Tips & Trick Cara Menghindari Pencurian Data di Internet

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Pada zaman yang semakin modern seperti saat ini semuanya menggunakan internet. Mungkin pernanan internet dapat membantu banyak masyarakat yang menjalankan usaha bisnis melalui online. Namun, internet ternyata tidak hanya memberikan dampak positif saja melainkan juga negatif berupa pencurian data. Sebagai pengguna internet, Anda wajib mengetahui cara menghindari pencurian data internet.

Data merupakan aset penting bagi Kita, bayangkan jika data Kita dicuri kemudian dijadikan sebagai data palsu untuk melakukan kejahatan. Tentu saja hal tersebut sangat merugika Anda. Para pelaku pencurian data bisa melakukannya dari berbagai aktivitas online Anda. Misalkan mencuri data melalui akun social media, situs website yang pernah Anda kunjungi, serta aktivitas pembayaran online.

Kejahatan siber yang mengakibatkan pencurian data sangat merugikan. Oleh sebab itu, banyak pihak keamanan seperti polisi yang menganjurkan bahwa pengguna internet harus pintar dalam menjaga datanya. Misalnya harus menjaga rahasia username dan password akun manapun. Untuk memperkuat keamanan Anda, lebih baik tingkatkan pemahaman mengenai cara menghindari pencurian data internet.

Dengan mengetahui cara menghindari pencurian data internet. Pastinya Anda mengerti hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga keamanan data internet. Data Anda pun aman, karena Anda sudah memutuskan untuk memperkuat keamanan selama menggunakan internet.

Baca Juga : Cara Agar Membuat Website Anda Lebih Aman

 

Resiko Jika Tidak Memahami Cara Menghindari Pencurian Data Internet

Tips & Trick Cara Menghindari Pencurian Data di Internet | IDCloudhost

 

Apa saja resiko yang terjadi jika tidak mengetahui cara menghindari pencurian data internet? Banyak resiko yang Anda dapatkan, karena melalui pencurian data bisa menimbulkan kejahatan yang merugikan Anda. Data yang dicuri digunakan untuk keperluan negatif seperti penagihan hutang. Kenapa bisa begitu? Karena pencuri menggunakan data Anda untuk meminjam uang di salah satu situ hutang online.

Jika ada penagihan hutang tetapi Anda tidak merasa melakukannya maka, bisa dikatakan bahwa hal tersebut dapat merugikan diri. Selain kehilangan uang dalam jumlah besar, reputasi diri juga berkurang. Tidak hanya kasus penagihan hutang saja namun, data juga dapat dipakai untuk melakukan berbagai macam akses merugikan.

Akses merugikan yang bisa dilakukan oleh pencuri yaitu memakai data untuk masuk ke situs porno, menjalankan aplikasi kencan online, memakai data untuk game online, membuat akun spotify, netflix, bahkan transaksi perbankan. Kegiatan yang dilakukan pencuri tidak tanggung-tanggung, sehingga membuat nama baik Anda tercemar. Sebaiknya waspada dan simak cara menghindari pencurian data internet.

Baca Juga : 5 Cara Menguji Keamanan Komputer Kamu

 

Cara Menghindari Pencurian Data Internet Agar Tetap Aman

Tips & Trick Cara Menghindari Pencurian Data di Internet | IDCloudhost

 

Sebelum Kita mengetahui bagaimana cara menghindari pencurian data internet. Kita juga perlu mengetahui bagaimana cara umum dalam melakukan pencurian data pribadi di internet oleh pelaku. Cara umum yang dilakukan pencuri yaitu melalui sebuah kampanye namanya phising spear. Istilah lain dari kampanye tersebut yaitu kegiatan eksploitasi keamanan perangkat lunak.

Selesai melakukan aksi pelemahan keamanan, pelaku menyerang sampai mendapatkan data yang diinginkan. Biasanya mendapatkan data dari korban meliputi alamat email beserta kata sandi. Kedua data dapat digunakan untuk ke tahap peretasan data. Pelaku sudah mengetahui bahwa banyak pengguna internet yang memakai kata sandi sama dengan email, jadi membuat lebih mudah dalam melakukan peretasan.

Data sudah berhasil dicuri, kemudian pelaku bisa menggunakan untuk kepentingan pribadinya. Biasanya pencurian data memiliki tujuan yang banyak seperti promosi, spamming situs website, mengirimkan virus, pencucian uang serta kegiatan merugikan lainnya.

