Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri dengan Mudah dan Cepat

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Android yang dikembangkan pada 2003 lalu kini mulai berevolusi semakin maju dan mudah mengikuti selera pasar dan kemajuan gadget. System operasi android yang dibesut oleh Andrew Rubin seorang programmer dan co-founder Android Inc, telah merajai dan menguasai pasar piranti mobile dunia. Bahkan system pengoperasian ini dikabarkan mampu menarik minat para pengguna dan menjadikannya sebagai pilihan system informasi utama ketimbang yang lainnya.

Tidak mengherankan kenapa user lebih memilih piranti ini, Android menekankan pengalaman guna yang lebih user friendly dan akses yang mudah. Selain itu pengguna juga bisa mengembangkan aplikasi mereka untuk sebuah perusahaan ataupun secara perseorangan. Kemampuan pengembangan ini yang menambah lebih banyaknya berbagai macam aplikasi yang seperti kita lihat sekarang ini baik berbayar atau gratis.

Banyak juga alasan kenapa seseroang mereka ulang atau membuat aplikasi baru sekaligus, entah itu menambahkan fiitur yang menarik atau sebuah aplikasi berbeda yang mengikuti arah pasar yang sedang tren. Bila kamu juga ingin menambahkan atau membuat aplikasi sendiri, mari simak penjelasan dan cara membuat aplikasi android sendiri dibawah ini.

 

Menentukan Jenis Aplikasi Yang Akan Dibuat

 

Sebelum memulai hendaklah meneliti jenis, fitur dan pemasaran aplikasi nantinya. Tidak ada salahnya membuat rancangan dan gambaran yang mendetil mengenai target pengguna juga bagaimanakah cara aplikasi itu akan dipakai. Sebaiknya hindari fitur- fitur yang berat dan membuat proses loading menjadi lama.

Gunakan tampilan yang menarik atau menyesuaikan jenis aplikasi yang dibuat. Jika kamu membuat aplikasi jual- beli online, pastikan semua fitur yang ada bisa di klik dan accessible karena semua proses pembelian, tampilan yang menarik, kelebihan si aplikasi, kemudahan pembayaran transaksi, imej suatu brand serta penerapannya di bergaia platform, amat sangat bersangkut paut erat dengan imej sang penjual atau perusahaan.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Android Studio : Fungsi, Manfaat, dan Cara Installasinya

 

Memilih Perangkat Lunak Yang Tepat

 

Setelah menentukan arah dan jenis aplikasi yang akan dibuat, berikutnya adalah mencari perangkat yang akan digunakan. Aplikasi android juga lebih sering dibuat dengan coding yang detil, rumit dan menuntut keahlian tersendiri, namun sekarang telah ada beberapa software yang dirancang khusus sebagi short cut dalam membuat aplikasi tanpa lagi harus berurusan dengan coding.

Hanya saja software ini biasanya gratis atau berbayar. Masing- masing software ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya, software berbayar tentu mempunyai keunggulan yang lebih besar dan dominan serta mempermudah monetisasi. Ada pun macam software yang bisa kamu coba adalah:

 

  1. AppMakr

    Sebuah platform yang memudahkan perancangan aplikasi iPhone tanpa Batasan kreatifitas. Disamping IOS, aplikasi ini memungkinan kita mengembangkan aplikasi dari Adnroid dan selulur HTML5 juga tanpa harus menggunakan coding serta bahasa- bahasa pemograman yang asing. Poin kemudahan atau user friendly AppMkr banyak membuatnya dilirij banyak orang termasuk pemula juga awan dalam ilmu pemograman sekalipun.

  2. ShoutEm

    Menurut penjelasan di laman resminya, software ini menyediakan jenis layanan tiga paket awal untuk aplikasi dan aplikasi web progresfi. Selain 3 paket layanan diatas , tim pengembang ShoutEm juga dapat membantu anda merandang dan melancarkan aplikasi.

  3. Mobile Roadie

    Didirikan pada tahun 2008 oleh Micheal Scheneider dan Brock Batten, Mobile Roadie adalah platform pengembang aplikasi seluler mandiriyang mempunyai cakupan Modul Fitur yang siap pakai, system manajemn konten (CMS) dan dashboard untuk memantau analitik dan aktivitas aplikasi yang berwawasan luas. Platform unik ini memberdayakan klien dengan alan yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi cepat, sekaligus memberikan pengalaman pengguana dan desain setinggi mungkin.

  4. Good Barber

    Good Barber adalah aplikasi web progresif dan platform pengembangan aplikasi Android dan iOS asli yang membantu bisnis memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.
     
    Pengalaman yang dimaksud adalah tema- tema yang menarik secara visual yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan dan mood yang ingin dibangun. Menawarkan 350 tema desain secara gratis, Good Barber juga mempunyai 600 fitur Google Font. Hanya saja tidak semua fitur ini dapat diakses karena mereka juga menetapkan harga dan paket.

  5. Appery.IO

    Appery.io adalah platform berbasis cloud yang menyediakan alat pengembangan UI dan layanan backend terintegrasi. Kelebihan platform ini tidak perlunya mengunduh, menginstal maupun konfigurasi.
     
