Pilih Blogspot atau WordPress. Berikut ini Perbedaannya!

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Tahukah Anda? Ketika Anda ingin membuat blog atau website, diperlukan banyak waktu karena ada beberapa hal yang harus ditentukan. Misalnya menentukan strategi yang harus dipakai untuk melakukan promosi blog baik melalui mesin pencari maupun media sosial agar mampu mendapatkan banyak pengunjung.

Selain itu, yang tak kalah penting ialah menentukan sebuah platform apa yang ingin digunakan. Anda bisa menggunakan Blogspot maupun WordPress. Apakah Anda merupakan salah satu orang yang sedang merasa bingung untuk memilih Blogspot atau WordPress?

Jika memang benar, itu berarti Anda sedang membaca artikel yang sangat tepat karena disini Kami akan menjelaskan tentang perbedaan Blosgpot dan WordPress sehingga Anda tidak merasa bingung untuk menentukan pilihan. Nah, sebelum membahas perbedaan Blogspot dan WordPress, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai Blogspot dan WordPress sendiri.

WordPress merupakan platform CMS/menguasai sistem manajemen konten. Setelah mengetahui pengertian dari Blogspot dan WordPress yang sudah dijelaskan di atas, dibawah ini Kami akan menjelaskan perbedaan antara kedua platform tersebut.

 

Apa Itu Blogspot ?

 

Blogsspot atau blog adalah singkatan dari web log hal ini merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada sebuah halaman web umum (template blog).

Bahkan tulisan ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau pada urutan yang pertama baru kemudian diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat), namun tidak harus selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine yang lainnya

Apa Itu WordPress ?

 

Apa itu WordPress? Nah pasti kata kata wordpress sudah tidak asing bagi anda? WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Secara umum, sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Website

Apa Perbedaan Blogspot dan WordPress Penggunaannya?

 

Perbedaan Blogspot dan WordPress yang pertama yaitu dari segi penggunaan. Sebenarnya, kedua platform tersebut merupakan platform user-friendly.

 

Segi Penggunaan

Mari kita lihat dari segi penggunaan. Penggunaan Blogspot lebih mudah cepat dan mudah. Yuk, Simak perbedaanya :

 

  1. Blogspot

    Agar Anda bisa mengakses Blogspot, Anda harus mempunyai akun Google. Anda kemudian bisa membuka Blogger dan membuat blog. Blogger akan memberikan notifikasi untuk Anda sehingga dapat memilih tema serta memasukkan judul di blog Anda. Bagi Anda yang belum mempunyai nama domain, Blogger akan memberi beberapa pilihan nama untuk blog Anda untuk dijadikan alamat URL. Anda hanya memerlukan waktu yang lumayan singkat ketika ingin membuat blog dengan Blogspot. Anda dapat membuat konten dengan menggunakan tool dan opsi yang telah disediakan di dashboard.

  2. WordPress

    Jika Anda ingin menggunakan WordPress, Anda harus menginstall terlebih dahulu serta mengaktifkan WordPress tersebut. Akan ada sejumlah fitur dan opsi yang ditawarkan kepada Anda. Beragam fitur yang ditawarkan memberikan keunggulan untuk pengguna WordPress karena Mereka bisa menggunakan keratifitas yang dimilikinya untuk membuat suatu konten.

 

Namun, jika ingin menggunakan fitur tersebut Anda harus mempelajari terlebih dahulu agar dapat memahami opsi dan fitur yang ada di WordPress agar mampu mengoptimalkan. Intinya, dari segi penggunaan, perbedaannya ketika menggunakan Blogspot.

Anda bisa membuat website dengan akun Google yang Anda miliki dan membuat konten website menggunakan tool yang sudah disediakan di dashboard dengan waktu yang cukup singkat, Sedangkan ketika menggunakan WordPress, jika ingin menggunakan fitur dan opsi yang ditawarkan, Anda membutuhkan waktu yang lumayan lama agar bisa mempelajari dan memahami fitur dan opsi yang ada.

 

Segi Performa

Ada beberapa performa yang harus diperhatikan dari sebuah website. Performa tersebut yaitu kecepatan waktu yang akan dibutuhkan oleh suatu halaman blog ketika loading dan juga kecepatan dari backend situs atau dashboard yang digunakan. Berikut ini perbedaan Blogspot dan WordPress jika dilihat dari performanya.

 

  1. Blogspot

    Tentang performa, blogspot sudah tidak diragukan lagi. Sebagai platform hosted yang didukung Google dan terkait dengan waktu loading tidak terjadi masalah. Selain itu, website yang berbasis Blogspot juga menggunakan desain simpel sehingga performa tidak menjadi perkara.

  2. WordPress

    WordPress juga sebenarnya mempunyai waktu loading yang cepat. Namun, karena platform WordPress yaitu self-hosted, maka performa dari website atau blog Anda akan lebih bergantung kepada provider hosting yang Anda pilih.

