Cara Melakukan Traceroute (Tracert) dari Komputer/Laptop

Development & Security, Web Security / 1 | | 0

Apakah Anda kesulitan karena situs web Anda begitu lama ketika di akses? Loading yang lama dan bahkan sampai tidak dapat diakses atau berhenti sama sekali? Jika Anda mengalami hal ini, bisa jadi ada masalah pada jaringan internet Anda saat itu atau ada masalah yang lainnya.

Selain mencari tahu masalah yang bisa disebabkan oleh jaringan, masalah ini bisa juga timbul oleh sebab luar. Anda dapat mencari tahu mengenai masalah lambat akses ini dengan cara traceroute atau tracert dari komputer mau pun laptop Anda. Disamping cara trace juga ada cara dengan melakukan ping.

Ping sendiri adalah perintah pertama yang biasa dilakukan pengguna atau pemilik website untuk mencari tahu kendala loading yang lambat. Cara ini merupakan jalan keluar dasar untuk mengatasi masalah jangkauan jaringan sedangkan trace melakukan investigasi mengenai kondisi internet.

Jika Anda masih bingung tentang masalah dan penyebab loading atau lambatnya akses situs web Anda, mari cari tahu mengenai cara melakukan pengecekan situs web dengan cara tracert di bawah ini.

 

Mengenal Apa Itu Traceroute

Traceroute adalah salah satu cara pemecahan masalh jaringan yang berkerja dengan melacak rute jaringan dan menampilkannya di layar pengguna. Dengan begitu pengguna dapat memecahkan kendala jaringan serta melihat peringkat perantara mana saja yang telah menyebabkan masalah yang muncul.

Dasar cara kerjanya adalah ketika Anda terhubung pada situs web, maka ada paket yang berisi informasi yang dikirim bolak- balik di antara komputer dan server. Paket informasi ini telah melalui banyak perangkat lain atau hop selama perjalanannya menuju ke perangkat komputer atau server Anda. Jadi dengan alat traceroute ini Anda dapat melacak rute mana saja yang dilewati paket informasi dan dari sinilah Anda dapat menemukan penyebab masalah tadi.

 

Cara Kerja Traceroute

Cara Melakukan Traceroute (Tracert) dari Komputer/Laptop
 

Semua yang terhubung pada situs web maka sebuah koneksi telah dibuat di antara komputer pengguna dan server mereka. Banyak paket informasi yang dikirim ulang – alik berputar dari dua perangkat yang terhubung tadi. Paket informasi yang dikirim mau pun yang diterima selama keseluruhan sesi akses akan berjalan melalui rute dengan menggunakan perangkat perantara yang dikenal dengan istilah penghuni.

Secara sederhananya traceroute akan melacak semua rute paket informasi Anda. Dari sini Anda akan dapat melihat seluruh jalur yang diambil oleh paket informasi Anda untuk mencapai titik tujuan mereka. Hasil penelusuran yang di dapat juga akan menyertakan perangkat atau host yang telah digunakan selama paket informasi Anda melakukan perjalanannya.

Baca Juga :   Tutorial Cara Penting Melindungi Website dari Serangan Hacker  

 

Mengapa Pengguna Memilih Menggunakan Traceroute

Tidak hanya cara ping, traceroute adalah salah satu opsi jalan keluar yang bisa di coba untuk mengecek masalah jaringan internet lambat. Traceroute dapat melakukan pelacakan paket dan melihat semua lompatan yang telah terjadi dan juga seluruh lintasannya. Berdasarkan informasi yang diberikan traceroute nantinya, Anda akan dapat melihat host mana saja dari rute yang menimbulkan masalah atau bahkan dimana posisi paket Anda yang bisa saja tersesat.

Pengguna juga dapat menentukan apakah masalah yang ada berada di jaringan atau host. Jika masalah ada pada host, Anda pun dapat mencari tahu host mana yang membawa masalah. Traceroute bekerja dengan simple, praktis serta efisien dalam menentukan tempat masalah atau perangkat yang menyebabkan masalah.

