan lain-lain. Anda dapat memiliki ide bisnis yang bagus baik itu dengan rencana pemasaran, manajemen, dan operasional yang sangat baik, tetapi jika rencana keuangan menunjukkan bahwa bisnis tersebut tidak akan cukup menguntungkan, maka model bisnis tersebut tidak layak dan tidak ada gunanya memulai usaha tersebut.

  • Analisis pasar

    Komponen analisis pasar akan membantu mengungkapkan apakah ada permintaan yang cukup untuk produk atau layanan Anda di pasar sasaran Anda. Jika pasar sudah jenuh, model bisnis Anda perlu diubah atau dihapus yang kemudian bisa Anda beri penyegaran.

  • Rencana pengelolaan/manajemen

    Pada komponen ini, peran penting rencana manajemen adalah untuk menguraikan struktur bisnis Anda, manajemen, dan persyaratan kepegawaian. Jika bisnis Anda memerlukan keahlian karyawan dan manajemen yang spesifik, Anda akan memerlukan strategi untuk menemukan dan mempekerjakan staf yang memenuhi syarat dan mempertahankan mereka.

  • Rencana pengoperasian bisnis

    Sedangkan rencana pengoperasian akan menjelaskan fasilitas, peralatan, inventaris, dan persyaratan pasokan Anda. Lokasi dan aksesibilitas bisnis sangat penting bagi banyak bisnis yang berarti Anda perlu mencari situs potensial. Jika bisnis yang Anda usulkan membutuhkan suku cadang atau bahan mentah untuk menghasilkan barang yang akan dijual kepada pelanggan, Anda perlu menyelidiki rantai pasokan potensial demi kelancaran pengoperasian bisnis Anda.

  • Analisis kompetitif

    Analisis kompetitif akan membantu Anda dalam memeriksa kekuatan dan kelemahan kompetisi dan membantu mengarahkan strategi Anda untuk mengumpulkan pangsa pasar dalam rencana pemasaran Anda. Jika pasar yang ada didominasi oleh pesaing yang sudah mapan, maka Anda harus membuat rencana pemasaran untuk menarik pelanggan dari persaingan seperti penawaran harga lebih rendah, layanan lebih baik, dll yang bisa membuat Anda lebih unggul dari kompetitor Anda.

 

Baca Juga  :    Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Menjalankannya

 

Manfaat Penerapan Business Plan Bagi Bisnis

Meski Anda hanya berencana membuat bisnis yang kecil, sebuah business plan yang baik tetap diperlukan sebagai langkah pertama dan acuan dalam bisnis tersebut. Anda tidak bisa langsung memulai memulai dan menjalankan bisnis Anda begitu saja karena Anda bisa kehilangan arah nantinya. Memiliki rencana bisnis yang matang akan memberikan Anda manfaat sebagai berikut.

  • Mengembangkan bisnis lebih cepat

    Menulis dan merancang rencana bisnis adalah tentang membangun fondasi untuk bisnis Anda. Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, Anda bekerja melalui strategi inti bisnis Anda yang akan membantu bisnis Anda tumbuh. Dokumen awal ini tidak dimaksudkan untuk menjadi sempurna tetapi dirancang untuk ditinjau dan disesuaikan untuk membantu Anda mengidentifikasi dan mencapai tujuan Anda.
    Tanpa rencana bisnis sebagai dasar, akan jauh lebih sulit untuk melacak kemajuan Anda, membuat penyesuaian, dan memiliki informasi historis yang tersedia untuk referensi ketika membuat keputusan yang sulit. Membuat rencana bisnis memastikan bahwa Anda memiliki peta jalan yang tidak hanya menguraikan ke mana Anda berencana untuk pergi, tetapi juga kemana Anda telah pergi sebagai catatan pencapaian bisnis Anda di masa depan.