    Banyak situs- situs besar telah mempercayakan aplikasi mereka kepada Appery.IO ini seperti CloudTimes, SDTime, Tech Target dan lainnya kerana pengembang ini telah dikenal luas dan mempunyai layanan yang bisa menggabungkan visual serta JavaScript untuk boosting aplikasi yang cepat dan stabil.

  6. The App Builder

    Merupakan aplikasi adalah alat pengembangan seluler online yang memungkinkan pengguna memintas proses pengembangan aplikasi seluler generik dan membuat aplikasi seluler dikembangkan dalam waktu singkat. Bagian yang menariknya adalah ia mengurangi durasi waktu pengembangan aplikasi ke tingkat yang sama sekali baru. Biasanya, proses pengembangan aplikasi seluler membutuhkan waktu berminggu-minggu. Dari ideation hingga wireframing, perancangan antarmuka hingga analisis pengalaman pengguna, pengujian hingga finalisasi, ini melibatkan proses besar dan kuat di balik aplikasi seluler sederhana.

  7. Appy Pie

    Appy Pie adalah pembuat aplikasi seluler yang dirilis untuk platform Android, iOS, Fire OS, Kindle, Windows Phone, dan BlackBerry yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan memonetisasi berbagai jenis aplikasi seluler. Ia juga menampilkan pasarnya sendiri untuk memamerkan aplikasi yang dibuat melaluinya. Appy Pie meluncurkan versi beta dari layanan pembuatan aplikasi mobile WYSIWYG pada 14 April 2015.
     
    Kita juga bisa menggunakan software ini untuk membuat game (online game) yang dapat langsung di publish atau di jual ke Play Store dan Apple App Store. Mereka juga menawarkan 4 paket mulai dari Free tak berbayar, Basic, Gold dan Platinum. Untuk paket tanpa bayar hanya membolehkan akses HTML5 dan android terbatas.

  8. AppMachine

    Pada platform ini memungkinan penggunanya membangun aplikasi web serta aplikasi asli seperti iOS, Android, dan Windows Mobile. Perusahaan ini menawarkan sejumlah perangkat lunak Do it yourself (DIY) yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam aplikasi seluler apa pun untuk meningkatkan produktivitas.

    Mengusung tema penggunaan user friendly, platform ini menyediakan fitur drag dan drop yang bisa dikombinasikan ke berbagai macam building block yang mempunyai informasi yang kompleks seperti data, video juga foto.

 

Langkah Merancang Aplikasi

 

Cara dan langkah yang paling pertama digunakan adalah menggunakan software yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan banyak fitur. Appery IO adalah salah satu software yang bisa dipertimbangkan karena mareka tidak menuntut adanya pengunduhan dan konfigurasi yang rumit.

Sedangkan Good Barber mempunyai seleksi visual menarik dan AppMachine mampu mengkombinasikan semua data dan fitur. Maka dari itu sesuaikan jenis aplikasi yang hendak di kembangkan, budget dan paket software yang ada.

Setelah menetapkan jenis aplikasi, mulailah menambahkan fitur yang berfungsi dan aktivitas di dalamnya. Setiap fitur yang di klik akan membawa penggunanya ke laman atau layar baru interaktif. Jangan sepelekan layout, informasi data, kombinasi warna dan fungsi setiap button yang ada.

Keunggulan dari ShoutEm ini bisa kamu jadikan perantara bila kamu ingin mempublikasikan aplikasi android yang sudah kamu buat ke iPhone. Bila sudah disetujui, maka aplikasi kamu akan muncul di layanan AppStore bila sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan Apple. Sedangkan untuk GooglePlay sedikit lebih mudah.

 

Cara Melakukan Uji Coba Aplikasi

Step akhir adalah melakukan uji coba sebelum naik muat, dijual atau dipromosikan luas. Unduhlah berkas APK ke perangkat dan tentukan setting dengan begini programmer dapat mengetahui adanya bug atau tidak di dalam aplikasi.

Pastikan fitur telah berkerja sebagaimana mestinya tanpa ada lagging, lakukan penguji cobaan ini berulang kali secara berkala dari waktu ke waktu agar benar- benar layak digunakan. check juga tanda keakuratan si aplikasi android tadi agar lebih banyak mencapai banyak calon pemakai dan memudahkan mereka dalam mencari aplikasi tadi di mesin pencarian.

Baca Juga : Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / Laptop (Android & IOS Apple)

 

Kesimpulan dan penutup

Buatlah daftar langkah yang jelas dan teratur, lakukan riset dan hasil contoh setiap pengembang dan platform software agar lebih mendekati kemauan aplikasi yang akan kamu buat. Pilih juga cara yang lebih fleksibel karena sekali lagi kamu bisa menggunakan 2 metode, yaitu native coding atau memakai platform sedia ada.

Koneksi internet yang lancar dan stabli juga sangat menunjang kelancaran pengembangan aplikasi. Apabila koneksi tidaklah terlalu cepat dan ditambah laman juga fitur aplikasi yang berat akan berpengaruh pada kesetian para konsumen nantinya. Manakah yang menjadi piliham Anda?.

Skill dalam pemograman anda, tidak harus pintar dalam skill programmer. Namun, anda harus pintar – pintar dalam menggunakan aplikasi builder untuk membuat sebuah aplikasi layaknya android studio. Selamat mencoba.

Related Post :

popup image