Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Mudah dan Cepat (Online / Offline)

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Listrik merupakan sebuah energi yang sudah menjadi kebutuhan wajib masyarakat di seluruh negara. Bagaimana tidak? Semua aktivitas manusia hampir semuanya bergantung pada listrik. Contoh sederhananya seperti penerangan rumah dengan lampu, menonton televisi, memasak dan masih banyak lagi. Semua teknologi yang ada sekarang tidak berdaya jika tida didukung dengan sumber utama listrik. Tanpa adanya listrik, kita sebagai manusia tidak akan bisa menikmati teknologi canggih. Maka banyak orang resah jika terjadi listrik padam karena aktivitas mereka akan terganggu dan terhambat.

Masalah dan gangguan yang terjadi pada aliran listrik biasanya disebebkan oleh beberapa sebab seperti cuaca yang kurang baik di daerah tersebut, terjadi konslet karena sesuatu yang menimpa konektor listrik, atau bisa juga dengan tagihan listrik yang belum dibayar. Alasan terakhir adalah alasan yang biasanya sering terjadi, namun kalian bisa melakukan pengecekan terhadap tagihan listrik secara rutin, lalu bagaimana cara mengecek tagihan listrik milik pribadi? Di zaman yang serba online kalian bisa melakukannya dengan mudah dan cepat yaitu melalui perangkat smartphone milik kalian. Meskipun terdapat juga cara secara konvensional.

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik yaitu dengan cara online dan offline. Seperti yang sudah dinyatakan diatas, cara konvensional atau offline tetap bisa kalian lakukan dengan datang ke kantor PLN, namun cara ini kurang efektif karena biasanya kalian harus mengantre. Nah agar kalian bisa melakukan pengecekan dengan efektif dan efisien kalian mengecek tagihan secara online. Banyak cara online yang bisa dilakukan seperti melalui aplikasi, sms, dan email. Apakah kalian ingin tahu cara yang mudah untuk mengecek tagihan secara online? Yuk kita simak artikel berikut ini.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika terdapat 2 cara untuk melakukan pengecekan tagihan listrik yaitu secara online dan offline. Pertama yang akan dibahas terlebih dahulu pada artikel ini adalah cara yang dilakukan dengan online. Pengecekan tagihan secara online dirasa lebih efektif dan efisien dibandingkan secara offline namun syaratnya kalian harus mempunyai perangkat yang mendukung dan tentu bagaimana caranya. Nnah, untuk mengetahui caranya berikut adalah cara mengecek tagihan listrik secara online.

 

  1. Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

    Kalian bisa melakukan pengecekan tagihan listrik secara online yang pertama melalui aplikasi di smartphone. Ada beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan, pada kesempatan ini akan menggunakan aplikasi yaitu PLN Mobile. PLN Mobile merupakan aplikasi resim yang dirilis oleh PLN. Aplikasi ini bisa kalian unduh melalui playstore. Setelah aplikasi terunduh, buka aplikasi tersebut kemudian masuk ke menu pembayar, nah disinilah pilih menu informasi tagihan dan token listrik. Setelah itu, kalian harus memasukkan nomor ID pelanggan.
     
    Apabila sudah memasukkan nomor ID tersebut akan muncul tagihan listrik sebulan terakhir.Aplikasi PLN Mobile tersedia bagi 2 OS smartphone yang banyak digunakan saat ini yaitu Android dan IOS. Jadi, bagi kalian pengguna perangkat IOS tidak perlu risau karena PLN sudah menyiapkan aplikasinya untuk mendukung OS kalian. Terdapat perbedaan cara untuk melakukan pembayaran di 2 tipe OS ini, meskipun secara umum hampir mirip. Berikut adalah cara melakukan pengecekan tagihan listrik dari aplikasi PLN Mobile melalui dua tipe OS yaitu, Android dan IOS.

    Android

    • Unduh dan Install aplikasi PLN Mobile di Play Store
    • Buka Aplikasi PLN Mobile. Pertama-tama buat terlebih dahulu akun ID PLN Mobile dengan cara Masukkan nomor pelanggan atau rekening listrik kalian
    • Bagi kalian yang tidak ingin repot, kalian bisa langsung melewatinya dengan mengklik Masuk Tanpa Login
    • Pada tampilan halam utama, pilih Informasi -> Informasi dan Tagihan. Masukkan nomor ID pelanggan kemudian klik cari
    • Jika data tersebut sudah dimasukkan dan yakin sudah benar, informasi tagihan listrik kamu akan muncul di layar monitor

    IOS

    • Unduh dan Install aplikasi PLN Mobile di Apps Store
    • Jika sudah diunduh, buka aplikasi tersebu dan klik menu Informasi -> Informasi Tagihan dan Token Listrik
    • Masukkan nomor ID pelanggan kemudian klik cari untuk mengetahui tagihan listrik kamu terakhir

     

  2. Cek Tagihan Melalui Aplikasi Cek Tagihan Listrik PLN untuk Android

    Bagi kalian pengguna smartphone Android, kalian bisa melakukan pengecekan tagihan listrik sudah dibayar atau belum dengan menggunakan aplikasi Cek Tagihan Listrik di Play Stoe. Kalian bisa melakukan pengunduhan terlebih dahulu sebelum mengikut langkah-langka yang akan dipaparkan berikut ini. Jika sudah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

    • Buka aplikasi Cek Tagihan Listrik PLN.
    • Masukkan Nomor ID pelanggan/rekening listrik kalian sertakan bulan dan tahun dari rekening listrik yang ingin kalian cek.
    • Kemudian klik cari
    • Jika kalian sudah memasukkan data dengan benar, akan muncul informasi tagihan listrik pada bulan dan tahun yang diinputkan tadi.