Baca Juga :   Tips & Trick Cara Menghindari Pencurian Data di Internet

 

Cara Menggunakan Traceroute

Pada dasarnya menggunakan traceroute adalah sangat mudah dan sederhana. Berikut langkah- langkah singkat yang bisa Anda coba sendiri :

  1. Unduh program Traceroute dan install pada komputer atau laptop Anda.
  2. Buka atau akses Traceroute.
  3. Masukkan IP Address dari perangkat akhir misalnya server dengan jaringan, lalu klik tombol Pelacakan.
  4. Tunggu sebentar karena Traceroute sedang bekerja.
  5. Traceroute akan melacak semua paket Anda kemudian menunjukkan rute paket Anda termasuk di dalamnya rincian tentang hop, perangkat, latensi, alamat Ip dan juga nama host.

Baca Juga :  Mengenal Apa itu Cookie Browser : Fungsi, Tujuan, dan Cara Menghilangkannya

 

Cara Melakukan Tracert Dari Komputer/Laptop

Cara Melakukan Traceroute (Tracert) dari Komputer/Laptop
 

Jika Anda pengguna laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows, maka Anda dapat menggunakan untuk melakukan Tracert. OS Windows dilengkapi dengan utilitas traceroute bawaan tersendiri. Alat yang sudah dibekalkan langsung pada Windows ini sudah dapat langsung digunakan untuk tujuan yang sama.

Tracer yang ditanam ke dalam Windows berfungsi sama persis dengan cara yang telah Anda coba di atas tadi. Keduanya dapat melacak paket pengguna dan mendapatkan serta menyampaikan segala informasi mengenai perjalan paket Anda. Utilitas bawaan Windows ini dikenal sebagai Tracert atau TraceRoute.

Untuk melakukan dan menggunakan traceroute yang tersedia pada setiap seri Windows, inilah beberapa langkah yang bisa Anda coba :

  1. Klik pada tombol Windows.
  2. Lalu ketik Command Prompt di kotak pencarian.
  3. Klik kanan pada Command Prompt dari hasil pencarian dan pilih Run As Administrator.
  4. Ketikkan tracert 192.168.1.1 dan klik Enter.
  5. Perintah ini akan mengirim paket ke alamat IP 192.168.1.1 dan melacak perangkat atau hop paket pengguna.
  6. Hop akan ditampilkan pada Command Prompt dalam urutan yang dicapai dengan hop pada baris pertama akan menjadi yang paling dekat dengan mesin Anda sehingga paket akan mencapai lebih dulu atau pertama.
  7. Alamat IP di akhir setiap baris adalah perangkat jaringan yang telah dijangkau paket Anda yang berkemungkinan ada nama host yang turut disebutkan pada bagian akhirnya juga.
  8. Anda akan dapat melihat bahwa hop hingga paket Anda telah mencapai tujuan atau batas hop terlampaui yang secara default berjumlah 30 lompatan saja.
  9. Anda juga dapat mencoba dengan nama host juga yang lebih ringkas dan praktis karena lebih mudah jika dibandingkan dengan mengingat IP Address.
  10. Ketikkan www(dot)appuals(dot)com lalu tekan Enter.

Baca Juga :   Tutorial Cara Clear Cache DNS dengan Cara Flush DNS

 

Kesimpulan dan penutup

Menggunakan Traceroute tidak hanya menghemat waktu Anda namun juga banyak usaha dalam mencari penyebab masalah. Hal ini karena terutama adalah Anda cukup memasukkan alamat IP dari server yang ditargetkan dan dapat langsung melihat hasilnya. Kemudian Anda dapat melakukan analisis hasil tanpa melakukannya secara manual dan dapat menuntaskan masalah dengan lebih efisien.

Sedangkan tracert yang disediakan oleh Windows sebenarnya tidaklah terlalu ramah guna atau user friendly. Ini mengingat pengguna harus melakukan Command Prompt dan memasukkan beberapa perintah untuk melakukan pelacakan paket. Cara yang tidak ramah terutama bagi Anda seorang pemula yang tidak mengerti teknis. Pilihlah cara yang lebih mudah Anda mengerti karena sistem ping dan tracert dari Windows tidak selalu bisa diandalkan dalam mencari dan memberikan solusi masalah.

Related Post :

popup image