Setelah memahami pencurian data dilakukan, tentunya Anda merasa harus meningkatkan waspada untuk menjaga data pribadi di internet. Berikut merupakan cara menghindari pencurian data internet.

  1. Pasang Antivirus

    Tanpa sadar Kita selalu lupa untuk memasang anti virus pada peralatan elektronik yang digunakan. Padahal salah satu cara cara menghindari pencurian data internet yaitu memasang anti virus. Selain membersihkan virus internet yang masuk, anti virus juga mampu melindungi data internet supaya aman dengan caranya sendiri. Menurut penelitian membuktikan bahwa, perangkat elektronik yang dilengkapi anti virus terbukti lebih aman daripada tidak menggunakan.

  2. Buat Kata Sandi Rumit

    Cara menghindari pencurian data internet berikutnya yaitu membuat kata sandi yang rumit. Memang kata sandi rumit membuat pengguna internet lupa, karena tidak mudah diingat. Justru itu, kerumitan kata sandi membuat pelaku kejahatan pencurian data tidak bisa menebaknya sehingga tetap aman. Saat membuat kata sandi, usahakan menggunakan kombinasi angka dan huruf besar kecil. Kata sandi website serta social media wajib berbeda. Jangan sekali-kali memakai kata sandi sama, karena itu memudahkan pelaku untuk mencuri data Anda.

  3. Perbarui Sistem Operasi

    Langkah berikutnya yaitu selalu melakukan perbaruan pada sistem operasi. Perbaruan dilakukan secara berkala, supaya membuat kinerja perangkat Anda lebih cepat. Up date sistem operasi terbaru juga dapat meningkatkan keamanan data. Perangkat lebih rentan dari serangan pelaku pencurian data.

  4. Stop Membuka Iklan di Internet

    Saat bermain di internet, Anda bisa melihat banyak iklan bertebaran disana. Iklan selalu menarik hati untuk dibuka, namun jangan sembarangan membukanya karena bisa saja itu trik pelaku untuk mencuri data pribadi Anda. Walaupun iklannya menarik, pastikan terlebih dahulu sebelum membukanya. Pastikan bahwa iklan tersebut terpercaya atau tidak.

  5. Hindari Memasang Aplikasi Download

    Cara menghindari pencurian data internet selanjutnya yaitu jangan memasang aplikasi download sembarangan. Tahukah Anda bahwa aplikasi donwload ada yang tidak terpercaya, aplikasi tersebut buatan pelaku pencurian data. Oleh sebab itu dalam memilih aplikasi download harus terpercaya, carilah dari halaman resmi pembuat aplikasi.

Itulah beberapa cara menghindari pencurian data internet. Terlihat sepele tetapi harus diperhatikan dengan baik. Dengan mengetahui cara menghindari pencurian data internet maka, Anda tidak akan mengalami kerugian besar terhadap data yang dicuri. Bahkan Anda mendapatkan keuntungan karena telah memperhatikan cara menghindari pencurian data internet.

Baca Juga : Ada Lebih 15 Juta Data Pengguna Tokopedia Telah Bocor di Internet

 

Keuntungan Memahami Cara Menghindari Pencurian Data Internet

Tips & Trick Cara Menghindari Pencurian Data di Internet | IDCloudhost

 

Sekarang Anda mengetahui apa saja cara menghindari pencurian data internet. Setelah memahami, Anda mendapatkan banyak keuntungan. Pertama yaitu selalu waspada dalam melakukan aktivitas di internet. Termasuk dalam menyeleksi iklan yang dikunjungi, selalu log out akun social media jika selesai digunakan, dan selalu berhati-hati dalam melakukan aktivitas di website.

Keuntungan kedua yaitu data pribadi tetap aman, karena Anda sudah menerapkan cara menghindari pencurian data internet. Dengan meningkatkan keamanan pada smartphone beserta kata sandi akun di internet, pastinya data Anda tetap terjaga. Apabila ada hal yang mencurigakan dan berbau pencurian data maka, Anda wajib mengganti kata sandi secepatnya.

Keuntungan ketiga yaitu tidak perlu takut ketika bermain internet. Selama ini masih ada orang yang takut jika datanya dicuri saat menggunakan internet. Nah selesai membaca cara menghindari pencurian data internet. Merekapun tidak khawatir lagi. Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda selesain mempelajari cara menghindari pencurian data internet. Tidak ada ruginya mempelajari cara mencegah pencurian data di internet.

Related Post :

popup image