Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan Blogspot

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Blogspot merupakan salah satu situs penyedia akun website gratis, yang bisa Anda gunakan sebagai wadah untuk posting, sharing, dan lainnya. Akun yang digunakan untuk login akun pada blogspot adalah akun google, blogspot bukan satu-satunya platform blog yang bisa digunakan secara gratis. Ada WordPress, detik dan lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk blog Anda.

Awalnya blogspot hanya sebuah catatan harian yang digunakan secara online, salah satu platform milik Google ini berkembang sangat pesat. Menjadi salah satu sistem manajemen yang paling populer dalam hal publikasi website dalam hitungan menit, blogspot mudah digunakan dengan ringan dan stabil serta handal. Anda bisa menggunakannya dalam jumlah yang tidak terbatas, baik untuk kepentingan pribadi hingga keperluan bisnis atau bisa juga digunakan sebagai mata pencarian utama.

Blogspot memberikan banyak kemudahan bagi para pemula hingga Anda mahir dalam menggunakannya, bahkan jika Anda mungkin sama sekali tidak memahami kode HTML. Anda bisa mudah melakukan perubahan dan mengatur tampilan, dengan cukup melakukan klik dan drag hingga menambahkan widget tanpa perlu merubah HTML nya.

 

Pengertian Blogspot

 

Blogspot atau blog adalah singkatan dari web log hal ini merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog pada sebuah halaman web umum atau template blog. Bahkan tulisan ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik  yakni dimulai dari isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau pada urutan yang pertama baru kemudian diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat, namun tidak harus selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu atau kerap disebut kata kunci pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine yang lainnya.

 

Mengenal Blogspot

Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan Blogspot
 

Untuk lebih mengenal terkait blogspot, Anda bisa perhatikan keunggulan dalam beberapa sisi berikut.

 

  1. Segi Penggunaan

    Agar Anda bisa mengakses Blogspot, Anda harus mempunyai akun Google. Anda kemudian bisa membuka Blogger dan membuat blog. Blogger akan memberikan notifikasi untuk Anda sehingga dapat memilih tema serta memasukkan judul di blog Anda. Bagi Anda yang belum mempunyai nama domain, Blogger akan memberi beberapa pilihan nama untuk blog Anda untuk dijadikan alamat URL. Anda hanya memerlukan waktu yang lumayan singkat ketika ingin membuat blog dengan Blogspot. Anda dapat membuat konten dengan menggunakan tool dan opsi yang telah disediakan di dashboard.

  2. Segi Performa

    Tentang performa, blogspot sudah tidak diragukan lagi. Sebagai platform hosted yang didukung Google dan terkait dengan waktu loading tidak terjadi masalah. Selain itu, website yang berbasis Blogspot juga menggunakan desain simpel sehingga performa tidak menjadi perkara.

  3. Segi Keamanan

    Dari segi keamanan, Blogspot memiliki sisi keamanan yang unggul karena didukung oleh Google. Jadi, website Anda di support sepenuhnya oleh Google yang tentunya dari segi keamanan sudah tidak diragukan lagi. Akan tetapi Anda tidak dapat mengubah pengaturan keamanan karena platform blogspot merupakan platform tertutup (closed platform).

  4. Segi Fleksibel

    Untuk tingkat fleksibilitas atau kustomisasi, tema yang ada di Blogspot tidak dapat dikustomisasi dengan lebih jauh. Karena pilihan yang ada sedikit, desain blog Anda bisa mirip dengan website milik user lainnya.

 

Baca Juga  :    Tutorial Cara Menghapus Domain dari Blogspot

 

Kelebihan dari Blogspot

Setiap platform pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, dilihat dari kelebihannya blogspot mempunyai kelebihan sebagai berikut.

 

  • Versi Mobile

    Blogspot sangat ramah pada pengguna ponsel atau mobile phone, fitur-fitur yang disediakan pun hampir seluruhnya sama dengan versi web nya. Hanya saja ukurannya terlihat lebih kecil daripada versi aslinya.

  • Ramah SEO

    Membangun website tentu mengharapkan untuk kemudahan dalam ditemukan orang dan mudahnya untuk diakses oleh siapa saja, dan mesin pencari raksasa saat ini adalah Google. Tentu akan menjadi kabar gembira bagi para pengguna blogspot saat blog miliknya terdeteksi oleh Google, blogspot bahkan menjadi CMS yang ramah SEO.

  • Cepat

    Membuat blog, memposting, mengupload foto bahkan video serta mengubah pengaturan lainnya yang bisa dilakukan dalam satu klik tentu menjadi kelebihan yang paling disoroti, dengan Google hosting dapat diakui bahwa Google menjadi yang terbaik dan web server tercepat di seluruh dunia. Masalah dalam kecepatan bahkan blog yang ngadat saat digunakan tentu membuat ganggu para pengunjungnya.