    Nah, agar waktu loading website Anda tidak melambat, Anda tentu harus mampu mengelola dan mengontrol semua konten yang ada di website Anda supaya kecepatan loading tidak menjadi permasalahan besar. Dengan WordPress, agar Anda bisa mengembangkan dan mengelola website agar mempunyai performa yang tinggi tentu banyak hal yang Anda butuhkan, termasuk fleksibilitas.

 

Segi Keamanan

Keamanan Keamanan menjadi hal yang sangat penting karena bisa saja website Anda di bobol oleh Hackers. Website Anda bisa dibobol oleh Hackers kemudian merusakn dengan DDos atau biasa dikenal dengan serangan Denial of Service yang bisa membuat Anda tidak dapat mengakses dashboard website yang Anda miliki.

Tentu ketika memilih sebuah platform, Anda akan memilih platform yang telah mempunyai catatan positif ketika mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan keamanan. Berikut ini perbedaan Blogspot dan WordPress dari segi keamanan.

 

  1. Blogspot

    Dari segi keamanan, Blogspot memiliki sisi keamanan yang unggul karena didukung oleh Google. Jadi, website Anda di support sepenuhnya oleh Google yang tentunya dari segi keamanan sudah tidak diragukan lagi. Akan tetapi Anda tidak dapat mengubah pengaturan kemanan karena platform blogspot merupakan plaform tertutup (closed platform).

  2.  WordPress

    Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa WordPress sering menjadi incara Hackers. Platform WordPress yang merupakan platform open-source, membuat para Hackers mengincarnya. Namun, jangan khawatir karena merupakan platform open-source, WorPress memberi kesempatan untuk para user platform tersebut agar dapat melindungi website yang dimilikinya menggunakan berbagai cara. Anda bisa menggunakan provider yang menyediakan keamanan canggih sehingga tidak mudah ditembus oleh para Hacker. Selain itu, pengaturan website Anda juga bisa Anda ubah agar bisa meningkatkan keamanan. Anda bisa mengubah keamanan tersebut dengan mengunduh plugin keamanan atau melakukannya secara manual.

Nah, jika dilihat perbedaan Blogspot dan WordPress dari segi keamanan, dapat disimpulkan bahwa ketika menggunakan Blogspot, Anda tidak bisa mengubah pengaturan keamanan karena platform tersebut merupakan closed platform.

Sedangkan ketika menggunakan platform tersebut merupakan WordPress Anda bisa mengatur dan mengelola keamanan website Anda karena platform tersebut merupakan opensource sehingga Anda mempunyai kesempatan untuk mengubah keamanannya.

Baca Juga : Cara Mengubah Blogspot Menjadi Custom Domain

 

Segi Fleksibilitas

Tingkat Fleksibilitas (Kustomisasi) Tingkat fleksibilitas atau kemudahan kustomisasi yang ditawarkan oleh sebuah platform tentu harus dipertimabangkan karena dapat membantu Anda mengelola dan membuat website. Berikut ini perbedaan WordPress dan Blogspot jika dilihat dari tingkat kustomisasinya atau fleksibilitas.

 

  1. Blogspot

    Untuk tingkat fleksibilitas atau kustomisasi, tema yang ada di Blogspot tidak dapat dikustomisasi dengan lebih jauh. Karena pilihan yang ada sedikit, desain blog Anda bisa mirip dengan website milik user lainnya.

  2. WordPress

    WordPress mempunyai tingkat kustomisasi tinggi. Platform ini memiliki ribuan plugin serta tema yang gratis maupun tema berbayar. Selain itu, Anda bahkan bisa mengkombinasikan tema yang gratis dan juga berbayar ketika membuat website.

 

Kesimpulan dan Penutup

Sekarang tentunya Anda sudah mengetahui apa sih sebenarnya Blogspot dan WordPress itu? Selain itu, dari penjelasan tentang perbedaan Blogspot dan WordPress juga telah Anda ketahui. Perbedaan Blogspot dan WordPress dari segi penggunaan, performa, keamanan, dan tingkat fleksibilitas tentu sudah bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk bisa memilih platform tersebut.

Pilihan tentunya tetap ada di tangan Anda. Semoga dari pembahasan yang telah Kami jelaskan di atas bisa membantu Anda untuk dapat memilih mana yang terbaik untuk Anda gunakan.

Pengertian Blogspot Blogspot merupakan penyedia akun website yang gratis yang memungkinkan Anda untuk bisa memposting, membagi berbagai konten, dan sebagainya. Blogspot merupakan platform yang dikembangkan dan dibuat oleh Google. Anda bisa menggunakan akun Google untuk menggunakan Blogspot.

Ketika menggunakan layanan Blogspot, Blogspot terintegrasi dengan PPC (Program Pay Per Click) yang tentunya bisa membayar Anda ketika ada pengunjung yang meng klik iklan yang ada di blog yang Anda miliki. Pengertian WordPress Sebenarnya apa sih WordPress itu? WordPress merupakan sebuah platform yang juga digunakan untuk pembuatan sebuah website. Nah, Sekarang anda sudah tau perbeaaan dari wordpress dan blogspot?

Related Post :

popup image