Cara Membuat Pidato Perpisahan Sekolah dan Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 15 | | 0

Pidato sering dijumpai pada acara-acara resmi pada bagian pembukaan maupun penutupan yang disampaikan oleh satu orang. Pidato juga merupakan bagian yang penting dalam sebuah acara. Jika tidak ada pidato pada sebuah acara mungkin akan terasa kurang karena itu juga merupakan kebiasaan yang dilakukan. Contoh dari acara tersebut adalah acara penyambutan, acara peringatan suatu acara, hingga acara perpisahan.

Pada acara perpisahan tidak mungkin terlepas dari yang namanya pidato, mulai dari pidato penyambutan, pidato perwakilan kelas hingga pidato penutupan. Biasanya disampaikan oleh satu orang perwakilan yaitu kepala sekolah dan nantinya juga akan ada pidato dari ketua angkatan yang akan diwisuda sebagai ucapan terima kasih kepada sekolah. Untuk menampilkan pidato yang baik yaitu tidak terlalu panjang, menggunakan bahasa yang sopan serta isi yang tersampaikan dengan jelas.

Namun untuk sebagian orang terutama yang baru pertama kali menyampaikan pidato akan terasa sulit dalam hal penyusunan dan penyampaian. Untuk membuat pidato yang baik harus mengetahui bagaimana strukturnya serta bahasa yang dipakai. Sebagai referensi Anda dapat melihat contoh-contoh teks pidato yang ada sebelumnya dibawah ini.

 

Pengertian Pidato Perpisahan

Arti pidato secara umum yaitu merupakan kegiatan berbicara yang mana bisa dilakukan berdasarkan teks/ naskah pidato (yang sudah disiapkan sebelumnya), berdasarkan catatan tentang garis besar isi pidato, ada pula yang serta merta, tanpa teks. Untuk pengertian pidato perpisahan sendiri adalah pidato yang dibuat dan dibacakan oleh satu orang perwakilan pada saat acara wisuda sekolah yang isinya ucapan terima kasih kepada guru-guru dan kesan pesan selama bersekolah.

Momen tersebut merupakan momen yang paling berharga karena sebagai tanda perpisahan bagi siswa tingkat akhir di suatu sekolah. Maka dari itu Anda harus membuat teks pidato yang mampu mengekspresikan perasaan Anda ketika duduk dibangku sekolah. Mari ikuti langkah-langkah berikut:

 

Baca Juga :    Cara Membuat Teks Pidato yang Baik dan Benar Serta Contohnya

 

Langkah Membuat Teks Pidato

 

Sebenarnya penyusunan teks pidato ini mudah jika sudah mengetahui langkah dan strukturnya. Langkah dalam pembuatan pidato haruslah dilakukan secara urut tidak boleh terlewat satu langkah pun. Untuk struktur pidato yang benar yaitu pertama adalah salam pembuka, ucapan penghormatan, isi dan terakhir adalah penutup. Berikut ini merupakan penjelasan langkah-langkah pembuatan teks pidato :

 

  • Salam Pembuka

    Awal dari sebuah pidato pastinya adalah salam untuk menghormati tamu undangan yang hadir. Baik pidato formal maupun non formal harus menggunakan salam pembuka. Contoh dari salam pembuka yaitu
    “Assalamu Alaikum warahmatullahi wa barakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.”

  • Ucapan penghormatan

    Ucapan penghormatan, biasanya dimulai dari penghormatan terhadap seseorang yang dianggap paling penting. Bagian ini juga sangat penting untuk menyambut hadirin yang ada pada acara tersebut. Contohnya adalah
    “Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah
    Yang saya hormati Bapak/Ibu guru.
    Yang saya hormati para tamu undangan,
    Yang berbahagia teman-teman kelas XII
    Adik-adik kelas X dan XI yang saya cintai dan saya banggakan.”

  • Ucapan Syukur

    Dalam berpidato, ataupun ketika kamu menyusun naskah pidato, jangan lupakan ucapan syukur kepada Tuhan. Ucapan syukur tidak selalu diucapkan pada pidato-pidato agama, secara umum pun ucapan syukur tetap menjadi unsur utama. Contoh dari ucapan syukur yaitu,
    “Marilah kita panjat kan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena sampai pada detik ini kita masih diberi nikmat yang tiada tara. Salah satu nikmat itu adalah nikmat sehat dan nikmat sempat sehingga kita semua dapat hadir di sini dalam keadaan sehat wal afiat tidak kurang suatu apapun.”

  • Isi

    Bagian isi adalah bagian inti dari suatu pidato. Pada bagian ini, paparan dari pembicara menduduki persentase yang paling banyak. Pembicara akan menguraikan secara rinci dan panjang lebar inti materi yang akan disampaikan kepada hadirin. Agar isi pidato dapat dengan mudah ditangkap isinya oleh pendengar, pembicara dapat menggunakan penanda, “pertama…. , ” “kedua …..”, ketiga …..” dan seterusnya. Penanda-penanda seperti itu juga akan memudahkan penulis dalam menyusun gagasan teks pidato. Bagian isi ini dapat disesuaikan sesuka hati tergantung penulis teks pidato.

