Cara Cepat Setting SMTP Gmail GRATIS

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Gmail Google adalah layanan SMTP gratis yang dapat digunakan siapa saja yang memiliki akun Gmail untuk mengirim email. Anda dapat menggunakannya dengan email pribadi, atau bahkan dengan situs web Anda jika Anda mengirim email untuk hal-hal seperti formulir kontak, promosi buletin, atau pemberitahuan.

Setiap kali Anda menerima email di inbox, besar kemungkinannya kalau email tersebut dikirim dengan menggunakan server SMTP. Terutama bagi perusahaan atau bisnis dengan skala pengiriman dan penerimaan email yang rendah yang masih memungkinkan untuk memakai server SMTP Gmail gratis milik Google.

Berhubung Google memiliki cakupan dan infrastruktur yang luas, kuat dan besar yang beroperasi online tanpa batas waktu meskipun mereka memberi akses gratis namun juga bukan tanpa batasan kerana Anda hanya bisa mengirim hingga 100 email dalam 24 jam atau 3000 email per bulan.

Apabila sebuah perusahaan skala besar yang biasanya membutuhkan lebih banyak penggunaan email, sebaiknya memang menggunakan server sendiri. Namun untuk usaha skala kecil hingga menengah, server SMTP Gmail ini masih cukup mampu mengakomodasi kebutuhan.

Disamping standard penggunaan untuk mengirim email, Google akan secara otomatis menyimpan juga mengindex semua email yang pernah ada melalui SMTP.akun Google dan juga Google Apps yang biasa menerima email akan diarsipkan pada satu tempat atau file.

Google SMTP server ini juga tidak menggunakan port 25 yang mampu mengurangi kemungkinan penyedia layanan internet memblokir akun email dan melabelinya sebagai email spam. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel ini yang akan membahas mengenai SMTP lebih dalam dan bagaimana menggunakan SMTP Gmail untuk mengirim email melalui aplikasi, web atau domain milik sendiri dengan cepat dan ringkas.

 

Apa Itu SMTP ?


 

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah suatu protokol untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.

Baca Juga : Tutorial Cara Konfigurasi Email Hosting pada Gmail

 

Kelebihan Menggunakan Layanan SMTP External

 

Inilah daftar dari keuntungan dan kelebihan pemakain SMTP :

 

  1. Semua email dapat dipastikan sampai ketujuan.
  2. Tidak perlu melakukan setup server (bagi Anda pengguna VPS).
  3. Jarangnya blacklist dari server membuat kemungkinan pelabelan email sebagai spam diminimalisir.

Anda juga harus memperhatikan hal- hal yang diperlukan sebelum memulai setting adalah adalah akun Gmail atau G-Suite atau juga akses menuju panel hosting pribadi.

 

Cara Setting SMTP Gmail

 

Dalam mode default, Gmail memang secara otomatis memakai setting SMTP milik sendiri tetapi Anda bisa menggunakan informasi dari Gmail SMTP server di banyak tempat seperti contoh Microsoft Outlook, plugin di website WordPress.

 

1. Setting Default SMTP Gmail

Anda dapat mengikuti langkah mudah dan praktis dibawah ini:

 

  1. Outgoing Mail (SMTP) Server: smtp.gmail.com
  2. Use Authentication: Yes
  3. User Secure Connection: Yes (mengikuti atau tergantung pada mail client yang biasa Anda gunakan , USC ini bisa saja menjadi TLS atau SSL).
  4. Username: akun Gmail Anda (emailanda@gmail.com)
  5. Password: password akun Gmail Anda
  6. Port (TLS): 587
  7. Port (SSL): 465

Apabila saat sedang login ke email clinet, tentu nantinya mareka akan meminta data yang lengkap juga mudah bagi mereka untuk mengikutinya, copy dan simpan semua step data- data diatas dengan rapi. Namun bisa Anda menggunakan aplikasi common seperti Gmail atau juga webmail, maka Anda tidak lagi harus mengatur SMTP secara manual.

Pengaturan SMTP hanya di perlukan jika adanya penggunaan email client seperti Outlook atau mail di OS. Kemudahan dan kepraktisan Gmail membuat beberapa email client tidak lagi meminta cara menggunakan setting SMTP, IMAP ataupun POP3 kerena ketiga setting bersifat otomatis mengaktifkan email yang Anda punya pada email client masing- masing. Sedangkan untuk mengunduh atau menerima email, semua tahap ini perlu melalui server IMAP atau juga POP3.

Tetapi juga perlu diperhatikan adanya kemungkinan bagi pengguna yang ditolak atau tidak dapat menggunakan SMTP Gmail karena ini merupakan salah cara Google untuk mengamankan Gmail mereka dan adanya pemblokiran pada akses para pengguna yang hendak menggunakan SMTP Gmail. Jadi untuk mengtasi permasalah seperti ini, Anda bisa mengunjungi lama Less Secure Apps untuk mengubah setting-an (akses ini akan di tolak apabila Anda sudah mengaktifkan 2 factor authentication).

 

2. Setting Less Secure Apps 

Untuk Less Secure Apps sendiri adalah tool yang dipakai Google untuk mendeteksi masuknya atau sign in ke akun Gmail dari sebuah aplikasi yang dianggap tidak aman atau berbahaya. Akses- akses dari aplikasi sebegini bisa dimatikan secara manual juga namun jika Anda merasa masih ingin menggunakannya, Anda bisa membiarkannya tetap menyala.

Kemudian bila sebuah pesan error muncul dan menghalang dari percobaan masuk atau sign in melalui pihak ketiga maupun layanan dari pihak ketiga, kemungkinan terbesarnya adalah pengaruh dari fitur Less Secure Apps ini. Berikut adalah cara- cara cepat yang bisa Anda coba untuk mengatasinya :

 

  1. Temukan dan nyalakan Two-Factor Authentication yang ada pada akun Anda.
  2. Dengan menyalanya two-factor authentication ini maka tidak ada lagi pengaruh yang dapat menggangggu.
  3. Lalu pilih tombol “turn on” untuk mengaktifkan fitur “allow less secure apps”.
  4. Setelah fitur ini menyala maka dengan ini aplikasi akan bisa langsung otomatis terhubung ke Gmail Anda.
  5. Dari kedua pilihan yang bisa Anda coba dan terapkan diatas, tentunya bisa mengatasi permasalahan namun juga perlu dicatat bawah keaman akun Anda juga akan menjadi lemah, leh sebab itu selalu pastikan aplikasi dari pihak ketiga yang Anda gunaka telah terjamin keamanannya.

Baca Juga : Panduan Membuat Email SMTP dari CPanel

 

Kesimpulan dan Penutup

SMTP yang berkerja sebagai standard elektornik telah di ciptakan untuk memastikan setiap email yang Anda kirim akan diterima terlebih lagi jika Anda adlah pengguna SMTP Gmail. Penggunaan SMTP Gmail ini mempermudah semua proses menerima dan mengirim email dengan mudah.

Anda tidak lagi dituntut melakukan konfigurasi rumit dan asing terutama bagi pemula karena semua telah di setting, diatur dan juga disusun oleh Google. Meskipun begitu bagi Anda yang mencari cara default setting dari Gmail untuk menghubungkan login akun ke email client bisa menggunakan cara yang sudah dibahas.

Anda tinggal mengikuti langkah mudah seperti memasukan data pada kolom- kolom yang disediakan, karena pada garis besar kebanyakannya, para email client telah mampu menyesuaikan serta juga telah diatur otomatis sedemikian rupa mengikuti SMTP yang ada.

Related Post :

popup image