Cara Kerja Content Marketing yang Mudah dan Efisien

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Salah satu metode digital marketing adalah content marketing yang merupakan teknik dengan membuat konten yang relevan, segar, dan terbaru untuk menarik minat calon pembeli membeli atau menggunakan barang atau jasa yang Anda tawarkan. Sebuah konten yang bagus akan sangat membantu dalam meningkatkan brand awareness, membangun hubungan dengan pembeli, dan mengedukasi calon pembeli tentang barang dan jasa yang Anda tawarkan.

Adapun content marketing sendiri telah mengalami banyak inovasi dan perubahan signifikan. Content marketing di jaman sekarang memudahkan marketer membangun brand awareness nya sendiri, dengan membuat konten yang sekiranya membantu pemirsanya. Ketika sudah terjalin kepercayaan antara brand dan calon pembeli, maka pembeli sudah siap untuk melakukan aksi/melangkah ke tahap selanjutnya dalam marketing funnel.

Apakah Anda seorang marketer yang ingin memanfaatkan content marketing atau pemilik bisnis yang sedang mencari cara untuk meningkatkan brand awareness? Artikel ini akan mengupas content marketing dari berbagai aspek. Simak hingga akhir untuk mempelajari content marketing yang siap untuk membantu kesuksesan bisnis Anda.

 

Tipe Content Marketing

Cara Kerja Content Marketing yang Mudah dan Efisien
 

 

Setiap pemasaran terutama pemasaran modern seperti sekarang pasti mempunyai banyak jenis dan tujuan masing-masing tidak terkecuali content marketing. Sangat berbeda dengan pemasaran tradisinonal yang menitikberatkan pada iklan melalui televisi, radio atau media cetak saja, pemasaran modern saat ini telah mampu beradaptasi dengan internet dan digitalisasi. Maka dari itu, marketer atau pemasaran sekarang mau tidak mau juga harus bergabung dengan cara pemasaran yang ada sekarang termasuk mulai meluncurkan toko online atau bergabung dengan e-commerce besar termasuk membuat situs web sendiri. Berikut tipe dari jenis pemasaran ini.

    • Artikel atau Postingan Blog

      Artikel dan postingan blog dapat menjadi media yang tepat untuk menawarkan jasa atau bisnis Anda. Tulislah penjelasan yang detail dan lengkap, sebab konten yang memberikan solusi terperinci atas permasalahan kostumer mendatangkan trafik organik yang besar. Selain itu, konten yang panjang memungkinkan artikel sesuai dengan query populer yang ada di mesin pencarian, sehingga ketika pembeli mencari kata kunci tertentu bisnis atau jasa Anda mudah untuk ditemukan. Keuntungan lainnya adalah, artikel atau blog memberikan kesempatan emas untuk optimasi dan mengumpulkan inbound link. Jika Anda berpikir untuk menambahkan artikel atau blog ke bagian dari content marketing, pastikan Anda mengangkat tema yang relevan dan segar bagi pembaca, dengan tujuan agar artikel tersebut sering ditemukan di kata kunci yang sedang tren.

    • Email Marketing

      Apabila Anda memiliki bisnis yang selalu memiliki produk baru, informasi yang bisa dibagikan ke pembaca, update penting dan lainnya, buletin atau newsletter mungkin akan jadi pilihan yang bagus. Email marketing menduduki posisi pertama dalam meningkatkan ROI bagi organisasi B2B dan B2C. Email marketing biasanya singkat, padat dan mengajak pembaca untuk melakukan aksi, dan secara reguler dikirimkan ke inboks subscriber. Jika Anda memilih untuk menggunakan tipe ini, perhatikan pemilihan kata agar email Anda tidak masuk ke folder spam subscriber.

Baca Juga : Fungsi dan Tipe/Jenis B2B Marketing Terbaik 2022

  • Video

    Menjamurnya pengguna social media dan konten berbentuk video menjadi salah satu alasan Anda untuk memanfaatkan video sebagai bagian dari content marketing Anda mengingat video dikonsumsi oleh banyak orang setiap waktunya lewat smartphone mereka. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan jangka waktu yang singkat untuk menarik minat calon pembeli, terutama bagi orang-orang yang tidak ingin membaca artikel panjang.

