Cara Bisnis Travel Umroh dan Haji : Syarat, Tips & Trick, Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mayoritas penduduk indonesia yang beragama islam nampaknya menjadi peluang usaha tersendiri bagi sebagian orang yang berencana untuk mendirikan bisnis travel umroh dan haji. Hal ini tidak terlepas dari keinginan setiap muslim di Indonesia untuk melakukan perjalanan umroh ataupun haji di setiap tahunnya.

Keinginan tersebut juga menjadi bagian dari sempurnanya rukun islam yang kelima yaitu pergi ke Baitullah. Sayangnya tidak semua orang per kesempatan untuk pergi haji dan sebagai gantinya mereka memanfaatkan ibadah umroh. Hadirnya bisnis travel umroh dan haji menjadi solusi terbaik bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah tersebut. Disebutkan bahwa dengan membayar sejumlah uang yang sesuai dengan ketentuan, seorang calon jamaah umrah ataupun haji akan mendapatkan berbagai fasilitas sekaligus juga akomodasi selama melakukan ibadah haji ataupun umroh.

Adanya kemudahan yang diberikan oleh bisnis travel tersebut menjadikan banyak orang yang berbondong-bondong memanfaatkan layanan tersebut. Hingga detik ini bisnis travel umroh dan haji telah banyak ditemukan di berbagai kota di seluruh indonesia. Tentu saja bisnis tersebut menawarkan berbagai penawaran yang sangat menarik demi mendapatkan banyak customer.

Ketika dalam satu kloter pemberangkatan sebuah bisnis travel umroh dan haji berhasil untuk memberangkatkan puluhan orang, sudah pasti keuntungan yang didapatkan bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Selanjutnya jika dalam satu bulannya sebuah biro perjalanan umroh dan haji mampu memberangkatkan beberapa kloter, maka keuntungan tersebut bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga : Kumpulan Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan di Tahun 2020

 

Syarat mendirikan bisnis travel umroh dan haji

Cara Bisnis Travel Umroh dan Haji : Syarat, Tips & Trick, Contohnya | IDCloudhost

 

Adanya keuntungan yang sangat besar dari bisnis travel umroh dan haji menjadikan banyak pihak yang saat ini memiliki modal cukup besar mulai mencoba memikirkan keberuntungan di dalam menjalankan bisnis tersebut. Namun demikian, untuk memulai bisnis travel tersebut tidak bisa dilakukan dengan seenaknya sendiri. Pasalnya, hal ini akan memunculkan stigma negatif di mata masyarakat jika bisnis yang Anda dirikan bersifat illegal dan penuh kebohongan.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda yang berencana mendirikan bisnis travel umroh dan haji harus mengetahui syarat yang memang hukumnya wajib untuk dipenuhi. Disebutkan bahwa persyaratan tersebut pada dasarnya juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk membangun citra positif sekaligus kepercayaan di mata masyarakat.

Selanjutnya, berikut beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh seseorang yang mempunyai bisnis travel umroh dan haji.

  1. Pastikan Anda mengurus SIUP (surat izin usaha perdagangan)
  2. Pastikan juga Anda telah memiliki NPWP
  3. Jangan lupa untuk mengurus tanda daftar perusahaan (TDP)
  4. Lakukan kepengurusan atas izin biro perjalanan wisata yang diterbitkan oleh kementerian kebudayaan dan pariwisata
  5. Jangan lupa untuk menjadi anggota dari ASITA (association the indonesia tour and travel agencies)
  6. Pastikan Anda juga menjadi anggota dari IATA (internasional air transportation association)
  7. Jangan lupa untuk mengurus izin biro perjalanan haji dan umroh dari kementerian agama republik indonesia
  8. Untuk perizinan bisnis travel umroh dan haji seseorang harus menyetorkan deposit sebesar 100 juta
  9. Pastikan juga Anda mengurus surat izin pendirian travel haji dan umroh

 

Itulah beberapa persyaratan yang memang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin menjalankan bisnis travel umroh dan haji. Dengan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, nantinya bisnis travel Anda akan bisa berkembang dengan sangat pesat. Namun tentunya selama Anda juga menerapkan strategi pemasaran yang jitu demi bisa menarik perhatian umat muslim untuk memanfaatkan layanan jasa perjalanan haji dan umroh.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Online dengan Modal kecil

 

Tips dan trik mendirikan bisnis travel umroh dan haji

Cara Bisnis Travel Umroh dan Haji : Syarat, Tips & Trick, Contohnya | IDCloudhost

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mendirikan sebuah bisnis travel umroh dan haji, setelah selesai memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan kini saatnya Anda juga harus mengetahui tips dan trik yang akan membantu meningkatkan eksistensi dari bisnis yang Anda jalankan.