  • Penutup

    Penutup pidato yang baik akan menimbulkan rasa simpati dari pendengar. Penutup pidato dapat diisi dengan:
    a. Simpulan pendek dari uraian sebelumnya.
    b. Permintaan maaf kepada hadirin atas kekhilafan dan kesalahan yang mungkin terjadi, baik disengaja maupun yang tidak disengaja.
    c. Salam penutup.
    Dalam penutup dapat juga diisi dengan mengutip pendapat atau kata kata mutiara dari tokoh-tokoh besar, atau pantun yang sesuai dengan situasi saat itu.
    Contoh:
    Hadirin yang saya hormati,
    Demikianlah sambutan saya, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan ada tutur kata yang salah, saya mohon maaf. Kalau ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi. Kalau ada umur yang panjang semoga kita berjumpa lagi. Sekian. Terima kasih atas perhatian hadirin.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Contoh lain yang dapat dijadikan referensi untuk bagian penutupan yaitu
    Contoh:
    “Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga menjadi pelajaran kita bersama, sehingga kita dapat memulai perubahan menuju kondisi yang lebih baik. Saya memohon maaf apabila dalam pidato saya ada kesalahan yang disengaja ataupun tidak. Terima kasih banyak atas kesempatannya dan wassalam.”

 

Baca Juga :  Cara Membuat Teks Pidato yang Baik dan Benar Serta Contohnya

 

 

Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah

Cara Membuat Pidato Perpisahan Sekolah dan Contohnya
 

Berikut ini terdapat teks pidato yang mungkin dapat Anda jadikan referensi dalam penyusunan pidato. Sesuaikan isi pidato dengan apa yang ingin Anda sampaikan dan yang paling penting mudah untuk dihafalkan nantinya. Pembaca teks pidato yang baik adalah dapat menarik perhatian pendengar agar isi yang disampaikan mudah dipahami. Berikut contoh teks pidato perpisahan sekolah.

 

Assalamu Alaikum warahmatullahi wa barakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.

Selamat siang untuk semuanya.

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, Para orang tua murid Kelas XII yang saya hormati, Teman-Teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita diberi kesehatan untuk berkumpul bersama pada hari ini. Hari ini, kita berkumpul dalam rangka hari perpisahan sekaligus hari perayaan kelulusan siswa Kelas XII.

Guru-Guru dan Teman-Teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Begitu banyak pelajaran dan pengetahuan yang kami dapatkan. Semuanya itu sangat berguna bagi kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami banyak belajar dari Bapak dan Ibu Guru, saya selaku perwakilan teman-teman Kelas XII mengucapkan terima kasih untuk guru-guru kami tercinta. Semua pelajaran dan nasihat yang kami dapatkan akan selalu kami ingat.

Kami juga menyampaikan permintaan maaf atas semua kesalahan dan kenakalan yang pernah kami perbuat selama kami bersekolah di sini. Kenang lah kami semua sebagai siswa-siswi yang pernah Bapak dan Ibu ajar.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orangtua kami tercinta yang juga hadir pada kesempatan ini. Para orang tua yang selalu memberikan kasih sayang dan dorongannya kepada kami sehingga kami dapat lulus dan merayakannya pada hari ini.

Untuk Teman-Teman, semua peristiwa yang kita alami di sekolah ini, senang, sedih, dan bahagia akan selalu mengingatkan kita pada sekolah tercinta ini. Setelah lulus, hendaknya kita selalu terdorong untuk tetap rajin belajar untuk mencapai cita-cita.

Akhir kata, saya sebagai perwakilan teman-teman Kelas XII ingin mengucapkan selamat tinggal pada sekolah kami tercinta. Kami akan selalu mengingat sekolah ini. Sekian dari kami Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Baca Juga :   Website Download Template PPT (Presentasi) yang Keren dan Gratist

 

Kesimpulan dan Saran

Pembuatan teks pidato sebenarnya cukup mudah dilakukan saat Anda sudah mengetahui bagaimana cara dan struktur penulisan yang tepat. Pada bagian penutup dan pembuka itu merupakan struktur umum yang sering kali didengar. Hal yang dapat membedakan dari teks pidato adalah isi serta cara dalam membacakan teks pidato.
Lakukan persiapan yang matang sebelum membacakan teks pidato di depan pendengar yang hadir. Latihan berbicara serta menghafal teks pidato adalah hal yang paling utama sebagai kunci kesuksesan dalam membawakan pidato perpisahan atau pidato apapun. Mintalah pendapat orang yang sudah berpengalaman berpidato agar Anda dapat memperbaiki kekurangan serta menambah ilmu tentang pidato.

 

Related Post :

popup image