     

  3. Cek Tagihan Listrik Melalui Marketplace

    Selanjutnya adalah cara yang mungkin sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan orang saat ini. Dengan hadirnya marketplace di Indonesia yang menyediakan fitur pembayaran listrik secara online tentu semakin mempermudah masyarakat melakukan pembayaran secara online. Marketplace yang menyediakan layanan pembayaran seperti ini yaitu Tokopedia, Bukalapak, hingga Shopee. Nah, kamu bisa memilih dari beberapa marketplace tersebut. Kalian bisa melakukannya melalui website maupun aplikasi marketplace tersebut. Berikut adalah cara melakukan pembayar di platform marketplace Tokopedia.

    • Pada halaman utama pilih menu pembayaran & To Up -> Listrik PLN -> Tagihan Listrik. Masukkan nomor ID Pelanggan atau Rekening Listrik lalu cari
    • Jika tagihan kalian belum terbayarkan, akan muncul dan tertera nominal tagihan. Sedangkan jika sudah melakukan pembayaran akan muncul pemberitahuan “Tagihan Sudah Terbayar”

    Bagi kalian pengguna aplikasi dari Marketplace lain sebenarnya cara yang bisa dilakuakn sama. Asalkan memiliki nomor ID pelanggan dan cari menu Cek Tagihan Listrik kalian bisa mengikuti langkah-langkagnya, dengan mencari dan masuk ke menu Listrik PLN -> Tagihan Listrik lalu memasukkan nomor ID Pelanggan atau Rekening setelah itu hasilnya akan muncul.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN (Website & WhatsApp)

 

Cara Cek Tagihan Listrik Offline

 

Selain secara online kalian juga bisa melakukan pembayaran atau pengecekan tagihan listrik secara offline. Nah, ada cara offline yang efektif dan kurang efektif. Untuk cara yang kurang efektif kalian harus membayar ke tempat PLN atau outlet terdekat yang bermitra dengan PLN. Namun, ada juga cara offline yang bisa dibilang lebih efektif yaitu dengan cara melalui telepon dan sms.

Untuk kamu yang ingin melakukan pembayaran dengan telepon kalian bisa melakukannya dengan menghubungi nomor call center PLN yaitu 123. Apabila melalui perangkat smartphone, masukkan kode wilayah terlebih dahulu contohnya bandung, yaitu 112-123. Jika sudah terhubung dengan operator kalian bisa menyampaikan tujuan untuk mengecek tagihan dan jangan lupa menyiapkan nomor ID pelanggan kalian.

Kalian juga bisa melakukan pengecekan tagihan listrik melalui SM dengan mengetikkan SMS sebagai berikut untuk tagihan listrik per bulan.

REK <Spasi> Nomor ID Pelanggan (12 digit) lalu kirim ke 8123
Misalnya: REK 982727481838 kirim ke 8123

 

Selain itu kalian juga bisa berlanggan pemberitahuan informasi tagihan listrk yaitu dengan mengetikkan SMS dengan format sebagai berikut.

PLN <Spasi> ON <Spasi> Nomor ID Pelanggan PLN, Kirim ke 8123
Misalnya: PLN ON 982727481838 kirim ke 8123

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi, itulah tadi penjelasan tentang cara melakukan pengecekan tagihan listrik. Di era yang kian maju ini kebutuhan akan listrik tidak bisa digantikan oleh apapun. Hampir semua aktivitas manusia membutuhkan sumber energi listrik. Tanpa adanya listrik manusia tidak bisa menikmati kecanggihan teknologi yang mereka buat dan kembangkan sampai saat ini. Maka dari itu, listrik bisa dibilang kebutuhan primer bagi manusia. Namun, manusia juga harus bertanggung jawab dalam penggunaan tersebut, salah satu caranya adalah dengan membayar tagihan listrik dengan tepat waktu.

Baca Juga :   Situs PLN Pantau Pemadaman Listrik Akibat Banjir

Membayar tagihan listrik di zaman yang serba digital ini sangatlah mudah. Kalian diberikan beragam opsi untuk melakukan pembayaran secara online maupun offline. Semua memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Namun, lebih direkomendasikan untuk melakukan pembayar secara online karena sekarang banyak sekali pilihan yang bisa dilakukan yaitu dengan melalui aplikasi PLN Mobile, Ecommerce, hingga Cek Tagihan Listrik PLN. Nah, seperti yang sudah dipaparkan diatas semoga kalian yang ingin melakukan pengecekan tagihan bisa melakukannya dengan mudah dan cepat.

Related Post :

popup image