  • eBook dan Laporan

    eBook atau laporan bisa Anda gunakan sebagai media untuk menyampaikan topik mengenai bisnis dan jasa dengan lebih terperinci. Konten yang ada dalam eBook dan laporan biasanya memiliki jumlah 3000 hingga 5000 kata, serta bisa di download sebagai PDF. Konten dengan isi yang panjang sangat menguntungkan banyak bisnis, dan tentu saja tujuan dari tipe konten ini adalah mempromosikan jasa dan bisnis secara mendalam,

  • Podcast

    Podcast telah banyak berkembang dan memiliki banyak sekali peminat dalam beberapa tahun terakhir yang dapat menjadi ide yang cerdas sebagai bagian dari content marketing Anda. Menggunakan podcast dengan strategi yang sesuai dapat membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak pengguna, bahkan pengguna yang tidak suka membaca informasi mengenai produk atau bisnis serta dapat menjadi bagian meningkatkan penjualan bisnis Anda.

 

Baca Juga  :     Memahami Istilah Digital Marketing Untuk Bisnis Online 2022 (SEM, SEF, SERP, SEO, SEA, SMM)

 

Cara Kerja Content Marketing yang Efisien

Cara Kerja Content Marketing yang Mudah dan Efisien

Dari banyak cara pemasaran online yang populer, content marketing masih menempati peringkat populer di antara para pemasar. Dianggap sebagai salah satu bagian digital marketing yang selalu tepat dengan trend dan praktis, berikut cara kerja untuk membuat pemasaran konten Anda menjadi sukses dan efisien.

  • Menentukan Tujuan

    Apabila Anda sudah memahami tujuan Anda, maka hal tersebut akan membimbing Anda dalam menentukan pilihan-pilihan penting yang berkaitan dengan strategi content marketing Anda. Contohnya, salah satu tujuan Anda adalah meningkatkan trafik ke website maka pilihan dan strategi yang Anda ambil berdampak bagi tujuan utama.

  • Komunikasi dengan Audiens

    Ketika Anda membangun hubungan dengan audiens atau calon pembeli, gunakan lah bahasa yang mudah dimengerti dan komunikasikan dengan baik. Misalnya, jika target Anda anak muda, Anda mungkin harus menjangkau mereka di sosial media dengan bahasa yang gaul dan ‘relatable’.

  • Pilih Tipe Konten dan Promosikan Konten Anda Secara Reguler

    Blog dan newsletter/buletin yang dikirim melalui email adalah dua media yang sangat penting dalam content marketing. Namun brand yang inovatif menggunakan berbagai media lain misalnya TikTok, reels di Instagram, kampanye di Facebook dan lainnya. Anda bisa memilih satu/dua channel dalam mempromosikan bisnis/jasa Anda, dan ketika audiens semakin banyak Anda bisa mencoba mengembangkannya di platform lain. Publikasikan konten Anda secara reguler, terutama ketika mendapat trafik yang banyak atau salah satunya menjadi viral. Jika Anda menggunakan email marketing, ada beberapa tools yang bisa membantu Anda seperti Email Solution IDCloudHost sehingga performa kampanye dapat dipantau.

 

Baca Juga   :     Manfaat Membuat Business Plan dan Rekomendasi Software Terbaiknya Tahun 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Content Marketing menjadi salah satu cara strategi yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis atau jasa Anda yang sangat populer karena ini adalah pemasaran yang canggih dan mampu beradaptasi dengan kemajuan serta inovasi teknologi. Ada berbagai tipe atau jenis pemasaran ini yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan brand serta kebutuhan perusahaan dimana Anda bisa mencoba semuanya yang salah satu cara terbaik adalah melalui artikel atau blog yang akan memberikan kesempatan untuk Anda menjelaskan bisnis secara terperinci dan detail.

Cara lain seperti bergabung di social media dan membuat konten dengan teratur juga bisa Anda tempuh mengingat media sosial adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan saat ini. Bisa dikatakan, media sosial dapat menjadi batu loncatan untuk menyebarkan brand awareness bagi banyak brand atau perusahaan baru. Jangan lupa, salah satu cara kerja content marketing yang efisien adalah dengan menentukan tujuan, mengkomunikannya dan membuat konten tersebut secara reguler.
 

Related Post :