  • Membuat keputusan strategis dan mempunyai target

    Tak jarang keputusan terbesar yang akan Anda buat untuk bisnis Anda berada di tengah periode pertumbuhan, penurunan, atau bahkan krisis eksternal yang sedang tidak stabil. Ini mengharuskan Anda untuk membuat keputusan yang sangat penting jauh lebih cepat yang tanpa perencanaan dan perkiraan informasi terkini, keputusan ini mungkin kurang pasti atau strategis daripada yang seharusnya.
    Adanya rencana bisnis tertulis yang Anda tinjau secara teratur, Anda dapat membuat keputusan dengan percaya diri. Anda akan memiliki semua informasi yang diperlukan untuk mengetahui kapan Anda dapat merekrut karyawan baru, meluncurkan lini produk baru atau melakukan pembelian besar-besaran. Pada saat yang sama, Anda juga dapat merencanakan ke depan jika keputusan tidak berjalan seperti yang diharapkan, meminimalkan potensi risiko Anda.

  • Mencari dana dan promosi

    Sebelum investor dan pemberi pinjaman, mereka perlu tahu bahwa Anda telah memiliki pemahaman yang kuat tentang semua seluk beluk bisnis Anda. Anda perlu membuktikan bahwa ada kebutuhan yang dapat dicapai dan berkelanjutan untuk solusi Anda, bahwa Anda memiliki strategi bisnis yang kuat, dan bahwa bisnis Anda dapat stabil secara finansial. Ini termasuk Anda telah siap dengan laporan keuangan yang tepat, perkiraan, dan penjelasan yang mudah dicerna tentang model bisnis Anda tersedia untuk calon investor. Menulis rencana bisnis Anda membantu Anda menyatukan semua bagian yang diperlukan dan menciptakan hubungan di antara mereka untuk menceritakan kisah yang kohesif tentang bisnis Anda.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Marketing Terbaik Bagi Bisnis Online di Tahun 2021

 

Tips Singkat Menulis Business Plan

Business Plan : Komponen Pembuatannya dan Manfaatnya Dalam Menjalankan Bisnis
 

Sebelum Anda memulai dengan rencana bisnis Anda, ada peraturan yang harus Anda ketahui dalam membuat keseluruhan proses perencanaan bisnis menjadi lebih mudah dan bisa dimengerti. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan rencana bisnis Anda sehingga Anda dapat fokus membangun bisnis Anda. Berikut beberapa tips menulis business plan yang singkat dan padat yang mungkin bisa Anda terapkan dalam rencana bisnis Anda sendiri.

  • Rencana bisnis harus singkat dan padat serta hindari hal yang bertele- tele.
  • Tulis rencana Anda menggunakan bahasa yang akan dipahami audiens Anda.
  • Semakin banyak Anda menguji dan meninjau elemen rencana Anda, semakin baik rencana dan bisnis Anda nantinya.
  • Anda mengetahui seluk beluk kelebihan dan kekurangan bisnis Anda.

 

Baca Juga  :    Memahami Penerapan dan Penggunaan Analisis SWOT dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda memiliki ide untuk memulai usaha baru, rencana bisnis dapat membantu Anda menentukan apakah ide bisnis Anda dengan struktural dan layak. Tidak ada gunanya memulai bisnis jika kecil atau tidak ada peluang bisnis tidak menguntungkan, yang mana rencana bisnis membantu Anda mengetahui apakah Anda mempunyai peluang sukses. Business plan bisa menjadi acuan dan panduan bagaimana sebuah bisnis itu bisa membawa prospek yang bagus atau tidaknya.

Seringnya dalam banyak kasus, orang yang memulai bisnis baru tidak memiliki uang yang banyak untuk memulai bisnis yang ingin mereka mulai begitu juga pondasi yang bisa menjadi tumpuan mereka untuk memulai bisnis. Maka jika pembiayaan awal diperlukan, Anda harus memiliki rencana bisnis yang siap untuk investor untuk menunjukkan kepada calon investor yang menunjukkan bagaimana bisnis yang diusulkan akan menguntungkan. Jangan anggap remeh business plan dan mulailah merancang rencana bisnis Anda dengan seksama tanpa meninggalkan elemen pentingnya.

Related Post :