  • Aman

    Blogspot mampu menjamin Anda untuk tidak merasa was-was akan terjadinya penerobosan dan dirayapi oleh hacker dimanapun berada, Google belum pernah terdengar kabarnya terkait penerobosan sehingga blogger atau blogspot juga akan begitu.

  • Gratis

    Layanan yang diberikan oleh blogger atau blogspot gratis selamanya, fitur-fitur yang dihadirkan kesemuanya gratis. Fasilitas yang disediakan oleh blogspot bersifat cuma-cuma, Anda bisa menggunakannya selamanya namun Anda tentu harus membayar jika ingin berpindah lebih profesional dengan membuat domain tunggal.

  • Banyak Dukungan

    Kendala, kerusakan, dan kebingungan yang timbul bagi Anda pengguna blogspot adalah sebuah hal yang wajar dan pasti terjadi, namun tidak perlu khawatir sebab Anda akan menemukan banyak bantuan dari blogspot itu sendiri atau didapat dari banyak artikel yang tersebar luas di platform Google.

 

Baca Juga   :    Pilih Blogspot atau WordPress. Berikut ini Perbedaannya!

 

Kekurangan dari Blogspot

Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan Blogspot
 

Selain memiliki banyak kelebihan, blogspot juga memiliki kekurangan di dalamnya sebagai berikut.

  1. Tampilan dashboard admin yang sederhana menjadi kekurangan pertama yang dimiliki oleh blogspot, tampilan sederhana ini tentu membuat pengguna tidak leluasa dalam membuat blogspot yang lebih profesional.
  2. Tools yang dimiliki oleh blogspot tidaklah selengkap yang dimiliki oleh WordPress, sehingga saat digunakan dalam penulisan artikel pengguna akan kurang leluasa menggunakannya.
  3. Menyesuaikan tampilan blog mungkin terlihat mudah jika hanya menggunakan klik dan drag, namun menggunakan HTML dan CSS tentu akan lebih baik. Hal ini tentu akan menyulitkan pengguna yang belum mengerti atau bahkan minim pengetahuan yang dimilikinya terkait bahasa pemrograman yang dibutuhkan.
  4. Blogspot yang merupakan salah satu produk Google tentu membuat pengguna harus mematuhi semua aturan yang sudah dibuat oleh Google.

 

Cara Membuat Blog dengan Blogspot

Sebelum mulai untuk membuat website atau blog dengan menggunakan platform blogspot, Anda bisa mulai dengan mengenal lebih dulu pengertian blogspot dan kelebihan serta kelemahan dalam menggunakannya. Berikut ulasan cara membuat blog di blogspot.

  • Akun gmail harus Anda miliki sebagai awal mula yang harus dilakukan sebelum membuat akun blog, lakukan pendaftaran akun gmail jika Anda belum memilikinya.
  • Kunjungi website www(dot)blogger(com) dan klik tombol bertuliskan Creat Your Blog.
  • Setelahnya Anda akan diarahkan ke menu login, itulah mengapa Anda harus memilikinya terlebih dahulu sehingga bisa untuk melakukan login dengan informasi yang ada pada akun Google tersebut.
  • Anda bisa menuliskan judul yang cocok untuk website yang dimiliki, lalu isikan alamat URL blog yang nantikan akan digunakan bersamaan dengan nama domain yang tersedia secara default. Untuk domain yang berbeda dan profesional, Anda diharuskan untuk melakukan pembayaran agar bisa mengubahnya.
  • Lengkapi profil yang sesuai untuk kelengkapan tampilan website Anda, blog Anda sudah bisa diakses dengan menggunakan alamat URL yang sudah dimasukkan sebelumnya. Setelah akun dibuat, Anda bisa melakukan posting artikel, pengaturan tampilan pada halaman depan, melakukan pengoptimalan SEO dan lain sebagainya.

 

Baca Juga   :    Cara Mengatasi Website Blank Setelah di Arahkan ke Blogspot

 

Kesimpulan dan Penutup

Blogspot terintegrasi dengan program Pay Per Click (PPC) sehingga mampu membayar Anda ketika ada pengunjung yang melakukan klik iklan yang ada pada blog yang Anda miliki, keunggulan yang dimiliki oleh blogspot bisa Anda lihat dari berbagai sisi seperti dari sisi penggunaan, fleksibilitas, keamanan, serta performa. Dari berbagai sisi tersebut Anda bisa membedakannya dan menjadikan perbandingan sebelum mempertimbangkan untuk menggunakan blogspot.

Meski merupakan salah satu platform blog yang gratis dan mudah digunakan, blogspot tidak luput dari kekurangan. Namun kekurangan yang dimiliki dibarengi dengan kelebihan yang lebih banyak, sehingga Anda masih bisa mempertimbangkan untuk menggunakan blogspot sebagai platform blog milik Anda sendiri. Blogspot tidak hanya menjadi platform yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi tetapi juga bisa digunakan untuk Anda yang membutuhkan website sebagai blog bisnis, Anda bahkan bisa mengganti domain yang sesuai dengan kebutuhan dan membayarnya.

Related Post :

popup image