Baca Juga : Keuntungan Menjadikan Bisnis Online

Lebih lanjut, berikut beberapa tips dan juga trik jitu yang bisa diterapkan demi menciptakan sebuah bisnis travel umroh dan haji yang prospektif.

 

  1. Pastikan Anda selalu menomersatukan fasilitas yang nyaman bagi semua calon jamaah umroh dan haji mulai dari awal keberangkatan hingga kembalinya ke indonesia. Ketersediaan transportasi dan akomodasi yang memadai menjadi kunci utama pelayanan prima dari biro perjalanan umroh dan haji.
  2. Tidak kalah penting lainnya, Anda juga harus memastikan jika semua legalitas sekaligus perizinan di dalam mendirikan bisnis travel umroh dan haji telah terselesaikan sebelumnya.
  3. Utamakan kepuasan dari semua calon jamaah haji ataupun umroh selama melakukan kegiatan ibadah. Berikan pengalaman yang tidak terlupakan dan pastinya akan membuat mereka kembali memanfaatkan layanan biro perjalanan umroh dan haji
  4. Pastikan juga Anda menjalin kerjasama yang baik dengan para muthowif terbaik dan berpengalaman yang akan memandu proses ibadah umroh ataupun haji selama berada di tanah suci
  5. Jangan lupa untuk menyediakan berbagai menu makanan khas indonesia yang akan menjadi alternatif lain bagi para jamaah yang tidak menyukai menu khas timur tengah
  6. Pastikan juga untuk memilih armada yang nyaman sehingga akan mendukung perjalanan ibadah umroh ataupun haji. Jika sangat memungkinkan, pastikan untuk memilih supir orang indonesia karena kebanyakan supir orang arab mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan
  7. Berikan penawaran harga yang menarik dan pastinya juga sesuai dengan pelayanan yang diberikan selama awal hingga akhir perjalanan. Tidak dipungkiri lagi bahwa setiap paket perjalanan umroh ataupun haji selalu menawarkan harga yang beragam.
  8. Terapkan strategi pemasaran yang jitu dengan memanfaatkan berbagai media sosial ataupun dengan membangun sebuah website yang nantinya akan membantu masyarakat untuk terhubung dengan Anda lebih mudah. Berikan informasi yang detail mengenai penawaran perjalanan umroh dan haji melalui website Anda.

 

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa dijalankan untuk Anda yang memulai bisnis travel umroh dan haji. Dengan merujuk pada tips tersebut, nantinya bisnis yang Anda dirikan mampu memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan di setiap bulannya. Pastikan juga Anda selalu menjaga kepercayaan dari konsumen.

Saat ini sudah banyak sekali beberapa contoh bisnis travel umroh dan haji yang berkembang di masyarakat. Maraknya bisnis tersebut tentu saja tidak terlepas dari keuntungan yang didapatkan. Sebagai contoh adalah bisnis perjalanan umroh dan haji di suatu kota besar di indonesia yang mampu meraup hingga ratusan juta rupiah dalam setiap bulan. Keuntungan tersebut akan meningkat secara drastis saat bulan-bulan tertentu. Oleh sebab itu, kini banyak usaha sejenis yang didirikan di beberapa kota kecil di indonesia.

Keberadaan bisnis travel umroh dan haji pada dasarnya selain memfasilitasi masyarakat muslim indonesia untuk bisa pergi ke baitullah juga membantu untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Namun demikian perlu diingat bahwa untuk menjalankan bisnis tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena ada berbagai persyaratan yang memang harus dipenuhi. Saat bisnis yang Anda rintis telah berjalan, segala usaha yang Anda lakukan akan terbayar lunas dengan keuntungan yang begitu menakjubkan.

Related Post :

popup image